16 June 2010

Siklus Akuntansi

Cuma sekedar mengingat jaman kuliah dulu di Universitas Andalas Padang Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi yang memiliki seorang dosen galak mengajar Dasar-dasar Akuntansi jiahahahahaha...

Siklus Akuntansi :
1. Mengumpulkan Bukti Transaksi
2. Mencatat/memposting dalam Buku Harian Jurnal sesuai tanggal
3a. Memasukkan ke Buku Besar setelah pencatatan harian
4. Memasukkan ke dalam Neraca Saldo
5. Mengumpulkan Data dan Bukti Penyesuaian
6. Memasukkan ke dalam Neraca Lajur
7. Memasukkan ke dalam Laporan Keuangan dari Neraca Lajur
8. Membuat Jurnal Penyesuaian
3b. Memasukkan ke dalam Buku Besar Setelah Penyesuaian
9. Membuat Jurnal Penutup dari Neraca Lajur
3c. Menggabungkan Buku Besar Setelah Penyesuaian dengan Jurnal Penutup ke dalam Buku Besar Setelah Penutupan
10. Membuat Neraca Saldo dan Neraca Rugi/Laba
11. Membuat Neraca Saldi Setelah Penutupan
12. Membuat Ayat Jurnal Pembalik sebagai Data Periode Akuntansi Baru
13. Saldo Periode Lalu menjadi Saldo Periode Akuntansi Mendatang (Baru).






GATAU MO MOSTING APA NEH
JADINYA BEGINI DEH


Catatan :
  1. Jika salah mohon diperbaiki
  2. Beda ahli akuntansi akan menghasilkan beda pendapat tentang siklus akuntansi ini.
    • Ada yang 13 siklus
    • Ada yang 7 siklus (kata pak dosen)

Gambar gubahan dari :
Dody Zulfikar
www.netmba.com



46 comments:

  1. Wah, ternyata Bang Atta seorang Akuntan nih.
    Salam akrab, Bang...

    ReplyDelete
  2. belajar akutansi nih..makasih bang

    ReplyDelete
  3. wew, ane masih bodoh dalam hal akuntansi bro

    ReplyDelete
  4. Makasih share ilmu akuntansinya bang, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  5. belajar berhitung uang ya bang...!!! tetap mantapppp...!!! hehehe...

    ReplyDelete
  6. Jadi inget jaman SMP dulu nilai akuntansi gw selalu paling tinggi di kelas. Cuma entah kenapa ga minat jadi akuntan hehehe

    ReplyDelete
  7. wah..share ttg siklus akuntansi ni...boleh juga tuh..thanks ya...^_^ have a great day..

    ReplyDelete
  8. Akuntansi hanya orang yang pandai berhitung ya bang yang bisa jadi akuntan

    ReplyDelete
  9. Ternyata bung atta akuntan towww...

    ReplyDelete
  10. Aku gak tahu nih tentang akuntansi Bang.. soalnya dulu gak kuliah di akuntansi.. :p

    ReplyDelete
  11. kagak ngarti akuntansi Bang atay....hehehe

    ReplyDelete
  12. akuntansi bingung nih taunya debit ama kredit doank...hehhee

    ReplyDelete
  13. Pengantar Akuntansi aku C...sejarh nilai terburuk selama kuliah,,,,wakwkakwkawka......Akuntansi Gak Euke Banget deuhhh...

    ReplyDelete
  14. Kalo galak ya protes aja gan

    ReplyDelete
  15. Wah, sekarang ngasih kuliah juga ya, Mas? hehe ...
    mantap deh!

    ReplyDelete
  16. Aku gak ngerti akuntansi..
    ngertiku bagaimana membuat sambel goreng ati tanpa makan ati
    hehehe

    ReplyDelete
  17. sejak dulu aku ga bisa akuntansi >_<

    ReplyDelete
  18. wah, pusing ni ngadepin yang beginian

    ReplyDelete
  19. Kalau ngeliat table siklusnya kayaknya ribet banget ya, Bang. Setelah dijalanin malah nggak ribet-ribet amat... Enjoy aja tuh..

    ReplyDelete
  20. akutansi nih
    pelajaran paling membosankan waktu jaman masih SMA dulu. hahahahaa

    ngitung ngitung uang
    tapi gak ada uangnya
    ya gak semangat laaah

    kalo disuruh ngitung uang beneran
    tuh baru semangat!

    ReplyDelete
  21. Lumayanlaaah... bisa update postingan ...
    Jiahahaha......

    ReplyDelete
  22. Wah suka pusing kalo lihat laporan keuangan apalagi kalo minus he he

    ReplyDelete
  23. Lupa-lupa ingat bang atta nih :D

    ReplyDelete
  24. gak suka akuntansi bang
    makanya dulu milih sekretaris
    wehhehehhe

    ReplyDelete
  25. ga paham akutansi bang.... taunya tante susi hahah

    ReplyDelete
  26. dulu doyuan nich yg beginian, skarang dah terlupakan hihi...

    ReplyDelete
  27. hidup akuntan
    siklus akuntansi , saya baru tahu nih

    ReplyDelete
  28. Eysa malah inget waktu 2005 masih SMK jurusannay Akuntansi.. Tapi kok malah gag paham Iya... ^^^^

    ReplyDelete
  29. Wah ternyata jadi Akuntan berat juga ya, Sprtinya lbih berat dari ngobrak-ngabrik isi komputer, ahahaha

    ReplyDelete
  30. Dulu aktu SMU suka neh akuntansi, sekarang lupa...

    ReplyDelete
  31. waw aku anak ipa bang :) enggak ngerti akutansi hehe

    ReplyDelete
  32. Byuh kok sampai ke akuntansi sih bang attaya?wahahahaha keren

    ReplyDelete
  33. akuntansi
    huaaaaaaaaaaaaaa
    kaco deeh

    ReplyDelete
  34. Belajar siklus akuntansi itu menyenangkan.... ya, :)

    Kunjungan perdana, salam kenal ya..,

    ReplyDelete
  35. hahaha.. dari jaman ke jaman pasti siklus akuntansi ini yang ditanya ama pak dosen :D pas sidang juga ntar katanya pasti ditanya yah bang? bener ga? dulu gimana tuh? *nyari bocoran* :p

    itu udah lengkap bang, pake jurnal pembalik segala... tooopppp dah!! ajariinn doonggg :D

    ReplyDelete
  36. saya mau nanya, manakah yang lebih dahulu dibuat neraca atau laporan laba rugi? kenapa? terima kasih, ditunggu jawabannya sangat bermanfaat., thx

    ReplyDelete
  37. neraca saldo dan lap r/l setauku bisa sejalan karena datanya beda
    dah lama aku ga praktek akuntansi bro

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Siklus Akuntansi | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah