Bersatulah Indonesia - Liliana Tanoesudibjo

Tadi subuh (27/08/09), terdengar lagu di tv bututku. Lagu ini cukup mengharukan bagiku, dan gambar videonya pun apik sangat. Jam 4.20 wib, sebelum adzan subuh di Pekanbaru, TPI menyiarkan lagu ini. Ketika selesai dengan ditutup sebuah tulisan "Untukmu Indonesiaku, persembahan TPI", aku memindahkan channel ke GlobalTv, yang ternyata juga menyiarkan lagu ini dan juga ditutup dengan tulisan "Untukmu Indonesiaku, persembahan GlobalTV".

Lagu yang kumaksud adalah lagu "Bersatulah Indonesia" karya Liliana Tanoesoedibjo yang dibuat dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang 64. Lagu ini kemudian ditayangkan oleh TPI dan GlobalTV mungkin dalam rangka menyiarkan kebudayaan Indonesia. Hal ini dikarenakan penyerobotan oleh pihak malaysia atas beberapa budaya Indonesia. Dalam video klip lagu tersebut mengetengahkan 2 budaya Indonesia yang terkenal yaitu Budaya Rumah Gadang Minangkabau dan Tari Pendet Bali (walaupun banyak budaya Indonesia lainnya yang terkenal). Kedua budaya itu asli berasal dari Indonesia. Untuk Rumah Gadang sebagai rumah adat minangkabau (gambar di samping adalah Rumah Gadang Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar sebagai lambang adat dan budaya masyarakat Minangkabau), punya kemiripan dengan beberapa rumah adat malaysia. Menurut cerita orang-orang tua Minang, bahwa perantauan minang banyak yang merantau ke malaysia dari zaman dahulunya. Dalam cerita sejarah Melayu (Blog Butang Emas), kerajaan johor pun berkembang karena bantuan dari Pembesar dan Hulubalang utusan Nagari Pagaruyung Minangkabau yaitu :
  1. Syamsuddin gelar Sri Perkiraan Raja (Datuk Tanah Datar - Padang Panjang / Bukittinggi).
  2. Bebas gelar Sri Bejuangsa (Datuk Lima Puluh - Payakumbuh).
  3. Syawal gelar Sri Dewa Raja (Datuk Pesisir - Pariaman).
  4. Yahya gelar Maharaja Sri Wangsa (Datuk Hamba Raja).
  5. Hamzah gelar Buyung Ancah (Putera Titah Sungai Tarab - Batu Sangkar).
Perkembangan orang Minang di malaysia, menyebabkan berkembangnya budaya minang (dan juga budaya Indonesia lainnya oleh perantauan lain) di malaysia. Dalam hal ini, malaysia hanya menerima budaya-budaya tersebut dan bukanlah menghasilkan/menciptakan budaya-budaya tersebut. Misalnya penggunaan "Tanduk Balenggek" (tanduk bertingkat) sebagai perlengkapan pakaian adat (pengantin) yang digunakan oleh "si anak daro" yaitu pengantin perempuan. "Tengkuluk Talakuang" yaitu penutup kepala "marapulai" (pengantin laki-laki) mirip dengan salah satu jenis tanjak dalam budaya Melayu.

Kembali ke laptop, inilah lagu yang kumaksud di atas.
Thanks to Cakkanuraga.


Sumber : youtube.com
upload : 19 August 2009
user : cakkanuraga

Lirik Lagu
Bersatulah Indonesia
Liliana Tanoesudibjo


Indonesia, kami lahir untukmu
Berkarya dan mengabdi bagimu
Bersatu untuk membangun bagi negeri tercinta
Mari majulah Indonesiaku!

Indonesia, kami lahir untukmu
Berkarya dan mengabdi bagimu
Bersatu untuk membangun bagi negeri tercinta
Mari majulah Indonesiaku!

Bersatulah semua raih kejayaan
Melengkapi dalam perbedaan
Bersatu membela Merah Putih tercinta!
Bangkitlah Indonesia
Buktikan pada dunia
Mari majulah Indonesiaku!

Bersatulah semua raih kejayaan
Melengkapi dalam perbedaan
Bersatu membela Merah Putih tercinta!
Bangkitlah Indonesia
Buktikan pada dunia
Mari majulah Indonesiaku!



Dalam keterangan cakkanuraga, disebutkan :
Video klip lagu karya Liliana Tanoesoedibjo 'Bersatulah Indonesia' dalam pembuatannya melibatkan puluhan crew RCTI, puluhan artis SMN-MNC Group, di 3 lokasi: TMII - Puncak - Pantai Anyer. Video klip ini ditayang awal Agustus 2009, menyambut 64 tahun Indonesia dan 20 tahun RCTI dalam rangka misi sosial mengingatkan kembali kepada seluruh anak bangsa: bahwa perstauan merupakan tonggak terkuat bangsa Indonesia dalam menapak masadepan. Ayo Bersatulah Indonesia !

Cakka, Kiki, Patton, Sivia dan Zahra mewakili teman-teman IDOLA CILIK bergabung bersama kakak-kakak INDONESIAN IDOL (Mike, Winda, yudika, Delon, Gissel. Tiffany, Dirly, Rini, Ikhsan, Maria, Wilson) melakukan rekaman suara dan menjalani pembuatan Video Klip.
Bersatulah Indonesia !



Sumber Tulisan :
http://www.youtube.com/watch?v=1MOTR63sM9I&feature=channel

gambar :
sumbarprov.go.id