26 August 2011

Tanaman Penyerap Karbondioksida Terbaik | Tertinggi | Terbanyak

Di sekolah kita diajarkan bahwa semua tanaman merupakan penyerap karkarbondioksida (CO2) di udara. Tetapi setiap pohon dari jenis yang berbeda punya kadar penyerapan karbondioksida yang berbeda pula. Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak global warming dengan melakukan program pengurangan Karbondioksida dengan melakukan penanaman, kita harus memilih pohon yang punya daya serap karbondioksida tinggi. tumbuhan melakukan fotosintesis untuk membentuk zat makanan atau energi yang dibutuhkan tanaman tersebut. Dalam fotosintesis tersebut tumbuhan menyerap karbondioksida (CO2) dan air yang kemudian diubah menjadi glukosa dan oksigen dengan bantuan sinar matahari.

Endes N Dahlan, seorang dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor pada tahun 2007-2008 telah melakukan penelitian tentang daya serap karbondioksida pada berbagai jenis pohon/tanaman. Endes menemukan bahwa pohon trembesi (Samanea saman) terbukti dapat menyerap paling banyak karbondioksida dibandingkan pohon lainnya. Dalam setahun, trembesi mampu menyerap 28.488,39 kilogram karbondioksida. Disusul kemudian oleh pohon cassia (Cassia sp) yang mampu menyerap 5.295,47 kilogram.


Banyak faktor yang memengaruhi tanaman memiliki daya serap karbondioksida sehingga menyebabkan perbedaan kemampuan tanaman sebagai tanaman/pohon penyerap karbondioksida akan. Di antaranya ditentukan oleh mutu klorofil. Mutu klorofil ditentukan berdasarkan banyak sedikitnya magnesium yang menjadi inti klorofil. Semakin besar tingkat magnesium, daun akan berwarna hijau gelap. Daya serap karbondioksida sebuah pohon juga ditentukan oleh luas keseluruhan daun, umur daun, dan fase pertumbuhan tanaman. Selain itu, Pohon-pohon yang berbunga dan berbuah memiliki kemampuan fotosintesis yang lebih tinggi sehingga mampu sebagai penyerap karbondioksida yang lebih tinggi yang tentunya akan lebih baik. Faktor lainnya yang ikut menentukan daya serap karbondioksida adalah suhu, dan sinar matahari, ketersediaan air.

10 Pohon Penyerap Karbondioksida Terbaik / Tertinggi / Terbanyak

Nomor Nama Pohon Nama Ilmiah Daya serap CO2
(Kg/pohon/tahun)
1 Trembesi /
Ki Hujan
Samanea saman 28.448,39
2 Cassia Cassia sp 5.295,47
3 Kenanga Canangium odoratum 756,59
4 Pingku Dysoxylum excelsum 720,49
5 Beringin Ficus benyamina 535,90
6 Kiara Payung/
Krey payung
Fellicium decipiens 404,83
7 Matoa Pornetia pinnata 329,76
8 Mahoni Swettiana mahagoni 295,73
9 Saga Adenanthera pavoniana 221,18
10 Bungkur Lagerstroema speciosa 160,14




Dengan menanam pohon trembesi merupakan suatu usaha untuk mengurangi karbondioksida sebagai usaha besar untuk mengurangi dampak global warming.

Pohon apapun yang anda tanam, akan membantu bumi menyeimbangkan alamnya.

Sumber tulisan dan gambar :
http://blogs.unpad.ac.id/boenga/2011/08/23/tanaman-penyerap-karbondioksida/
http://www.tropical-plants-flowers-and-decor.com/monkey-pod-tree.html
www.agroforestry.net/tti/Samanea-raintree.pdf

24 comments:

  1. mo nyari bibit trembesi aaaaah
    untuk ditanam dekat rumah

    ReplyDelete
  2. Kalau di tempat saya baru dapat batuan bibit 100 pohon untuk SMA sini, makasih banyak atas infonya Bang.

    ReplyDelete
  3. Kalau dilogika ya cukup masuk akal bagaimana klorofil mempengaruhi tingkat penyerapan karbon dioksida. Secara proses fotosintesis itu kan juga mengambil unsur karbon dioksida dalam perjalanannya...

    ReplyDelete
  4. tes komen, bisa dari hp ternyata dari hp ternyata

    ReplyDelete
  5. Ada pohon yang jumlah penyerapannya terhadap air dan co2 bagus. Nama daerahnya krau, bahasa maduranya kedeuh. Kalo nggak salah nama latinnya bombax malabaricum..

    ReplyDelete
  6. kirain beringin yang paling tinggi nyerap karbondioksida.. nice post.. tapi, tidak berbahaya menanam ki hujan di depan rumah? pengeluaran karbondioksidanya di malam hari gimana yah..??

    ReplyDelete
  7. terimakasih infonya.. pohon trembesi bisa hidup di seluruh wilayah Indonesia yah??

    ReplyDelete
  8. Mirip pohon beringin yachh.... ngeliatnya aja jadi ademm... heehe

    ReplyDelete
  9. wah rindang ya pohon trembesinya, selain penyerap karbondioksida terbaik/tertinggi/terbanyak, kayaknya pas sbgai tmpat berteduh..

    oh ya bang Atta, yg kmrin udh nyampe and sukses .. mksih y ats saran dan pencerahannya..

    ReplyDelete
  10. pohon trembesi ya bang ada gawean bank panin tuh daftar jadi partner dapat bibit trembesi gratis dan polybag

    ReplyDelete
  11. Minal Aidin wal faizin.
    Mohon maaf lahir batin.
    Selamat Idul Fitri.

    ReplyDelete
  12. Pohon pelindung yg nyaris terlupakan, adalah Cantigi!..knp dilupakan? karena dalam otak hanya ada edelweis...marilah kita jaga cantigi...

    ReplyDelete
  13. Kalau pohon Durian bagus ndak ..ya penyerapannya, soalnya kan bisa menghasilkan buah juga

    ReplyDelete
  14. kebetulan kalo kenanga banyak di kebon belakang,
    sansifera konon juga bagus buat ngisep karbon ya bang

    minal 'aidin al waizin
    mohon maaf lahir dan batin :)

    ReplyDelete
  15. iia bener nii mirip mirip sama pohon beringin :)

    ReplyDelete
  16. ya mirip beringnin,met lebaran ya bos

    ReplyDelete
  17. Nah, saya baru atau lho ada pohon namanya tembesi ini :D
    Bagus banget pohonnya, gede lagi :D
    Btw, selamat lebaran ya, minal aidin wal faidzin :)

    ReplyDelete
  18. Selamat Idul Fitri 1432 H
    Mohon maaf lahir dan batin
    Semoga Allah SWT senantiasa mengampuni segala dosa
    dan kesalahan kita serta menerima semua amal ibadah kita
    Amiiin.

    ReplyDelete
  19. Selamat Idul Fitri.. mohon maaf lahir batin. Semoga Allah SWT menagampuni dan melimpahkan rahmatNya pada kita. Amin.
    ~Reni dan Shasa~

    ReplyDelete
  20. Selamat Idul Fitri.. mohon maaf lahir batin. Semoga Allah SWT menagampuni dan melimpahkan rahmatNya pada kita. Amin.
    ~Reni dan Shasa~

    ReplyDelete
  21. wah menarik sekali,orisinil dan menarik ^^

    ReplyDelete
  22. maaf lahir batin, minal aidin wal faizin. tanam terus...

    ReplyDelete
  23. mo nyari bibit trembesi aaaaah untuk ditanam dekat rumah.

    rapp atau perusahaan lainnya di kerinci,saat ini malah menanam pohon jabon, pohon jabon cepat tinggi, umur 6 tahun saja sudah tinggi.

    ReplyDelete
  24. yuuuk tanam 1 pohon apapun di halaman rumah kita

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Tanaman Penyerap Karbondioksida Terbaik | Tertinggi | Terbanyak | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah