17 Agustus 2009

Bisnis Online | Mencari Uang di Internet

Umumnya bisnis online adalah bisnis WAH alias Work At Home. Yup... dengan bekerja di rumah, yang tentunya telah memiliki jaringan internet, kita bisa bekerja untuk mendapatkan uang. Bekerja disini bisa dalam artian

"kesenangan menghasilkan kerja, kerja menghasilkan kesenangan"

Banyak cara menghasilkan uang alias duit dari internet yang tentu saja secara online. Dalam hal ini aku lebih cenderung menggunakan istilah Bisnis Online daripada Bisnis Internet. Online mengacu kepada terhubungnya suatu perangkat dengan suatu/lebih perangkat lain (a state of connectivity). Internet mengacu kepada suatu sistem terhubungnya suatu perangkat dengan suatu/lebih perangkat lain (The Internet is a global system of interconnected computer networks that use the standard).

Bagaimana mungkin suatu bisnis bisa dikenal/diketahui dan bisa laku dijual jika tidak dilihat/dirasa/didengar oleh orang lain. Maka suatu bisnis harus bisa dilihat/dirasa/didengar oleh orang lain dengan cara menghubungkannya dengan orang lain tersebut (online). Cara terhubungnya bisa dengan berbagai cara (intranet/internet/lan/wan/man/wlan/wman). Dalam bisnis secara fisik (offline), kita bisa membuka toko/warung/kedai/lapak atau sejenisnya agar dilihat orang sehingga orang tertarik dan mau membeli barang/jasa yang kita jual. Tentu saja penempatannya merupakan hal penting, seperti yang disebut dalam ilmu marketing sebagai 3P (Place, Place, and Place).

Sekarang ini, banyak bisnis offline yang dijadikan bisnis online. Menjual baju bisa dilakukan secara online. Menjual jasa penjualan tiket bisa dilakukan secara online. Menjual tulisan bisa dilakukan secara online.

Berbagai jenis bisnis online dapat dikerjakan, baik dengan menggunakan modal yang besar maupun dengan modal dengkul alias gratis. Bisnis online yang menggunakan modal misalnya bisnis jual beli uang (foreign exchange). Dimana kita menempatkan sejumlah uang pada broker/pialang/makelar seperti www.asiakomoditi.com atau belajarforex.com ataupun yang lainnya. Bisnis online yang tidak menggunakan modal bahkan bisa gratis misalnya review-blog atau buy-sell link ataupun model lainnya yang umumnya dilakukan para blogger. Dengan menggunakan blog-blog gratisan, kita bisa menghasilkan uang. Modalnya bisa dikatakan tidak ada, diluar komputer/laptop dan jaringan internet, sekurang-kurangnya pergi ke warnet atau nebeng sama temen.

Sebelum memulai bisnis online di internet, perlu diperhatikan tips bisnis berikut ini :

  1. Tentukan bisnis yang akan dijalani. Pertanyaan dasarnya adalah "apa yang bisa saya jual dan berapa modal yang dibutuhkan?".
  2. Lakukan riset dengan bertanya kepada orang-orang yang telah menjalankan bisnis yang akan kita jalani, baik melalui komentar di web/blognya ataupun melalui imel. Riset juga bisa dilakukan dengan menyampaikan atau melakukan pencarian dengan bantuan mbah Google
  3. Pelajari aturan berbisnis offline/fisik/dunia-nyata, karena aturan tersebut juga berlaku di dunia maya.
  4. Lakukanlah secepat dan setepat mungkin untuk mengurangi resiko.
  5. Yakinkan dalam diri bahwa semua bisnis selalu ada resiko, yang diperlukan adalah me-manage resiko tersebut.

Keadaan sekarang ini, bagi para pembeli yang ingin mencari barang/jasa secara online, tidak akan lepas dari mesin pencari. Salah satu mesin mencari yang terkenal adalah Google. Selain itu juga ada Bing yang baru diluncurkan, MSN, Yahoo, ataupun yang lain. Google menjadi mesin pencari yang paling banyak dipakai orang (Google-minded), sehingga kegiatan mencari informasi melalui Google biasa disebut "Googling". Hal ini membuat pebisnis online yang menggunakan web/blog, selalu berharap berada di halaman terdepan mesin pencari untuk pencarian apapun yang dicari oleh pengguna.

Maka, untuk bisnis online yang menggunakan web/blog (seperti yang biasa dilakukan blogger), pastikan bahwa web/blog kita bersahabat dengan mbah Google, dengan cara :

  1. Pastikan Google mengindeks web/blog kita. Cara cepat dan sederhana agar cepat terindeks adalah dengan menuliskan komentar yang relevan di web/blog maupun forum yang ramai pengunjungnya dan mempunyai fasilitas untuk menuliskan alamat (url) web/blog kita. Sehingga, ketika Google mengindeks web/blog yang telah dikomentari, maka alamat web/blog kita pun ikut terindeks.
  2. Pastikan untuk selalu meng-update web/blog kita, sebisa mungkin update harian dan isinya meyakinkan.
  3. Lakukan Search Engine Optimation (SEO). Jika belum bisa, kita bisa bertanya melalui Google. Salah satunya adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat untuk menggambarkan isi web/blog kita. Kata kunci ini bisa ditempatkan di judul blog, keterangan blog (description), keterangan isi (content), judul artikel/postingan, dan lain-lain.
  4. Jangan mengiklankan diri sehingga dapat mengganggu orang lain. Di dunia nyata, pemasangan iklan di atur oleh Peraturan Daerah masing-masing pemerintah daerah. Demikian juga di dunia maya, aturan dipegang oleh pemilik web/blog.


"kesenangan menghasilkan kerja, kerja menghasilkan kesenangan"



Merdeka!!!

(dari berbagai sumber)





63 komentar:

  1. Wah blogku isinya ga jelas dan kurang menyakinkan, jarang apdet lagi hiks...hiks...hiks...
    btw, makasih bang tipsnya, bisa buat masukan buat aku.

    Merdeka!!!

    BalasHapus
  2. Makasih tipsnya bang....siiiip

    BalasHapus
  3. mantap Bang,.... ngeblog sambil ngumpulin duit.
    makasih yah Bang.
    Merdeka....

    BalasHapus
  4. Mantap bang..saya sangat terkesan dgn tekniknya..memang membangun sebuah bisnis online..butuh kerja keras dan semangat..nice post bang..merdeka..

    BalasHapus
  5. Mantap Bang,... Sambil benyelam buang air.
    Sambil ngeblog ngumpulin duit.
    Merdeka...

    BalasHapus
  6. Merdeka..........
    Salam sayang buat sahabat sebangsa dan setanah air...
    Merdeka!!!!!!

    BalasHapus
  7. iya,bisnis online memang menggiurkan, namun ga gampang, butuh perjuangan keras dan ketekunan.

    tpi btw bang thanks uda ngasi tau paidreview dulu,dirimu yg ngasi info ttg bidang duit ituhii

    eh eh eh... ada ewod ut mu tuh.

    BalasHapus
  8. hayo... siapa yang suka mengiklankan diri sendiri tebak hayo....... huhhuh.. nyepam boleh mengiklankan diri ga boleh..

    BalasHapus
  9. hmm.. aku belum mau berbisnis dulu nih mas.. masih mau MMO aja... heuheuheu

    BalasHapus
  10. Makasih tipsnya. Kayaknya meninggalkan komentar di forum2 itu yg kurang buatku. Hbs, sekrg banyak forum yg sdh cerdik, kita dilarang menyertakan URL kita. Lalu social media kyk StumbleUpon ternyata jg ga do follow. Susah deh. Tahu ga, social media apa aja yg do follow ya?
    Merdeka!!

    BalasHapus
  11. perlu di coba nieh.......
    oh iya,sebenernya aku mo pasang gambar ngerek bendera sejak kemarin,tapi karena lum dapet ijin dari mbak atayaya,so baru tak pasang sekarang,tengs ya?.

    BalasHapus
  12. hohoho.. dikau ikutan SEO juga ya?
    merdeka!

    BalasHapus
  13. wah kalo aku ga di tentukan mau bisnis online kaya apa ada lahan di gabres aja!!1

    makasih nich infonya sangat berguna

    BalasHapus
  14. wah salut nih pandangan bg yaya, jadi nyoba dari awal nih. btw thanks ya infonya.MERDEKA !

    BalasHapus
  15. sing penting merdeka dulu...
    merdekaa...

    BalasHapus
  16. sekarang banyakan orang lebih suka promosi secara online yah,, lebih ampuh katanya siihh,, hehehe...


    merdeka juga bang!! :D

    BalasHapus
  17. aku pernah mengikalkan mobil karena jarang di update eh sampe sekarang belom laku-laku

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Maaf pak, tadi itu salah.....
    aku dirusuhi koncoku pak...

    Ini awardnya...

    http://izzatuddin.blogspot.com/2009/08/merdeka-award.html

    BalasHapus
  20. ternyata bisnis onlen di dunia maya ini bang.. samaa ajja sulitnya dengan bisnis di dunia nyata... ck ck ck.. mana sini mana yang bilang gampang... tak lempar bangku... huahahaha...

    BalasHapus
  21. wah info yang sangat berguna buat pemula seperti saya, semoga kedepannya blog yang saya kelola ini bisa menghasilkan 'kesenangan' seperti yang mas bilang diatas, ditunggu kunjungan baliknya.

    BalasHapus
  22. oke dah ,,,
    bakal gue coba kapan2 ...
    hehehe ...

    skalian ada yang baru d blog gue bang ...
    d koment yah ...

    BalasHapus
  23. mmm, mmm, kira2 saya mau usaha apa ya di internet,

    masih memilih dan memilah hohhhoho ...

    BalasHapus
  24. bisnis online memang menggoda... makanya ingin belajar di sini. makasih infonya Bang

    BalasHapus
  25. Nice info bang...met malam..salam hangat selalu( maaf bang ..saya tidak pakai nama lg belajar optimalisasi)

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum...kang Attaya..

    BalasHapus
  27. mampir lagi nii bangbawa es doger anget....

    BalasHapus
  28. mampir siang bang bawa es doger anget :)

    BalasHapus
  29. Nah ini dia bang, tapi kalau blog yang bertipe gado-gado sulit kan ? untuk saja indohijau.net bukan diarahkan untuk itu. Just for sharing.

    BalasHapus
  30. Aku masih terlalu kecil untuk usaha di internet.....

    BalasHapus
  31. Artikel ini menginspirasiku untuk semakin mengenal bisnis online. Membuatku semakin tahu bahwa tidak hanya di dunia nyata kita bisa berbisnis untuk menambah pundi-pundi dompet kita. Namun ternyata bermain2 dengan komputer bisa dengan nyata mengahsilkan pundi-pundi rupiah, dolar dan poundsterling.

    You are my inspiration...

    BalasHapus
  32. Bang, yang diriku masih bingung pada saat komen di blog teman, untuk dapat backlink yg relevan tuh pake username atw nama + URL yah..... thanks..

    BalasHapus
  33. detail bener nasehatnya, bookmark dulu akhhhh.....

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum bang Atta...
    Gimana kabarnya ?

    BalasHapus
  35. mmm...jd kepikiran juga mo bisnis online..
    mmm..enaknya bisnis apa'an yaaa..??
    ada ide gak, Ta?...

    BalasHapus
  36. banga atta,,lg kembang kempis nih bisnis online mel,,,sebulan baru dpt task 1x,,,hiks,,hiks,,hiks,,

    BalasHapus
  37. bisnis ya bang hehheheheh

    belum tertarik euy :p

    BalasHapus
  38. wah tutorial yang bermanfaat buat yang pada mau mengais dollar dari internet..

    terima kasih buat admin yang baik untuk berbagi ilmunya kepada saya yang masih mencari jati diri untuk menjadi "pebisnis online" yang tangguh..

    semoga sukses terus dengan bisnis online-nya

    BalasHapus
  39. mampir lagi ke blog abang ...
    hehehe ...

    ada yang baru lagi d blogku ..
    d koment yah ...

    BalasHapus
  40. Merdeka...... walau udah telat yang penting andil.
    merdekaaaa.... dan selamat menjalankan ibadah puasa....

    BalasHapus
  41. Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  42. mampir sebentar sebelum pulang

    BalasHapus
  43. kapan diriku dapet duitnya ya?

    BalasHapus
  44. Assalammualaikum wr.wb..kang..
    ..met menyambut bulan suci ramadhan..mohon maaf lahir dan batin..
    ..dari ..sudinotakim&keluarga

    BalasHapus
  45. Tak ada lidah yg "kelu" terhadap kekhilafan, tak ada sifat yg "merajuk" krn ego diri, Mohon maaf lahir dan bathin.. Marhaban ya Ramadhan...

    BalasHapus
  46. Aslmkm Om.... mohon maaf lahir bathin ye....
    senang rasanya bisa Online lagi..... baru nyampe ni Om tdi pagi...

    BalasHapus
  47. Met puasa ya, Bang... Moga bisnisnya lancar....
    Lho gak nyambung ya??? Maksudnya, mohon maap lahir dan bathin gitu..

    BalasHapus
  48. semoga lancar bisnis online-nya, janga lupa mari kita bersedekah walau sedikit kepada yang berhak mendapatkannya, sebab dengan bersedekah, mudah-mudahan bisnis online kita lancar...amin

    BalasHapus
  49. terima kasih sudah berbagi artikel di Community link feed

    BalasHapus
  50. Wah info postingan ini bagus, tanks Bung Atta.

    Btw soal Ewar saya belon bisa ambil. Coz saya benar-benar dudut kalo menyangkut komputer.
    (jangan bilang siapa2 ya..) Saya baru dua bulan lebih belajar komputer.Ha ha.. itupun di ajarin adik saya dengan malas2an. Komputerpun baru tiga bulan punya. Inet baru sebulan konek dengan modem hp murah meriah. Itupun buat ngasih komen susah nya minta ampun (lemot).
    Makanya tiap akhir pekan kayak sekarang, saya suka ke warnet sekedar buat ngasih komen.
    Harap maklum.

    BalasHapus
  51. ga apa-apa kok
    no problemlah

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Bisnis Online | Mencari Uang di Internet | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah