11 June 2010

Sentilan Sentilun MetroTv News

Sentilan Sentilun merupakan salah satu acara di MetroTv dalam Special Program yang ditayangkan di malam hari. Acara ini merupakan perbincangan 2 orang tokoh utama yaitu Pak Sentilan dan pembantunya (batur) Mas Sentilun. 2 tokoh yang membincangkan dengan gaya yang renyah dan bersahaja dan umumnya berlogat Jawa. Logat Jawa dipakai mungkin karena tokoh utamanya lebih banyak bergaul dengan orang Jawa di seputarannya. Pak Sentilan yang diperankan Slamet Rahardjo juga kadang dipanggil oleh mas Sentilun dengan "ndoro" alias tuan yang lebih tahu banyak tentang berbagai hal. Sedangkan mas Sentilun diperankan oleh Butet Kertaradjasa yang memainkan peran batur/pembantu yang sedikit ceriwis dan kritis serta selalu ingin tahu. Kedua tokoh tersebut, juga kadang dibantu dengan kehadiran tokoh lainnya seperti Markonah Janda Sebelah yang sumringah dan diperankan oleh Happy Salma.

Pak Sentilan menggunakan baju larik (?) berkain sarung khas Jawa dengan kacamata serta duduk di kursi goyang. Sedangkan mas Sentilun menggunakan baju safari dah agak lusuh, disampiri dengan kain lap kumal, berkacamata, berkopiah lusuh. Butet memerankan dengan merubah mimik muka dengan memajukan sedikit gigi bawahnya, sehingga nampak khas sangat merakyat, rakyat jelata.

Perbincangan kedua tokoh ini merupakan sketsa-sketsa pendek yang ingin disampaikan kepada pemirsa untuk mengkritik dengan kata lain "menyentil" fenomena yang terjadi di masyarakat, pemerintahan, panggung politik, bahkan nyrempet ke artis, bahkan juga BUMN semacam PLN pun kena sentil dalam episode "Perusahaan Lilin Negara".

Dari perbincangan yang renyah kedua tokoh tersebut, kadang keluar jargon-jargon Jawa yang sangat renyah juga di kuping semisal "mbelgedeh" yang sering diucapkan oleh pak Sentilan ketika mendengar ulasan mas Sentilun yang agak nyeleneh atau ngawur atau terlalu mengkritik. Sedangkan mas Sentilun akan selalu berucap "Menurut analisis saya!" jika menemukan ide, saran, ulasan atau kritikan tambahan atas perbincangan terjadi. Biasanya, mas Sentilun cuma bilang "Menurut......" yang disambung oleh penonton "....analisis saya!". Sangat khas mempengaruhi dan menghanyutkan penonton.

Hal ini mengingatkanku akan buku "Mangan Ora Mangan Kumpul" karya Umar Kayam yang terbit pada September 1990 (waaaah 20 tahun yang lalu). Buku ini merupakan "Sketsa-sketsa Umar Kayam" dari Kumpulan kolom dalam harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta dari 12 Mei 1987 s/d 30 Januari 1990. Aku memiliki cetakan ke-IV yang dicetak Maret 1993 yang harganya masih Rp.10.000,- dibeli di toko buku Sari Anggrek di Padang. Buku ini diterbitkan oleh PT. Pustaka Utama Grafiti, Jakarta.

Sangat mirip kejadian antara "Sentilan Sentilun" dengan "Mangan Ora Mangan Kumpul" yaitu pada penokohan 2 tokoh utamanya yaitu adanya "ndoro/tuan" dan "pembantu/batur" yang selalu memperbincangkan tentang fenomena yang terjadi di masyarakat. Dalam sketsa Umar Kayam tokoh utama ndoro disebut Pak Ageng sedangkan pembantunya disebut Mr. Rigen.

thus...
Menurut........... analisis saya
Setelah ini, direncanakan akan memosting tentang "Sketsa-sketsa Umar Kayam" dari ketiga bukunya.
Kalo sempet jiahahahahaha....

be there!

Video, mp3, 3gp, flv, sentilan sentilun metrotv


Sumber :
metrotvnews
facebook

42 comments:

  1. menurut.........

    analisis saya

    ReplyDelete
  2. Kuingin melihatnya pasti segar dan gak rumit tapi mengena!

    ReplyDelete
  3. Acaranya memang menarik. Asyik sentilannya.

    ReplyDelete
  4. hahaha,ini dia acara idola saya mas....
    lelucon yang seru,butet kalo lagi guyon penuh dengan sentilan maut :)

    ReplyDelete
  5. pernah nonton bang.. dan bagus acaranya. apalagi penonton dibolehkan untuk komen.

    ReplyDelete
  6. wehehe ikutan ah. menurut . . . .
    analisa saya
    ini acara sangat bagus, dapet ilmu lg aku hehe

    ReplyDelete
  7. Menurut analisis saya... acara ini sepertinya bagus sekali. Sayang sekali saya yang jarang nonton TV tak tahu ada acara bagus di MetroTV selain Kick Andy... hehehehe

    ReplyDelete
  8. Ditunggu lho tentang sketsa2 Umar Khayam-nya... :p

    ReplyDelete
  9. kalau saya belum pernah nonton sama sekali, tapi sepertinya acaranya bagus

    ReplyDelete
  10. saya tunggu sketsa sketsanya.
    belum sempat nonton sentilan sentilun, tapi akan segera berangkat menontonnya :)
    nuwun review-nya, yang menurut... analisis saya...
    menarik

    ReplyDelete
  11. sudah pernah nonton om, bagus memang :) heheheh. ayo deh om coba ulas lagi acara-acara yang menarik gitu jadi remaja ga cuma hobi nonton sinetron atau gosip -.-"

    ReplyDelete
  12. ngonlen sebentar...setelah sekian lama menghilang..:D

    ReplyDelete
  13. melayu bikin macam pak belalang..lucu juge bang, kali-kali melayu eksis di bumi nusantara ke? *__*

    ReplyDelete
  14. Saya Penasaran dgn acara ini bang...saya mau tunggu tayangannya,nice info bang

    ReplyDelete
  15. Acara butet memang menggelitik sekaligus menghibur...

    ReplyDelete
  16. disentil sakit dong, bang...btw, gimana menaruh you tube ke postingan ya?

    ReplyDelete
  17. Butet dan Slamet Raharjo nih emang dua pemain teater yang keren banget...

    aku harap "sentilan-sentilan" nya kali ini berhasil menyentil yaa

    ReplyDelete
  18. tayang jam berapa, hari apa acara ini, belum pernah nonton

    ReplyDelete
  19. sama seperti pertanyaan di atas, acara ini tayang setiap hari apa, jam berapa karena menurut analisis saya, saya juga belum pernah melihatnya. hehhehe

    ReplyDelete
  20. sentilan sentilun
    oh di metro tivi
    ^-^
    unik yah bang???
    ^-^
    Bang Atta, selamat hari jumat yah
    dan tetep semangat
    buat wiken besok
    ^-^

    mampir mampir
    silaturahmi
    ^-^

    ReplyDelete
  21. ha ha ha mas atta maunya jadi yang mana..sentilan ato sentilu...
    tapi good deh analisisnya he he he

    ReplyDelete
  22. memang siaran TV yang keren bang ...!

    ReplyDelete
  23. Ntar nonton deh Bang, Thanks inponya... ^^

    ReplyDelete
  24. Wahh,,,saya belum pernah nonton acara ini nihh,,

    Entar kalau saya lagi pulang kampung,nonton ah!!

    Salam Sukses!!!

    ReplyDelete
  25. Duh kok buwel baru tahu ya
    jarang nonton teve seh
    Ah

    ReplyDelete
  26. Makasih Infonya
    Butet ntu yang dulu suka niru suaranya Bapak Pembangunan ya... he

    ReplyDelete
  27. Aku belum pernah nonton bung...

    ReplyDelete
  28. Aku gak punya tipi e bung... hahaha...

    ReplyDelete
  29. Aku pernah nonton, Bang... Seru juga tuh.... Sentilannya enak

    ReplyDelete
  30. Menurut saya, yang nulis ini Posting orang yang hebatttt dan sedang jatuh cinta, ahahahahah

    ReplyDelete
  31. belom pernah nonton. ntar nonton aaahh

    ReplyDelete
  32. Udah liat iklannya, tapi kaga pernah nonton Bang soalnya emak2 kalo malem nidurin anaknya pasti ikutan kebo hahaha. Padahal gw penggemar Butet loh (bukan berarti gw maniak Om2 yah?!?!)

    ReplyDelete
  33. hehehehe...
    ane blm pernah ntn om...
    tp keknya seru y...

    ReplyDelete
  34. HUHU saya ngga pernah nonton tivi ooom.. huhu :(

    ReplyDelete
  35. Waduh aku baru tau tentang acara ini hhe.....maklum jarang buka Metro TV hhe....Sob posting yg Bengawan solo koQ ga bisa dikoment ya>???

    ReplyDelete
  36. hmm...cantik tu dia punya beg..kalo nak beli pasti harga nya mahal ya bang,

    ReplyDelete
  37. saluuut buat acara kayak ginian bung...sebuah arternatif pilihan acara disela berita video, TDL, Dana Aspirasi n segudang tetek bengek yg gak karoan...

    ReplyDelete
  38. acara kritik dan saran macam begini, biasanya tak lam. karena kena breidel atao disuruh minggir dengan cara halus

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Sentilan Sentilun MetroTv News | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah