Plaza Pekanbaru

Plaza adalah sebuah kata dari bahasa Spanyol yang berhubungan dengan "lapangan" yang menggambarkan tempat terbuka untuk umum (ruang publik) di perkotaan, seperti misalnya lapangan atau alun-alun. Di seluruh Amerika Latin, plaza mayor dari masing-masing pusat pemerintahan mempunyai tiga lembaga yang saling terkait erat: katedral, cabildo atau pusat administrasi, yang dapat ditempatkan di sebuah sayap dari istana gubernur, dan audiencia atau gedung pengadilan. Plazanya bisa cukup luas sehingga dapat digunakan sebagai lapangan untuk parade militer. Pada saat-saat krisis atau fiesta, plaza dijadikan tempat untuk masyarakat berkumpul. Seperti halnya piazza di Italia, plaza tetap merupakan pusat kehidupan komunitas yang hanya tertandingi oleh pasar.

Kebanyakan kota kolonial di Amerika Latin dirancang di sekitar sebuah lapangan yang disebut plaza de armas. Di sini pasukan dapat dikumpulkan, seperti yang tersirat dari namanya, dikelilingi oleh istana gubernur dan gereja utama (Katedral). Plaza de toros adalah arena adu banteng. Dalam bahasa Italia tempat yang sama dikenal sebagai Piazza, sementara dalam bahasa Perancis, Place. Dalam bahasa Romansch disebut Plazza.

Terus apa hubungannya dengan plaza Pekanbaru?

Sebagai kota yang mempunyai posisi yang strategis di Propinsi Riau dan Pulau Sumatera, berbatasan dengan negara Singapore dan Malaysia, menyebabkan laju perdagangan di Kota Pekanbaru meningkat cukup pesat. Pembangunan fisik pun mengimbangi laju perdagangan yang membutuhkan gedung untuk melakukan transaksi perdagangan. Tidak ketinggalan adalah pembangunan plaza. Banyak plaza di pekanbaru, salah satunya bernama Plazza My Inspiration>. Ditempat itu anda bisa menemukan berbagai macam informasi yang disusun secara profesional. Dibangun oleh seorang wartawan Pekanbaru bernama Bambang Hermanto (kalo ga salah, yaaaa betul) yang juga merupakan pengusaha sukses dalam dunia blogsphere. Beliau juga telah tergabung dalam Bloger Bertuah Pekanbaru.

Dan dengan kemurahan hati beliau, saya dianugerahi award sebagai salah seorang anggota Bloger Bertuah Pekanbaru