25 April 2009

Tenggelamnya Pulau-pulau Indonesia

Judul di atas mengikut pada judul novel "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" karangan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (BUYA HAMKA)

Salah satu dampak dari pemanasan global adalah mencairnya es di kutub utara maupun selatan. Pencairan es ini akan mengakibatkan kenaikan permukaan air laut. Tentu saja dengan naiknya permukaan air laut akan menyebabkan tenggelamnya pulau-pulau yang memiliki dataran yang rendah. Hal lain adalah masuknya air laut ke dataran seperti Jakarta dan Semarang.

Kepala Subdit Pengelolaan Pesisir dan Lautan Terpadu, Departemen Kelautan dan Perikanan, Dr Subandono Diposaptono mengungkapkan, sekitar 24 pulau kecil yang tersebar di berbagai daerah Indonesia kondisinya tenggelam.

"Penyebab pulau-pulau kecil tenggelam dikarenakan berbagai hal, diantaranya akibat dampak pemanasan global, pengaruh pengerukkan pasir laut serta akibat bencana tsunami dan lain sebagainya," kata Subandono Diposaptono pada Jumat (20/2/09), seusai sosialisasi rencana strategis pengelolaan wilayah pesisir di Biak.

Pulau Nipah di Batam, Kepulauan Riau telah sempat tenggelam, walaupun penyebab utamanya adalah pengerukan tanah yang menyebabkan rendahnya dataran pulau. pemerintah melalui program reklamasi yang dilaksanakan Departemen Pekerjaan Umum telah mencoba mengurangi tenggelamnya pulau tersebut yang berbatasan dengan Wilayah Singapura. Jika tenggelam, maka wilayah perairan Indonesia akan jauh berkurang.


Pulau Nipah setelah hancur-hancuran dikeruk pasirnya oleh pengusaha Singapore
(poto dari www.tnial.mil.id)



Pulau Nipah setelah direklamasi
(poto dari www.puspenerbal.mil.id)


Sepanjang tahun 2005 hingga 2007, Indonesia telah kehilangan 24 pulau kecil yang tenggelam akibat kenaikan muka air laut sebagai dampak dari pemanasan global. Dalam Status Lingkungan Hidup Indonesia tahun 2007 yang diluncurkan Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Jumat (28/11/07) malam, disebutkan, pulau-pulau yang tenggelam itu berada di Provinsi Aceh (tiga pulau), Sumatera Utara (tiga pulau), Papua (tiga pulau), Kepulauan Riau (lima pulau), Sumatera Barat (dua pulau), Sulawesi Selatan (satu pulau), dan tujuh pulau di kawasan Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta.

Jika tidak segera tertangani, masih banyak lagi pulau-pulau kecil di Tanah Air yang tenggelam karena dari 18.110 pulau yang ada, sebagian besar adalah pulau-pulau kecil yang sangat rentan terhadap pengaruh pemanasan global.


Sumber pengolahan :
Media Indonesia Online Jumat, 20 Februari 2009
Suara Pembaharuan Online 30 November 2008
Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Laut
Pusat Penerbangan TNI-AL

Baca ini juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan


Copyright © 2013 attayaya: Tenggelamnya Pulau-pulau Indonesia | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah