24 April 2009

6H2O + 6CO2 + cahaya matahari → C6H12O6 (glukosa) + 6O2

6,5 adalah nilai kimiaku di SMA. Walopun begitu, aku coba juga mengetengahkan masalah fotosintesa tumbuhan (halaaaaah sok kaleeee). Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. Perhatikan persamaan reaksi yang menghasilkan glukosa berikut ini:

6H2O + 6CO2 + cahaya matahari → C6H12O6 (glukosa) + 6O2
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Fotosintesis

Dijabarkan menjadi bahwa misalnya 6 molekul air ditambah 6 molekul karbon dioksida bebas di udara ditambah cahaya matahari akan menghasilkan 1 molekul glukosa dan 6 molekul oksigen.

Coba bayangkan....

Sejujurnya akupun susah membayangkannya. Cuma yang kudapat dari persamaan diatas adalah bahwa air dan karbon akan diolah tanaman menjadi gula (glukosa sebagai makanan tumbuhan) dan OKSIGEN!!!

Yihaaaaa....
Jadi kalo masih mau bernapas dengan oksigen dimuka bumi ini, maka perbanyaklah menanam pohon atau tumbuhan lain, ditambah dengan waktu sisa hidup yang masih diizinkan ALLAH SWT.

Karbon dioksida memang dibutuhkan menyokong kehidupan. Tumbuhan membutuhkan karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Manusia membutuhkan oksigen dan menghasilkan karbon dioksida. Ini merupakan salah satu siklus pendek. Siklus ini sebenarnya tidak sesederhana itu. Siklus yang lebih besar akan membicarakan juga gas-gas lain, faktor-faktor lain, dan pemicu-pemicu lain. Tapi jika dipelajari lebih lanjut akan membuat kepala jadi pening lalat.

Dah... jadi cuma itu aja lah dulu.
Daripada semua jadi pening lalat.
Hal itu yang kupelajari, dan hal itu pula yang kubagi.
Kudapat dari Wikipedia as my fave.


33 komentar:

  1. Pertama lagi nih ye,

    Jengsri dari SMEA akuntan ke psikolog, jadi rak ngerti opo sing diomongin karo Ayya. Tapi tetep manggut manggut tanda tak mengerti.

    Good night, mo bubu dulu.

    BalasHapus
  2. Iya mas kalo mau bernapas ya tanam pohon, terus kalo nggak tanam pohon ya jangan buang karbondioksida banyak-banyak.

    BalasHapus
  3. Kok aku disini dapet pelajaran kimia lagi sih??
    lah aku lak belajar lagi
    padahal ini lagi iklan belajarnya

    BalasHapus
  4. betapa pentingnya penghijauan ya bang...

    btw, kalo maen ke Cikarang, rasakan hijaunya akasia dan warna warni flamboyan

    BalasHapus
  5. Jaaaahhhh.....jadi ingat pelajaran waktu jaman kuliah. kangen euy. ngutak atik persamaan kimia lagi.

    ga ada oksigen ga bisa napas. itukan maksudnya bang..hihihihihi..peace :D

    Hijaukankan kembali Indonesia, khususnya Riau tentunya..;)

    BalasHapus
  6. ngak ngerti om, maklum dulu IPS waktu SMA.

    BalasHapus
  7. Salam kenal :)


    tukeran link yu,,

    BalasHapus
  8. Betapa pentingnya penghijauan buat kita ya bang...

    BalasHapus
  9. Semoga dengan posting diatas yang dihubungkan dengan hari bumi kemarin dapat dijadikan sebagai momentum untuk lebih menggugah kita agar senantiasa memelihara lingkungan terutama hutan yang sekarang habis dibabat untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

    BalasHapus
  10. lama ga ksini mkn asik ajah deh ,,,,huehehehe

    Datang dan Berubah

    BalasHapus
  11. bang... baru tau saya tumbuhan bisa menghasilkan glukosa.. berarti sebenarnya tumbuhan itu manis yah......

    bang saya punya saran.... untuk menyelamatkan bumi kita tidak boleh memakan tumbuhan, tidak boleh memakan sayuran.. supaya oksigen dimuka bumi ini bertambah banyak.. tapi efek dari saran ini apabila dilakukan, siap siap sembelit.. ehuehueheuheuheueheuheuehue

    BalasHapus
  12. cama cama eri, waktu SMA masuknya IPS... :D
    jadi kalo masalah CO2 CO3 CO4 de el el era mudeng... :D

    tapi kalo masalah tanam pohon, ayoooooooo sobat, kita tanam pohon sebanyak mungkin untuk kita dan untuk anak cucu kita :D

    BalasHapus
  13. napasku kok tersengal-sengal neh
    eh... abis turun naik tangga seh

    BalasHapus
  14. nah, senyawa kimia penyusun sinar matahair itu apa pak guru? hiii

    BalasHapus
  15. @ mocha chi & aprillins :
    ntar kutanya ma mbah maridjan dulu ya
    hehhehe

    BalasHapus
  16. kwkwkwkw

    kwkwkw

    ada pula rumus kimianya ya...
    padahal, kimi tuh kurang suka dulu waktu sma...

    BalasHapus
  17. weh lg ada pelajaran kimia......
    klorofilnya gak ikut bang....

    BalasHapus
  18. *keliyengan* kok malah dapet pelajaran kimia

    BalasHapus
  19. ayo ayo nanam pohon...kalo nanam rumput boleh ga ya???

    BalasHapus
  20. Walah iki malah ngajak nostalgila masa2 sma,
    Udah lupa aku rumus2 begituan.

    BalasHapus
  21. Sebuah propaganda Hijau yang keren dan mengena sekali.. salut kawan... tetep kobarkan semangat hijau melalui Blog yuk...

    BalasHapus
  22. setuju ama yg nulis..hehehe
    secara dulu wkt SMA emang duduk di kelas Bio; agak mudeng lah apa yg kamu katakan.

    Pokoknya GO GREEN!! dah...!!

    BalasHapus
  23. duh, kimiaa...dulu sih lumayan jago. 8 booo..nilainya, tapi dah lupa semua. ha ha ha...
    btw, ada award ya. cek di postingan : AWARD DIMANA2 AWARD. jangan lupa diambil.

    BalasHapus
  24. Wah dah berbau kimia.... Pusing.....

    BalasHapus
  25. Unsur kimia yang terdapat di matahari sekitar 80% berupa gas Hidrogen. Sedangkan unsur kedua yang banyak terdapat di matahari adalah gas Helium, kurang lebih sebanyak 19 % dari seluruh massa matahari. Sisanya yang 1 % terdiri atas unsur-unsur Oksigen, Magnesium, Nitrogen, Silikon, Karbon, Belerang, Besi, Sodium, Kalsium dan Nikel.
    kalau dihubungkan dengan rumus
    6H2O + 6CO2 + cahaya matahari → C6H12O6 (glukosa) + 6O2, kok bisa ya *nyengir*

    aku makin nggak mudeng, maklum nilai kimiaku di bawah Atta, cuma 4,2

    BalasHapus
  26. hmmm....
    gas...? *ngendus-ngendus#

    siapa nih buang gas karbontutsida!!!!!

    BalasHapus
  27. aku juga pusing neh
    tanyain ke mbah wikipedia aja ya
    ma yahoo answer

    BalasHapus
  28. wuah, kalau pohon dah habis , oksigen habis donk bang, wah repot nih, ayo tanam pohon :)

    BalasHapus
  29. aku ikut2an bingung nie mas... hehehehe...

    BalasHapus
  30. Duuuh penggambaran yang sederhana bisa menghasilkan pemikiran yang luas gitu bang...
    salut deh ma abang ni

    BalasHapus
  31. rupanya attay pakar biologi juga tho?
    wkkkkk
    salut-salut

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: 6H2O + 6CO2 + cahaya matahari → C6H12O6 (glukosa) + 6O2 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah