25 April 2009

Tenggelamnya Pulau-pulau Indonesia

Judul di atas mengikut pada judul novel "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" karangan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (BUYA HAMKA)

Salah satu dampak dari pemanasan global adalah mencairnya es di kutub utara maupun selatan. Pencairan es ini akan mengakibatkan kenaikan permukaan air laut. Tentu saja dengan naiknya permukaan air laut akan menyebabkan tenggelamnya pulau-pulau yang memiliki dataran yang rendah. Hal lain adalah masuknya air laut ke dataran seperti Jakarta dan Semarang.

Kepala Subdit Pengelolaan Pesisir dan Lautan Terpadu, Departemen Kelautan dan Perikanan, Dr Subandono Diposaptono mengungkapkan, sekitar 24 pulau kecil yang tersebar di berbagai daerah Indonesia kondisinya tenggelam.

"Penyebab pulau-pulau kecil tenggelam dikarenakan berbagai hal, diantaranya akibat dampak pemanasan global, pengaruh pengerukkan pasir laut serta akibat bencana tsunami dan lain sebagainya," kata Subandono Diposaptono pada Jumat (20/2/09), seusai sosialisasi rencana strategis pengelolaan wilayah pesisir di Biak.

Pulau Nipah di Batam, Kepulauan Riau telah sempat tenggelam, walaupun penyebab utamanya adalah pengerukan tanah yang menyebabkan rendahnya dataran pulau. pemerintah melalui program reklamasi yang dilaksanakan Departemen Pekerjaan Umum telah mencoba mengurangi tenggelamnya pulau tersebut yang berbatasan dengan Wilayah Singapura. Jika tenggelam, maka wilayah perairan Indonesia akan jauh berkurang.


Pulau Nipah setelah hancur-hancuran dikeruk pasirnya oleh pengusaha Singapore
(poto dari www.tnial.mil.id)



Pulau Nipah setelah direklamasi
(poto dari www.puspenerbal.mil.id)


Sepanjang tahun 2005 hingga 2007, Indonesia telah kehilangan 24 pulau kecil yang tenggelam akibat kenaikan muka air laut sebagai dampak dari pemanasan global. Dalam Status Lingkungan Hidup Indonesia tahun 2007 yang diluncurkan Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Jumat (28/11/07) malam, disebutkan, pulau-pulau yang tenggelam itu berada di Provinsi Aceh (tiga pulau), Sumatera Utara (tiga pulau), Papua (tiga pulau), Kepulauan Riau (lima pulau), Sumatera Barat (dua pulau), Sulawesi Selatan (satu pulau), dan tujuh pulau di kawasan Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta.

Jika tidak segera tertangani, masih banyak lagi pulau-pulau kecil di Tanah Air yang tenggelam karena dari 18.110 pulau yang ada, sebagian besar adalah pulau-pulau kecil yang sangat rentan terhadap pengaruh pemanasan global.


Sumber pengolahan :
Media Indonesia Online Jumat, 20 Februari 2009
Suara Pembaharuan Online 30 November 2008
Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Laut
Pusat Penerbangan TNI-AL

Baca ini juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan


32 komentar:

  1. pertamaxxxxxxxxxxxxxxxxxx
    sip deh

    BalasHapus
  2. WADUH BISA BISA KIAMAT NEH MANA MASIH BANYAK DOSA LAGI
    tapi kerusakan bumi kita ini akibat ulah tangan manusia yang serakah yang hanya mementingkan perut dan pantat semata. himbauan jaga lah selalu lingkungan kita jika tak ingin bencana terus terjadi.
    attayaya hebat attayaya peduli dengan kelestarian alam lanjutkan perjuanganmu kawan

    BalasHapus
  3. ass.....
    ehm.....lamo-lamo bang bisa hilang lah indonesia dari peta dunia.....jadi kalau menurut abang ne....sebagai blogger apo yang patut kito buat untuk mentelamatkan pulau-pulau tu.....

    BalasHapus
  4. duuuhhh... asalkan bukan pulau Jawa ajah yang tenggelam......... q jadi takuuutttt.........

    BalasHapus
  5. kalau buat Indonesia, bukan hanya semata-mata dampak dari pemanasan Global. tapi juga perilaku pejabat daerah yg begitu mudah memberi ijin pengerukan pasir utk memperluas wilayah negara jiran. kok tega ya mengorbankan negeri sendiri hanya utk kepentingan segelintir manusia yg pastinya UUD (ujung-ujungnya duit)..
    duhh cape deh

    BalasHapus
  6. aku hanya bisa bilang,,, indonesia ku sayang indonesia ku malang

    BalasHapus
  7. tahun 2012 kayaknya 60% bakal habis bang. kata mama loreng lho :P

    bos, setting komentar, captcha dimatiin dong :D

    BalasHapus
  8. Sangat memprihatinkan ya bang...
    moga ajah yang berwenang tahu tentang ini, dan bisa menanganinya...
    amiiin

    BalasHapus
  9. jiakakakakak... kang/ mas/ juragan/ komandan attayaya jadi melow giniiiiiiii.... di sidebarnya ganti sob jadi "PINK-KAN INDONESIA" 'attayaya mengpingkan bumi, anda kapan?'

    Pulau berkata: toloooooooooong buruluk...buruluk... kami tenggelaaaaaaaaam...

    diperkirakan thn 2050 kawasan indonesia akan semakin sempit... jangan sampai... jangan sampai...

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Attayaya pantas dapat kalpataru atas kepeduliannya terhadap lingkungan..... hormat saya untuk anda bro.

    BalasHapus
  12. Berarti wilayah perairan kita makin luas dunk Oom..?? Nelayan lebih luas daerah kekuasaannya..???

    * Lemot MODE : ON

    BalasHapus
  13. bentar lagi bakal nambah pulau2 yg tenggelam termasuk disingkep,karena banyak aksi penambangan bauksit dan batu besi....

    BalasHapus
  14. salah satu dampak dari pemanasan global adalah mencairnya salju di kutub sehingga permukaan air laut akan naik, dan menenggelamkan pulau-pulau kecil...

    BalasHapus
  15. turut prihatin..mari sama-sama kita berfikir apa yang bisa kita lakukan buat bumi ini..demi masa depan anak cucu kita........wuih dalam banget kata2nya,....kaburrrrrrrrrrr.......

    BalasHapus
  16. Yahh... selanjutnya pulau mana lagi yang harus ancang-ancang angkat kaki...?
    jangan² Jakarta neh... hmmphhh

    BalasHapus
  17. sediakan rakit sebelum tenggelam....
    judul di atas terinpirasi dari sediakan payung sebelum hujan..ehehehheh



    tenggelamnya cintaku di hatimu.....gk nyambung ya OOm....
    hehehehehehh

    BalasHapus
  18. iih serem ya. jengsri takut beneran deh kalo beneran bakalan end of the world. bukan takut karna dosa takut karna lom rasain kawin. GUBRAK!!!!!!

    Btw, kok jadi ikutan pinky sih Ya????? dasar gay!

    BalasHapus
  19. efek dari sebuah pemanasan global... smoga dgn moment hari bumi kemarin kita bisa lebih memaksimalkan persahabatan dgn alam, minimal dgn "JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN"

    BalasHapus
  20. waduh bahaya nih bang, kalo dibiarin mo berapa lagi pulau kecil di indonesia yang musnah. apa ya yang di lakukan pemerintah sekarang dalam menangani kasus ini???? ndak tau, lagi sibuk berebut di kursi panas heehehehehe

    jeng sri ketauan pingin cepet nikah hiahahhhaha

    BalasHapus
  21. @WinCute: lho piye toh win, cewekan mang diciptakan untuk meneruskan generasi penerus bumi,hehehehe

    Ayya, jangan kebanyakan suit2, ntar banyak burung2 berterbangan.

    BalasHapus
  22. Pemanasan global siapa yg bikin gara-gara?
    Pengerukan pasir siapa pelakunya ?
    Pembotakan hutan siapa tukang cukurnya ?
    Manusia..jelas yg tak perduli
    Tapi manusia yang perduli suka tak suka harus rela kecipratan getahnya :(

    BalasHapus
  23. waduh, bahaya juga nih, kalau penasan global terus2 san nanti pulau jawa bisa tenggelam juga ya ?

    BalasHapus
  24. benar bro, yg masih hangat terdengar selain hilangnya pulau secara fisik, pulau juga kian hilang secara hak milik...itulah Indonesia Ku..

    BalasHapus
  25. berarti dimana dong pulau-pulau kecil yang aman, kalo nggak di jaga bisa abis nanti...

    BalasHapus
  26. siapa yang harus bertanggungjawab atas semua ini...

    apakah pemerintah tidak sanggup mengatasi hal ini...

    atau rakyat indonesia sudah terlalu lapar hingga rela menjual negeri(baca pulaunya) sendiri...

    atau hanya kerakusan orang yang sebenarnya sudah bergelimang dengan harta...

    atau kebodohan bangsa ini, sehingga tidak sangup mencegah pengerukan pulau2 kita Indonesia

    atau karena Indonesia sudah merasa kaya dengan banyaknya pulau sehingga membiarkan sebagian pulau ini diambil oleh mereka....

    atau....

    entahlah....

    BalasHapus
  27. Makin sempit dong negaraku karena luas daratannya jadi jauh berkurang...

    BalasHapus
  28. kayaknya yg lg nunggu giliran jakarta...
    krn air laut udah masuk ke dalam tanah di bawah tugu monas...(ini di thn 1997)..skrng th 2009! , bayangkan thn berpa jakrta tenggelam...

    BalasHapus
  29. ga rela jika menjadi seperti itu,, tapi apa yang bisa dilakukan.. ekosistem buatan itu sangat sulit untuk dibuat.. meski pun diadakan perbaikan, tetap saja ekosistem yang terdahulu sudah rusak.. dan makhluk hidup yang ada disitu udah punah terlebih dahulu..

    sedihlah saya liat pulau nipah. jangankan liat begituan.. liat temen saya buang puntung rokok sembarangan aja sedih.. udah dibilangin juga tetep aja.. T______T

    BalasHapus
  30. lama-lama seluruh Indonesia bisa tenggelam nih

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Tenggelamnya Pulau-pulau Indonesia | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah