12 Agustus 2010

Mimpi Kembali Pulih

Mimpiku yang ditanyakan via tag oleh SHUDAI AJLANI four dreams, sebenarnya cukup sederhana. Walau yang kusebut berikut bukanlah mimpi sebagai buah tidur, tetapi lebih merupakan mimpi sebagai angan-angan, cita-cita, keinginan. Cuma... mewujudkan mimpi/keinginanku itu tidak lah mudah.

Pertanyaan dari SHUDAI AJLANI didasarkan dari Film Inception yang mengisahkan tentang mempengaruhi orang dan keadaan melalui mimpi yang diatur, maka Shudai membuat pertanyaan berikut ini :
"Jika kamu bisa mengendalikan mimpi di tidur kamu, apa mimpi yang kamu inginkan untuk masa depan mu ? dan ceritakan dengan gaya mu sendiri !"

apakah mimpiku itu ???

aku cuma ingin
AKU INGIN HUTAN RIAU dan HUTAN INDONESIA
KEMBALI PULIH
TIDAK HANCUR OLEH PERLUASAN PERKEBUNAN
APALAGI OLEH PEMBALAKAN LIAR


Cara memulihkan kembali hutan Indonesia melalui mimpiku :
Aku akan memasuki alam mimpi SUSILO BAMBANG YUDHOYONO (SBY), sang presiden.

Setting mimpi (dalam Inception, artsitek setting mimpi diperankan oleh cewek cantik itu lho) akan berada pada kondisi alam terbuka yang panas, cuma ada ilalang dan bangkai gajah (Elephas maximus sumatrensis) dan bangkai harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) serta mayat manusia (Homo sapiens sapiens). Terdapat juga beberapa anakan pohon nibung yang hidup merana di dataran rendahnya. Sejauh mata memandang hanya ilalang dan tanah gersang. Tidak ada Burung Serindit. Tidak Burung Garuda. Tidak ada apa-apa. Cuaca sangat terik, tanpa awan. Kulit SBY akan dibuat bercak-bercak hitam kanker kulit karena sengatan sinar matahari. Tenggorokan SBY akan terasa kering kerontang, bibir pecah-pecah, denyut nadi berdegup lambat.

Aku akan mempengaruhi pikirannya dengan mengatakan :
"INILAH YANG TERJADI KARENA KAMU TIDAK MENGAMBIL KEPUTUSAN CEPAT DAN TEPAT UNTUK PERBAIKAN LINGKUNGAN, TERUTAMA HUTAN INDONESIA"
Lalu aku akan berbicara kepada dia :
  • Tentang kehancuran alam jika tidak dikelola dengan baik.
  • Tentang ajaran Nabi Muhammad SAW tentang pemanfaatan alam dengan cara yang bijak, baik dan benar.
  • Tentang penerapan Reformasi Kehutanan.
  • Tentang penghijauan secara besar-besaran dimulai dari semua pulau besar di Indonesia Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jawa yang kemudian penghijauan pulau-pulau kecil lainnya.
  • Tentang hal-hal percepatan penetapan dan perluasan areal hutan dilindungi dengan berbagai kategori baik Hutan Rakyat, Taman Nasional, Cagar Biosfer dan lainnya.
  • Tentang pembelian lahan (pengambilan hak) atas tanah untuk dijadikan hutan kembali diluar daerah pemukiman maupun hutan kota.
  • Tentang hukuman berat atas perambahan lahan hutan yang dilakukan oleh perusahaan HPH terhadap batas-batas hak HPH yang dimilikinya.

Lalu pada mimpi layer (lapisan) kedua yang berarti mimpi di dalam mimpi, aku akan mengajak SBY untuk memasuki alam para mimpi para politikus. Dalam mimpi layer kedua ini, aku dan SBY (yang udah terpengaruh olehku) akan mengajak para politikus ke tempat yang disetting lebih parah dari setting mimpi pertama, bangkai manusia sangat banyak, yang hampir mati kulit kering dikerubuti semut dan lalat. Hanya semut dan lalat yang masih bertahan, walau terancam.

Tenggorokan mereka sangat kering, terasa sakit bagai menelan sekam padi bahkan terasa ditusuk jarum. Air tidak ada. Anak bini mereka pun sengsara.

Aku pun berkata kepada mereka :
"INILAH AKIBAT DARI KALIAN YANG MEMAIN-MAINKAN PENGESAHAN DAN ISI PERATURAN PEREMAJAAN HUTAN, HANYA MEMIKIRKAN DUIT YANG DISOGOK OLEH PARA PENGUSAHA HUTAN UNTUK MENUNDA SEGALA PERATURAN YANG MENYANGKUT PEREMAJAAN HUTAN"

SEMOGA KALIAN SADAR.................


oooopsss......... ini hanya mimpi rupanya


Copyright © 2013 attayaya: Mimpi Kembali Pulih | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah