28 April 2009

Humas

Humas (hubungan masyarakat / public relationship) memiliki peran penting dalam membantu menginformasikan pada publik internal (dalam organisasi) dan publik eksternal (luar organisasi) dengan menyediakan informasi akurat dalam format yang mudah dimengerti sehingga ketidak-pedulian akan suatu organisasi, produk, atau tempat dapat diatasi melalui pengetahuan dan pengertian. Humas juga harus dapat menciptakan ketertarikan publik dalam suatu situasi atau runtutan situasi, yang bisa jadi berpengaruh besar dalam suatu organisasi atau sekelompok orang.

Dengan mengemukakan informasi secara jelas dan tidak bias, umumnya merupakan cara yang berhasil untuk meraih simpati. Kesalahan umum yang terjadi adalah program humas dianggap sebagai program jangka pendek, dan program penanggulangan reaktif saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kala hubungan dengan masyarakat menjadi buruk. Salah satu produk pekerjaan humas adalah tulisan yang dimuat dalam suatu media massa seperti koran, televisi, radio bahkan internet.

Seperti yang telah disebutkan pada artikel sungaikuantan.com yang mempertanyakan humasriau.com komersil??? Hmmmmm tak salah kalo pemilik blog tersebut Sang Nanlimo mempertanyakan hal itu. Hal itu dikarenakan penggunaan nama domain yang aneh. Anehnya itu adalah penggunaan extension dot com (.com) yang sepatutnya adalah dot go dot id (.go.id) yang mencerminkan nama domain untuk lembaga pemerintah. Sehingga seharusnya nama humasriau.com menjadi humasriau.go.id.

Bahkan karena riau.go.id telah terdaftar sebagai milik Pemerintah Propinsi Riau, maka pengurusan nama lembaga di bawahnya menjadi mudah. Administrator riau.go.id hanya menambah sebuah sub domain yang bernama misalnya : humas.riau.go.id
Penambahan nama subdomain tidak dipungut bayaran. Yang harus dilakukan adalah administrator masuk ke CPanel ato program apapun untuk administrator tersebut, kemudian menambahkan nama sub domain yang diinginkan. Sekejap mata. Gratis. Tetapi tidak dilakukan.

Apa yang terjadi? :
Salah pengertiankah?
Tidak mengertikah?
SDM yang kacau balaukah?
Kesombongan masing2 lembagakah?

Kutelusuri data pemilik humasriau.com dan dapat dilihat dibawah ini.

DATA DARI http://www.whois.net sama seperti data dari http://www.allwhois.com/ menyebutkan :

Registrant:
humasriau info@humasriau.com +62.
Humas Pemprov Riau
Jl. Jendral Sudirman
Pekanbaru,Riau,ID 28000


Domain Name:humasriau.com
Record last updated at 2008-11-09 23:01:15
Record created on 2007/12/2
Record expired on 2009/12/2


Domain servers in listed order:
dns1.supremedns.com dns2.supremedns.com

Administrator:
Jl. Jendral Sudirman
Pekanbaru
Riau,
ID
28000

name:(humasriau)
mail:(info@humasriau.com) +62.
Humas Pemprov Riau
Technical Contactor:
Jl. Jendral Sudirman
Pekanbaru
Riau,
ID
28000

name:(humasriau)
mail:(info@humasriau.com) +62.
Humas Pemprov Riau
Billing Contactor:
Jl. Jendral Sudirman
Pekanbaru
Riau,
ID
28000

name:(humasriau)
mail:(info@humasriau.com) +62.
Humas Pemprov Riau

Registration Service Provider:
name: Client Domain Manager
tel: +62.NA
fax: +62.NA
web:http://


22 komentar:

  1. Waduh ya engga tahu mas
    mungkin cuman sekedar nama aja kali
    emang apa bedanya go.id dan com
    apa karena itu lalu dibedakan menjadi komersil atau engga sih mas?

    BalasHapus
  2. MUngkin yg beli domain ga ngerti masalah Kaedah penamaan Domain..dimaklumi...

    BalasHapus
  3. kalau manusia selalu mengedapankah ego ya hasilnya kayak gitu. ngalor ngidul acak2an gak mau/bisa respect sama aturan.

    BalasHapus
  4. benar katamu mas, tapi kalo servernya kuat, kan yang namanya web milik pemda kan trafiknya tinggi, sebenarnya bisa diatasi juga sih.. kekeke...

    malah nama domainnya jelek gitu ya, mending pake subdomain malah keren,...

    BalasHapus
  5. aduh,, kagak ngarti dah gini2an(halah).. keep share pak

    BalasHapus
  6. wah ngga tahu tuh...

    ngga ngerti, emang kalo lembaga tuh mesti pake .go.id ya?

    BalasHapus
  7. silap-silap bisa buat menipu tuh... :P

    BalasHapus
  8. itu adminnya yang kurang jago kali! :D

    BalasHapus
  9. Kalau saya sih,.... nggak bisa koment, saya sendiri tidak ngerti masalah domain. Jadi lebih baik.......
    kuabuuur......

    BalasHapus
  10. lupa nyampaikan salam dan selamat pagi.

    BalasHapus
  11. selamat pagi juragan....
    iya setuju sama eri.... makskang bang/komandan/juragan attayaya emang jago...

    gimana latihan sepakbolanya????? :D

    BalasHapus
  12. hii hii hiii
    nah loh, siapa yg punya rumah di riau, nah loh, siap siap kena investigasi tar.
    nah looo....
    wkwkwk

    BalasHapus
  13. mestinya artikel ini dikirim ke humasriau.com
    kasihan kan mereka...

    BalasHapus
  14. ya
    bener sekali
    kalo situs pemerintahan harusnya make .g.id
    :)

    BalasHapus
  15. wewwew.... disini lagi rame juga yah.. humasriua.com emg keren ko' Om.. hihihi....
    ntar aq datangin ke kantornya.... supaya kita tidak salah paham... seperti kaedah jurnalistik...
    komfirmasi ke yg terkait itu wajib.... tul ga....
    ntar dibilang pulak kita nybar issu yg tidak baik.. hihihi... tungguin postingan berikutnya di sungaikuantan.com tentang hasil komfirmasi di kantor humas riau.........

    BalasHapus
  16. yup ditunggu konfirmasinya

    BalasHapus
  17. Benar juga ya bang..mungkin yang mengelolanya ada maksud2 yang tersembunyi....

    BalasHapus
  18. iyah bang saya juga ngerasa aneh............ ya seperti yang dituliskan di sungaikuantan itu kan.. huh huh.. semoga saja ga ada maksud tersembunyi deh, seperti yang dimaksud komentar diatas saya..

    BalasHapus
  19. Ahahahaha itulah yang sering terjadi, ada yang kabupatennya sudah punya domain tapi bappedanya bikin domain sendiri juga...ahahahaha...kacau deh..

    BalasHapus
  20. biasa tuh biar admindnya bisa nyelip-nyelipin uang proyek dri webnya, huh jangan2 Bnyk KKN nya tuh?

    BalasHapus
  21. Sebenarnya mungkin ada mis koordinasi dari masing-masing pihak yang terkait.
    Hehehe... segitu aja komen nya Bang

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Humas | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah