16 Juni 2010

Siklus Akuntansi

Cuma sekedar mengingat jaman kuliah dulu di Universitas Andalas Padang Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi yang memiliki seorang dosen galak mengajar Dasar-dasar Akuntansi jiahahahahaha...

Siklus Akuntansi :
1. Mengumpulkan Bukti Transaksi
2. Mencatat/memposting dalam Buku Harian Jurnal sesuai tanggal
3a. Memasukkan ke Buku Besar setelah pencatatan harian
4. Memasukkan ke dalam Neraca Saldo
5. Mengumpulkan Data dan Bukti Penyesuaian
6. Memasukkan ke dalam Neraca Lajur
7. Memasukkan ke dalam Laporan Keuangan dari Neraca Lajur
8. Membuat Jurnal Penyesuaian
3b. Memasukkan ke dalam Buku Besar Setelah Penyesuaian
9. Membuat Jurnal Penutup dari Neraca Lajur
3c. Menggabungkan Buku Besar Setelah Penyesuaian dengan Jurnal Penutup ke dalam Buku Besar Setelah Penutupan
10. Membuat Neraca Saldo dan Neraca Rugi/Laba
11. Membuat Neraca Saldi Setelah Penutupan
12. Membuat Ayat Jurnal Pembalik sebagai Data Periode Akuntansi Baru
13. Saldo Periode Lalu menjadi Saldo Periode Akuntansi Mendatang (Baru).






GATAU MO MOSTING APA NEH
JADINYA BEGINI DEH


Catatan :
  1. Jika salah mohon diperbaiki
  2. Beda ahli akuntansi akan menghasilkan beda pendapat tentang siklus akuntansi ini.
    • Ada yang 13 siklus
    • Ada yang 7 siklus (kata pak dosen)

Gambar gubahan dari :
Dody Zulfikar
www.netmba.com



46 komentar:

  1. Wah, ternyata Bang Atta seorang Akuntan nih.
    Salam akrab, Bang...

    BalasHapus
  2. belajar akutansi nih..makasih bang

    BalasHapus
  3. wew, ane masih bodoh dalam hal akuntansi bro

    BalasHapus
  4. Makasih share ilmu akuntansinya bang, sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  5. belajar berhitung uang ya bang...!!! tetap mantapppp...!!! hehehe...

    BalasHapus
  6. Jadi inget jaman SMP dulu nilai akuntansi gw selalu paling tinggi di kelas. Cuma entah kenapa ga minat jadi akuntan hehehe

    BalasHapus
  7. wah..share ttg siklus akuntansi ni...boleh juga tuh..thanks ya...^_^ have a great day..

    BalasHapus
  8. Akuntansi hanya orang yang pandai berhitung ya bang yang bisa jadi akuntan

    BalasHapus
  9. Ternyata bung atta akuntan towww...

    BalasHapus
  10. Aku gak tahu nih tentang akuntansi Bang.. soalnya dulu gak kuliah di akuntansi.. :p

    BalasHapus
  11. kagak ngarti akuntansi Bang atay....hehehe

    BalasHapus
  12. akuntansi bingung nih taunya debit ama kredit doank...hehhee

    BalasHapus
  13. Pengantar Akuntansi aku C...sejarh nilai terburuk selama kuliah,,,,wakwkakwkawka......Akuntansi Gak Euke Banget deuhhh...

    BalasHapus
  14. Kalo galak ya protes aja gan

    BalasHapus
  15. Wah, sekarang ngasih kuliah juga ya, Mas? hehe ...
    mantap deh!

    BalasHapus
  16. Wah..akutansi gan puyeng..

    BalasHapus
  17. Aku gak ngerti akuntansi..
    ngertiku bagaimana membuat sambel goreng ati tanpa makan ati
    hehehe

    BalasHapus
  18. sejak dulu aku ga bisa akuntansi >_<

    BalasHapus
  19. wah, pusing ni ngadepin yang beginian

    BalasHapus
  20. Kalau ngeliat table siklusnya kayaknya ribet banget ya, Bang. Setelah dijalanin malah nggak ribet-ribet amat... Enjoy aja tuh..

    BalasHapus
  21. akutansi nih
    pelajaran paling membosankan waktu jaman masih SMA dulu. hahahahaa

    ngitung ngitung uang
    tapi gak ada uangnya
    ya gak semangat laaah

    kalo disuruh ngitung uang beneran
    tuh baru semangat!

    BalasHapus
  22. Lumayanlaaah... bisa update postingan ...
    Jiahahaha......

    BalasHapus
  23. Wah suka pusing kalo lihat laporan keuangan apalagi kalo minus he he

    BalasHapus
  24. Lupa-lupa ingat bang atta nih :D

    BalasHapus
  25. gak suka akuntansi bang
    makanya dulu milih sekretaris
    wehhehehhe

    BalasHapus
  26. ga paham akutansi bang.... taunya tante susi hahah

    BalasHapus
  27. dulu doyuan nich yg beginian, skarang dah terlupakan hihi...

    BalasHapus
  28. hidup akuntan
    siklus akuntansi , saya baru tahu nih

    BalasHapus
  29. Eysa malah inget waktu 2005 masih SMK jurusannay Akuntansi.. Tapi kok malah gag paham Iya... ^^^^

    BalasHapus
  30. Wah ternyata jadi Akuntan berat juga ya, Sprtinya lbih berat dari ngobrak-ngabrik isi komputer, ahahaha

    BalasHapus
  31. hehehhe itu makanan saya om

    BalasHapus
  32. hehe I love accountant :P :P

    BalasHapus
  33. Dulu aktu SMU suka neh akuntansi, sekarang lupa...

    BalasHapus
  34. Akuntansi O Akuntansi...

    BalasHapus
  35. waw aku anak ipa bang :) enggak ngerti akutansi hehe

    BalasHapus
  36. Byuh kok sampai ke akuntansi sih bang attaya?wahahahaha keren

    BalasHapus
  37. akuntansi
    huaaaaaaaaaaaaaa
    kaco deeh

    BalasHapus
  38. Belajar siklus akuntansi itu menyenangkan.... ya, :)

    Kunjungan perdana, salam kenal ya..,

    BalasHapus
  39. hahaha.. dari jaman ke jaman pasti siklus akuntansi ini yang ditanya ama pak dosen :D pas sidang juga ntar katanya pasti ditanya yah bang? bener ga? dulu gimana tuh? *nyari bocoran* :p

    itu udah lengkap bang, pake jurnal pembalik segala... tooopppp dah!! ajariinn doonggg :D

    BalasHapus
  40. saya mau nanya, manakah yang lebih dahulu dibuat neraca atau laporan laba rugi? kenapa? terima kasih, ditunggu jawabannya sangat bermanfaat., thx

    BalasHapus
  41. neraca saldo dan lap r/l setauku bisa sejalan karena datanya beda
    dah lama aku ga praktek akuntansi bro

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Siklus Akuntansi | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah