03 Agustus 2011

Perkara yang Membatalkan Puasa

Perkara yang Membatalkan Puasa sangat perlu diketahui oleh semua umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah wadah bagi semua kaum Muslimin untuk mendapatkan pahala serta keridhoan dari Allah SWT. Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu...

Puasa dilakukan setiap hari dari imsyak sampai waktu berbuka selama 1 bulan Ramadhan penuh sampai akhir bulan tersebut. Esok harinya tepat pada tanggal 1 Syawal, seluruh umat muslim melaksanakan shalat Ied (Idul Fitri, Aidil Fitri, Iedul Fitri ataupun Ied al-Fitri). Kebahagiaan menyambut hari kemenangan atas bagi orang-orang umat muslim yang telah dapat menjalankan Ramadhan dengan melaksanakan kewajiban puasa serta mengisi dengan ibadah-ibadah lainnya.

Dalam hal ini, setiap umat muslim akan selalu menghindari hal-hal atau perkara atau persoalan atau faktor-faktor yang membatalkan puasa, karena berharap mendapatkan pahala yang sebesar-besarnya serta merasakan hari kemenangan yang gilang gemilang. Untuk itu para ustad maupun ustadzah telah menyampaikan hal-hal yang membatalkan puasa tersebut dengan berbagai cara penyampaian.

Inilah hal-hal yang membatalkan puasa.

Ngabuburit atau jalan-jalan sore
Ngabuburit sebagai suatu kegiatan mengisi waktu di sore hari menunggu waktu berbuka dengan melakukan jalan-jalan di keramaian dapat membatalkan puasa jika ketika melakukan ngabuburit sambil makan es cendol, ngisep rokok, memelototin cewek cantik.

Olahraga
Ternyata semua jenis olahraga yang dilakukan di siang hari bulan Ramadhan dapat membatalkan puasa jika dilakukan sambil menyeruput sebotol minuman penyegar lalu ketika selesai olahraga dilanjutkan dengan sengaja "menghajar" sepiring mie goreng.

Duduk
Duduk di waktu kapanpun di siang hari di bulan Ramadhan akan membatalkan puasa jika sambil duduk diselingi dengan sengaja makan rujak dan minum es jeruk.

Diam
Diam itu emas kata pepatah. Tetapi berdiam diri di siang hari di bulan Ramadhan akan membatalkan puasa jika dibarengi dengan sengaja memakan makanan sisa sahur dan teh manis panas.

Main Game
Main game di siang hari bulan puasa seperti main game online pointblank tersebut dapat membatalkan puasa jika diiringi dengan menghirup minuman pelepas dahaga ataupun minuman yang ngejos meupun ngejus.

Kirim SMS Ucapan Pantun Menyambut Hari Raya Idul Fitri
JANGAN MENGIRIM SMS DI SIANG HARI DI BULAN RAMADHAN
jika diiringi ngemil kerupuk atau makanan ringan lain, lalu ketika haus langsung "ngembat" segelas jus jeruk atau jus stroberi.


Intinya jangan makan ataupun minum selama menjalankan puasa, karena dua perkara tersebut merupakan bagian dari hal-hal yang membatalkan puasa.

Hal perkara yang membatalkan puasa :
(berbeda mazhab akan berbeda perkaranya)
  1. Makan dan minum dengan sengaja.
  2. Jima’ (bersenggama).
  3. Memasukkan makanan ke dalam perut. Termasuk dalam hal ini adalah suntikan yang mengenyangkan dan transfusi darah bagi orang yang berpuasa.
  4. Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga karena onani, bersentuhan, ciuman atau sebab lainnya dengan sengaja.
  5. Keluarnya darah haid dan nifas.
  6. Sengaja memuntahkan isi perut.



MOHON MAAF LAHIR BATHIN
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA

LEBIH ENAK MENUNGGU BERBUKA PUASA ITU SAMBIL MAKAN NASI GORENG DAN MINUM ES CAMPUR.
#ajaransesat


Copyright © 2013 attayaya: Perkara yang Membatalkan Puasa | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah