Solo Batik Carnival (SBC) Indonesia

Solo Batik Carnival (SBC) Indonesia akan digelar pada tanggal 23 Juni 2010 di Jalan Slamet Riyadi Surakarta - Solo - Indonesia merupakan atraksi yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia dan dunia International dengan mengusung "batik" sebagai tema utama dan memajukan Kota Solo sebagai Kota Batik Dunia. Sekar Jagad menjadi salah satu motif yang paling populer dikembangkan dalam SBC dan merupakan kombinasi dari beberapa motif dan menjadi suatu motif batik yang sangat istimewa.

Batik sebagai warisan kebudayaan Indonesia asli yang telah diakui UNESCO. Hal ini pun menjadi dasar dilaksanakannya Solo Batik Carnival ini agar batik lebih dikenal dunia dan bukan hanya dalam bentuk tradisional saja, tetapi juga dapat dibuat menjadi fashion yang up-to-date.

Solo Batik Carnival (SBC) akan dilaksanakan dengan menggelar acara itu di sepanjang jalan Slamet Riyadi. Karnaval tersebut tentu saja akan diiringi dengan musik tradisional Jawa yang berkesesuaian dengan tema Batik.

Pada kesempatan acara SOLO (Sharing Online Lan Offline) tanggal 5 Juni 2010 lalu yang ditaja oleh Komunitas Bengawan.org dan Pemko Surakarta, kami disuguhkan pagelaran singkat 8 baju yang nantinya akan diikutsertakan dalam Solo Batik Carnival. Baju-baju yang telah didesain apik dengan menggunakan bahan dasar batik dan penambahan beberapa asesoris serta dibawakan oleh gadis-gadis Solo yang ayu, menjadi pagelaran singkat itu menjadi lebih hidup. Berikut beberapa photo yang dapat kuambil, juga dengan cara singkat heheehehehe.....


SOlo_Batik_Carnival_Jogja_Indonesia
SOlo_Batik_Carnival_Jogja_Indonesia
SOlo_Batik_Carnival_Jogja_Indonesia
SOlo_Batik_Carnival_Jogja_Indonesia
SOlo_Batik_Carnival_Jogja_Indonesia
SOlo_Batik_Carnival_Jogja_Indonesia
SOlo_Batik_Carnival_Jogja_Indonesia
Kampung Batik Laweyan Solo
www.pojokphoto.com


Solo Batik Carnival 1
The first Solo Batik Carnival was held on April 13, 2008 along the main street of Solo City, Slamet Riyadi Street.

Solo Batik Carnival 2
The second Solo Batik Carnival was held on June 28, 2009 along the same route, Slamet Riyadi Street. The second carnival used the theme "Topeng/Mask".[clarification needed] The carnival featured around 300 performers incorporating masks into their acts, which took place along the 4 kilometers route through the city.

The carnival presented three styles of traditional masks, which are associated with particular mythological characters. The Panji masks represent a king or a queen along with gentleness and beauty, the Kelana masks represent knights or evil giants and the Gecul masks represent punakawan or royal servants.

Solo Batik Carnival 3
The Third Solo Batik Carnival 3 will holding on 23 June 2010 in Jalan Slamet Riyadi.
Be There!!!

Solo Batik Carnival 4
NEXT YEAR!!!