06 Juni 2009

Dragon Fruit si Buah Naga

Buah naga (Inggris: pitaya atau pitahaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini juga dikenal sebagai "dragon fruit". Di China disebut "huǒ lóng guǒ" 火龍果/火龙果 (fire dragon fruit) dan juga disebut "lóng zhū guǒ" (dragon pearl fruit). Di Vietnam disebut "thanh long" (green dragon). Nama lainnya adalah strawberry pear atau nanettikafruit. Di Mauritius, dikenal sebagai "Débousse-to-fesse" karena sifat laxative. Orang Portugis menyebutnya "Pitaia" sedangkan orang Jerman menyebutnya "Drachenfrucht".

Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Australia utara dan Tiongkok selatan. Bunga Hylocereus hanya mekar pada malam hari sampai subuh, sedangkan di siang hari, bunganya akan menguncup.





Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah jadi mencolok sekali di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Thang loy orang Vietnam ini kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).


Pohon Buah Naga ini tidak bisa diberi air berlebihan yang akan membuat buahnya tidak sempurna. Hujan yang berlebihan akan membuat bunga dan buahnya berguguran. Pohon ini bisa hidup dan berbuah pada daerah beriklim tropis dengan curah hujan menengah. Tanah harus mempunyai pH lebih dari 3,5 berpasir/tanah liat dan tidak terendam air.
Masa pembibitan s/d tumbuh tunas = 2 bulan
Tunas s/d berbunga = 8-9 bulan
Bunga s/d panen = 1 - 1,5 bulan
Penanaman bibit menggunakan pupuk Puradon dan Emas Hitam. Penyemprotan dengan insektisida untuk mencegah penyakit kutu dilakukan 1 - bulan sekali. Bakteri bacterium Xanthomonas campestris akan menyerang akar. Jamur Dothiorella fungi menyebabkan bintik-bintik coklat pada buah, tetapi hal ini jarang terjadi.

Jenis :
Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih
Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah
Selenicereus megalanthus, dengan kulit buah kuning dan daging buah putih
Hylocereus costaricensis, buah naga daging super merah.

Buah Naga memiliki zat antioksidan yang bagus, bisa menyeimbangkan gula darah, kolesterol, darah tinggi, dan manfaat lainnya. Buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium dan karbohidrat. Yang pasti buah naga tinggi serat sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.

Di daerah Pekanbaru, telah beberapa petani menanam buah naga ini. Seperti di daerah Pasir Putih Siak Hulu, dan juga di KM 38 arah ke perbatasan Kerinci serta di Simpang Badak. Hari minggu kemaren, aku melihat langsung penanaman pertama di kebun Pak Haji Ahmadsyah Harrofie di desa Simpang Badak, Kelurahan Siak, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. Bibit di dapat dari Pak Haji Amin yang telah memiliki sertifikat bibit dan kebunnya pun berdekatan.



Tiang penyangga setinggi 2 meter dibenam ke dalam tanah sekitar 25-50 cm. Di atas tiang di pasang ban motor bekas yang disangga besi angker yang berguna untuk menahan juntaian pohon naga. Setiap tiang menampung 4 bibit pohon naga yang di jaga agar tidak sampai tumbuh cabang sampai mencapai ban bekas. setelah selesai penanaman bibit, aku pergi ke kebun Pak Haji Amin. Bapak satu ini juga sebagai pengusaha lempuk durian (semacam dodol yang dibuat dari durian) yang menjadi makanan khas Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau. Beliau sebagai pengusaha yang ulet dan telah berkeliling kemana-mana selain Indonesia dan luar negeri. Beliau sangat ramah dan mau berbagi ilmu tentang buah naga (hal yang jarang ditemukan pada pengusaha lain).

Kebun beliau juga berdekatan dengan kebun Pak Haji Ahmadsyah Harrofie di desa Simpang Badak dengan luas kebun Pak Haji Amin sekitar 1,5 hektar telah menghasilkan buah naga rata-rata 1 ton sehektar (maaf jika aku lupa hitungan ini karena catatan aku hilang). Buah naga ukuran sedang sekitar 3,5 ons dijual di tempat seharga Rp.20.000/kilo yang jika dipasarkan ke supermarket dijual sekitar Rp.35.000-Rp.40.000/kilo.










Selamat Mencoba



44 komentar:

  1. Aku belon pernah dapet buah yang ginian bang,...

    BalasHapus
  2. Wah,pas deh baca artikel kamu, Ata, soale bpkku juga lg suka banget nanam buah naga. Waktu itu sih krn lihat di pesisir pantai Kuwaru (Bantul, Yogya) ada temen yg punya kebun buah naga, trus pengen deh nanam di rumah. Gak papa kan gak di daerah pantai (mskpn ktnya hasilnya beda ya?), itu tanamannya ditaruh di tempat yg panas kok!

    BalasHapus
  3. aneh yah bentuknya..

    jadi ini toh anaknya si Naga Bonar itu??

    haihaihaia

    BalasHapus
  4. bentuknya aneh,, aku baru tau tentang buah ini lho mas..

    rasanya kayakmana yah?!

    BalasHapus
  5. saya ga punya tanah, tapi mau nanem buah naga, gimana caranya ya???

    nanem buah durian aj ya diperut naganya

    BalasHapus
  6. pernah sekali makannya bang... dikasih temen..
    itu juga cuma seperempatt....:(
    lumayan bang buat memperlancar proses pencernaan.
    XIxixixi..XIxixixix...

    BalasHapus
  7. ohh.. jadi buah naga tuh, karena dulunya ditaroh diatas naga.
    kirain karena mirip naga, hhoho..

    BalasHapus
  8. Lengkap infonya bang...saya mau nyoba nanam juga, tp tumbuh nggak ya bang..disingkep kadar garam ama timahnya tinggi...

    BalasHapus
  9. sekarang buah naga ya? udah gak nanas lagi?

    BalasHapus
  10. nama ingrisnya da yaya jg ya om

    BalasHapus
  11. wah buah naga, enak nih, aku suka banget, tp mahal,hiks....

    BalasHapus
  12. Aku suka rasanya buah naga
    kecut seger,
    banyak manfaatnya
    sayang aku ngga boleh makan banyak2
    mahal!!
    he..he

    BalasHapus
  13. enak banget rasanya, wah kalo punya kebun seluas itu... bagaikan surga deh....

    BalasHapus
  14. wew... kapan kita pesta buah naga Om......


    wisata riau

    BalasHapus
  15. haloo pak...

    ngeliat kegunaan buah naga jd pgn nyoba deh...
    salahnya di tempat jual jus harganya mahal gila, jd beli jus wortel aja deh.... heheheh..

    BalasHapus
  16. top...top...top deh postnya....
    lengkap bener....
    moga aja yg lagi hunting cara menanam pohon naga bisa ngunduh disini...

    lanjut terus mas....
    lam kenal yah :D

    BalasHapus
  17. saya kira bunganya bisa nyembur api gituh,hehehe?

    BalasHapus
  18. Walah,nyesel kuadrat dah aku. Kmrn smpt mau beli tp kt mamaku rasax gak enk. Jd gak bli deh..

    BalasHapus
  19. Wuih hebat bang infonya....bener2 khas attayaya...siiip

    BalasHapus
  20. aku nanem thu buah ,, di rumah,,udah setaun ngga muncul muncul buahnya,,keburu pengen tau rasanya,tapi aku tiap pulang kerumah jomabng tetep aja segitu,kapan makan buahnya,mendi ke super market aja,cepet,
    hahahahahah

    BalasHapus
  21. Wah.. baru kali ini lihat gambarnya, belum pernah liat..

    BalasHapus
  22. saya pernah mau beli tp ga ke laksana
    akhirny ada yg ngasih
    rasanya kaya semngka ya mas

    BalasHapus
  23. Wah, gmna rasa nya ya? Sm ga dengan daging naga nya? he2x

    BalasHapus
  24. Temukan Cara bagaimana Menambah penghasilan dari website anda bersama ads.kombes.com.

    Tayangkan Iklan Banner/Teks yang relevan sesuai dengan konten situs anda.

    Dapatkan penghasilan dari setiap klik iklan (60% untuk anda) oleh pengunjung melalui situs anda.

    Sistem Penyaring Iklan memungkinkan anda untuk menolak iklan dari pesaing situs anda.

    Anda dapat menampilkan iklan pada web/blog serta mesin pencari. Anda dapat memasang unit iklan kami bersama-sama dengan program iklan lainnya.

    BalasHapus
  25. aku pernah makan sekali, kurang begitu suka rasanya seperti bercampr pasir karena bijinya sangat halus

    BalasHapus
  26. buah ini sering banget diliput, saya selalu penasaran... kayak mana sih rasanya?

    BalasHapus
  27. Saya udah berapa kali ngeliat, saya pikir biasa aja ternyata tidak biasa ya bang ?
    enak gak sih ?

    BalasHapus
  28. hehe asal buahnya jangan dikasih tanda kutip aja..

    BalasHapus
  29. wuahhh, jadi ngileeeeeeeerrrr ,,,,

    ternyata setealh perjuangan yang cukup panjang, sampai juga di pekanbaru :D

    BalasHapus
  30. wah keren bang attayaya.
    eheeh :D
    walaupun ga pernah liat.
    ehehhee

    BalasHapus
  31. aku punya satu di rumah haha
    and welcome in My New Blog, ok! hehe..

    BalasHapus
  32. Lama tak blogging dan blogwalking, mudah2an bisa normal kembali:) . :)

    BalasHapus
  33. wAH BANG kbetulan aku kurang suka ama buah naga...

    BalasHapus
  34. Pagi bang...met berhari minggu bersama keluarga..

    BalasHapus
  35. Terus terang aq belum pernah nyoba makan buah Naga. Emang rasanya enak yach..??

    BalasHapus
  36. Harganya di tempatku juga masih mahal...
    Aku terkesan banget lihat kebun buah naganya.
    Luas amat ya ?

    BalasHapus
  37. woooww... nice post! sangat informatif..

    BTW dirumah ku juga nanam pohon buah naga lho, tapi cuma buat hiasan aja, hehe...

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Dragon Fruit si Buah Naga | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah