31 Agustus 2008

Selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1429 Hijriyah

atan dan yaya
mengucapkan
Selamat melaksanakan
ibadah puasa Ramadhan
1429 Hijriyah
mohon maaf
lahir dan bathin






Jangan malas


Tetapkan hati


persiapan puasa pasti sudah bagus


Jauhi larangan dan jalankan perintah


maka godaan akan sirna


Inilah seruan suci


selengkapnya...

29 Agustus 2008

Pantun Botak

Pantun Botak

Karena kepalaku lagi botak sejak 18 Agustus 2008 sehubungan dengan dilaksanakannya bekam di kepalaku, tapi tidak ada hubungannya dengan dapid beckam, maka aku mau berpantun, sekaligus menyambut puasa.

Tak ada gading yang tak retak
Tak ada bisul yang tak bengkak
Tak ada tuyul yang tak botak
Karena kepalaku botak, hanya 1 yang ku pintak
…… maafkan daku atas segala dosa-dosaku
…… kesalahanmu sudah kumaafkan kok

ucapan mohon maaf lahir bathin
SmS Pantun Menyambut Lebaran / Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal
sms | pantun | selamat menyambut bulan Ramadhan
marhaban ya ramadhan



selengkapnya...

28 Agustus 2008

04 - Nenas - Komposisi by USDA traditional varieties

Values based on Champaka and Smoothe Cayenne varieties.
USDA National Nutrient Database for Standard Reference, Release 20 (2007)
http://www.nal.usda.gov/fnic/foodcomp/cgi-bin/list_nut_edit.pl


Pineapple, raw, traditional varieties
Refuse : 42% (8% core, 13% crown, 22% parings)
Scientific Name : Ananas comosus
NDB No : 09429 (Nutrient values and weights are for edible portion)
http://www.nal.usda.gov/fnic/foodcomp/cgi-bin/list_nut_edit.pl

Nutrient Units Value per
100 grams
Number
of Data
Points
Std.
Error
Proximates
Water
g
87.24
11
2.46
Energy
kcal
45
0
0
Energy
kj
190
0
0
Protein
g
0.55
11
0.045
Total lipid (fat)
g
0.13
11
0.033
Ash
g
0.27
11
0.049
Carbohydrate, by difference
g
11.82
0
0
Sugars, total
g
8.29
3
0.932
Sucrose
g
4.59
3
0.729
Glucose (dextrose)
g
1.76
3
0.227
Fructose
g
1.94
3
0.325
Lactose
g
0.00
3
0
Maltose
g
0.00
3
0
Galactose
g
0.00
3
0
Minerals
Calcium, Ca
mg
13
11
1.723
Iron, Fe
mg
0.25
12
0.063
Magnesium, Mg
mg
12
12
1.63
Phosphorus, P
mg
9
11
2.849
Potassium, K
mg
125
12
18.777
Sodium, Na
mg
1
0
0
Zinc, Zn
mg
0.08
11
0.008
Copper, Cu
mg
0.081
12
0.013
Manganese, Mn
mg
1.593
12
0.473
Selenium, Se
mcg
0.0
2
0
Vitamins
Vitamin C, total ascorbic acid
mg
16.9
11
2.464
Thiamin
mg
0.078
10
0.002
Riboflavin
mg
0.029
10
0.016
Niacin
mg
0.470
6
0.283
Pantothenic acid
mg
0.193
10
0.032
Vitamin B-6
mg
0.106
10
0.003
Folate, total
mcg
11
10
2.313
Folate, food
mcg
11
10
2.313
Choline, total
mg
5.6
0
0
Betaine
mg
0.1
1
0
Vitamin A, IU
IU
52
10
6.25
Vitamin A, RAE
mcg_RAE
3
10
0.312
Vitamin K (phylloquinone)
mcg
0.7
2
0
Lipids
Other
Carotene, beta
mcg
31
10
3.75
Carotene, alpha
mcg
0
2
0
Cryptoxanthin, beta
mcg
0
2
0
Lycopene
mcg
0
2
0
Lutein + zeaxanthin
mcg
0
2
0

Footnotes:
Values based on Champaka and Smoothe Cayenne varieties.
USDA National Nutrient Database for Standard Reference, Release 20 (2007)

selengkapnya...

04 - Nenas - Komposisi by USDA all varieties

Values based on data weighted 80% extra sweet variety, 20% traditional varieties.
USDA National Nutrient Database for Standard Reference, Release 20 (2007)
http://www.nal.usda.gov/fnic/foodcomp/cgi-bin/list_nut_edit.pl



Pineapple, raw, all varieties
Refuse: 49% (8% core, 16% crown, 26% parings)
Scientific Name: Ananas comosus
NDB No:09266 (Nutrient values and weights are for edible portion)


Nutrient

Units

Value per
100 grams

Number
of Data
Points

Std.
Error

Proximates





Water

g

86.00

21

0.506

Energy

kcal

50

0

0

Energy

kj

209

0

0

Protein

g

0.54

21

0.037

Total lipid (fat)

g

0.12

21

0.018

Ash

g

0.22

21

0.032

Carbohydrate, by difference

g

13.12

0

0

Fiber, total dietary

g

1.4

6

0.057

Sugars, total

g

9.85

13

0.36

Sucrose

g

5.99

13

0.509

Glucose (dextrose)

g

1.73

13

0.089

Fructose

g

2.12

13

0.06

Lactose

g

0.00

13

0

Maltose

g

0.00

13

0

Galactose

g

0.00

13

0

Starch

g

0.00

6

0

Minerals





Calcium, Ca

mg

13

21

0.693

Iron, Fe

mg

0.29

22

0.09

Magnesium, Mg

mg

12

22

0.411

Phosphorus, P

mg

8

21

0.57

Potassium, K

mg

109

22

11.362

Sodium, Na

mg

1

11

0.074

Zinc, Zn

mg

0.12

19

0.005

Copper, Cu

mg

0.110

22

0.017

Manganese, Mn

mg

0.927

22

0.248

Selenium, Se

mcg

0.1

5

0.038

Vitamins





Vitamin C, total ascorbic acid

mg

47.8

21

3.211

Thiamin

mg

0.079

18

0.011

Riboflavin

mg

0.032

18

0.007

Niacin

mg

0.500

14

0.229

Pantothenic acid

mg

0.213

18

0.05

Vitamin B-6

mg

0.112

18

0.006

Folate, total

mcg

18

18

8.972

Folic acid

mcg

0

0

0

Folate, food

mcg

18

18

8.972

Folate, DFE

mcg_DFE

18

0

0

Choline, total

mg

5.5

0

0

Betaine

mg

0.1

2

0

Vitamin B-12

mcg

0.00

0

0

Vitamin B-12, added

mcg

0.00

0

0

Vitamin A, IU

IU

58

16

7.439

Vitamin A, RAE

mcg_RAE

3

16

0.372

Retinol

mcg

0

0

0

Vitamin E (alpha-tocopherol)

mg

0.02

7

0.002

Vitamin E, added

mg

0.00

0

0

Tocopherol, beta

mg

0.00

7

0

Tocopherol, gamma

mg

0.00

7

0

Tocopherol, delta

mg

0.00

7

0

Vitamin K (phylloquinone)

mcg

0.7

10

0.02

Lipids





Fatty acids, total saturated

g

0.009

0

0

4:0

g

0.000

0

0

6:0

g

0.000

0

0

8:0

g

0.000

0

0

10:0

g

0.000

0

0

12:0

g

0.000

0

0

14:0

g

0.000

0

0

16:0

g

0.005

0

0

18:0

g

0.003

0

0

Fatty acids, total monounsaturated

g

0.013

0

0

16:1 undifferentiated

g

0.001

0

0

18:1 undifferentiated

g

0.012

0

0

20:1

g

0.000

0

0

22:1 undifferentiated

g

0.000

0

0

Fatty acids, total polyunsaturated

g

0.040

0

0

18:2 undifferentiated

g

0.023

0

0

18:3 undifferentiated

g

0.017

0

0

18:4

g

0.000

0

0

20:4 undifferentiated

g

0.000

0

0

20:5 n-3

g

0.000

0

0

22:5 n-3

g

0.000

0

0

22:6 n-3

g

0.000

0

0

Cholesterol

mg

0

0

0

Phytosterols

mg

6

0

0

Amino acids





Tryptophan

g

0.005

0

0

Threonine

g

0.019

0

0

Isoleucine

g

0.019

0

0

Leucine

g

0.024

0

0

Lysine

g

0.026

0

0

Methionine

g

0.012

0

0

Cystine

g

0.014

0

0

Phenylalanine

g

0.021

0

0

Tyrosine

g

0.019

0

0

Valine

g

0.024

0

0

Arginine

g

0.019

0

0

Histidine

g

0.010

0

0

Alanine

g

0.033

0

0

Aspartic acid

g

0.121

0

0

Glutamic acid

g

0.079

0

0

Glycine

g

0.024

0

0

Proline

g

0.017

0

0

Serine

g

0.035

0

0

Other





Alcohol, ethyl

g

0.0

0

0

Caffeine

mg

0

0

0

Theobromine

mg

0

0

0

Carotene, beta

mcg

35

16

4.463

Carotene, alpha

mcg

0

8

0

Cryptoxanthin, beta

mcg

0

8

0

Lycopene

mcg

0

8

0

Lutein + zeaxanthin

mcg

0

8

0


Footnotes:
Values based on data weighted 80% extra sweet variety, 20% traditional varieties.
USDA National Nutrient Database for Standard Reference, Release 20 (2007)


selengkapnya...

27 Agustus 2008

04 - Nenas - Komposisi Nenas

Komposisi Nenas :
Menurut Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Buah Nenas mengandung :
vitamin (A, B12m, C dan E),
asam,
biotin,
kalium,
Iodium,
sulfur,
khlor
kalsium,
fosfor,
magnesium,
besi,
natrium,
dekstrosa,
sukrosa (gula tebu),
saponin,
tlavonoida,
polifenol, dan
enzim bromelain (protease) EC.3.4.22.4.
Bromelain berkhasiat antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat agregasi platelet, dan mempunyai aktivitas fibrinolitik. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit (konstipasi). Berdasarkan hasil penelitian, buah nenas yang masih hijau atau belum matang, ternyata mengandung bromelin lebih sedikit dibandingkan buah nenas segar yang matang.
Daun mengandung calsium oksalat dan pectic substances.

Pineapple, raw Nutritional
value per 100 g (3.5 oz)
Energy 50 kcal 200 kJ
Carbohydrates 12.63 g
- Sugars 9.26 g
- Dietary fiber 1.40 g
Fat 0.12 g
Protein 0.54 g
Thiamin (Vit. B1) 0.079 mg 6%
Riboflavin (Vit. B2) 0.031 mg 2%
Niacin (Vit. B3) 0.489 mg 3%
Pantothenic acid (B5) 0.205 mg 4%
Vitamin B6 0.110 mg 8%
Folate (Vit. B9) 15 μg 4%
Vitamin C 36.2 mg 60%
Calcium 13 mg 1%
Iron 0.28 mg 2%
Magnesium 12 mg 3%
Phosphorus 8 mg 1%
Potassium 115 mg 2%
Zinc 0.10 mg 1%
Percentages are relative to US
recommendations for adults.
Source: USDA Nutrient database

Menurut Wikipedia
Nenas mengandung proteolytic enzyme bromelain yang berfungsi mencernakan makanan dan melarutkan protein. Enzim ini bisa berbahaya pada orang yang mengidap penyakit kekurangan protein atau tidak dapat memproses protein seperti penyakit Ehlers-Danlos Syndrome. Nenas juga tidak bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang mengidap penyakit Hemophilia, gagal ginjal atau hati, karena akan mengurangi memperlambat pembekuan darah dan anti-peradangan (anti-inflammatory).

Nenas mengandung air 90% dapat digunakan untuk mengurangi dehidrasi.
Nutrisi nenas per 1 oz adalah :
kalium (kkal) = 17
energi (kj) = 73
lemak = 0 g
karbohidrat = 4,3 g
protein = 0,1 g
serat = 0,1 g
gula = 4,3 g
kolesterol = 0 g
abu = 0,3 mg
alkogol = 0

Menurut Kayser, buah nenas segar mengandung :
Sihid 12,5-16,1
Protein 0,42-0,50
Asam Citrat 0,8-1,5
Gula Reduksi 1,2-9,7
Sukrosa 1,7-10,32
Fibre 0,17-0,3
Abu 1,4-0,7

Buah nenas kalengan mengandung :
Sihid 17
Protein 0,43
Asam Citrat 0,35
Gula Reduksi 9,72
Sukrosa 5,12
Fibre 0
Abu 0,4

Nenas segar mengandung zat padat 16,72%, asam citrate 0,63%, gula invert 4% dan sakrosa sekitar 8,6 gram/100cc, juga manitol +1% asam terdiri dari sitrat dan malat (13% dari keseluruhan sitra) zat warna karotine (1,5-2,5 mg/kg) abu terdiri dari KO 0,24,CaO 0,04, MgO 0,02.

selengkapnya...

26 Agustus 2008

Pantun Rang Minang Bukittinggi - WAKAKAKAKAKA BISA JUGA AKU BERPANTUN MINANG

Jalan-jalan ke Bukittinggi
Lihat-lihat Lobang Jepang lalu Jam Gadang
Jika perut keroncongan nanti
Makan saja di Pasar Los Lambuang

Jalan-jalan ke Bukittinggi
Ngarai Sianok turun ke lembah
Jalan disana banyak mendaki
Kaki pegel, pijit sama si embah

Kaliliang-kaliliang ka Bukiktenggi
buah mingkudu lah jaleh bagatah
elok nan cantik si uni-uni
jalan taseok, tangan manggata


Ka Bukiktenggi kaliliang-kaliliang
ja an lupo naik kudo
samo artinyo jeki jo jariang
bahasa Indonesia, jengkol artinyo

Jalan-jalan ke Bukittinggi
cape deh....
pegel...
pinggang patah...
batuk...
pening...
atit ala...
atit eyut...
atit idi...

Anjalai tumbuah dimunggu
Sugi sugi dirumpun padi
Supayo pandai rajin baguru
Lalu dapek jalan ka bukiktenggi lai

Adat biaso kito pakai
Limbago nan samo dituang
Nan elok samo dipakai
Nan buruak samo dibuang

Ke Bukittinggi berkeliling-keliling
mengekang kuda, tali ditarik
daripada kita berpusing-pusing
jangan pikirkan orang yang syirik

Indak mingkudu indak bagatah
Antah kok birah jo kaladi
Indak panghulu nan indak gawa
Kato nan adat, ja an bakalahi

Alah bauriah bak sipasin
kok bakiek alah bajajak
habih maso baganti musim
kok lai dapek, kawan diajak

Jam gadang besar sekali
tentu saja besar, kalo kecil namanya jam tangan
gimana sih
mikir dong

Jam Gadang besar sekali
Jarumnya dua, pendek dan panjang
Jika capek, dipijit berkali-kali
Abis tu, naik ke ranjang (lho... kok gitu???)

Turun-turun ke Ngarai Sianok
Naik-naik ke puncak gunung
Si Uni badannya semok
Jika jatuh, badannya menggelundung

Naik-naik ke puncak gunung
tinggi-tinggi sekali
kiri kanan kulihat saja
banyak pohon cemara (lho kok jadi nyanyi seh...)

naik-naik ke gunung Merapi
lihat ke kiri gunung Singgalang
besok-besok ke Bukittinggi lagi
tapi enak juga ke Jogja dan Malang

dari Bukittinggi ke Jogjakarta
singgah sebentar di Jayapura
malang nasib apa hendak dikata
banyak yang syirik, mulut tak terjaga

trio macan nyanyi si kucing garong
goyang pantatnya, aduh mak bikin hati melolong
kucing mengeong, anjing menggonggong
kalo orang menggonggong, gak usah dipikir dong

Bukittinggi kota wisata
banyak orang datang kesana
walau uda tangannya manggata
tapi selalu baik hatinya

rang Bukiktenggi pulang basamo
pulang basamo naik kudo
jiko ado salah dikato
tangan diusuang, maafkan ambo

rang minang pai marantau
pulang basamo jiko lah kayo
sifat hati hendaklah dipantau
jelang Ramadhan, maafkan ambo

Malang untuangnyo si ambai-ambai
Lubang digali ombak pun tibo
Bulan Ramadhan, syetan di rantai
Maafkan ambo, lah dakek puaso

Janieh aienyo Sungai Tanang
Minuman urang Bukiktenggi
Bundo kanduang tadanga sanang
Maaf dipinta, mohon diampuni

ayun-ayun si anak kandung
anak kandung tertawa meriah
minta maaflah ke bunda kandung
supaya puasa diterima Allah

pasar atas jual sandal pak datuk
los lambung menjual nasi kapau
supaya sahur tidak mengantuk
belilah roti jangan yang lemau

Sakik sagadang biji bayam
Tapi bak raso ka mambunuah
Apapun dikato si urang awam
Luruih kan ati, bapuaso panuah

Bukiktenggi Koto rang Agam
Mandaki janjang ampek puluah
minta maaf ka urang awam
biar puaso ditarimo panuah

Kaik bakaik Rotan Sago
Takaik di Aka Baha
Lah dakek ka bulan puaso
ko indak pulang, lai kasi kaba

pak datuak naiak kudo
kudo diikek tali kekang
ditarimo Allah puaso kito
jo tetangga tenggang manenggang

pak datuak naiak kudo
manuju ka Bukiktenggi
lah dakek ka bulan puaso
saliang bamaafan jo laki bini


WAKAKAKAKAKA BISA JUGA AKU BERPANTUN MINANG

mohon
maaf
lahir
bathin


ucapan mohon maaf lahir bathin
SmS Pantun Menyambut Lebaran / Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal
sms | pantun | selamat menyambut bulan Ramadhan
marhaban ya ramadhan


selengkapnya...

Jalan-jalan ke Bukittinggi

Bukittinggi memiliki julukan sebagai "kota wisata" karena banyaknya objek wisata yang terdapat di kota ini. Lembah Ngarai Sianok merupakan salah satu objek wisata utama. Taman Panorama yang terletak di dalam kota Bukittinggi memungkinkan wisatawan untuk melihat keindahan pemandangan Ngarai Sianok. Di dalam Taman Panorama juga terdapat gua bekas persembunyian tentara Jepang sewaktu Perang Dunia II yang disebut sebagai 'Lobang Jepang'.

Pasar Atas berada berdekatan dengan Jam Gadang yang merupakan pusat keramaian kota. Di dalam Pasar Atas yang selalu ramai terdapat banyak penjual kerajinan bordir dan makanan kecil oleh-oleh khas Sumatera Barat seperti Keripik Sanjai yang terbuat dari singkong, serta Kerupuk Jangek (Kerupuk Kulit) yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau dan Karak Kaliang, sejenis makanan kecil khas Bukittinggi yang berbentuk seperti angka 8.

Poto ini diambil di lokasi :
Bukittinggi : Hotel Lima's, kaki lima Pasar Atas, Parkiran mobil Pasar Atas, Pasar Los Lambuang, Kerupuk Jangek Pasar Atas, Pisang Kapik Pasar Atas.
Payakumbuh : Lembah Harau, Lokasi Pembangunan Jalan Layang Kelok Sembilan, Danau PLTA Koto Panjang yang lagi kekeringan, dan kantor.


Lihat juga yang lainnya deh...

Poto berikut adalah sebagian angkot di Kota Padang, Pantai Muaro, Sanjai Christine Hakim, Pantai Teluk Bayur, Bukittinggi dan Lembah Harau Payakumbuh.









Kota Bukittinggi adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 25,24 km² dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 100.000 jiwa. Letaknya sekitar 2 jam perjalanan lewat darat (90 km) dari ibukota provinsi Padang. Bukittinggi dikelilingi tiga gunung berapi yaitu Gunung Singgalang, Gunung Marapi dan Gunung Sago.

Kota yang merupakan kota kelahiran Bung Hatta, adalah sebuah kota budaya di Sumatera Barat dan terkenal dengan Jam Gadang yang merupakan simbol kota Bukittinggi.
Selain memiliki potensi objek wisata, kota berhawa sejuk ini merupakan salah satu daerah tujuan utama dalam bidang perdagangan di pulau Sumatera. Bukittinggi telah lama dikenal sebagai pusat penjualan konveksi yang tepatnya berada di Pasar aur kuning.

Jam Gadang adalah sebuah menara jam yang merupakan markah tanah kota Bukittinggi dan provinsi Sumatra Barat di Indonesia. Simbol khas Sumatera Barat ini pun memiliki cerita dan keunikan karena usianya yang sudah puluhan tahun.

Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh. Peletakan batu pertama jam ini dilakukan putra pertama Rook Maker yang saat itu masih berumur 6 tahun. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota). Pada masa penjajahan Belanda, jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan, sedangkan pada masa pendudukan Jepang, berbentuk klenteng. Pada masa kemerdekaan, bentuknya berubah lagi menjadi ornamen rumah adat Minangkabau.
Ukuran diameter jam ini adalah 80 cm, dengan denah dasar 13x4 meter sedangkan tingginya 26 meter. Pembangunan Jam Gadang yang konon menghabiskan total biaya pembangunan 3.000 Gulden ini, akhirnya menjadi markah tanah atau lambang dari kota Bukittinggi. Ada keunikan dari angka-angka Romawi pada Jam Gadang ini. Bila penulisan huruf Romawi biasanya pada angka enam adalah VI, angka tujuh adalah VII dan angka delapan adalah VIII, Jam Gadang ini menulis angka empat dengan simbol IIII (umumnya IV).

Sebagai kota wisata, tentunya Bukittinggi terkenal dengan oleh-olehnya yang bisa dibawa pulang wisatawan domestik maupun mancanegara, misalnya :
  1. keripik sanjai yang terbuat dari ubi dan cabe
  2. kerupuk jangek yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi
  3. kue delapan dari tepung terigu dan bumbu
  4. bareh randang yang terbuat dari beras ditumbuk dan gula halus
  5. aneka makanan ringan lainnya
  6. aneka sendal dari karet maupun kulit dengan berbagai jenis seperti sendal pak datuk, sendal karet, sendal bordiran, dan lain-lain
  7. aneka kerajinan tangan lainnya seperti gantungan kunci
  8. aneka bordiran
  9. aneka jilbab
  10. aneka mukena
  11. aneka kain sarung

Bila kita berwisata ke ranah minang, akan terasa kurang bila kita tidak sekalian berwisata kuliner. "Urang Minang" terkenal dengan jago masaknya. Banyak makanan khas yang berasal dari daerah ini. Bahkan hati kita menjadi miris mendengar jika masakan rendang yang terkenal itu telah di patenkan oleh sebuah negara tetangga kita.

Jangan lupa juga untuk mengisi "kampung tengah" alias perut, karena terlalu sibuk berbelanja. Untuk urusan perut, "pasar los lambuang" (sangat pas namanya) menjajakan aneka makanan masakan khas minangkabau khususnya Bukittinggi yaitu "nasi kapau".
Jadi, tidak perlu takut untuk urusan perut jika berjalan-jalan ke Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi. Tetapi harus tahan pedas, karena umumnya masakan minang selalu pedas. Sarapan dan makan siang bisa mampir dulu di Pasar Atas. Nama area tempat makan disana bernama “Pasar Los Lambuang”. Lambuang artinya lambung atau perut, jadi tepat sekali penamaan tersebut karena semuanya memang berurusan dengan perut. Mulai dari “katupek” (ketupat), kue lupis, nasi kapau lengkap dijajakan di Los Lambuang. Kalau nasi kapau lengkap dengan lauk pauknya seperti :
  1. usus berisi telur,
  2. tunjang,
  3. rendang daging/ayam,
  4. gulai babek (babat/isi perut sapi),
  5. gulai hati sapi,
  6. dendeng “kariang” atau kering,
  7. baluik masiak (belut kering),
  8. ayam lado merah,
  9. sayur kapau (gulai cubadak/nangka + lobak/kol + sedikit jeki (jengkol) + kacang panjang), dan
  10. gulai ikan batalua (bertelur).
Ciri khas menyajikan nasi kapau adalah dengan menggunakan sendok panjang. Sang penjaja biasanya perempuan dan dipanggil "uni" yang berarti kakak, akan berada ditengah-tengah tempat lauk-pauk yang dijajakan. Jika pengunjung meminta nasi plus dendeng kariang/kering, si uni akan menjulurkan sendok panjangnya untuk mengambil dendeng dan meletakkannya di dalam piring nasi, kemudian baru diserahkan kepada pengunjung.

Jika tidak cukup 1 piring nasi mengganjal perut anda yang telah keroncongan, silahkan bilang/sebut "tambuah nasi ciek" yang berarti "tambah nasi satu" piring lagi yang biasanya akan diberi kuah gulai, bahkan mungkin dapat rejeki sibiran daging gulainya sebagai penambah nikmat.
Jika anda menyebutkan "tambuah nasi ciek, kariang" berarti anda hanya meminta nasi saja tanpa kuah gulai atau sibiran daging

Catatan :
Masing-masing daerah mempunyai ciri khas masing-masing.
Jeki atau Jengkol atau Jering bukan merupakan makanan khas Bukittingi tetapi khas Pariaman. Jeki pada masakan nasi kapau Bukittinggi hanyalah merupakan pelengkap saja.

selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya: Agustus 2008 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah