12 April 2009

Mandi di Sungai

Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi ku mandi lagi
mandi di SUNGAI KUANTAN
(lagu yang sangat dipaksakan)

Dulu, ketika aku masih kecil-kecil (kecik nonet), aku sering mandi ke Sungai Sail yang di ujung Jalan Thamrin daerah Gobah. Dan, dulu waktu blog ini masih sangat culun, aku tuh jarang mandi. Karena mikirin kok susah amat neh ngeblog. Saat sekarang dimana blog ini juga masih culun, rasanya pengen mandi terus. Cuma Sungai Sail tempatku mandi dulu udah ga bersih jernih lagi sejak dikeruk untuk pendalaman sungai dan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Lha terus aku harus mandi di sungai mana lagi?

Setelah muter-muter, aku pun pengen terjun salto (pake celana dan tidak bugil telanjang tentunya) di SUNGAI KUANTAN yang kutemukan di kopdar bloger bertuah Pekanbaru kemaren. Minta bantu atok google pun sebenarnya susah nak cari Sungai Kuantan. Yang sering muncul malahan Sungai Kuantan dekat Sungai Lembing Malaysia.

Padahal Sungai Kuantan yang kumaksud adalah Sungai Kuantan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi Propinsi Riau. Sungai Kuantan ini melewati Kota Taluk Kuantan sebagai ibukota kabupaten. Kabupaten yang dahulunya menjadi bagian Kabupaten Indragiri Hulu. Terus apa sih istimewanya Sungai Kuantan?

Pariwisata
  1. Pacu jalur, merupakan event terbesar bagi masyakat Kuantan Singingi sepanjang tahun, yakni dalam bentuk perahu panjang yang didayung oleh 50 – 60 orang, dilaksanakan beriringan dengan peringatan hari Kemerdekaan RI setiap tahun di Sungai Kuantan. Jalur (Perahu) dibuat dari pohon kayu yang panjangnya +_ 25 – 40 meter. Sebelum memulai event besar ini, musik dan tari dipersembahkan sepanjang malam untuk menghibur masyarakat yang datang dari setiap penjuru Taluk Kuantan, dan kota-kota lain, termasuk wisatawan mancanegara.
  2. Perahu Baganduang, atraksi budaya dan perayaan masyarakat Kuantan ditandai dengan parade perahu tradisional yang dihias dengan ornamen warna-warni yang unik dari daerah setempat.

Ya..... okelah pariwisata karena umumnya sungai selalu menjadi tempat wisata.
Ada yang istimewa lagi ga? ADA

Bloger
Beralamat resmi di http://sungaikuantan.blogspot.com/
Pemilik blog ini "nanlimo" atau/alias "IDU YHAW AMIR P" (yang katanya mengikuti nama pemilik Koran Riau Pos RIDA K. LIAMSI) sebenarnya memiliki banyak blog. Bloger yang memiliki andeng-andeng (tahi lalat ato birthmark) di dagu yang bisa membuat cewek-cewek kleyengan ngeliatnya. Untuk arti namanya "nanlimo" masih dalam tahap penyidikan polisi dan Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil. Kutengarai bahwa "nanlimo" tuh berarti "Yang Lima" mungkin anak yang kelima kaleeeee ya.....


Copyright © 2013 attayaya: Mandi di Sungai | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah