21 Oktober 2009

Sand Fantasy : Green Dream

Hari ini (21/10/09), aku melihat hal buatan manusia yang indah. Seorang temen Facebook.com dengan user Hayatun Nufus menampilkan di dinding sebuah film pendek animasi dengan menggunakan pasir. Pasir ini ditempatkan di atas sebuah bidang kaca horizontal yang diberi lampu dibawahnya. Kemudian tangan sang seniman mulai menggerakkan pasir-pasir tersebut sehingga membentuk sebuah lukisan/gambaran yang kemudian dirubah lagi sesuai alur cerita yang diinginkan sang seniman. Seni ini disebut Sand Fantasy. Sand Fantasy bukanlah ada hubungannya dengan film Final Fantasy 1,2,3,4 dll. Sand Fantasy merupakan karya seni dengan menggunakan pasir yang dibentuk menjadi semacam animasi. Salah satu senimannya adalah Ilana Yahav.

Karya seni ini memang tidak seperti menikmati lukisan, walaupun pada poin-poin tertentu, terjadi lukisan yang begitu indah. Menikmati seni ini bagai menonton film di bioskop, bagai menonton Ayat-ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, Perempuan Berkalung Sorban, Kun Fayakun, dll

Aku hanya bisa bilang
It's so amazing art

Ilana Yahav is a world renowned sand animation artist. Using only her fingers, Ilana draws with sand on a glass table.

Lihat ini beberapa karya seninya :

"You've Got a Friend" 2009 - SandFantasy

Gambar pasir bermula dari area padang pasir dengan bukit-bukit pasirnya serta matahari yang terik. Di langit terbang 2 ekor burung. Walaupun di area padang pasir ini masih tersisa 3 batang pohon, seorang manusia kelihatannya dalam keadaan kesusahan (tergambar dengan bentuk badannya yang miring). Tiba-tiba.... datanglah badai menerjang semuanya disertai awan menggulung-gulung, hujan dan petir sambar menyambar. Pertolongan datang dari seseorang dengan memberikan payung untuk melindungi. Pertolongan dari seorang teman. Teman yang berada dalam suka dan duka. Cerita selanjutnya silahkan lihat sendiri ya.

Sand Art - "Green Dream" - SandFantasy

Bumi yang semulanya penuh dengan tumbuhan dan hewan, bunga, pohon, burung, yang kemudian hancur oleh kemajuan industri. Tetapi harapan tetap ada dengan bertambahnya salju di kutub, dan cuaca yang kembali normal.
Lihat cara Ilana membuat penguin.
So simple, so amazing art
Perhatikan teknik membuat bunga, teknik membuat pohon bambu, dll.

Sand Art - "Emotions" - SandFantasy

I luv it
Dynamic emotion

Ilana Yahav bisa dihubungi di :
(To contact Ilana Yahav:)

yahavit@sandfantasy.com
FAX: +972-9-7656971

atau datang ke websitenya :
http://sandfantasy.com/





Copyright © 2013 attayaya: Sand Fantasy : Green Dream | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah