13 April 2009

Bambu ; The Fact

Bertahan dalam waktu ...
Thomas Edison berhasil menggunakan kawat pijar terkarbonisasi (carbonized) yang berasal dari bambu, dalam percobaan pertama dengan lampu pijar (bulb). Bola lampu ini masih bisa dinyalakan dan ditempatkan di Smithsonian Museum di Washington DC. Bambu juga digunakan untuk memperkuat dinding kolam. Banyak kegunaannya antara lain : lebih dari 5000 buku menggunakan kertas yang terbuat dari bambu, bangunan, bahan bakar solar, saringan air bersih, alat-alat musik, obat-obatan, makanan dan jarum gramopon pertama buatan Alexander Graham Bell.

Bertahan hidup ...
Di tengah kematian dan kehancuran, bambu merupakan makhluk hidup yang selamat pada saat ledakan atom Hiroshima (ground-zero Hiroshima).

Tumbuh dengan kekuatan dan kecepatan ...
Dengan kekuatan superior yang menyerupai baja ringan (daya tahan beban hingga 52.000 Pounds setiap tekanan/psi). Dengan perbandingan berat dan kekuatan, maka bambu merupakan salah satu tumbuhan terkuat dimuka bumi. Bambu memiliki lebih dari 1500 spesies yang berkembang di berbagai daerah mulai dari ketinggian 0 sampai ke 12.000 kaki di atas permukaan laut. Tumbuh diseluruh muka bumi kecuali di daerah kutub. Bambu juga merupakan tumbuhan yang paling cepat tumbuh : yaitu sekitar 2 inci setiap 1 jam. Beberapa jenis bambu bahkan tumbuh satu setengah meter per hari.

BAMBU melindungi lingkungan dan udara ...
Bambu adalah tumbuhan pelindung kerusakan tanah yang paling cepat berkembang, melepaskan oksigen 35% lebih banyak daripada jenis tumbuhan lain. Beberapa jenis bambu, setiap hektarnya bahkan menyerap hingga 12 ton karbon dioksida dari udara. Bambu juga dapat menurunkan intensitas cahaya matahari dan melindungi terhadap sinar ultra-violet. Kepercayaan tradisional menyatakan bahwa dalam hutan belukar bambu merupakan tempat favorit Budha, dan kita pun bisa merasakan kembali ketenangan emosi dan merangsang kreativitas.

Pengendali erosi tanah ...
Akarnya di dalam tanah dapat membuat tanah tidak mengalami erosi. Batangnya yang lentur dan kuat dapat menahan laju air atau lumpur jika terjadi air bandang.

Penyelamatan hutan ...
Bambu merupakan salah satu bahan bangunan yang kuat. Bambu memiliki gaya tarik 28.000 pounds per inci bujursangkar, beda dengan baja ringan yang hanya memiliki gaya tarik 23.000 pounds per inci bujursangkar. Daerah tropis sangat mungkin untuk tanaman bambu dan dapat menciptakan "rumah yang tumbuh sendiri". Maksudnya adalah, lahan kosong yang diperuntukkan untuk perumahan, ditanam pohon bambu terlebih dahulu. Jika telah besar, ditebang dan dijadikan bahan bangunan perumahan tersebut. Di Kosta Rika, 1000 rumah dibangun dari bambu setiap tahun hanya dengan bahan yang berasal dari 60 hektar perkebunan bambu. Jika suatu rumah membutuhkan kayu, maka bisa diganti dengan bambu sehingga kita dapat menyelamatkan hutan tropis.

Sumber daya yang terbarukan ...
Bambu merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui secara cepat. Mungkin dikemudian hari kita tidak akan mengenal lagi istilah "plywood" yaitu triplek yang terbuat dari kayu, tetapi kita akan diperkenalkan dengan "ply boo" yaitu triplek yang terbuat dari bambu (semacam gedhek tapi dengan proses pembuatan dan hasil yang lebih baik). Kini bambu telah banyak digunakan untuk papan bingkai dinding dan lantai keramik; bubur bambu untuk membuat kertas (bukan bubur kertas atau pulp); briquettes/briket arang bambu untuk bahan bakar, bahan baku untuk konstruksi perumahan. Terdapat lebih dari 1500 jenis bambu di bumi. Keragamannya ini membuat bambu dapat sangat beradaptasi pada banyak lingkungan. Dapat dipanen dalam 3-5 tahun bila dibandingkan dengan kayu yang dapat dipanen pada 10-20 tahun. Bambu dapat hidup walaupun dengan tingkat curah hujan yang tinggi antara 30-250 inci setiap tahunan.

Perumahan ...
Industri bambu telah memberikan pendapatan kepada lebih dari 2,2 miliar orang di seluruh dunia. Dengan tingkat pengembalian laba atas investasi sekitar 3-5 tahun, sangatlah cepat daripada industri rotan yang mempunyai tingkat pengembalian laba atas investasi sekitar 8-10 tahun. Pemerintah India dan Cina, telah mengembangkan kebijakan yang memfokuskan perhatian pada faktor pengembangan ekonomi dan perlindungan alam yang dapat diraih melalui 15 juta hektar hutan bambu cadangan. Di Limon, Kosta Rika, hanya rumah-rumah yang terbuat dari bambu (hasil dari Proyek Bambu Nasional) yang masih bertahan akibat gempa bumi pada tahun 1992. Fleksibel dan ringan, merupakan sifat bambu yang memungkinkan struktur rumah bertahan dari gempa.

Makanan ...
Pucuk bambu untuk memberikan gizi jutaan orang di seluruh dunia. Di Jepang, kulit bambu merupakan Antioxidant yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri, dan digunakan sebagai bahan pengawet alami makanan. Bambu dapat juga dijadikan bahan pakan ternak dan makanan ikan. Di Taiwan sendiri, dibutuhkan 80.000 ton per tahun pucuk bambu, dan menghasilkan pendapatan $ 50 juta. Daun bambu biasanya digunakan sebagai makanan ternak. Daun bambu muda merupakan makanan favorit bagi gajah dan Panda.
Daun bambu (D. Strictus) setiap 100 mg mengandung :
crude protein, 15/09;
crude serat, 23,15;
eter ekstrak 1,43;
ash 18/03;
fosfor 170
kalsium 1550 mg.

Obat kuno ...
Bambu telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Ayurvedic dan obat-obatan herbal Cina. Tabasheer, bubuk dalam tabung bambu, digunakan secara internal untuk merawat asma, batuk dan dapat digunakan sebagai zat perangsang nafsu berahi. Di Cina, bahan dari akar bambu hitam membantu mengobati penyakit ginjal (bambu hitam ini susah dicari lho disini). Akar dan daunnya juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker. Getahnya digunakan untuk mengurangi demam, dan abu/arangnya akan menyembuhkan biang keringat.

Desain tata letak ...
Bambu merupakan komponen yang sangat indah dalam desain lansekap/tata letak. Bambu menjadikan lingkungan teduh, pemecah angin, hambatan polusi suara, keindahan dan estetika. Hutan Bambu merupakan suatu sistem ekologi yang dapat menjernihkan air dan mengurai limbah melalui aerobik rhizosphere (organisme yang hidup di sistem perakarannya).

Budaya dan Seni ...
Bambu adalah tanaman mistik: yang merupakan simbol kekuatan, fleksibilitas, ketekunan, dan kesabaran. Di Asia, bambu telah selama berabad-abad menyatu dalam upacara keagamaan, seni, musik, dan kehidupan sehari-hari. Bambu dapat ditemukan pada tulisan di kertas, penggunaan kuas, dan menjadi inspirasi untuk puisi dan lukisan. Beberapa catatan sejarah pada awal abad 2 sebelum Masehi (BC) ditulis pada lajur bambu hijau.

Bambu berhak dan pantas disebut "tanaman ajaib".

Dari kiri ke kanan :
Phyllostachys aurea, Tetragonoclamus angulatus, Phyllostachys nigra f. punctuata, Phyllostaches bamb. violascens, Phyllostachys nigra f. 'Boryana', Phyllostachys viridis 'Sulphurea', Phyllostachys bambusoides.
(Illustration Photo by Wetterwald M.F.)


(diambil dari http://www.bamboocentral.org/)
Kantor Pusat : Bali


Copyright © 2013 attayaya: Bambu ; The Fact | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah