05 Agustus 2010

Balon Udara dan Balon Sabun

Balon merupakan sebuah wadah/kantung fleksibel yang umumnya berisikan gas seperti oksigen (udara biasa), helium, hidrogen, atau nitrat oksida. Beberapa jenis balon benar-benar murni digunakan sebagai elemen dekorasi seperti untuk acara ulang tahun atau pesta/acara tertentu, sedangkan jenis lainnya digunakan untuk tujuan-tujuan lainnya. Balon pertama dibuat dari bahan mirip membran yang berasal dari hewan (animal bladder) seperti kucing, anjing, keledai, atau babi. Bagian tubuh hewan itu yang dipakai adalah usus besar, kandung kemih, dan membran perut. Sedangkan balon modern dibuat dari bahan semacam karet, lateks, chloroprene dan nilon. Balon modern ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1800-an, akan tetapi produksi massal balon belum terjadi sampai akhir tahun 1930-an.

Menurut Jean Merlin, Kaufman, dan Greenverg (1994), masyarakat Aztec-lah yang pertama kali membuat balon. Bahan bakunya usus besar kucing, dan tujuannya sebagai persembahan bagi dewa. Pengembangan lebih lanjut dilakukan oleh ahli fisika Italia bernama Evangelista Torricelli di tahun 1643. Pengembangan juga dilakukan oleh pendeta Portugis bernama Bartolomeu de Gusmão (saudara Alexandre de Gusmão) di Portugis pada tanggal 8 Augustus 1709.

Balon karet pertama dikembangkan oleh Michael Faraday pada tahun 1824 sehubungan dengan penelitiannya tentang gas Hidrogen, di Royal Institution London. Hal ini dikembangkan menjadi "balon mainan" oleh Thomas Hancock yang sederhana pada tahun 1825. Kemudian di tahun 1847 prototipe balon mainan modern dikembangkan oleh J.G Ingram di London.

BALON SABUN

Berbeda dengan Balon Sabun (Soap_Balloon or Buble_Blower) yang merupakan film tipis dari air sabun dengan permukaan iridescent. Balon sabun biasanya cuma berusia beberapa detik kemudian buyar sendiri atau karena menyentuh benda lain. Sering digunakan untuk permainan anak-anak atau pertunjukan seni. Kulit balon sabun terdiri dari lapisan tipis air yang terjebak di antara dua lapisan molekul, biasanya sabun. Balon sabun terbentuk karena permukaan cairan (biasanya air) memiliki tegangan permukaan, yang menyebabkan lapisan itu elastis. Namun balon yang dibentuk dari cairan saja tidak stabil, dan surfactant seperti sabun harus dilarutkan di dalamnya untuk membuat balon stabil. Balon sabun yang ditiupkan di udara dengan suhu dibawah −15 °C akan membeku ketika menyentuh sebuah permukaan. Udara di dalamnya akan keluar secara perlahan melalui proses difusi, sehingga akhirnya balon tersebut menciut. Pada suhu di bawah −25 °C, balon akan membeku di udara dan dapat pecah ketika jatuh ke tanah.

Memainkan balon sabun sangat mudah, hanya memerlukan sebuah alat yang berbentuk lingkaran yang dicelupkan ke dalam air sabun, kemudian meniupnya. Balon Sabun menjadi sebuah seni pertunjukan yang menakjubkan dengan sejarah cukup panjang juga. Meniup sabun menjadi gelembung balon pertama kali terlihat di lukisan vas bunga Etruscan di Louvre di Paris oleh seniman Jean Simeon Chardin di tahun 1733. Lukisan yang lebih modern tentang balon sabun dibuat oleh Sir John Everett Millais sekitar 1886 untuk iklan sabun Pir. Peniup balon sabun dipatenkan pertama kali di tahun 1918 oleh J. L Gilchrist.


*****





and then....

psssssst.... ada award balon dari Mba windflowers.





Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Balon
http://en.wikipedia.org/wiki/Balloon
http://wapedia.mobi/id/Balon_sabun
http://www.bubbleartist.com/
http://www.soapbubbler.com/
http://www.bubbleblowers.com/history.html

32 komentar:

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    saya waktu kecil sangat suka main balon sabun, sampai2 dimarahin ibu saya. Selamat atas awrd sabunnya

    BalasHapus
  2. thanks dah share bro. . . Happy blogging

    BalasHapus
  3. Makasih share ilmu pengetahuannya bang

    BalasHapus
  4. aku suka banget mainin balon sabun. apalagi jaman masih kecil. soalnya enak dan gampang buatnya. tapi oneday, pengen juga naik balon udara huhu. masalahnya aku masih takut ketinggian, paling obsesi main paralayang (melenceng dari posting) hahahaha sudahlah, siapa tau nanti om atta mau ajak aku naik balon udara :p

    BalasHapus
  5. kalo aku suka balon sabun kawand

    BalasHapus
  6. kunjungan pagi selamat berktifitas

    BalasHapus
  7. Klo balun sabun ingat kartun Sponge bob, bisa bikin balon sabun gede dengan gerakan yang alntik :)

    Klo balon udara ingat kartun doraemon, lah kok malah bahas kartun semua ya???

    BalasHapus
  8. oke sob, thank you sharenya :D
    semngat selalu yaaa, sory kemarin gag bisa mampir, listrik dirumah ku padam.

    BalasHapus
  9. wow...makasi awardnya udah dipajang di antara sejarah balon2...thanks for sharing ya bang..happy blogging..^_^

    BalasHapus
  10. haha aku kira knp ngonmongin Balon ternyata dapet Awrd Balon hhe....tapi waktu kecil aku suka maen balon sabun Sob.....hhe..

    Semangat n met aktivitas....

    BalasHapus
  11. postingan sesuai dengan award yang didapat... keren Om...

    selamat yah buat awardnya...

    pengen naek balon udara... >.<

    BalasHapus
  12. Award balon nya keren juga.

    BalasHapus
  13. pertama kali balon dibuat dari usus kucing, serem amat, nice info sob, salam kenal

    BalasHapus
  14. met siang. bawain balon nih. jadi inget lagu ,balonku ada 5.

    BalasHapus
  15. Wah!! Jadi ingat waktu kecil, dhe suka maen balon dr sabun cuci piring. wkekekek. klo balon beneran takut mleduk.

    BalasHapus
  16. he he he he he balon.....tapi riau belum pernah ngadain festival balon

    BalasHapus
  17. kombinasi postingan yang keren, serba balon ampe award pun ikut balon,:D

    BalasHapus
  18. Wah bang atta mosting tentang balon...
    Jadi inget masa kecil dulu di atas bak... maenan sabun... hehehe maksudnya bikin balon pake sabun cuci emak dirumah...

    Om aku pindah rumah neh gag pindah sih bangun rumah baru ceritanya.. hehehe

    BalasHapus
  19. Hi Bang Atta, apa kabar? Maap yah bo udah 1/2 bulan kaga ngenet, baru sekarang sempet lagee. Sehat kan Bang?

    Oya, gw pernah liat lomba TV Champion di TPI yang berkreasi dengan balon sabun. Keren banget loh. Dan pada lomba babak ke 2 lombanhya memanjangkan balon. Gile, masa bisa nyampe 20 meter. Luar biasa!!!

    BalasHapus
  20. mampir lihat award cantik dari windflowers,

    BalasHapus
  21. kalo balon gubernur harganya mas.. bahannya pake manusia.. he he.. selamat hadiah awardnya :)

    BalasHapus
  22. suka bgt tu main balon sabun, tapi sekarang dah gak lagi
    dah gede sih
    hihi
    pagi om...

    BalasHapus
  23. sma2 balon ya
    heheh
    nice post mas
    keren,,,

    BalasHapus
  24. keren2 banget balon sabunnya..mantep..
    selamat atas awardnya juga..


    oh ya, mau tukeran link gak sob?

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Balon Udara dan Balon Sabun | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah