03 Agustus 2009

Rosaceae Fragaria Strawberry Aardbei | Tukang Parkir

Strawberry merupakan tumbuhan buah herba dengan berbagai jenis spesies dari keluarga bunga Ros. Lebih dari 20 jenis ditambah beberapa hibrid dan pembiakan silang. sebagian orang menyebutnya buah "arbei" (dari bahasa Belanda "aardbei"). Jenis yang cukup terkenal adalah hasil persilangan dari jenis Fragaria × ananassa. Buahnya berwarna hijau ketika sedang berkembang dan berubah menjadi merah ketika telah masak. Awal namanya dari bahasa Inggris kuno "streawberige" yaitu gabungan dari streaw atau "straw" dan berige atau "berry".

Pengelompokan jenis strawberry adalah berdasarkan jumlah kromosomnya yaitu diploid (2 pasang dari 7 kromosom), tetraploid, hexaploid, oktoploid, dan dekaploid.

Struktur Keluarga Strawberry
Kingdom : Plantae
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Order : Rosales
Family : Rosaceae
Subfamily : Rosoideae
Tribe : Potentilleae
Subtribe : Fragariinae
Genus : Fragaria

Genus/Jenis Strawberry antara lain :
Cotoneaster sp. (Cotoneaster)
Fragaria chiloensis (Beach Strawberry)
Fragaria vesca (Wood Strawberry)
Heteromeles arbutifolia (Toyon Bush)
Holodiscus discolor (Cream Bush)
Horkelia californica (California Horkelia)
Oemleria cerasiformis (Oso Berry)
Potentilla anserina ssp. pacifica (Pacific Cinquefoil)
Potentilla glandulosa (Sticky Cinquefoil)
Potentilla hickmanii (Hickman's Cinquefoil)
Rosa gymnocarpa (Wild Rose)
Rubus parviflorus (Thimbleberry)
Rubus spectabilis (Salmonberry)
Rubus ursinus (California Blackberry)

Manfaat Strawberry :

  1. Strawberry mampu menyusutkan kadar kolestrol.
  2. Strawberry dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya tersebut.
  3. Strawberry dapat meredam gejala stroke.
  4. Strawberry mengandung zat anti alergi dan anti radang.
  5. Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh (Oksidasi ialah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Oksidasi juga bertanggung jawab pada proses penuaan).
  6. Strawberry yang kaya vitamin C sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak.
  7. Strawberry yang hanya sedikit mengandung gula juga cocok untuk diet bagi pengidap diabetes.
  8. Strawberry yang dimakan teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Khasiat yang terkenal lainnya adalah anti keriput!
  9. Strawberry dapat memutihkan atau membersihkan permukaan gigi.
  10. Strawberry ampuh melawan encok dan radang sendi.
  11. Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent. Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry per hari, dapat efektif menghentikan serangan diare.

Siapa yang tak kenal buah strowberry, dah kenal khan???.... itu lho adik kandung dari handphone blackberry hehehehehe.... eh ga ding.

Kalo stroberi di jus enak ga?
Ya enak lah...
suer tekewer-kewer...
Dalam bentuk award juga enak.


Ini award jus dari Tukang Cerpen




Sekalian mo majangin award Tukang Parkir dari Tukang Parkir Gokil



Tarif Pajak dan Retribusi Parkir untuk Kota Pekanbaru diatur dalam Peraturan Daerah Nomor berapa hayooooo.....

jaaahhhhh kok nyampe ke Perda segala seehhhh..........


Award ini kulanjutkan lagi kepada :
Adria Khan Blogger Pekanbaru yang telah sudi mampir ke gubukku yang reot
Rita Susanti Blogger Jakarta asal Rengat - Inhu - Riau


Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Garden_strawberry
http://en.wikipedia.org/wiki/Fragaria
http://plants.montara.com
http://bandung-sapuluh.yahooboard.net/
http://just-fatamorgana.blogspot.com
http://pekanbaru.go.id

48 komentar:

  1. wah saya suka bngt om buah ntu.....

    BalasHapus
  2. Arbey buah kesukaanku waktu kecil ..sukangambil dikebun kantor pertanian hehe..jadi bernostalgia nih.Selamat ya atas awardnya.Ada award juga untuk anda diambil ya ..makasih.

    BalasHapus
  3. Di tempatku bebas parkir....

    BalasHapus
  4. strawberry apa ada yang manis?

    BalasHapus
  5. seperti biasa, data lengkap...
    jd yg baca attayaya pasti jd pinterr... :)

    selamat awardnya,
    bener..buah strawberry diapain juga tetap enak, nikmat dan berguna buat kesehatan...

    pokoknya mah...starwberry cayo ajah!
    ^_^

    BalasHapus
  6. gue belom pernah makan buah tuh....


    haaaaaaaaa

    BalasHapus
  7. wah... bang atta ini selalu berorientasi pada yang ilmiah, pengkajian yang mantabs euy...

    BalasHapus
  8. Pertamaaaaaaaaaaaaaaaxxxxxxxzz

    BalasHapus
  9. waaaaaaah pertamaaaaaaxzzz bukan yaaa.. btw juice enaaaak ma kasih yaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  10. Keren infonya......!komplit....
    lama tak jumpa......musim award tak pernah mati.....

    BalasHapus
  11. Bikin ngiler ya makanannya hik hik hik

    BalasHapus
  12. ayo kawan2 mari kita komen3 tentang strawbery he he..keponakan saya suka banget strawbery sampe2 ngiler waktu ngelihat awardnya mbak Fanny. Apalagi nih diposting pula oleh attayaya. Artikel informatif. Keren.

    BalasHapus
  13. Hmmm sedap strawberry nya mas..
    selamat buat awardnya ya..
    kerenn

    BalasHapus
  14. info yang bagus, wah kalo aku juga senang strobry di juss yumi wah segar rasanya

    BalasHapus
  15. Nice informasi bang...and..selamat juga awardnya

    BalasHapus
  16. Aku yakin pasti bukan yang pertama.....

    BalasHapus
  17. lengkap deh ... ulasan tentang strawbery.
    Aku baru tau nih.
    Selamat atas Awardnya Bang.

    BalasHapus
  18. Ordonya si Andie Gokil koq nggak dibahas sih??

    BalasHapus
  19. Wah... jadi pingin minum jus strawbery....
    tapi gimana kalau mereka kan pakai pupuk kimia, apakah efeknya ke buahnya?

    BalasHapus
  20. wakakakakaakka....bang atta ada2 aja...

    pas pertama baca....ella pikir bang atta mau kasih pelajaran ttg biologi....hhehhe..ternyata arahnya mau ke awards nya m'fanny tuh hehheh

    perda ttg tarif restribusi parkir yaa?? mmm bang atta tau gaaa??? waakakkkaak

    bang..jgn lupa ma jumlah eselon 2007-2009 yaaa hehhhehe.....(tetep nagih :p)

    BalasHapus
  21. ha ha ha..kamu kayak ahli gizi deh,bang. oo..manfaatnya stroberi bnyk ya? hmm...berarti harus makin rajin makan stroberi nih. eh, siapa bilang stroberi adiknya black berry? stroberi tuh kakaknya blackberry. kan dia ada duluan sebelum blackberry lahir.

    BalasHapus
  22. nyam nyam...
    I love strawberry...
    awardnya jg aku dapet

    BalasHapus
  23. mampir sob .. ada award buat qmu .. diambil yah ... :D:D:D

    BalasHapus
  24. lagi satu manfaat buah stroberi bang, bisa membuat yang makan jadi tambah manis. haaaa

    btw soal paypal, aku baru tau klo sistemnya begitu, jadi bukan bonus ya, kukira bonus. wuakakak dudud.node.on.

    BalasHapus
  25. permisiii....
    aku cuma mau kasih tau, kalo kamu dapet award dariku, di ambil yahhh,makasihh...

    BalasHapus
  26. mantabsss sobat infonya..bermanfaat banget nih..strawbery oh strawbery...sukses ya

    BalasHapus
  27. menurut BKD :
    jumlah eselon 06-08 adalah sama karena menggunakan peraturan yg lama.

    pp 41/07 dilaksanakan 2009

    -----------------
    bang kan yang sama jumlah eselonnya 06-08 tuh..nah tahun 09 gimana??? hehheheh

    BalasHapus
  28. kuliah 2sks botani ^^ hehhehe
    selamad ma awaarddd naaaaa

    BalasHapus
  29. wkkkkkk
    aya-aya bae.
    Bukan attay kl ga nyeleneh

    BalasHapus
  30. Waaaakaakakakak.. enaaak ooo.. manstaaaabbbss yaaa sering sering bang disuguhi juice strawberry
    Salam Sayang

    BalasHapus
  31. bang attayaya memang penuh inspirasi, salut betol, layak dapat predikat seniman muda riau. maju terus bang...

    BalasHapus
  32. struktur dan tingkatan yg menarik

    BalasHapus
  33. wkwkwkwkwkwk, silsilam mba fani ternyata cukup panjang, selamat buat awardnya saja deh :D

    BalasHapus
  34. blog memang sedang tertimbun awaaaaaarddd.. selamaaaaaaaaaaaaaaattt sentosaaaaaaaaaaaaaa...

    saiia pamit bobo bang.... daaaaaaaaaghhh...

    BalasHapus
  35. Sayang ya , kebun Strawberry belom ada di Pekanbaru. Wah kalo ada kan enak tuh, pasti beredar di pasar2 tradisional dengan harga kaki 5 alias terjangkau buat masyarakat luas. skalian perbaikan gizi juga gitu ...:D

    BalasHapus
  36. bang, kalo aku buka blog nya pake IE, kok suka error gitu ya...
    nah, kalo sekarang aku pake Google Chrom, fine-fine aja tuh...
    knapa ya??

    BalasHapus
  37. Pertama kali lihat judulnya, pasti mbahas mbak fanny neh :) hebat eui... penuh info.

    BalasHapus
  38. ThanK info nya Om.. Baru tAw buah Strwberry bnyak mamfaat... Oia Om strawberry maU gaya ngaSh adX nya ?

    BalasHapus
  39. waahhhhhhhhh keren bang....siiip

    BalasHapus
  40. assalamualaikum bang, iea kunjung tengah malam mau ambil award utk iea, maksih y bang iea lgsg balik, dah ngantuk mau bbk. makasih once more.

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum Bang Attayaya..

    Buah stroberry tuh enak buanget kalo dijus, asem2 manis gitu rasanya, suegeeerrr rek !!:)

    Maaf Bang, baru sempat nih ambil award nya, saya angkut ke pondokku ya Bang...
    makaciiiih...:)

    BalasHapus
  42. Es krim strawberry bisa memberikan kesegaran apalagi bila dimakan saat matahari tengah terik-teriknya. Enak bangetz, malah kadang-kadang sampai rebutan sama keponakanku yang baru berumur empat tahun, he...he....

    BalasHapus
  43. woooooww..kalau strawberry sih emang sangat disuka. dimakan begitu saja, di jus atau dibikin salad..hmmmhhh mantapppp banget
    btw awardnya keren juga tuh. selamat ya Bang

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Rosaceae Fragaria Strawberry Aardbei | Tukang Parkir | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah