27 August 2009

Bersatulah Indonesia - Liliana Tanoesudibjo

Tadi subuh (27/08/09), terdengar lagu di tv bututku. Lagu ini cukup mengharukan bagiku, dan gambar videonya pun apik sangat. Jam 4.20 wib, sebelum adzan subuh di Pekanbaru, TPI menyiarkan lagu ini. Ketika selesai dengan ditutup sebuah tulisan "Untukmu Indonesiaku, persembahan TPI", aku memindahkan channel ke GlobalTv, yang ternyata juga menyiarkan lagu ini dan juga ditutup dengan tulisan "Untukmu Indonesiaku, persembahan GlobalTV".

Lagu yang kumaksud adalah lagu "Bersatulah Indonesia" karya Liliana Tanoesoedibjo yang dibuat dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang 64. Lagu ini kemudian ditayangkan oleh TPI dan GlobalTV mungkin dalam rangka menyiarkan kebudayaan Indonesia. Hal ini dikarenakan penyerobotan oleh pihak malaysia atas beberapa budaya Indonesia. Dalam video klip lagu tersebut mengetengahkan 2 budaya Indonesia yang terkenal yaitu Budaya Rumah Gadang Minangkabau dan Tari Pendet Bali (walaupun banyak budaya Indonesia lainnya yang terkenal). Kedua budaya itu asli berasal dari Indonesia. Untuk Rumah Gadang sebagai rumah adat minangkabau (gambar di samping adalah Rumah Gadang Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar sebagai lambang adat dan budaya masyarakat Minangkabau), punya kemiripan dengan beberapa rumah adat malaysia. Menurut cerita orang-orang tua Minang, bahwa perantauan minang banyak yang merantau ke malaysia dari zaman dahulunya. Dalam cerita sejarah Melayu (Blog Butang Emas), kerajaan johor pun berkembang karena bantuan dari Pembesar dan Hulubalang utusan Nagari Pagaruyung Minangkabau yaitu :
  1. Syamsuddin gelar Sri Perkiraan Raja (Datuk Tanah Datar - Padang Panjang / Bukittinggi).
  2. Bebas gelar Sri Bejuangsa (Datuk Lima Puluh - Payakumbuh).
  3. Syawal gelar Sri Dewa Raja (Datuk Pesisir - Pariaman).
  4. Yahya gelar Maharaja Sri Wangsa (Datuk Hamba Raja).
  5. Hamzah gelar Buyung Ancah (Putera Titah Sungai Tarab - Batu Sangkar).
Perkembangan orang Minang di malaysia, menyebabkan berkembangnya budaya minang (dan juga budaya Indonesia lainnya oleh perantauan lain) di malaysia. Dalam hal ini, malaysia hanya menerima budaya-budaya tersebut dan bukanlah menghasilkan/menciptakan budaya-budaya tersebut. Misalnya penggunaan "Tanduk Balenggek" (tanduk bertingkat) sebagai perlengkapan pakaian adat (pengantin) yang digunakan oleh "si anak daro" yaitu pengantin perempuan. "Tengkuluk Talakuang" yaitu penutup kepala "marapulai" (pengantin laki-laki) mirip dengan salah satu jenis tanjak dalam budaya Melayu.

Kembali ke laptop, inilah lagu yang kumaksud di atas.
Thanks to Cakkanuraga.


Sumber : youtube.com
upload : 19 August 2009
user : cakkanuraga

Lirik Lagu
Bersatulah Indonesia
Liliana Tanoesudibjo


Indonesia, kami lahir untukmu
Berkarya dan mengabdi bagimu
Bersatu untuk membangun bagi negeri tercinta
Mari majulah Indonesiaku!

Indonesia, kami lahir untukmu
Berkarya dan mengabdi bagimu
Bersatu untuk membangun bagi negeri tercinta
Mari majulah Indonesiaku!

Bersatulah semua raih kejayaan
Melengkapi dalam perbedaan
Bersatu membela Merah Putih tercinta!
Bangkitlah Indonesia
Buktikan pada dunia
Mari majulah Indonesiaku!

Bersatulah semua raih kejayaan
Melengkapi dalam perbedaan
Bersatu membela Merah Putih tercinta!
Bangkitlah Indonesia
Buktikan pada dunia
Mari majulah Indonesiaku!



Dalam keterangan cakkanuraga, disebutkan :
Video klip lagu karya Liliana Tanoesoedibjo 'Bersatulah Indonesia' dalam pembuatannya melibatkan puluhan crew RCTI, puluhan artis SMN-MNC Group, di 3 lokasi: TMII - Puncak - Pantai Anyer. Video klip ini ditayang awal Agustus 2009, menyambut 64 tahun Indonesia dan 20 tahun RCTI dalam rangka misi sosial mengingatkan kembali kepada seluruh anak bangsa: bahwa perstauan merupakan tonggak terkuat bangsa Indonesia dalam menapak masadepan. Ayo Bersatulah Indonesia !

Cakka, Kiki, Patton, Sivia dan Zahra mewakili teman-teman IDOLA CILIK bergabung bersama kakak-kakak INDONESIAN IDOL (Mike, Winda, yudika, Delon, Gissel. Tiffany, Dirly, Rini, Ikhsan, Maria, Wilson) melakukan rekaman suara dan menjalani pembuatan Video Klip.
Bersatulah Indonesia !



Sumber Tulisan :
http://www.youtube.com/watch?v=1MOTR63sM9I&feature=channel

gambar :
sumbarprov.go.id






35 comments:

  1. http://www.kumamechanics.webs.com/

    ReplyDelete
  2. MOGA kita bisa tetap bersatu dalam kebhinekaan.!!

    ReplyDelete
  3. wah... si SN dari Colombo Srilanka
    tengkyu sis

    ReplyDelete
  4. hohohooh liat rumah gadang..jadi pengen pulang kampung....

    HIDUP INDONESIA!!!!

    ReplyDelete
  5. Keren videonya,
    merinding dan mbrebes mili mata ini ketika menyaksikan video di atas...

    ReplyDelete
  6. Saya suka lagunya, sudah lihat juga tapi begitu Dirly yang nyanyi langsung tak alih..

    ReplyDelete
  7. bersatulah indonesia ku.....

    salam perjuangan.....

    ReplyDelete
  8. keren... semoga kesadaran untuk persatuan mendorong langkah nyata

    ReplyDelete
  9. bukti smngtnya senasib dan sepenanggunan bangsa Indonesia yang telah terpupuk dari dulu(sebelum merdeka)...budaya Indonesia yang beraneka ragam sehingga membuat bangsa lain menginginkannya

    salam kenal mas attaya :d

    ReplyDelete
  10. Ya walaupun belum benar-benar bangkit, setidaknya dengan mendengarkan lagu bisa membangkitkan semangat kita demi kemajuan Indonesia.

    ReplyDelete
  11. bang...aku dan fanda buat blog. add link kami ya? link kamu udah di add. tks

    ReplyDelete
  12. Jangan-jangan lagi ini diakui oleh pihak malaysia lagi...

    ReplyDelete
  13. Semoga Indonesia bisa menjadi negara yang besar :)

    ReplyDelete
  14. euuhm yuk mari kita gandeng tangan, pererat persaudaraan jgn sampai kita dihina dan dicaci maki oleh negara luar, sperti yg terjadi saat ini

    ReplyDelete
  15. Nice info bang..memang udah saatnya televesi2 swasta mempublikasi ragam budaya indonesia agar tidak di klaim negara lain lagi

    ReplyDelete
  16. Setuju bang...

    Kita mesti bersatu...
    Bersatulah Indonesiaku...Bersatulah negriku..

    Nice info

    ReplyDelete
  17. Masyarakatnya kebanyakan sibuk ngurusin diri sendiri sih, jadinya lupa deh sama negaranya.. Tp baguslah skr udah pada sadar pentingnya persatuan.. Tp kok msh ada yg perang antar kampung ya..????

    ReplyDelete
  18. BERSATULAH INDONESIAKU.....

    Ku kan slalu ada bersamamu

    ReplyDelete
  19. Selamat malam bang atta...happy weekend

    ReplyDelete
  20. oia, pernah liyat sekali nih video klipnya.. bagus lagunya.. sepertinya skrg ini Indonesia benar-benar lagi diuji yah... sabarr...

    ReplyDelete
  21. wow! whatta nice roof of that house! cool!

    ReplyDelete
  22. Mudah2an Indonesia tetap maju
    Dengan NKRI semajin jaya

    ReplyDelete
  23. ya masyarakat indonesia terlebih kaum minang adalah masyarakat perantau dimana mereka justru banyak yang sukses di luar daerahnya sendiri.hal ini yang menybabkan perataan budaya dimana mana,ambil aja dari makanan hampir di setiap kota besar penjual nasi padang itu ada di indonesia di malaysia pu nasi padang juga ada bahkan sahabat ku di hkg juga buka usaha nasi padang disana dan dengan nama padang pula.Nah terkenalkan masakan indonesia sekalipun ngga di klaim malingsia...Salam indonesia damai.

    ReplyDelete
  24. wuit. keren abis,
    lagunya menggugah rasa nasionalisme

    ReplyDelete
  25. ktia harus bersatu wahai indonesia ^^

    ReplyDelete
  26. Subhanallah...lengkap ya bahasannya.Memang kata orang Malaysia,amat susah menentukan siapakah suku aslinya.Orang-orang yang saya kenal,banyak yg keturunan Jawa dan juga Riau... Mereka multi-ras juga sih...

    ReplyDelete
  27. hidup Indonesia...
    ayooo Ganyang malingsia.
    hehehehehehehee........

    ReplyDelete
  28. Bagus sangat video klipnya... indonesia banget gitu lohh.. suaranya mantap2.. penyanyinya cantik dan cakep2. btw siapa itu anak kecil berpakaian putih-putih yang kibarkan bendera diatas karang? gayanya keren banget! waktu close-up ganteng sangat! jadi deg-degan ngeliyatnya. pls info yg tau..

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Bersatulah Indonesia - Liliana Tanoesudibjo | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah