03 Agustus 2011

Perkara yang Membatalkan Puasa

Perkara yang Membatalkan Puasa sangat perlu diketahui oleh semua umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah wadah bagi semua kaum Muslimin untuk mendapatkan pahala serta keridhoan dari Allah SWT. Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu...

Puasa dilakukan setiap hari dari imsyak sampai waktu berbuka selama 1 bulan Ramadhan penuh sampai akhir bulan tersebut. Esok harinya tepat pada tanggal 1 Syawal, seluruh umat muslim melaksanakan shalat Ied (Idul Fitri, Aidil Fitri, Iedul Fitri ataupun Ied al-Fitri). Kebahagiaan menyambut hari kemenangan atas bagi orang-orang umat muslim yang telah dapat menjalankan Ramadhan dengan melaksanakan kewajiban puasa serta mengisi dengan ibadah-ibadah lainnya.

Dalam hal ini, setiap umat muslim akan selalu menghindari hal-hal atau perkara atau persoalan atau faktor-faktor yang membatalkan puasa, karena berharap mendapatkan pahala yang sebesar-besarnya serta merasakan hari kemenangan yang gilang gemilang. Untuk itu para ustad maupun ustadzah telah menyampaikan hal-hal yang membatalkan puasa tersebut dengan berbagai cara penyampaian.

Inilah hal-hal yang membatalkan puasa.

Ngabuburit atau jalan-jalan sore
Ngabuburit sebagai suatu kegiatan mengisi waktu di sore hari menunggu waktu berbuka dengan melakukan jalan-jalan di keramaian dapat membatalkan puasa jika ketika melakukan ngabuburit sambil makan es cendol, ngisep rokok, memelototin cewek cantik.

Olahraga
Ternyata semua jenis olahraga yang dilakukan di siang hari bulan Ramadhan dapat membatalkan puasa jika dilakukan sambil menyeruput sebotol minuman penyegar lalu ketika selesai olahraga dilanjutkan dengan sengaja "menghajar" sepiring mie goreng.

Duduk
Duduk di waktu kapanpun di siang hari di bulan Ramadhan akan membatalkan puasa jika sambil duduk diselingi dengan sengaja makan rujak dan minum es jeruk.

Diam
Diam itu emas kata pepatah. Tetapi berdiam diri di siang hari di bulan Ramadhan akan membatalkan puasa jika dibarengi dengan sengaja memakan makanan sisa sahur dan teh manis panas.

Main Game
Main game di siang hari bulan puasa seperti main game online pointblank tersebut dapat membatalkan puasa jika diiringi dengan menghirup minuman pelepas dahaga ataupun minuman yang ngejos meupun ngejus.

Kirim SMS Ucapan Pantun Menyambut Hari Raya Idul Fitri
JANGAN MENGIRIM SMS DI SIANG HARI DI BULAN RAMADHAN
jika diiringi ngemil kerupuk atau makanan ringan lain, lalu ketika haus langsung "ngembat" segelas jus jeruk atau jus stroberi.


Intinya jangan makan ataupun minum selama menjalankan puasa, karena dua perkara tersebut merupakan bagian dari hal-hal yang membatalkan puasa.

Hal perkara yang membatalkan puasa :
(berbeda mazhab akan berbeda perkaranya)
  1. Makan dan minum dengan sengaja.
  2. Jima’ (bersenggama).
  3. Memasukkan makanan ke dalam perut. Termasuk dalam hal ini adalah suntikan yang mengenyangkan dan transfusi darah bagi orang yang berpuasa.
  4. Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga karena onani, bersentuhan, ciuman atau sebab lainnya dengan sengaja.
  5. Keluarnya darah haid dan nifas.
  6. Sengaja memuntahkan isi perut.



MOHON MAAF LAHIR BATHIN
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA

LEBIH ENAK MENUNGGU BERBUKA PUASA ITU SAMBIL MAKAN NASI GORENG DAN MINUM ES CAMPUR.
#ajaransesat


45 komentar:

  1. ati-ati bang, ngeblog siang hari bisa membatalkan puasa jika ngeblog sambil nyeruput kopi yang sungguh nikmat sekali...

    BalasHapus
  2. lha kalau tidur siang, terus ngelindur ngambil minuman, batal enggak bang he he

    BalasHapus
  3. hati-hati nulis artikel juga membatalkan puasa, kalau sambil nyeruput es cendol

    BalasHapus
  4. semoga saya du jauhkan hal-hal yang disebutkan diatas

    BalasHapus
  5. Hehehe.. nggak boleh ngeBLOG di siang hari juga ya Mas, kalo diiringi dengan nyeruput kopi..

    BalasHapus
  6. makanya lemari es ama lemari makanan aku gembok semua disiang hari biar nggak kelupaan ngeblog sambil nyeruput es buah , selamat berpuasa bang

    BalasHapus
  7. Wakakakakak...
    Bang Atta emang bisa-bisa aja. Blogging juga bisa membatalkan puasa kalau sambil minum segelas kopi atau menyedot sebatang Dji Sam Soe.
    Hehehehe

    BalasHapus
  8. Betul itu semua bang, celakanya ada pula asmara subuh..

    BalasHapus
  9. kalau senyum2 sendiri di siang hari nyambil ngepulin asap di mulut berarti batal ya bang.. he he

    BalasHapus
  10. He he, sambilannya ini yang berbahaya bang, he he

    BalasHapus
  11. hahaha bang atta bisa aja, semua kegiatan membatalkan puasa kalau sambil makan minum ya

    BalasHapus
  12. Ternyata eh ternyata... semua bisa membatalkan puasa ya? SMS-an juga bisa membatalkan puasa jika mulutnya ngunyah permen karet ya? hehehe

    BalasHapus
  13. hahaha... wah hilang laper nih pas baca tulisan di atas wkwkwk :P
    apa kbr mas Atta ? maaf sedikit telat utk mengucapkan 'mohon maaf lahir dan bathin semoga segala amal ibadah kita di bulan puasa ini dpt dterima oleh allah SWT' amin...

    BalasHapus
  14. Oke bang ntar ngegamenya nggak ngejus deh, tapi ngesteh. batal ndak.. heheeheh

    BalasHapus
  15. Kalau kita tidak hati2 maka apa yang sebutkan dapat menyebabkan puasa kita menjadi batal.
    Agar tidak lupa maka sebaiknya kita sering berdoa.

    BalasHapus
  16. semoga bisa sebulan penuh, amiiiiiiiiiiiin amiiiiiiiiiiiiin.....


    selamat puasa juga buat Bang Atta
    mohon maaf lahir batin...

    BalasHapus
  17. apa kabar om Atta???
    adik bayinya gimana????
    udah lahir????
    hiihihi

    BalasHapus
  18. tapi islam selalu meringankan pemeluknya, islam tidak memberatkan ... :)

    BalasHapus
  19. komentari postingan blog juga membatalkan puasa nich..
    hehehe

    BalasHapus
  20. selamat menunaikan ibadah puasa bos.. semoga lancar dan sehat selalu

    BalasHapus
  21. itu semua sih emang gak sopan Bang hehehhehe

    BalasHapus
  22. semoga gag semudah itu bisa tergoda bang iia :(

    BalasHapus
  23. Wkwkwkwkkkkk.... untung si Zidan gak baca ini
    Bingung deh dia nanti ! :P

    BalasHapus
  24. Hi All...

    Salam kenal salam sukses yahh
    info nya keren keren nih..
    i love it's info cool

    BalasHapus
  25. Haha bang atta bisa aja, saya sempet kaget tuh baca "duduk" *kok duduk bisa batal sih* eh taunya duduknya itu beda huahahaha
    Selamat puasa B)

    BalasHapus
  26. hehehe, betul betul betul.. met berpusaa...

    BalasHapus
  27. untung saya baca,
    ha ha ha ha, jadi yang membatalkan puasa jikanya itu. karena semua permasalahan memakai jika.
    gimana kalau diganti sambil (sinambi-bhs jawa)

    BalasHapus
  28. kiriman sms pantun idul pitri itu yang terbanyak mas.. tapi gak tau dehh mereka mengirimnya sambil minum minum atau gak :p

    BalasHapus
  29. Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kemenangan menjadi milik kita.

    Salam.. .

    BalasHapus
  30. siip om sy akan mengurangi washing eyes jk itu membatalkn puasa jg he3

    BalasHapus
  31. Hi again mas Atta :P
    wah jam segini mulai terasa bgt haus sama lapernya... bismilah, mudah2an ttp kuat sampai maghrib ^^

    BalasHapus
  32. selamat berpuasa. ngeblog seharian bisa membatalkan puasa om,jika ngeblognya disaat bedug dan saat itu minum teh tarik ala sekre bertuah.

    BalasHapus
  33. semoga tidak ada puasa yg batal ataupun tidak terlaksana ya. selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1432 H n' ibadah2 laenx bt Atta n' sobat sekalian. mg puasa yg dijalani diridhoi Allah Swt

    BalasHapus
  34. salam sejahtera
    maaf baru bisa muncul lagi
    jadi tambah perbendaharaan ilmu tentang puasa
    Selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh blogger yang menjalankannya !

    BalasHapus
  35. wakakaka, guyonan ah :D

    BalasHapus
  36. mampir lagi, komentar lagi itulah suatu hal sangat menyenangkan,, selamat berpuasa untuk blogger pekanbaru...

    BalasHapus
  37. selamat berpuasa juga bos.. hehe . salam kenal. ardian

    BalasHapus
  38. Dear Bang Atta....

    Haaa..... haaa...... emang ajaran sesat..... tapi yang paling parah adadahalh DIAM dan makan makanan sisa sahur.... yeee... udah jkelas makanan sisa itu biasanya basi geto lohh..... haaa... haaa... but... over all gw setuju banget... dengan tulisan diatas..... dengan angle berbeda dalam cara penyampaiannya.....

    Met Puasa Buat Keluarga Besar Bang Atta & Mbak Wina..... gimana Mbak Wina udah mulai banyak keluhan????? Susan kemaren terakhir di check udah 36 minggu..... bentar lagee??>.. thank you... & Regards... Ayah Zahia....

    BalasHapus
  39. gile bener ni artikel, kirain MUI ngeluarin fatwa baru. gokil abis. btw, numpang disadur ke blog ku bang... aq sertain alamat link postingan abang yang ini jg...

    btw, minta diubah dunk alamat blog ane, kan masih blogcepot, kalo bisa diganti ke yang DotCom... Ok, thank's...

    BalasHapus
  40. dulu waktu kecil katanya kentut mbatalin puasa, nangis juga, kok di sini gak ada ya?

    BalasHapus
  41. Hahaha...aya aya wae Bang Atta ah...

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Perkara yang Membatalkan Puasa | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah