11 Agustus 2011

Tips Mudik Berkendaraan Roda Dua Aman dan Nyaman

Tips Mudik Berkendaraan Roda Dua Aman dan Nyaman diperuntukkan kepada para pengendara sepeda motor roda 2 yang akan melakukan mudik, baik mudik jarak dekat maupun mudik jarak jauh. Jarak 60-240 km terhitung jarak dekat karena hanya memakan waktu 1 jam sampai denan 5 jam. Jika mudik dengan jarak lebih dari itu dan dengan memakan waktu tempuh perjalanan lebih dari 5 jam, tentunya perlu kesiapan yang matang.

Dahulu, ketika masa SMA, aku sering berkendara suka-suka naik "motor" (sebutan untuk semua merek kendaraan sepeda motor roda 2 bagi anak Riau, sedangkan anak Medan menyebutnya "kereta"). Berkendara naik motor ini dilakukan hanya sekedar iseng-iseng, sebagian untuk unjuk kebolehan. Jarak tempuhnya biasanya dari Pekanbaru ke Padang sekitar 360 km. Keisengan ini atau unjuk kebolehan ini ditemui ketika memasuki daerah Rantau Berangin. Daerah ini memiliki kelokan yang sangat menantang bagi kami pengendara motor. Dahulu masih ada 1 buah terowongan yang menembus bukit serta kelokan tajam dan "kelokan manis", tapi sekarang jalan menuju Padang dari Pekanbaru udah banyak jalan yang lurus. Kelokan tajam dan "kelokan manis" udah tak ada lagi, sehingga kalo berkendara ke Padang ga terasa menantang lagi. "Kelokan manis" tuh kelokan yang tidak begitu tajam, hanya dengan memiringkan badan sedikit aja, motor udah belok. Dahulu umumnya kami tidak melakukan persiapan matang untuk melakukan perjalanan yang membutuhkan waktu sekitar 6 jam tersebut.

Tips Mudik Berkendaraan Roda Dua Aman dan Nyaman

Jadi... kalo udah ada yang ngajak "naik" (istilah jalan dari Pekanbaru ke Padang yang emang banyak tanjakan dan naik gunung), haaaa langsung tancap aja berangkat. Apalagi kalo ada yang nantang dengan ucapan "naik yok mati lampu"... nah itu berarti berkendara motor dari Pekanbaru ke Padang waktu malam hari dengan mematikan lampu depan motor. Hanya motor terdepan saja yang boleh hidup lampu. Yang parah adalah "naik yok mati belakang" yang berarti mirip seperti kejadian diatas, tetapi ditambah dengan mematikan lampu rem. Kondisi yang dipikir-pikir sekarang ini sangatlah berbahaya.

Kalo udah konvoi.... bisa mpe 200 motor sekali waktu berkendara ke Padang.

Tapi ya sutralaaah... itu kisah jaman dulu.

Sekarang adalah bagaimana kita berkendara dengan baik dan benar ketika melakukan mudik dengan aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan tanpa kurang suatu apapun.

Banyak tips mudik lebaran dengan berkendara motor roda 2 yang aman dan nyaman. Demikian juga halnya denganku. Aku akan memberikan tips mudik berkendaraan roda dua aman dan nyaman ketika mudik lebaran berdasarkan pengalamanku berkendara motor jaman dahulu :

  • Pastikan kendaraan sepeda motor anda dalam kondisi prima, sebaiknya bisa dicek dan diservis ke bengkel terlebih dahulu. Yang paling penting di cek adalah hak kepemilikannya. Gunakan motor sendiri atau pun pinjaman ataupun sewaan, dan JANGAN GUNAKAN MOTOR curian. Ntar kalo ketahuan polisi khaaan bisa ditangkap kayak GAyus maupun NAzaruddin.
  • Gunakan helm standar SNI untuk menjaga benturan kepala. Yang paling penting adalah JANGAN MENGGUNAKAN HELM yang udah bau apek, ntar penumpang dibelakang bisa pingsan bahkan semaput dan harus dibawa ke bidan terdekat (eeeh rumah sakit).
  • Sarung Tangan, Celana Panjang, Jaket yang dipakai hendaknya bukan dari hasil ngembat jemuran tetangga. JANGAN LAKUKAN ITU.
  • JANGAN MEMBONCENGI PENUMPANG, terutama memboncengi istri orang, pacar temen, janda kembang, kembang perawan, mak lampir, kakek lampir.

Jika ternyata tips ini merepotkan, silahkan beli mobil.


29 komentar:

  1. breeeem bruuum ngeeeng gubraaak...
    jgggeeerrr...

    BalasHapus
  2. kalau tips ini tidak berlaku buat saya kan bang hehehe. anak 2 harus mudik pakai motor bahaya banget.

    BalasHapus
  3. dw suka kata2 yg terakhir" klo gak suka tips diatas silahkan beli mobil,,hahay

    BalasHapus
  4. Ini tips yang sangat penting dan tepat waktu bagi yang akan mudik dengan sepeda motor.

    Mudah2an tidak ada yang mematikan lampu depan atau belakang dimalam hari.

    BalasHapus
  5. Kalo saya sekarang pake bus aja bang,,, soalnya gak barengan ma istri....

    BalasHapus
  6. aku mau beli kuda aja lah, yang asli atau yang dari bambu yak?

    BalasHapus
  7. ahahaha motornya ada sandaran keren, mau mudik naik motor kalo motornya kyk gituu.. :))

    BalasHapus
  8. wah kalau seperti diatas motornya nyaman banget bang bisa nggak capek punggungnya , tips yang sangat bermanfaat aku mau mudik juga sayang rumah orang tua jaraknya cuma 2 km

    BalasHapus
  9. ini tips yang bisa di gunakan untuk mudik
    makasih atas tipsnya ya
    semoga selamat sampek tujuan
    salam kenal aja

    BalasHapus
  10. jangan memboncengi istri orang, bisa ketilang nanti, hehehe..

    BalasHapus
  11. aduh lama gk naik motor sendiri hehehe jalan kaki mulu

    BalasHapus
  12. taati lalu lintas biar selamat sampai tujuan

    BalasHapus
  13. Huahahah yaiyalah :p kalau boncengin istri orang, bisa dirajam sekampung XD

    BalasHapus
  14. Ternyata dulu Bang Atta suka 'touring' ya? tapi kok model matiin lampu segala gitu ya? Bener2 nekad deh...

    Emangnya kalau motor yg dipakai mudik hasil minjem punya tetangga (tapi gak bilang2) emangnya gak boleh ya? :p

    BalasHapus
  15. Kalau di Sungai Linau mudik pakai sampan atau Pompong ..hehe

    BalasHapus
  16. wuih, ternyata mantan genk motor xixixi
    kalo naik motor pake sarung boleh kan bang? rasanya zejuk zemilir sepanjang jalan :D

    BalasHapus
  17. ihiiiiyyy.. met mudiiik!! :D

    BalasHapus
  18. Saya juga mudiknya pake motor Bang,... soalnya belum punya mobil sendiri

    BalasHapus
  19. Tips yang terbaik jangan mudik. he..he....

    BalasHapus
  20. betul klow bisa ya jangn memaki kendaran bermotor ,bhy,gunakan yg lainnya untuk menghindari kemacetan

    BalasHapus
  21. hayoo siapa berani melanggar cara mudik ini

    BalasHapus
  22. Tambah tipsnya lagi mas...
    1.Tak usah naik sepeda motor lebih bagus naik bus.!
    2.Alternatif lain adalah Naik pesawat.!
    3.Jangan naik motor dalam keadaan mabuk.
    4.Hindari membawa tas dengan volume berat,Kl ada duit di dalam tas titip sama ku di jamin Kurang aman.

    BalasHapus
  23. haha, tipsnya keren om, gak mudikpun udah aku jalankan tips-tips itu.

    BalasHapus
  24. perlu diterapkan neh bg para calon pemudik
    biar bisa kumpul bareng keluarga di kampung

    selamat puasa dan mudik
    hati2 dgn barang bawaan
    spt anak, isteri, suami dan hewan peliharaan
    jgn sampe d'embat orang

    BalasHapus
  25. Kalau mudik pake kendaraan roda 2 mah terlalu banyak resikonya. Mending mudik pake kendaraan umum sekalian kalau mo bepergian jarak jauh, kalau capek tinggal tidur & perginya juga bisa rame-rame lagi...

    BalasHapus
  26. Tips MUDIK yang asyik dan menyenagkan nieh,. makasi tipsnya ya,.

    BalasHapus
  27. klo motornya harley keren kali... :)

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Tips Mudik Berkendaraan Roda Dua Aman dan Nyaman | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah