05 Maret 2011

Harimau Sumatera | Panthera tigris sumatrae

Harimau Sumatera (Sumatra) Panthera tigris sumatrae termasuk keluarga Felidae dan merupakan kerabat kucing yang mencakup kucing, macan tutul, singa, dan harimau dahan. Harimau Sumatera dalam keadaan hampir punah atau terancam punah (critically endangered) dengan populasi sekitar 200 ekor yang tersebar di beberapa tempat baik dalam suaka konservasi maupun diluar suaka. Dengan populasi sebanyak itu, Harimau Sumatra lebih beruntung daripada HARIMAU JAWA (Panthera tigris sondaica) yang dinyatakan punah walaupun dibantah oleh beberapa pihak, dan yang parah adalah punahnya HARIMAU BALI (Panthera tigris balica).

Harimau Sumatera | Panthera tigris sumatrae
Harimau Sumatera | Panthera tigris sumatrae

Harimau Sumatra hanya ada di Pulau Sumatera, Indonesia sebagai habitat aslinya. Harimau jenis ini merupakan salah satu dari 6 spesies harimau yang masih hidup dan dalam kondisi klasifikasi KRITIS yang terancam PUNAH dalam daftar merah (redlist) spesies terancam yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia IUCN. Penghancuran habitat adalah ancaman terbesar terhadap populasi saat ini. Pembalakan tetap berlangsung bahkan di taman nasional yang seharusnya dilindungi. Tercatat 66 ekor harimau terbunuh antara 1998 dan 2000.

Harimau Sumatera | Panthera tigris sumatrae
Harimau Sumatera | Panthera tigris sumatrae

Harimau Sumatera (Sumatra) Panthera tigris sumatrae merupakan spesies harimau terkecil dan mempunyai warna yang paling gelap serta memiliki lebih banyak janggut dan surai dibanding spesies lain yang masih hidup. Pola lurik hitamnya lebar dan berjarak rapat bahkan merapat. Warna lorengnya mulai dari kuning kemerah-merahan sampai oranye tua. Bagi harimau betina, berubah warna menjadi hijau gelap ketika melahirkan. Selaput yang berada diantara jari-jarinya membuat Harimau Sumatera dapat berenang dan bergerak cepat. Berburu dan memangsa hewan dengan menyudutkan mangsanya ke arah air sehingga mudah dilumpuhkan oleh Harimau.

Harimau Sumatra dapat hidup di manapun di hutan, mulai dari hutan dataran rendah sampai hutan pegunungan. Sebagian tinggal di Kawasan Cagar Alam dan Taman Nasional. Sebagian hidup di alam bebas yang huannya telah hancur dan menjadi areal perkebunan ataupun hutan homogen. Harimau Sumatra mengalami ancaman akan kehilangan habitat karena daerah sebarannya seperti blok-blok hutan dataran rendah, lahan gambut dan hutan hujan pegunungan terancam pembukaan hutan untuk lahan pertanian dan perkebunan komersial, juga perambahan oleh aktivitas pembalakan dan pembangunan jalan. Karena habitat yang semakin sempit dan berkurang, maka harimau terpaksa memasuki wilayah yang lebih dekat dengan manusia, dimana seringkali mereka dibunuh dan ditangkap karena tersesat memasuki daerah pedesaan atau akibat perjumpaan yang tanpa sengaja dengan manusia.

6 Subspesies Harimau yang masih hidup :
  • Panthera tigris corbetti (harimau Indocina / Indochinese Tiger)
  • Panthera tigris amoyensis (harimau China Selatan / South-China Tiger)
  • Panthera tigris jacksoni (harimau Malaya / Malayan Tiger)
  • Panthera tigris altaica (harimau Siberia / Siberian Tiger)
  • Panthera tigris tigris (harimau Bengal / Bengal or Royal Bengal Tiger)
  • Panthera tigris sumatrae (harimau Sumatera / Sumatran Tiger)

3 Subspesies Harimau yang telah punah :
  • Panthera tigris sondaica (harimau Jawa / Javan Tiger) masih diperdebatkan.
  • Panthera tigris balica (harimau Bali / Bali Tiger)
  • Panthera tigris virgata (harimau Caspia / Caspian Tiger / Persian Tiger / Turanian Tiger)

Secara umum harimau memiliki warna coklat kemerahan seperti warna karat besi (rusty-reddish to brown-rusty) dengan warna putih di sekitar perut dan muka serta strip loreng abu-abu hitam atau hitam pekat di sekujur tubuh. Strip loreng ini biasanya berjumlah lebih dari 100. Warna tubuh harimau lainnya yang sangat jarang yaitu Putih (Harimau Putih / White Tiger / White Bengal Tiger / White Siberian Tiger), Keemasan (Golden Tabby Tiger), Maltese (blue-grey Tiger) dan Hitam (Pure Black Tiger).

White_Tigers_harimau_putih
White Tigers (White Bengal Tiger)
harimau putih


Harimau Sumatera | Panthera tigris sumatrae



Harimau Sumatera | Panthera tigris sumatrae
Fang Harimau Sumatera
Selamatkan Harimau Sumatera



Harimau Sumatera | Panthera tigris sumatrae
Harimau Sumatera | Panthera tigris sumatrae
Sumber tulisan dan gambar :
http://forestcreator.files.wordpress.com/2009/10/all-about-panthera-tigris-sumatrae3.pdf
http://forestcreator.wordpress.com/2009/11/21/harimau-sumatra/
http://www.wwf.or.id/cara_anda_membantu/bertindak_sekarang_juga/sahabatharimau/fang_perlu_teman.cfm
http://www.wwf.or.id/cara_anda_membantu/bertindak_sekarang_juga/sahabatharimau/
http://www.wwf.or.id/berita_fakta/galeri_foto/?16860/Harimau-Sumatera-Panthera-tigris-sumatrae
http://assets.wwfid.panda.org/downloads/harimau_bahasa.pdf
http://alamendah.wordpress.com/2009/08/19/harimau-sumatera-semakin-langka/
http://alamendah.wordpress.com/2010/07/22/harimau-jawa-sudah-punah/
http://en.wikipedia.org/wiki/Tiger
http://id.wikipedia.org/wiki/Harimau
http://id.wikipedia.org/wiki/Harimau_sumatera
http://id.wikipedia.org/wiki/Harimau_Jawa
http://id.wikipedia.org/wiki/Harimau_Bali
http://en.wikipedia.org/wiki/Endangered_subspecies_of_tiger
http://beta.matanews.com/2009/11/06/warga-lemparkan-bom-molotov/
http://news.bbc.co.uk/cbbcnews/hi/animals/newsid_3514000/3514564.stm
http://tigerbear.wordpress.com/2007/11/23/kucing-terbesar-harimau-asia/harimau-sumatra/
http://kathy-lilia.blogspot.com/2008/01/harimau-tiger-panthera-tigris.html

27 komentar:

  1. Harimau sumatra memang memukau ya bang, moga saja popularitas mereka bertahan dan terus bertambah

    BalasHapus
  2. Harimau Sumatera musnah karena harimau tidak bisa menyesuaikan diri dengan hutan Sawit, mungkin harimau perlu dididik dulu untuk bisa tinggal di perkebunan Sawit, kan bisa menghemat penggunaan tenaga Satpam

    BalasHapus
  3. biar hewan ganas tetapi tetap harus dilindungi ya

    BalasHapus
  4. Baru tahu deh ada harimau putih, Bang.

    BalasHapus
  5. Kasihan... Fang sekarang sulit mencari teman ya Bang..?

    BalasHapus
  6. Bedanya harimau sumatra dg harimau bali dan harimau jawa apa Om..?

    BalasHapus
  7. salam sob
    harimau sumatra harus tetap dilestarikan

    BalasHapus
  8. Artikel saya ikutan dijadikan sumber tulisan. Bersanding dengan domain-domain dot org. Hehehehe

    BalasHapus
  9. dulu saya pernah punya cita-cita pengen melihara anak macan Sumatera putih, nah kalo udah agak gedean trus kasihin kebun binatang :)
    Boleh ga sih kalo begitu Pak?

    BalasHapus
  10. keren ya,gagah gitu harimaunya

    BalasHapus
  11. Semoga saja harimau sumatra dan hewan lain tidak punah, semoga ada perhatian lebih dari pihak yang terkait untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di indonesia.. :)

    BalasHapus
  12. Akibat dari penggundulan hutan yang membabi buta baik yang resmi maupun tidak resmi, dihutan liar maupun hutan lindung maka penghuni asli hutan terancam kepunahan.
    Sampai kapan aparat hukum negara kita tidak mampu memberantas atau pura-2 tidak tahu tentang pembalakan hutan. Belum lagi konversi hutan lindung menjadi perkebunan atau pertambangan.

    Jangan sampai ada semacam "FPI" hutan.

    BalasHapus
  13. ada satu harimau yg tidak punah atau tidak terancam... yakini.... mulutmu HARIMAu-mu :p

    BalasHapus
  14. keren banget foto harimaunya ^^

    happy sunday bang atta......

    BalasHapus
  15. semoga saya bisa lihat langsung harimau dan semoga mereka nggak punah

    BalasHapus
  16. yang putih itu cantik banget... setuju mas.. selamatkan satwa kita

    BalasHapus
  17. poto harimaunya nggantheng tenan, gagah dan berwibawa..
    pernah ketemu.. dalam mimpi he he
    haraimauku, oh bertahanlah :)
    met liburan bang.. kabuurrr

    BalasHapus
  18. duh lestarilah arimau sumateraa, biar cucu saya mendengar aumannya...

    BalasHapus
  19. harimau sumateranya bisa ngeblog gak bang..? jiaahahahah

    BalasHapus
  20. ehm, saya malah tertarik ama sponsor di atas itu tuh.. hihi

    BalasHapus
  21. Harimau Sumatera, ai elof yu...

    BalasHapus
  22. hari mau akan musnah karena punya pikiran hari ini mau makan apa? kalau G dikasih makan mendingan tembak aja aku, hehe

    BalasHapus
  23. beri mereka ruang hidup
    beri mereka hutan yg tak terganggu

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Harimau Sumatera | Panthera tigris sumatrae | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah