24 April 2009

6H2O + 6CO2 + cahaya matahari → C6H12O6 (glukosa) + 6O2

6,5 adalah nilai kimiaku di SMA. Walopun begitu, aku coba juga mengetengahkan masalah fotosintesa tumbuhan (halaaaaah sok kaleeee). Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. Perhatikan persamaan reaksi yang menghasilkan glukosa berikut ini:

6H2O + 6CO2 + cahaya matahari → C6H12O6 (glukosa) + 6O2
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Fotosintesis

Dijabarkan menjadi bahwa misalnya 6 molekul air ditambah 6 molekul karbon dioksida bebas di udara ditambah cahaya matahari akan menghasilkan 1 molekul glukosa dan 6 molekul oksigen.

Coba bayangkan....

Sejujurnya akupun susah membayangkannya. Cuma yang kudapat dari persamaan diatas adalah bahwa air dan karbon akan diolah tanaman menjadi gula (glukosa sebagai makanan tumbuhan) dan OKSIGEN!!!

Yihaaaaa....
Jadi kalo masih mau bernapas dengan oksigen dimuka bumi ini, maka perbanyaklah menanam pohon atau tumbuhan lain, ditambah dengan waktu sisa hidup yang masih diizinkan ALLAH SWT.

Karbon dioksida memang dibutuhkan menyokong kehidupan. Tumbuhan membutuhkan karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Manusia membutuhkan oksigen dan menghasilkan karbon dioksida. Ini merupakan salah satu siklus pendek. Siklus ini sebenarnya tidak sesederhana itu. Siklus yang lebih besar akan membicarakan juga gas-gas lain, faktor-faktor lain, dan pemicu-pemicu lain. Tapi jika dipelajari lebih lanjut akan membuat kepala jadi pening lalat.

Dah... jadi cuma itu aja lah dulu.
Daripada semua jadi pening lalat.
Hal itu yang kupelajari, dan hal itu pula yang kubagi.
Kudapat dari Wikipedia as my fave.


Copyright © 2013 attayaya: 6H2O + 6CO2 + cahaya matahari → C6H12O6 (glukosa) + 6O2 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah