18 November 2009

Hibah Sejuta Buku Ala Blogger

Sebelumnya, aku mohon maaf belom bisa BW mbalas komen dan menambah tukeran link, yang mana :
1. Aku kesusahan BW pake BB
2. aku sedang dalam perjalanan pulang kampung ke tanah atok nenek moyangku di pulau Sulawesi tepatnya di BONE. Walaupun perjalanan aku ini ntar cuma sampai Makassar / Ujung Pandang saja, tetapi ini merupakan perjalanan pertamaku ke Sulawesi, sekaligus perjalanan terjauh ke arah Timur wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (sebelumnya cuma mpe Lombok, lanjut ke Senggigi, Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air).
(Paragraf ini kutulis di bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta ketika transit dari Pekanbaru ke Makassar, Rabu 18/11/09 11.35 wib).

*****

Emo atau Nanlimo ataupun Sang Sungai Kuantan adalah seorang anggota Blogger Bertuah Pekanbaru dan Blogger Kuansing, yang akan menggerakkan sebuah bola salju. You know... bola salju (sebagaimana di negara yang bersalju tentunya), dibentuk dari salju yang mulanya hanya sebesar sekepalan tangan atau 2 kepalan tangan. Digelindingkan menuruni dataran miring, untuk mencapai suatu tempat. Sama halnya demikian, Emo juga bermaksud menggelindingkan idenya untuk melaksanakan suatu hajatan (upaya) yang sangat baik.

Bermula dari tempat kos-kosannya yang berantakan karena baru pindah, sehingga lemari, meja, buku, tas, baju, kecoa, tikus, lipas, tokek, cicak, buaya, dan saudara-saudaranya pun tidak tersusun rapi. Eh....kok ada kecoa dan kawan-kawan ya???

Khusus untuk buku Emo yang lumayan banyak (menurutnya), ada yang masih dan sangat masih layak untuk dibaca dan diambil pengetahuannya. Kata pepatah-petitih : Jika membuka selembar halaman buku, bagai membuka sepetak ilmu pengetahuan. Kira-kira begitulah.

Buku sebagai "jendela dunia" sangat banyak manfaatnya. Tetapi, masih banyak sodara-sodara kita, baik di kota maupun di pelosok negeri yang kekurangan dengan "jendela dunia" tersebut. Yaa... sodara-sodara kita yang lain sangat membutuhkan buku. Mereka kekurangan buku bisa karena ekonomi mereka yang tidak cukup mampu membeli sebuah buku, atau juga karena lokasi mereka yang sangat jauh dari sumber buku. Kesulitan-kesulitan semacam ini memang menjadikan suatu hambatan besar bagi saudara-saudara kita. Tak jarang mereka hanya membaca 1 buah buku untuk 10 ataupun 20 orang anak.

Emo pun berniat untuk menghibahkan buku-buku yang merupakan harta yang sangat berharga kepada orang-orang maupun anak-anak lain yang sangat membutuhkan. Emo pun mengajak temen-temen untuk ikut serta melakukan :

Gerakan Hibah Sejuta Buku
Ala
Blogger Indonesia
.


Ide Emo ini, aku dukung sepenuhnya. Aku telah menyiapkan sejumlah kotak berisi bukuku yang sangat layak dibaca. Aku juga ingin menambahkan bahwa buku-buku yang akan diberikan nanti hendaknya tidak mengandung unsur kekerasan, seks, SARA, dan hal-hal lain yang bersifat negatif. Dengan Kerja Keras untuk mengembalikan jati diri bangsa melalui pengembangan ilmu pengetahuan dengan membaca buku. Dengan demikian kita juga ikut serta menggalakkan minat baca buku ataupun gerakan membaca buku.

SEKARANG SAYA MENGHIBAHKAN BUKU,
ANDA KAPAN???


Untuk temen-temen yang mau berbagi rasa dengan sesama melalui pemberian buku (bekas ataupun baru), dapat mengirimkannya ke Emo.

alamat :
JL. Swakarya. Perum Mutiara Permai. Blok C12.
Panam, Pekanbaru Riau. 28293

Email :
nanlimo@gmail.com

Contact hp :
+6281365422233


Kunjungi Emo :
http://www.sungaikuantan.com/2009/11/hibah-sejuta-buku-ala-blogger.html

Target utama Emo atas buku-buku yang telah terkumpul adalah desa/kampung di Kabupaten Meranti, Propinsi Riau, tempat dahulunya Emo melakukan KKN.

Gerakan Hibah Sejuta Buku Ala Blogger pun sebenarnya dapat temen-temen lakukan bersama komunitasnya.

Jangan ada halangan untuk melakukan kebaikan.






39 komentar:

  1. OOT! Bang, Abang nih orang Bone? Sodaranya Jusuf Kalla dong? Lha saya kirain Abang nih orang Melayu..

    Marganya apa, Bang? Mosok marganya Zam sih?

    BalasHapus
  2. buku-buku apa saja yang menjadi prioritaskan mas?
    apa novel2 remaja bisa? semoga gerakan ini bisa menular ke daerah lain. amiin

    BalasHapus
  3. makasih ripiunya Om...semoga niat tulus dari hati yg terdalam ini benar adanya mnejadi kenyataan.. Amin.
    Taking care ... jgn lupa Oleh2 Khas Bone, eh.. ga nyampe bone ya? yang penting adalah oleh2 khas sulawesi.. ihihi..

    BalasHapus
  4. setuju tapi jauh banget nih mo kirim ke pekan baru. kalo tau gitu, wkt kalian ke jakarta, aku titip buku2ku deh. buat disumbangin gitu.

    BalasHapus
  5. memang ini untuk meningkatkan kecerdsan bangsa. maknyus

    BalasHapus
  6. pertamaxxx....

    orang banjarmasin nih....

    jauh om,,,dukungan moril aja ya...

    BalasHapus
  7. Okay...aku juga akan mendukung!!! pasti!!!!
    buku bekas gak papa kan??? buku baru boleh kan???

    BalasHapus
  8. Sebuah gerakan yang sangat bagus sekali. Di tempat saya juga mengalami hal yang nyaris sama.

    BalasHapus
  9. etha juga rada jarang BW :p

    BalasHapus
  10. waaah,.. setuju banget dengan gerakannya nih bang.. salut deh!!

    BalasHapus
  11. Lagi pulang kampung yah...
    Gerakan hibah sejuta bukunya hebat tuh!

    BalasHapus
  12. Tampaknya gerakan ini sudah mulai meluas.. saya juga berusaha meluakan jaringan ini dengan cara mengirim email2 kepada kawan saya... Mudah2 ada yang terjaring...

    BalasHapus
  13. Termasuk didalamnya buku pelajaran juga masuk hitungan bang ?

    BalasHapus
  14. hebat nih acara. salam kenal

    BalasHapus
  15. buku2 pelajaran juga bisa kan ya bang.. mesti sortir nih.. hemmm...

    gerakannya hebat banget, tapi kataku yg skrg di pulau Jawa.. gajah dipelupuk mata kadang tak tampak.. jadi daripada ngirim kesana, mending ngeliat yg disekeliling kita dulu, yg deket dulu.. mereka mampu ngga ya beli buku?

    BalasHapus
  16. wuiiihhh...great idea nih... salut salut... hmmm..

    BalasHapus
  17. sip deh! ditunggu kunjungannya mas!

    BalasHapus
  18. Mulia sekali idenya bang....saya akan coba lihat di lemari apa ada buku yg bisa saya kasi...segera saya kontak jika udah ada

    BalasHapus
  19. Suka baca tapi gak pernah punya buku... Gimana dong Bang Atta..???

    BalasHapus
  20. Begitu mulianya. Jadi inget sama komunitas b-h-i dengan Gerakan 1000 buku-nya (kalo nggak salah sih) hehehe. Sukss ya, bang Atta... sukses selalu :)

    BalasHapus
  21. wah aku punya nya komik. bisa dihibahkan kah??

    BalasHapus
  22. Salut! Mencerdaskan anak bangsa dengan membangkitkan gairah membaca buku. Ditengah gempuran teknologi media yang mengurung imajinasi.

    BalasHapus
  23. gagasan yang bagus nih.. mungkin bisa diikuti oleh para bloger yang lain.. ada yg mo nyusul?

    BalasHapus
  24. wowowow... setuju nih kang atta...

    aku jg dukung, tapi blum sempet posting, hehe...

    oiya, dapet award dariku kang.. sila dibawa pulang :D

    BalasHapus
  25. Sayang sekali Bang... saya nggak sempet menjemput, karena sehari sebelumnya saya harus balik dan menyelesaikan tugas presentasi penelitian di Kabupaten.

    BalasHapus
  26. Gerakan Sejuta Buku ini patut didukung. Insya Allah.

    BalasHapus
  27. segala macam buku bisa kan bang? saya punya banyak buku yang hanya tersimpan saja mengenai pertanian dan cara beternak, sayang kalau dibiarkan.

    BalasHapus
  28. Wow sangat brilian banget idenya,boleh juga nich kak buat bergabung......Semangat semangat....

    BalasHapus
  29. weit yang baru PULkam

    menarik nih inponya. ane juga lg galang gerakan sosial nih bang. tapi masih di lingkum dunia nyata (tetanga rumah)
    judulnya:

    POTONG --sensor-- ANAK YATIM.

    Kayaknya jadi inspirasi ane nih u mengalang gerakan yang lebih gede. mungkin temanya:

    POTONG --sensor-- ala BLOGGER.

    PS: oleh2nya mana bank

    BalasHapus
  30. masih kena serangan kangker bos belum bisa ke ajo

    BalasHapus
  31. Saya mendukung sekali!!! Buku saya pun ada yang saya hibahkan!!!Ide yang da mulia dan brilian!!

    BalasHapus
  32. wah info menak ni ...

    s'lam kenal ya ...

    BalasHapus
  33. Saya sedang melakukan hal yang sama. Hanya masih terpendam. Menunggu pulang kekampung halaman. Tapi, rasanya ada keinginan juga untuk menyumbang. Semoga nanti bisa ikut membantu. Buku-buku agama boleh khan bang...??? *hihi.. nanya keorangnya langsung aja lah*

    Kirain naik perahu bang, khan seru! :D

    BalasHapus
  34. Waahhh...Kegiatan yang sangat bermanfaat sekali tuwh... :)

    BalasHapus
  35. iya bang, aku juga dah bilang emo di komen, mendukung 1000% dech...have a nice travelling bang, ati2 di jalan...

    BalasHapus
  36. wah,menarik...saia mendukung tuh bang.....kreatif ya acaranya........moga sukses deh....

    BalasHapus
  37. Wah programnya bagus banget,,

    bisa membantu untuk mencerdaskan masarakat umum,,
    saya dukung

    BalasHapus
  38. semoga mau berbagi dengan sesama
    baik di tempat jauh
    maupun disekitar kita

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Hibah Sejuta Buku Ala Blogger | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah