17 Agustus 2009

Bisnis Online | Mencari Uang di Internet

Umumnya bisnis online adalah bisnis WAH alias Work At Home. Yup... dengan bekerja di rumah, yang tentunya telah memiliki jaringan internet, kita bisa bekerja untuk mendapatkan uang. Bekerja disini bisa dalam artian

"kesenangan menghasilkan kerja, kerja menghasilkan kesenangan"

Banyak cara menghasilkan uang alias duit dari internet yang tentu saja secara online. Dalam hal ini aku lebih cenderung menggunakan istilah Bisnis Online daripada Bisnis Internet. Online mengacu kepada terhubungnya suatu perangkat dengan suatu/lebih perangkat lain (a state of connectivity). Internet mengacu kepada suatu sistem terhubungnya suatu perangkat dengan suatu/lebih perangkat lain (The Internet is a global system of interconnected computer networks that use the standard).

Bagaimana mungkin suatu bisnis bisa dikenal/diketahui dan bisa laku dijual jika tidak dilihat/dirasa/didengar oleh orang lain. Maka suatu bisnis harus bisa dilihat/dirasa/didengar oleh orang lain dengan cara menghubungkannya dengan orang lain tersebut (online). Cara terhubungnya bisa dengan berbagai cara (intranet/internet/lan/wan/man/wlan/wman). Dalam bisnis secara fisik (offline), kita bisa membuka toko/warung/kedai/lapak atau sejenisnya agar dilihat orang sehingga orang tertarik dan mau membeli barang/jasa yang kita jual. Tentu saja penempatannya merupakan hal penting, seperti yang disebut dalam ilmu marketing sebagai 3P (Place, Place, and Place).

Sekarang ini, banyak bisnis offline yang dijadikan bisnis online. Menjual baju bisa dilakukan secara online. Menjual jasa penjualan tiket bisa dilakukan secara online. Menjual tulisan bisa dilakukan secara online.

Berbagai jenis bisnis online dapat dikerjakan, baik dengan menggunakan modal yang besar maupun dengan modal dengkul alias gratis. Bisnis online yang menggunakan modal misalnya bisnis jual beli uang (foreign exchange). Dimana kita menempatkan sejumlah uang pada broker/pialang/makelar seperti www.asiakomoditi.com atau belajarforex.com ataupun yang lainnya. Bisnis online yang tidak menggunakan modal bahkan bisa gratis misalnya review-blog atau buy-sell link ataupun model lainnya yang umumnya dilakukan para blogger. Dengan menggunakan blog-blog gratisan, kita bisa menghasilkan uang. Modalnya bisa dikatakan tidak ada, diluar komputer/laptop dan jaringan internet, sekurang-kurangnya pergi ke warnet atau nebeng sama temen.

Sebelum memulai bisnis online di internet, perlu diperhatikan tips bisnis berikut ini :

  1. Tentukan bisnis yang akan dijalani. Pertanyaan dasarnya adalah "apa yang bisa saya jual dan berapa modal yang dibutuhkan?".
  2. Lakukan riset dengan bertanya kepada orang-orang yang telah menjalankan bisnis yang akan kita jalani, baik melalui komentar di web/blognya ataupun melalui imel. Riset juga bisa dilakukan dengan menyampaikan atau melakukan pencarian dengan bantuan mbah Google
  3. Pelajari aturan berbisnis offline/fisik/dunia-nyata, karena aturan tersebut juga berlaku di dunia maya.
  4. Lakukanlah secepat dan setepat mungkin untuk mengurangi resiko.
  5. Yakinkan dalam diri bahwa semua bisnis selalu ada resiko, yang diperlukan adalah me-manage resiko tersebut.

Keadaan sekarang ini, bagi para pembeli yang ingin mencari barang/jasa secara online, tidak akan lepas dari mesin pencari. Salah satu mesin mencari yang terkenal adalah Google. Selain itu juga ada Bing yang baru diluncurkan, MSN, Yahoo, ataupun yang lain. Google menjadi mesin pencari yang paling banyak dipakai orang (Google-minded), sehingga kegiatan mencari informasi melalui Google biasa disebut "Googling". Hal ini membuat pebisnis online yang menggunakan web/blog, selalu berharap berada di halaman terdepan mesin pencari untuk pencarian apapun yang dicari oleh pengguna.

Maka, untuk bisnis online yang menggunakan web/blog (seperti yang biasa dilakukan blogger), pastikan bahwa web/blog kita bersahabat dengan mbah Google, dengan cara :

  1. Pastikan Google mengindeks web/blog kita. Cara cepat dan sederhana agar cepat terindeks adalah dengan menuliskan komentar yang relevan di web/blog maupun forum yang ramai pengunjungnya dan mempunyai fasilitas untuk menuliskan alamat (url) web/blog kita. Sehingga, ketika Google mengindeks web/blog yang telah dikomentari, maka alamat web/blog kita pun ikut terindeks.
  2. Pastikan untuk selalu meng-update web/blog kita, sebisa mungkin update harian dan isinya meyakinkan.
  3. Lakukan Search Engine Optimation (SEO). Jika belum bisa, kita bisa bertanya melalui Google. Salah satunya adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat untuk menggambarkan isi web/blog kita. Kata kunci ini bisa ditempatkan di judul blog, keterangan blog (description), keterangan isi (content), judul artikel/postingan, dan lain-lain.
  4. Jangan mengiklankan diri sehingga dapat mengganggu orang lain. Di dunia nyata, pemasangan iklan di atur oleh Peraturan Daerah masing-masing pemerintah daerah. Demikian juga di dunia maya, aturan dipegang oleh pemilik web/blog.


"kesenangan menghasilkan kerja, kerja menghasilkan kesenangan"



Merdeka!!!

(dari berbagai sumber)





Copyright © 2013 attayaya: Bisnis Online | Mencari Uang di Internet | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah