02 Agustus 2009

Teknologi Wimax | Akses Internet Super Cepat yang Super Murah

Pemerintah Indonesia telah menetapkan pemenang delapan lelang akses pita lebar tanpa kabel atau Broadband Wireless Access dengan teknologi WIMAX (Worlwide Interoperability for Microwave Access). Ini berita halaman 1 dari Koran Kontan (Kompas Gramedia) tertanggal 1 Agustus 2009.

Membaca itu aku teringat ketika aku mengikuti pelatihan singkat penjelasan Wimax oleh Kang Onno W. Purbo tahun 2008 kemaren (kalo ga salah yaaa.... bener) di Mal Simpang Komersil Arengka (Mal SKA) Pekanbaru yang diselenggarakan oleh Apkomindo Riau (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia). Kang Onno menjelaskan bahwa dia bersama temen-temennya telah berhasil mengoprek antena WIMAX dan membuatnya menjadi murah meriah dengan jangkauan sekitar 45 kilometer!!! Woowwww fantastis.

Jarak tersebut bisa dicapai karena percobaan dilakukan di area perbukitan dekat Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali mengarah ke bawah (ke kota Denpasar). Kemudian tidak ada halangan apapun atas jalur gelombang (line of sight / LOS). Kang Onno emang sering ngoprek alias ngutak-atik jaringan, termasuk ngoprek "wajan bolik" (udah kucoba dan berhasil). Wajan untuk memasak dibuat menjadi antena parabolik dengan menggunakan Wireless USB Adapter. Cuma aku masih terkendala bahwa wajan bolik buatanku cuma mampu menangkap sinyal sampe jarak 1 km, sedangkan buatan kang Onno bisa mencapai 3 km.

Kembali ke laptop... eh Wimax. Kulihat, antenanya cukup sederhana, cuma sekeping lempengan PCB sekitar 40 x 40 cm. Lalu diberi lapisan tembaga seperti membuat sirkuit balap eh... sirkuit elektronik (aku gatau istilahnya). Pola lapisan itulah yang membedakan antena Wimax dengan sirkuit elektronik yang lain. Pola khusus tersebut bisa didownload di rumah kang Onno (juga di ngoprek.org).

Wimax adalah salah satu teknologi BWA yang menyediakan jaringan data dan internet kecepatan tinggi tanpa kabel dengan cakupan area yang luas. Teoritisnya bisa mencapai 12-15 km dari posisi pemancar. Wimax lebih luas dari WiFi (Wireless Fidelity). Pada Wimax, tidak diperlukan tower/menara antena tidak perlu banyak karena cakupannya yang luas, sehingga mengurangi biaya investasi.

Yup semoga pemerintah bisa memberikan layanan internet murah meriah cepet dan berkualitas.
Semoga seperti di Singapore yang bisa menyediakan layanan internet gratis bagi masyarakatnya.

Semoga.....





50 komentar:

  1. tuan rumah gag boleee... saiia tetep pertamaaxxx.. apa nggag iia?!?!?

    iia bang moga endonesa bisa spt singapore... bingung mo ngomong apa lagi nii :( tingkat tinggi soalnya :(

    BalasHapus
  2. yea bner tuh smg srn kmoniksi smkn murh...n klo bsa dtrpkn u telpon selur...cz dulu pernh bc brt bhw ad rencn pmnfaat irelees u jrngn oprtr posel...tp g tw tuh kbrny skrg........ lgyn kl pke mnr pmncr kn terllu bnyk cz jnkaunny g slua wireless...nth bnr g th istlh2ny heheh
    lm knl...
    joni

    BalasHapus
  3. pertamaaaaaaaaaaxxxxxxxxxxxzzzzzzzz

    BalasHapus
  4. Hadoooooh lupa di moderasi yaaaaa.. tertarik dengan katel bagaimana caranya tuh

    BalasHapus
  5. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku tersayang

    BalasHapus
  6. wakh kalo yang kayak gini mah.....di indonesia...mustahil dech

    BalasHapus
  7. info yg menarik, nih...
    akses cepat internet..hehehe itu yg kita butuhkan sekarang kan?..
    kapan ya, terlaksananya?..

    BalasHapus
  8. amin semoga segera terlaksana :D

    BalasHapus
  9. walah dikomen duluan..
    internet gratis...... kita kpn ..?
    semoga gak ada yg nila atas.. :)

    BalasHapus
  10. Sahabat ada award untuk anda silakan diambil ya..terimakasih.

    BalasHapus
  11. Nice info bang...sebuah karya yang sangat bagus..btw semoga saja bangsa kita bisa menyediakan layanan inet gratis juga ...

    BalasHapus
  12. Om buat aja wimax dan bagi2 buat kami khan jadinya gratis, tanpa menunggu dari pemerintah...

    BalasHapus
  13. ada award buat anda. diambil ya

    BalasHapus
  14. aamiin....semoga bisa terwujud... ^_^ segera hehehehhe

    BalasHapus
  15. bang..kenapa musti dimoderasi dulu sih komentnya??? hehheh....

    BalasHapus
  16. Asyiknya kalo bisa ngenet gratis...
    Mudah2an pemerintah bisa mewujudkan keinginan seluruh blogger Indonesia ini, amin.

    BalasHapus
  17. kalo mbahas kayak ginian nyerah deh
    gaptek diriku

    BalasHapus
  18. mampir tempat bang attayaya, salam kenal nih...dengar2 bang attayaya senior bertuah ya bg?

    BalasHapus
  19. Wimax ...... aku mau dong, soalnya jeng Inet disini senengnya lemot teyus.
    makasih yah bang atas infonya yang muantav.

    BalasHapus
  20. akses internet yg cepet dan murah??? mauuuu doongg...!! kapan yah bisanya di indo??! semoga bisa deh...

    BalasHapus
  21. AsYik juga tuh Law dapat sInyalnya...

    BalasHapus
  22. Semoga Pak Sby dan Mentri-mentrinya dan anggota-anggota Dprnya membaca postingan ini :D

    BalasHapus
  23. Aku kembaalliiii :)
    internet murah? mauu mau mau mau mau :P

    BalasHapus
  24. kebutuhan internet murah selalu berbenturan dengan kepentingan profite pengusaha provider, alhasil...sampe sekarang internet murah belum bisa kita nikmati meski teknologinya sudah kita kuasai.

    BalasHapus
  25. Lama tak jumpa om.....
    Makin lama, tulisannya makin sip aja nihhhhh
    Besok balik lagi ommm

    BalasHapus
  26. Setuju banget kalau pemerintah bisa memberikan layanan internet yang cepat, murah dan berkualitas...
    Semoga terlaksana deh...

    BalasHapus
  27. semoga bisa terwujud dalam waktu dekat ini ya.

    BalasHapus
  28. signal ny sampe sini ga ya? 45km jangkauan, pusatny mana om?

    BalasHapus
  29. Semogaaaa.... biar gak pusing bayar sapidi lagi.... he..he.. dan semoga yang gratis tetap berkualitas....

    BalasHapus
  30. bener dan setuju lagi, semoga cepat terselesaikan projek nya, biar bisa ngenet gila-gila-an :D

    BalasHapus
  31. Kapan ya sampe di tempatku?

    BalasHapus
  32. hehehehe ada yang gratis tapi ya gitu kebanyakan nunggunya sampai terkantuk kantuk...mudah mudahan seluruh pelosok indonesia ini di lengakpi dengan jaringan yang gratis biar tambah semangat orang indonesia ini ngeblognya..karena walaupun bagaimana indonesia merupakan salah satu dalam jajaran blogger terbanyak juga di dunia nih...

    BalasHapus
  33. wah,,kalau masih lemot berabe nih
    harus cepat dulu nih
    hehehehehhe
    semangatt untuk attayya

    BalasHapus
  34. Amiiinn.. semoga internet makin murmer...

    BalasHapus
  35. apa nih... gak mudeng...hahaha

    BalasHapus
  36. Yaaa biar gratis.... yang penting bisa....

    BalasHapus
  37. Makin Murah Inertenet makin melek teknologi informasi

    BalasHapus
  38. wah mau dunk inet murahnya....semoga terwujud

    BalasHapus
  39. kira2 siang siang gni orang nya ada gag iia?!??!

    BalasHapus
  40. Wduwh.. Saya aj blum mncoba wjan bolik, nie udah ad yg baru maz.. Wkwkwk..

    Ntar ngntip d ngoprek.org-ny dlt dh..

    But, klo ina d smæn dngan sngapore ya gak bsa mas.. Lha wong singapore sma pulau mdura aj gdhean mdura!?
    Smakin luas wlyah khan smakin nggak murah ngrusny.. Hehe..

    BalasHapus
  41. kenapa komentar mu musti di aprove
    wukukukukuku

    BalasHapus
  42. hehehhehe.. ntar kalo internet pada gratis ntar pada download yang ngga ngga dan segala pekerjaan bisa jadi dilakukan dari rumah.. terus persaingan website pastinya menjadi sangat ketat.. sementara menutup segmen lapangan pekerjaan yang lain dan membuka segmen yang lainnya.. ya mungkin seperti itu.. ehhehehe.. misalnya orang harus kerja di kantor.. mmungkin dengan wimax tidak lagi.. meeting bisa dilakukan di rumah.. heheheehe

    BalasHapus
  43. hehehehe bener tuh aprillins

    BalasHapus
  44. semoga terwujud...bahagianya kalo bisa akses internet cepat dan murah.hehehe :)

    salam kenal mas :)

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Teknologi Wimax | Akses Internet Super Cepat yang Super Murah | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah