11 April 2009

Bambu Tangguh

Pohon Bambu (Bambusa sp.) sangat diyakini sebagai tumbuhan yang paling ampuh melindungi tanah, air dan udara. Pohon yang serbaguna ini sememangnya memberikan banyak manfaat, yaitu :

  1. Daunnya yang kecil-kecil lebih ulet memayungi sekitarnya dari sinar Ultra Violet (UV) matahari, sehingga mampu menjaga stabilitas suhu bumi.
  2. Dedaunan yang gugur bisa bermanfaat untuk pupuk dan media tanam karena lebih banyak mengandung nutrisi.
  3. Akarnya berjalinan seperti jala sehingga lebih kuat mencengkeram tanah dan menyerap air hujan sehingga sangat dapat menahan erosi.
  4. Bila ditanam didataran rendah, bambu menjaga agar simpanan air tanah tetap kaya dan bersih.
  5. Daya fotosintesa bambu lebih kuat karena kapasitas oksigen yang dihasilkan mencapai 80% dari volume per batang yang berarti lebih besar 30-60% daripada yang dihasilkan pohon-pohon lain.
  6. Bambulah yang mampu bertahan hidup dari ledakan bom atom Hiroshima 1945 berkat kemampuannya menetralisir radiasi.
  7. Bahan pangan utama hewan Panda.
  8. Dapat dibuat berbagai kerajinan sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
(Reader Digest Indonesia)


48 komentar:

  1. Pertama...
    Banyak sekali mamfaat pohon bambu itu ya bang

    BalasHapus
  2. Weeh baru tau! Pohon bambu memang ebat uey kayak pohon klapa ya

    BalasHapus
  3. wow..keren yah pohon bambu :)

    BalasHapus
  4. Wah bambu ternyata tumbuhan yang hebat ya Ayya? hmmm...JengSri mo jadi bambu juga ah!!!

    BalasHapus
  5. Bambu juga mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia (Bambu Runcing)

    BalasHapus
  6. bambu muda, juga enak sekali disayur...

    BalasHapus
  7. tak itu saja manfaatknya, Bambu juga dapat mengusir penjajah di era taun 45 dulu,,, di soerabaja rock city ini, bambu senjata yg paling ampuh saat melawan penjajah. Jadi sy sangad berterima kasih sekali dng senjata bambu itu :D karena bambu para pahlawan mempunyai inspirasi dan ide untuk melawan dan mengusir penjajah dng sejatah itu ;)

    BalasHapus
  8. dalam sebuah komik jepang, apa ya judulnya.. sumpah lupa.. duh ga enak banget ne rasanya kalo ga bisa nyebutin judulnya... T_______T
    bambu dipake buat pelontar batu alias mortar gitu, jadi dipake buat melempar batu gedeee ke kapal perang yang lagi lewat. gitu.

    Tapi ngomong ngomong itu bambusa sp.? sp. nya apa ya? huahauhauahuahuhuhuah

    BalasHapus
  9. bang ga pasang shoutMix? kalo ga salah dulu ada deh... apa gara2 bisa ditembak dari belakang??

    BalasHapus
  10. oh ya om buat layang-layang juga bisa, dulu waktu kecil-kecil suka nyari bambu didepan rumah om lukman edi buat layang-layang.

    BalasHapus
  11. aku suka denger delesah daunnya di tengah angin huuuu *melow mode.on >.<

    BalasHapus
  12. Saya seneng juga sama pohon bambu,kesannya adem.Cuma rumahku tidak mungkin ditanami bambu tuh Mas Attan.Apa pinjam halaman rumah tetangga aja yach?

    BalasHapus
  13. bisa untuk bikin kursi.... :p

    BalasHapus
  14. wah kalo di Bali bambu itu banyak banget manfaatnya
    1. Dipakai penjor
    2. Dipakai Tali untuk mengikat janur
    3. Dipakai sanggah cucuk ( Tempat sembahyang saat hari raya)
    4. Dipakai untuk membuat kue Putu (eh bukannnya putu dari bali ya?? he.he)

    BalasHapus
  15. yup tanaman serba bisa deh

    BalasHapus
  16. bambu juga salah satu kata yang diadopsi bah. inggris menjadi bamboo :P

    BalasHapus
  17. waaaaaaaaah minta donk bambunya... di daerahku banyak yang lonsor................

    BalasHapus
  18. jadi pengen nanam bambu

    tapi mo ditaruh dimana ya ?

    hehe

    BalasHapus
  19. bambu juga bisa dipakai untuk lantai lo...ga perlu mahal2 beli keramik lg. bambu juga bisa dipake masak nasi, hahahaha...jadi buat ibu2 ga perlu pusing2 mikirin mahalnya hrg panci.

    BalasHapus
  20. Nambahin lagi kalo di jawa jaman dulu tuh...
    Bambu dipake buat alat motong si buyung pas sunatan...namanya sembilu
    (Pan jadi ngilu ngilu kan bayangin kek gimana ngilunya anak lelaki yang mo disunat pake sembilu....)

    BalasHapus
  21. nggggg aku suka daun muda.. eh bambu muda maksudnya apa tuh namanya...palapa kale ya basa gajah madanya....
    uenax tenannnn....

    BalasHapus
  22. selain itu bambu juga bisa dipakai buat tepak tepok saat xxx whuwhuwhuhwuwhwuhuhwu.... :) :) no Offenceeeeeeeeeeeeee.. hehehee

    BalasHapus
  23. katanya pohon bambu juga bisa ngusir setan yah?
    hehehe...
    serius neh!! katanya kalo ada pohon bambu deket rumah kita, nah terhindar dr lelembut2 yang jahat2 ntu.. kwkkwkwkwk
    tp diyakinin sbg t4 mejengnya para ular2.
    hehehehe

    BalasHapus
  24. nemu aja 'om tema buat postingan . . . ck ck ck :)
    kreatif ni si om nya :) salud!!!

    BalasHapus
  25. setangguh bambu. nanti aku mo buat cerpen berjudul itu akh.

    BalasHapus
  26. pohon terkuat di dunia ya pohon bambu

    BalasHapus
  27. dan dengan bambu yang di runcingkan, para pejuang terdahulu mampu melawan penjajah yang bersenjatakan arteleri....

    BalasHapus
  28. lagi kampanye green earth ni rupanya mpe ganti BGnya jd ijo royo2... :) hehehe...

    BalasHapus
  29. Blog 1 nya yg mana bro maksudnya??

    BalasHapus
  30. met malam kawan & smua penggunjung blog ini.Eratkan tali silaturahmi antar blog dengan saling menggunjnggi,kutunggu kunjnganmu dan komenmu diartikelku

    BalasHapus
  31. Met mlm bang..oh iya bang disingkep bambu banyak dicari apabila ada acara pawai obor,pada mlm tujuhbelasan agustus

    BalasHapus
  32. Heee kirain cuma untuk perang kemerdekaan aja..

    tapi bener g sih kalo bambu itu tempat setan??

    BalasHapus
  33. Salam kenal Sob, dari Semut.

    Kunjungan pertama nih, jd maaf kalo aku blm bgt mengenal km.

    Bdw, bambu itu jg tmpat tinggal sodara aku Si Semut Item.
    Kalo aku mah Si Semut Buah.

    BalasHapus
  34. kata orang tua-tua bambu ijo ama bambu kuning punya kekuatan yang berbeda. kalo aku sich seneng suara angin yang terdengar dari gesekan daun bambu

    BalasHapus
  35. bambu memang banyak manfaatnya, sukses selalu yah

    BalasHapus
  36. ditempat kami bisa di jadikan bamboo rafting mas
    [http://bksdakalsel.co.cc/index.php?option=com_content&task=view&id=460&Itemid=36]

    BalasHapus
  37. horee jadi warna ijoo.. pasti bang atta abis makan bambu ya?? hauehauehuaheueheua

    BalasHapus
  38. waduh mo komen apa ya ? udah ada semua seh... telat dah gw, pokok'e bambu sip deh..
    btw kok nggak ada ya partai yg logonya bambu.. Partai Babu.. eh Bambu Indonesia.. pasti tak contreng..

    BalasHapus
  39. wah, berarti bambu strongly sekali ya bang .. bisa terhindar dari bom hiroshima, kalau rumah pake bambu keren kayaknya :D

    BalasHapus
  40. Tapi saya paling takut ma bambu, karena bikin kulita saya gatal2...

    BalasHapus
  41. wah, jadi inget saat pramuka, hehe ... setiap melakukan kegiatan tak pernah lepas dari bambu. gampang ditemukan dan bisa tumbuh di mana2. bambu juga sangat cespleng utk menggasak ular berbisa.

    BalasHapus
  42. rumah bambu keren dong
    dah nyoba di jogja dulu

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Bambu Tangguh | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah