13 April 2009

Bambu ; The Fact

Bertahan dalam waktu ...
Thomas Edison berhasil menggunakan kawat pijar terkarbonisasi (carbonized) yang berasal dari bambu, dalam percobaan pertama dengan lampu pijar (bulb). Bola lampu ini masih bisa dinyalakan dan ditempatkan di Smithsonian Museum di Washington DC. Bambu juga digunakan untuk memperkuat dinding kolam. Banyak kegunaannya antara lain : lebih dari 5000 buku menggunakan kertas yang terbuat dari bambu, bangunan, bahan bakar solar, saringan air bersih, alat-alat musik, obat-obatan, makanan dan jarum gramopon pertama buatan Alexander Graham Bell.

Bertahan hidup ...
Di tengah kematian dan kehancuran, bambu merupakan makhluk hidup yang selamat pada saat ledakan atom Hiroshima (ground-zero Hiroshima).

Tumbuh dengan kekuatan dan kecepatan ...
Dengan kekuatan superior yang menyerupai baja ringan (daya tahan beban hingga 52.000 Pounds setiap tekanan/psi). Dengan perbandingan berat dan kekuatan, maka bambu merupakan salah satu tumbuhan terkuat dimuka bumi. Bambu memiliki lebih dari 1500 spesies yang berkembang di berbagai daerah mulai dari ketinggian 0 sampai ke 12.000 kaki di atas permukaan laut. Tumbuh diseluruh muka bumi kecuali di daerah kutub. Bambu juga merupakan tumbuhan yang paling cepat tumbuh : yaitu sekitar 2 inci setiap 1 jam. Beberapa jenis bambu bahkan tumbuh satu setengah meter per hari.

BAMBU melindungi lingkungan dan udara ...
Bambu adalah tumbuhan pelindung kerusakan tanah yang paling cepat berkembang, melepaskan oksigen 35% lebih banyak daripada jenis tumbuhan lain. Beberapa jenis bambu, setiap hektarnya bahkan menyerap hingga 12 ton karbon dioksida dari udara. Bambu juga dapat menurunkan intensitas cahaya matahari dan melindungi terhadap sinar ultra-violet. Kepercayaan tradisional menyatakan bahwa dalam hutan belukar bambu merupakan tempat favorit Budha, dan kita pun bisa merasakan kembali ketenangan emosi dan merangsang kreativitas.

Pengendali erosi tanah ...
Akarnya di dalam tanah dapat membuat tanah tidak mengalami erosi. Batangnya yang lentur dan kuat dapat menahan laju air atau lumpur jika terjadi air bandang.

Penyelamatan hutan ...
Bambu merupakan salah satu bahan bangunan yang kuat. Bambu memiliki gaya tarik 28.000 pounds per inci bujursangkar, beda dengan baja ringan yang hanya memiliki gaya tarik 23.000 pounds per inci bujursangkar. Daerah tropis sangat mungkin untuk tanaman bambu dan dapat menciptakan "rumah yang tumbuh sendiri". Maksudnya adalah, lahan kosong yang diperuntukkan untuk perumahan, ditanam pohon bambu terlebih dahulu. Jika telah besar, ditebang dan dijadikan bahan bangunan perumahan tersebut. Di Kosta Rika, 1000 rumah dibangun dari bambu setiap tahun hanya dengan bahan yang berasal dari 60 hektar perkebunan bambu. Jika suatu rumah membutuhkan kayu, maka bisa diganti dengan bambu sehingga kita dapat menyelamatkan hutan tropis.

Sumber daya yang terbarukan ...
Bambu merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui secara cepat. Mungkin dikemudian hari kita tidak akan mengenal lagi istilah "plywood" yaitu triplek yang terbuat dari kayu, tetapi kita akan diperkenalkan dengan "ply boo" yaitu triplek yang terbuat dari bambu (semacam gedhek tapi dengan proses pembuatan dan hasil yang lebih baik). Kini bambu telah banyak digunakan untuk papan bingkai dinding dan lantai keramik; bubur bambu untuk membuat kertas (bukan bubur kertas atau pulp); briquettes/briket arang bambu untuk bahan bakar, bahan baku untuk konstruksi perumahan. Terdapat lebih dari 1500 jenis bambu di bumi. Keragamannya ini membuat bambu dapat sangat beradaptasi pada banyak lingkungan. Dapat dipanen dalam 3-5 tahun bila dibandingkan dengan kayu yang dapat dipanen pada 10-20 tahun. Bambu dapat hidup walaupun dengan tingkat curah hujan yang tinggi antara 30-250 inci setiap tahunan.

Perumahan ...
Industri bambu telah memberikan pendapatan kepada lebih dari 2,2 miliar orang di seluruh dunia. Dengan tingkat pengembalian laba atas investasi sekitar 3-5 tahun, sangatlah cepat daripada industri rotan yang mempunyai tingkat pengembalian laba atas investasi sekitar 8-10 tahun. Pemerintah India dan Cina, telah mengembangkan kebijakan yang memfokuskan perhatian pada faktor pengembangan ekonomi dan perlindungan alam yang dapat diraih melalui 15 juta hektar hutan bambu cadangan. Di Limon, Kosta Rika, hanya rumah-rumah yang terbuat dari bambu (hasil dari Proyek Bambu Nasional) yang masih bertahan akibat gempa bumi pada tahun 1992. Fleksibel dan ringan, merupakan sifat bambu yang memungkinkan struktur rumah bertahan dari gempa.

Makanan ...
Pucuk bambu untuk memberikan gizi jutaan orang di seluruh dunia. Di Jepang, kulit bambu merupakan Antioxidant yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri, dan digunakan sebagai bahan pengawet alami makanan. Bambu dapat juga dijadikan bahan pakan ternak dan makanan ikan. Di Taiwan sendiri, dibutuhkan 80.000 ton per tahun pucuk bambu, dan menghasilkan pendapatan $ 50 juta. Daun bambu biasanya digunakan sebagai makanan ternak. Daun bambu muda merupakan makanan favorit bagi gajah dan Panda.
Daun bambu (D. Strictus) setiap 100 mg mengandung :
crude protein, 15/09;
crude serat, 23,15;
eter ekstrak 1,43;
ash 18/03;
fosfor 170
kalsium 1550 mg.

Obat kuno ...
Bambu telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Ayurvedic dan obat-obatan herbal Cina. Tabasheer, bubuk dalam tabung bambu, digunakan secara internal untuk merawat asma, batuk dan dapat digunakan sebagai zat perangsang nafsu berahi. Di Cina, bahan dari akar bambu hitam membantu mengobati penyakit ginjal (bambu hitam ini susah dicari lho disini). Akar dan daunnya juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kelamin dan kanker. Getahnya digunakan untuk mengurangi demam, dan abu/arangnya akan menyembuhkan biang keringat.

Desain tata letak ...
Bambu merupakan komponen yang sangat indah dalam desain lansekap/tata letak. Bambu menjadikan lingkungan teduh, pemecah angin, hambatan polusi suara, keindahan dan estetika. Hutan Bambu merupakan suatu sistem ekologi yang dapat menjernihkan air dan mengurai limbah melalui aerobik rhizosphere (organisme yang hidup di sistem perakarannya).

Budaya dan Seni ...
Bambu adalah tanaman mistik: yang merupakan simbol kekuatan, fleksibilitas, ketekunan, dan kesabaran. Di Asia, bambu telah selama berabad-abad menyatu dalam upacara keagamaan, seni, musik, dan kehidupan sehari-hari. Bambu dapat ditemukan pada tulisan di kertas, penggunaan kuas, dan menjadi inspirasi untuk puisi dan lukisan. Beberapa catatan sejarah pada awal abad 2 sebelum Masehi (BC) ditulis pada lajur bambu hijau.

Bambu berhak dan pantas disebut "tanaman ajaib".

Dari kiri ke kanan :
Phyllostachys aurea, Tetragonoclamus angulatus, Phyllostachys nigra f. punctuata, Phyllostaches bamb. violascens, Phyllostachys nigra f. 'Boryana', Phyllostachys viridis 'Sulphurea', Phyllostachys bambusoides.
(Illustration Photo by Wetterwald M.F.)


(diambil dari http://www.bamboocentral.org/)
Kantor Pusat : Bali


39 komentar:

  1. Nambah lagiiiiiiii
    Bambu buat alat bantu nyolong manggaaaaaaaaaaa
    bambu buat tiang bendera
    bambu buat bikin angklung
    emmmmm apa lagi yaaaaa....
    bentar mikir sambil nyapu dulu yaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  2. Ahhh Nomero unooooooo
    Mejengggg....duluuuuu
    Jeprettttttttt***** cheerssssssssssss

    BalasHapus
  3. Bambu..byk sekali manfaatnya ya bang..

    BalasHapus
  4. Bambu merupakan sat satunya yang terlibat politik lhoo.... , politik belah bambu...

    BalasHapus
  5. bambu banyak banget gunanya, misal pohon mangga tetangga lagi berbuah banyak kalo ga ada tangga kan bisa peke bambu untuk ngambil

    BalasHapus
  6. harganya juga mahal, apalagi menjelang hari rayaku :P

    BalasHapus
  7. atta, posting juga dunk, kelebihan dan kekurangan pohon bambu, misal apa kek yang sisi burukna kalo nanam ntu poon, kan sisi baiknya lumayan banyak ne ^^

    BalasHapus
  8. mampirr..kunjungan balik..hehehehehe

    BalasHapus
  9. hobby banget ne anak guling2 di blogku.
    kwkwkkwkwk...
    parah (doh)

    BalasHapus
  10. ini yang paling gila.. [Bambu juga merupakan tumbuhan yang paling cepat tumbuh : yaitu sekitar 2 inci setiap 1 jam. Beberapa jenis bambu bahkan tumbuh satu setengah meter per hari]
    et dah buset.. emang bisa yakk... keren amat kalo begini sih.. tanem aja bambu kalo pengen penghijauan yang cepet dan murah..
    dari gambar bambu diatas.. saya suka yang warna hitam.. keren boo.....

    kayaknya sisi buruk menanam bambu hanya terjadi kalau salah tempat nanemnya.. coba aja di dalem kamar tanem bambu yang 1 hari bisa tumbuh 1 meter,,, 4 hari udah jebol atap kita.. heuhueheu

    BalasHapus
  11. hohohoh...bambu emang keren...kayaknya kurang satu lagi yang belum ke sebut kelebihannya dan kehebatan bambu: bisa buat perang (bambu runcing) hohoho...

    BalasHapus
  12. tambah ahh bambu kuning bisa di pakai kelemahan buat ilmu

    sembilunya pada waktu aku kecil buat motong anak burung pipit dah aku bakar dehh

    BalasHapus
  13. Indonesia juga terkenal merdeka dengan senjata bambu...

    mas/kang/bang/pak attayaya piye khabare? :D

    BalasHapus
  14. ayo rame-rame tanam bambu

    hahhahaa

    BalasHapus
  15. oww...ternyata bambu banyak macam n fungsinya ya..baru tau nih ...hiks

    BalasHapus
  16. satu lagi om attayaya, bambu bisa buat layang-layang dan pentongan .

    BalasHapus
  17. eh kalo rebung itu dari apa ya? yg biasa dibuat sayur itu?hihi apa bambu juga yak


    Tuhan menciptakan semuanya punya manfaat masing2 emang...

    BalasHapus
  18. Bambuu loe mandi man... bambuuu_na kemana² nehh...
    *bauuu kaleee*
    wahhh keren ya... bambu... infonya lengkap lagi...
    oh ya ada lagi neh..pepatah mengatakan
    "seperti sayur tanpa bambu*bumbu*" gag enak kaleee....hahahaha...

    BalasHapus
  19. pelajaran biologi yak ... *garuk-garuk kepala*

    BalasHapus
  20. bener tu om,,,bambu emang banyak kegunaannya..buat obor juga bisa tuh.buat takbiran..heheheh....

    BalasHapus
  21. Kan aku udah bilang kmrn, bambu tuh tempat tinggal temen aku si Semut Item, kalo aku mah tinggalnya di dalam buah2an yg manis2, xixixi....

    BalasHapus
  22. lama tak jumpaa... om... jujur saja aku slalu seneng klo ke sini...

    BalasHapus
  23. bambu, tempat bersemayamnya si kunti sama si lanak...
    hiiiii....syereeeem!!!

    BalasHapus
  24. Ass.wrwb
    nambah nii..bambu runcing!
    bambu juga bisa untuk main enggrang..
    he..he..
    wassalam

    BalasHapus
  25. ingat bamboo ingat panda! lucu!!

    BalasHapus
  26. JengSri juga suka makan sayuran yang pake bambu muda, tuh, namanya rabung kalo gak salah ya. Duh kangen banget mo makan kayak gituan lagi. Ayya, kiriminnnnnn dungggggg!!!!!

    BalasHapus
  27. bambu dalam bahasa jawa disebut pring, ada pring apus, pring gading, pring ori, pring ijo, pring kuning

    BalasHapus
  28. jah... agoss.. agosss..
    tu apa seh atta >.<

    BalasHapus
  29. seruling sakti.... terbuat dari bambu apa yah???
    hihihi....
    Om... dan sobat blogger semua...
    di sungai kuantan da sayembara tuh... datang yah..

    BalasHapus
  30. Saya harus masukkan bambu dalam daftar tanam nih (wakau hakaman hanya se-pentil)

    BalasHapus
  31. kalau saya bambu di pake wat ngambil nira tuh
    eh rupanya bambu merupakan sala satu jenis tanaman yang tenar ya??
    padahal di kampung saya banyak tuh, dari mulai bambu kasarung sampe bambu si buta dari goa hantu

    BalasHapus
  32. kunjungan malam bang..berkunjung kepekanbaru

    BalasHapus
  33. wah.. bambu/buluh bukan saja berguna utk buat lomang aja ye.. kalo org dlu bikin rumah pun pakai bambu, buat pagar kebun pun pakai bambu, dan yg paling best sekali... meriam buluh masa raya(dah x boleh main... nnti polis tangkap)
    hihihihi..

    berkenaan artikel yg saya post tu..
    mungkin bang atta keliru dgn istilah Jemaah Tariqat Ahmadiyah dgn Jemaah Ahmadiyah(kalau di malaysia dipanggil Qadiyani).
    Ahmadiyah yg saudara maksudkan ialah Ahmadiyah Qadiyani yg diasaskan Mirza Ghulam Ahmad Qadiyani. Ya, gerakan ini mmg tlh diputuskan sesat lagi menyesatkan oleh ulama kita.
    kalau Tariqat Ahmadiyah, tariqat muktabar dan Mufti Besar Negeri Sembilan sendiri guru tariqat ini..

    BalasHapus
  34. bambue runcing,,buat nusuk hati,,heheheheh,,mati dunk,,tambah lagih ni pengetahuan aku !

    BalasHapus
  35. yaya.. ada sesuatu untuk loe, ambil di blog ku yaa

    BalasHapus
  36. @ NA_SR : maaf..aku pikir sama seperti jemaah ahmadiyah di Indonesia

    BalasHapus
  37. asiiikkkk cerita tentang bambu lagiii... kalo di tempatku dulu bambu banyak uler nya bang... jadi takut kalo deket2

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Bambu ; The Fact | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah