16 Juni 2017

Pentingnya Mengenal Pompa Aquarium untuk Kesejahteraan Ikan

Saya termasuk orang yang suka memelihara mahluk hidup misalnya kelinci, ikan dan kucing. Ada juga mahluk hidup lainnya seperti suami dan anak-anak #eh.  Kesukaan saya pada hewan-hewan ini punya alasan tersendiri. Pertama karena mereka berbulu seperti misalnya kelinci dan kucing yang kalau di elus aduh lembutnya. Kata orang, entah siapa, mengelus binatang akan membuat perasaan damai dan dapat memperbaiki mood loh.

Dulu sebelum memelihara hewan-hewan ini saya pernah memelihara ayam dari hasil rengekan anak saya karena gemes lihat ayam yang diwarnain. Tau sendiri kan, pedagang emang ada aja kelakuannya. Anak ayam di kasih warna-warni supaya lucu. Pas sampai di rumah baru repot cari kandang, pakan dan perawatannya. Ya iyalah, secara anak ayam masih piyik-piyik sudah dipisah dari ibunya.

Pertama kali beli ada 4 ekor seminggu kemudian tinggal 1 ekor. Yang 3 sukses dimakan tikus. Hiks. Ujung-ujungnya yang seekor tadi juga almarhum karena saya bawa ke tukang potong ayam. Habis saya kesal, tanaman saya dimakan si ayam padahal pakannya sendiri sudah di sediakan. Dari situ yang kapok pelihara ayam. Mending pelihara kenangan bersama mantan #minta ditabok.

Menurut saya memelihara hewan yang bisa bergerak kesana sini emang butuh tenaga dan juga menguras emosi. Seperti misalnya kucing yang walaupun sudah diberi makan tetep aja mencuri ikan. Kelinci yang hobby banget lari-lari kalo sudah dilepas dari kandang dan ayam yang doyan makan tanaman serta pup sembarangan. *huff hayati lelah bang.




Dari situ saya berfikir untuk memelihara hewan yang ngga bisa kabur kemana-mana. Yang hanya nguplek disitu-situ aja dan yang utama ngga bikin lelah. Yup akhirnya pilihan jatuh kepada ikan. Why? Bukankah ikan juga berenang kesana-sini dan ikan ngga pernah bobok loh? Iyess sih, Cuma ikan hanya berenang dalam batas aquarium itu aja. Ruang geraknya dibatasi jadi ngga repot.

Yup setelah memutuskan untuk pelihara ikan mulailah kami berburu mantan eh, ikan. Ada banyak penjual ikan hias beserta anak buahnya seperti misalnya segala jenis aquarium dengan berbagai ukuran, pompa aquarium, tanaman hias sampai ikan hiasnya. Karena ruang yang disediakan untuk aquarium nanti tidak terlalu besar jadi dipilihlan aquarium yang sedang-sedang saja. Serta jenis ikan hias yang lucu-lucu.

Beberapa bulan berselang ikan-ikan mulai tumbuh dengan baik mereka berenang kesana-sini dengan riangnya. Kemudian rakus memamah makanan ikan yang dijatah sehari 2 kali. Namun seminggu belakangan ini saya mulai curiga terhadap kelakuan mereka (ikan-ikan) yang terlihat lesu dan kurang bersemangat.

Pandangan saya langsung tertuju pada pompa aquarium yang tidak mengeluarkan gelembung dengan baik. Tadinya saya fikir hal ini tidak masalah mungkin hanya tersumbat. Kemudian saya rendam klep hitam pada ujung selang dengan air panas. Sesuai saran teman. Tapi ternyata tidak membantu, gelembung yang keluar tetap kurang lancar.

Akibat dari membiarkan masalah yang terjadi selanjutnya adalah musibah. Begitulah kira-kira ungkapan yang pas dengan kasus saya versus pompa aquarium. Ya, akibat membiarkannya tidak berfungsi dengan baik ikan saya mati dua ekor. Huaaaa setelah itu baru bingung cari solusi. Beberapa hal yang segera saya lakukan agar masalah tidak semakin melebar kemana-mana adalah:

Membersihkan aquarium


Ikan-ikan saya pindahkan ke wadah berisi air kemudian air aquarium saya keluarkan dengan cara di pompa dengan menggunakan selang. Airnya sangat kotor. Duh saya jadi sedih. Setelah semua air habis kemudian membersihkan segala property hiasan aquarium dari mulai batu-batuan, kapal selam, rumah-rumahan sampai selang-selang yang berselurusan.

Mengganti pompa aquarium

 
Ya, untuk menyelesaikan masalah ini jalan satu-satunya mengganti pompa aquarium dengan kapasitas yang lebih besar supaya gelembung yang menghasilkan oksigen bisa lebih banyak.

Ada beberapa fungsi dari pompa aquarium yaitu:

•    Menyuplai oksigen karena air dalam aquarium tidak bergerak seperti halnya air sungai atau laut.
•    Mendorong sisa-sisa pembakaran keluar aquarium.
•    Menjaga agar suhu air dan kadar oksigen tetap stabil sehingga ikan tidak stress dan mati.
•    Menggerakkan air dalam aquarium agar oksigen dapat terlarut dan bermanfaat untuk ikan.



Memilih pompa aquarium  tidaklah sulit, dibutuhkan pompa satu lubang untuk kapasitas air 10 – 100 L. dan dua lubang aerator untuk 100 –  1000 L semua itu bermanfaat sebagai penyuplai oksigen mengingat hampir semua ikan membutuhkannya. Kecuali ikan cupang, gurami dan lele yang tidak membutuhkannya. Setelah meleraikan masalah per-ikan-an dari kematian ikan-ikan dalam aquarium sama kembali ceria. Mungkin jika mereka bisa bicara, mereka akan ngomong. “makanya urusin kita-kita donk, jangan cuma doyan mandangin kecantikan kita aja” #plakk

selengkapnya...

13 Juni 2017

Zakat Adalah Rukun Islam Ke-3 yang Wajib Dilaksanakan


Dalam agama Islam terdapat rukun Islam yang menjadi perintah untuk semua muslim agar menjalankan rukun Islam. Rukun Islam terdiri dari 5 rukun yang harus dilaksanakan sesuai perintah Allah SWT. Dengan menjalanan perintah Allah seperti rukun Islam, seorang muslim akan sukses dunia akhirat. Sedangkan jika tidak, maka muslim tersebut akan tersesat di jalan yang salah. Oleh karena itu, penerapan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari sangat penting. Berikut penjelasan tentang 5 rukun Islam yang harus diketahui orang islam.

Membaca Kalimat Syahadat
Rukun pertama yang ada pada rukun Islam adalah setiap muslik harus membaca Kalimat Syahadat yang memiliki arti diucapkan oleh lisan, dibenarkan dalam hati, dan diamalkan oleh perbuatan. Dengan membaca Kalimat Syahadat, maka akan menggambarkan iman seseorang kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad.

Melaksanakan Perintah Sholat
Rukun kedua adalah melaksanakan perintah Sholat, karena perintah ini merupakan prioritas dalam Islam dan sangat Agung kedudukannya di Mata Allah diantara yang lain. Ibadah sholat juga menjadi sarana komunikasi antara hamba dengan Allah dan juga menggambarkan ketaatan seseorang hamba. Salah satu ibadah sholat yang wajib dilakukan adalah sholat 5 waktu setiap hari.

Membayarkan Zakat
Rukun yang ketiga adalah membayarkan zakat, zakat adalah harta dalam jumlah tertentu yang dikeluarkan oleh seorang muslim yang akan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya seperti fakir, miskin, mualaf, riqab, dan golongan lainnya. Dengan membayar zakat, maka harta yang dimiliki anda akan barokah dunia dan akhirat.

Melaksanakan Puasa di Bulan Suci Romadhon
Rukun berikutnya yang wajib dilakukan oleh seorang muslim adalah menjalanan ibadah puasa khusunya di Bulan Suci Romadhon. Dengan berpuasa, maka anda harus bisa menahan hawa nafsu, tidak makan minum hingga Maghrib, dan harus menjaga ucapan. Maka dari itu, anda akan menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya setelah selesainya Bulan Suci Romadhon.

Pergi Ibadah Haji Bagi Orang Mampu
Rukun Islam yang terakhir adalah pergi Ibadah Haji ke Mekkah bagi orang yang sudah mampu secara mental, batin, dan materi. Ibadah Haji juga dikatakan sebagai ibadah kepada Allah SWT dengan mengorbankan ruh, harta, dan badan. Dengan Ibadah Haji akan membuat anda menjadi orang yang lebih baik di Mata Allah dan juga manusia.

Itulah kelima rukun Islam yang harus diingat dan tentunya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar anda menjadi orang yang sukses bukan hanya di dunia tetapi juga sukses di akhirat dan masuk ke dalam Surga.

selengkapnya...

11 Mei 2017

Mau Renovasi Rumah? Pastikan Biaya Ini Mampu Kamu Atasi


Renovasi rumah merupakan hal yang harus kamu lakukan ketika kamu memutuskan untuk beli rumah dijual di Medan. Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan rumah idaman, yaitu beli rumah baru atau renovasi rumah yang kamu tempati saat ini. Dari kedua pilihan tersebut renovasi rumah merupakan pilihan yang paling banyak diterapkan karena tampak lebih simple dan lebih murah. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk melakukan renovasi rumah, selain itu kamu juga bahkan bisa menyesuaikan renovasi yang kamu lakukan dengan budget yang kamu miliki. Sebelum kamu memulai untuk merubah dan renovasi rumah kamu perlu mempersiapkan diri dengan daftar biaya – biaya yang harus kamu penuhi saat renovasi rumah. Apa sajakah itu?

Arsitektur
Jasa ahli memang perlu kamu pertimbangkan guna mendapatkan hasil yang maksimal. Para arsitektur yang berpengalaman akan dengan mudah menggunakan keahliannya untuk membantu kamu mewujudkan rumah impian yang kamu inginkan. Selain itu jika kamu melibatkan arsitektur untuk memperbaiki rumah yang kamu beli kamu akan mengurangi resiko kesalahan saat melakukan renovasi rumah yang seringkali justru membengkakan pengeluaran.

Biaya yang kamu keluarkan untuk menyewa ahli arsitektur, yakni sekitar 5% - 8% hal ini bergantung pada luas dan bentuk bangunan. Perlu kamu ingan semakin besar bangunan yang akan di renovasi maka semakin besar pula biaya yang akan kamu keluarkan untuk membayar jasanya. Bila jasa arsitektur yang professional dirasa sangat mahal dan terlalu membebani kamu bisa menggunakan ada mahasiswa arsitek, umumnya mereka akan menawarkan nilai yang cukup rendah.

Perizinan
Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan renovasi rumah secara menyeluruh dan merubah sebagian besar bentuk rumah, maka kamu perlu untuk memiliki IMB atau surat Izin Mendrikan Bangunan yang baru. Kamu bisa melakukan proses pengurusan surat IMB atau Izin Mendirikan Bangunan di kantor kecamatan. Kamu hanya perlu membawa gambar bangunan yang baru, surat IMB yang lama, salinan NPWP, salinan KTP dan kwitansi atau bukti pembayaran PBB. Biaya yang kamu keluarkan untuk membuat surat IMB tergantung dari luas bangunan dan restribusi sesuai dengan kebijakan daerah tempat tinggalmu. Umumnya pengurusan surat IMB memakan waktu 25 hari kerja.

Biaya Tukang
Biaya wajib yang harus kamu siapkan untuk renovasi rumah ialah baiya tukang atau jasa renovasi rumah. Kamu dapat memilih untuk menggunakan tukang yang berpengalaman atau kenalan atau mungkin perusahaan yang khusus bergerak di bidang renovasi rumah. Biaya yang kamu keluarkan bisa sistem harian atau borongan. Pilih sesuai dengan budget dan lamanya proses renovasi rumah. Pastikan juga tukan atau jasa renovasi yang kamu pilih benar – benar memiliki kinerja yang sangat baik untuk menghindari resiko kerugian.

Biaya bahan bangunan
Biaya yang satu ini merupakan biaya yang paling besar yang akan kamu keluarkan untuk renovasi rumah. Material seperti pasir, semen, besi, dan bahan – bahan lainnya perlu kamu beli untuk memperbaiki atau renovasi rumah dijual di Medan yang kamu beli. Sangat disarankan untuk melakukan suvei terlebih dahulu sebelum membeli bahan bangunan ke beberapa toko untuk mendapatkan harga miring dengan kualitas yang sama. Alangkah baiknya jika kamu membeli di toko kerabatmu agar nilai jualnya lebih ringan. Kamu bisa meminta bantuan tukang untuk memperkirakan banyaknya bahan dan material yang dibutuhkan sehingga kamu tidak akan membeli dengan jumlah yang berlebihan.

Pastikan untuk membeli bahan danmaterial bangunan sendiri dengan di damping oleh tukang atau arsitek untuk membantu. Hindari untuk menyerahkan kegiatan membeli bahan bangunan ini pada tukang untuk menghindari segala kecurangan.

Dana darurat
Pastikan kamu memiliki dana lebih untuk pengeluaran – pengeluaran yang tidak terduga saat melakukan reniovasi rumah. Biaya ini akan sangat membantu ketika budget yang kamu siapkan untuk renovasi rumah tidak cukup. Sehingga proses perbaikan atau renovasi rumah tetap berjalan denganlancar hingga prosesnya selesai. Seberapa banyak biaya atau dana darurat yang harus kamu sediakan ? hal ini bergantung pada kemampuan finansialmu. Tapi alangkan lebih baik jika kamu memiliki dana lebih setidaknya sebesar 20% dari nilai budget renovasi rumah yang kamu persiapkan. Perlu kamu ingat bila seringkal biaya atau budget yang diperkirakan meleset, apalagi harga materian dan bahan bangunan saat ini tidak stabil.

Dengan mengetahui biaya – biaya apa saja yang kamu butuhkan untuk melakukan renovasi rumah diatas, tentunya kamu bisa melakukan perbaikan dengan perencanaan yang matang. Bila rencananya matang dan prosesnya berjalan denganlancar tanpa hambatan berarti maka hasil yang akan kamu dapatkan pun pasti lebih baik dari dugaanmu. Semoga ulasan infomasi mengenai biaya- biaya yang diperlukan untuk memperbaiki rumah diatas bisa menjadi solusi dan dapat diterapkan dengan baik. Selamat mencoba.


selengkapnya...

18 April 2017

Ini Alasan Mengapa Rumah Dijual Milikmu Sulit Laku


Apakah kamu pernah melihat rumah dijual yang membutuhkan waktu lama untuk dimiliki penghuni baru ? atau kamu sendiri pernah mengalami menjual rumah yang sulit sekali laku?
Nyatanya menjual rumah merupakan kegiatan yang tidak dapat dilakukan dengan mudah. Meskipun kamu mengandalkan agen jual rumah dan broker rumah, namun tetap ada saja alasan bagi pembeli untuk menolak rumah yang kamu tawarkan. Rumah dijual membutuhkan strategi dan trik – trik tertentu untuk membuatnya menarik perhatian pembeli. Mangapa demikian? Sebagian besar pembeli cenderung memiliki kriteria dan ketertarikan tersendiri terhadap rumah yang mereka incar. Maka tidak heran bila banyak faktor yang harus mereka pertimbangkan untuk memilih rumah mana yang akan mereka beli.

Rumah murah di Bandung yang dijual memang relatif mudah untuk ditemukan. Bahkan ada banyak pula rumah dijual yang diiklankan di koran atau surat kabar, majalah hingga situs jual beli properti online. Tapi tidak semua rumah dijual dapat dengan mudah dan dalam waktu yang dekat untuk menemukanpembeli yang cocok. Lantas apa saja faktor dan alasan yang membuat rumah dijual sangat sulit mendapatkan pemilikbaru ? berikut beberapa diantaranya:

Harga Rumah Tinggi
Tidak heran memang bila nilai jual rumah pada saat ini memiliki nilai yang cukup tinggi terutama pada beberapa rumah yang terletak di kawasan dan lokasi strategis. Akan tetapi ada saja penjual yang menetapkan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga pasaran rumah dijual yang mereka miliki. Dengan harapan harga rumah tidak akan mengalami penurunan terlalu banyak pada saat proses tawar menawar.

Akan tetapi pada faktanya strategi seperti ini tidak tepat karena nilai jual yang terlalu tinggi justru membuat pembeli enggan dan mundur sebelum melakukan penawaran harga. Terlebih lagi ketika rumah tersebut tidak terletak di kawasan yang menguntungkan bagi pembeli.

Cobalah untuk mempelajari market properti saat ini, perbanyak informasi mengenai nilai jual rumah yang memiliki kondisi serta lokasi seperti rumah dijual milikmu. Tetapkan harga yang sesuai dengan harga pasaran dan sesuai dengan kondisi rumah yang akan kamu jual.

Penjual Tidak Kooperatif
Bila kamu ingin rumah dijual cepat laku dan memiliki penghuni baru sebaiknya kamu bersikap kooperatif kepada pembeli. Seperti misalnya ketika pembeli mempertanyakan dan ingin kamu memperlihatkan dokumen–dokumen rumah seperti surat IMB atau Surat Ijin Mendirikan Bangunan dan sertifikat tanah, segera tanggapi keinginan pembeli tersebut.  Pembeli rumah dijual tentu ingin memastikan legalitas dari rumah yang akan mereka beli. Ketika kamu memberikan kesan mengulur waktu untuk menjawab serta menunjukan dokumen rumah, pembeliakan mulai tidak tertarik karena merasa curiga dan enggan melanjutkan kesepakatan.

Kurangnya Strategi Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu faktor penting yang menentukan cepat atau tidaknya rumah dijual memiliki penghuni baru. Kamu tidak hanya sebatas menancapkan papan “rumah dijual” di depan rumah. Sebagus apapun rumah yang akan kamu jual, akan tetap kesulitan mendapatkan pembeli bila strategi pemasaranmu hanya itu saja.  Cobalah untuk memasarkannya melalui berbagai media seperti iklan di koran atau surat kabar, majalah, situs jual beli properti online, agen properti, broker, atau memberitahukan kepada teman, kerabat dan keluarga terdekat untuk memasarkannya secara manual.

Setelah kamu mengetahui alasan apa saja yang membuat pelanggan enggan membeli rumah dijual yang kamu tawarkan. Kini saatnya kamu menyusun strategi dan melakukan trik–trik untuk menjual rumah agar cepat mendatangkan pembeli.

TRIK AGAR RUMAH DIJUAL LEKAS LAKU

Perbaiki Tampilan Rumah 
Lakukan perbaikan kecil untuk menarik perhatian pembeli. Pembeli cenderung menyukai rumah dijual dengan kondisi yang rapih bersih dan siap untuk dihuni. Meskipun memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibandingkan dengan harga pasaran rumah dijual pada umumnya. Pembeli akan cenderung memilih rumah dijual milikmu karena ia tidak perlu lagi melakukan perbaikan atau renovasi mengingat kondisi rumah yang sudah nyaman dan siap untuk ditempat.

Bila kamu tidak memiliki dana yang cukup setidaknya kamu bisa merawat dengan rutin rumah dijual yang kamu tawarkan dengan membersihkan setiap debu yang ada di rumah. Mengecat dinding yang mulai terkelupas atau memudar. Jika memungkinkan biarkan interior rumah sealami mungkin dalam artian bebas dari segala dekorasi dan hiasan. Bila perlu kosongkan rumah agar pembeli bisa membayangkan rumah dijual sebagai milik mereka.

Gunakan Jasa Agen Jual Rumah atau Broker
Kamu bisa menyerahkan masalah pemasaran kepada pihak yang lebih professional untuk mempercepat proses jual beli rumah. Meskipun harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa jasa agen jual rumah atau broker rumah murah. Namun manfaat yang kamu terima akan sepadan dengan biaya yang kamu keluarga.

Demikian informasi seputar alasan rumah dijual kesulitan mendapatkan pembeli dan beberapa tips menjual rumah dijual dengan mudah. Semoga artikel diatas bisa membantu kamu mendapatkan pembeli rumah dengan cepat. Selamat mencoba!

selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah