11 August 2010

Ungkapan Maaf Rang Minang

Ungkapan Rang Minang ini merupakan SMS dalam menyambut Ramadhan yang dikirim oleh temenku. AKU BUKAN ORANG MINANG, tetapi mempunyai kawan-kawan yang berasal dari Ranah Minang. So.. jadi... lalu... kemudian mereka pun mengirim sms dalam bahasa Rang Minang.

Cupak panuah gantang balanjuang
pusako adat Minangkabau dalam luhak nan tigo
jo salam sambah dianjuang

ukua jo jangka kok talampau
karek jo kuduang nan ndak di garih
paek jo giriak nan ndak di rueh

tuah gadiang di nan ratak
kok kandak raso lai ka buliah pintak
kok lai ka balaku jo sambah salam ambo mintak

ka ALLAH kito mintak ampun
ka dunsanak ambo mintak maaf
"salamaik manyambuik bulan suci Ramadhan"


Terjemahan ini dibantu dengan kawan kantor (karena aku kesusahan menerjemahkannya karena kali ini aku dapat sms yang paling ribet jiahahahahaha....) :
Cupak penuh gantang berlebihan (terlalu penuh)
pusaka adat Minangkabau dalam kampung yang tiga (asal-muasal negeri)
dengan salam sembah dianjung

ukur dengan jangkar (meteran) jika terlampau
iris dan potong tidak digarisnya
pahat tidak diruasnya

tuah gading adanya di retak
jika ada kehendak rasa kalau boleh di pinta
jika berlaku dengan sembah salam hamba mintakan

kepada ALLAH kita meminta ampun
kepada keluarga dan saudara saya meminta maaf
"selamat menyambut bulan suci Ramadhan"


cupak / gantang = nama barang untuk alat ukur beras

intinya adalah :
jika ada tingkah laku sehari-hari yang berlebihan dan tidak berkesesuaian, mohon dimaafkan



Bila umur terbeban dosa
Taqwa dan tobat obatnya
Jika bulan sebelumnya penuh noda
Maka Ramadhan lah pembersihnya
Di bulan yang penuh Rahmad dan Maghrifah ini
Mari sama-sama kita mensucikan diri

Mohon Maaf Lahir dan Bathin


28 comments:

  1. selamat menunaikan ibadah puasa sobat

    ReplyDelete
  2. MOHON MAAF LAHIR BATIN, MARI KITA BAKAR BERSAMA KESALAHAN DAN DOSA2 KITA YANG TELAH LALU DIBULAN SUCI INI...

    ReplyDelete
  3. diterjemahkanpun saya belum paham masihan, hohohoho

    ReplyDelete
  4. Selamat menjalankan ibadah puasa bang

    ReplyDelete
  5. Wah susah ya kalo dapat SMS yg kayak gitu, mau buka kamus, kamusnya belum diterbitin...

    Selamat memasuki Ramadhan dan menunaikan ibadah puasa yaa!!

    ReplyDelete
  6. Mohon maafin aku jika slama ini ada kesilapan dalam menulis ya om...
    mohon maaf lahir dan batin..

    ReplyDelete
  7. wah...asik..belajar lg bahasa minang heheh..met puasa ya bang...:)

    ReplyDelete
  8. waaahh, Baru tahu neh Bang bahasa minang... he

    ReplyDelete
  9. bisa dipakai buat kirim sms ke temen-teman minang

    ReplyDelete
  10. semangat puasa pertama...ayoo katam alqur'an

    ReplyDelete
  11. wha, orang Minang apa Pkn baru nih? hehee

    ReplyDelete
  12. lucu ya mas
    bahasa minang
    pasti orang yang berbicara bahasa minang juga unik
    hehe
    maklum orang jawa timur
    kebanyakan madura dan orang surabaya jadi gak ada bahasa kayak gini2
    hehehe

    ReplyDelete
  13. Wah aku tidak ngerti bahasa minang kawan

    ReplyDelete
  14. Thnks sob infonya..bermanfaat bagi yang membaca terutama saya khususnya..
    salam sukses selalu yah..selamat menjalankan ibadah puasa juga..ditunggu komment baliknya sob..

    ReplyDelete
  15. Marhaban ya Ramadan, Marhaban ya Sahrul Siyam

    ReplyDelete
  16. selamat menjalankan ibadah puasa om
    semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT

    ReplyDelete
  17. Asslm,,,,

    Kunjungan Balik nih Sob,
    Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku...hehehe
    Rumahnya (Blognya...red) tambah oke aja,
    Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

    Sob saya punya Blog baru nih,
    Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku...
    http://obatjerawatalami.blogspot.com
    http://bajumuslimmuslimah.blogspot.com
    http://pakaianbajupengantin.blogspot.com


    Salam Blogger, Sukses Menjalin Silaturahmi....


    Wassalm,,,,

    ReplyDelete
  18. sabaleh jo kapalo.... hihihihihihi...............

    ReplyDelete
  19. hhahha intinya met puasa, moga diberi kelancaran :D

    ReplyDelete
  20. bisa belajar bahasa minang nihh thanks sobatt..

    ReplyDelete
  21. idem yaa


    maaf lahir batin juga
    selamat menjalankan ibadah di bulan suci ini

    ReplyDelete
  22. Salam Kenal dariku, artikel menarik :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Ungkapan Maaf Rang Minang | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah