27 Maret 2011

Plastik Dua Tahun Terurai

TIRTA MARTA, SEBUAH PERUSAHAAN DARI TANGERANG, JULI LALU MENGUMUMKAN TELAH MENGELUARKAN KANTONG PLASTIK YANG DAPAT TERURAI DALAM WAKTU 2 TAHUN. Oxium, begitu namanya, mempersingkat waktu penguraian plastik dari semula sekitar seribu tahun lamanya.

Plastic memang tidak beracun, tapi jika dibuang sembarangan, dapat mengganggu lingkungan. Daya tahan plastik, menurut Presiden Direktur Tirta Marta, Sugianto Tandio, karena kestabilan fisiko kimianya yang sangat kuat. Struktur plastik berupa polimer dengan unsur utama karbon dan hidrogen. Polimer itu mirip rantai, dan karbon sebagai anak rantainya yang terikat erat. Sedangkan setiap karbon akan tersambung dengan hidrogen. Kaitan antara karbon dengan karbon atau karbon dengan hidrogen ini sangat kuat, sulit diceraiberaikan.

TIRTA Marta mengembangkan zat tambahan dapat membuat karbon dan hidrogen tidak lagi sekukuh sebelumnya. Jika terkena oksigen dari udara, sinar matahari, atau panas, plastik ini akan berubah menjadi karbondioksida, air serta biomassa yang tidak berbahaya bagi tanah.

Butuh tak kurang dari delapan tahun bagi Tirta Marta untuk mengembangkan teknologi yang baru di Indonesia ini. Sedangkan di luar negeri, yang memasarkan teknologi serupa adalah EPI dari Kanada dan D2W dari Inggris.

Menurut perhitungan Tirta Marta, penggunaan plastik di Indonesia setiap tahun kira-kira tiga juta ton. Tak heran bila plastik menjadi masalah di tempat pembuangan sampah. Plastik sulit membusuk atau terurai. Berbeda dengan kertas.

Teknologi plastik mudah terurai juga bisa berasal dari tanaman berkarbohidrat seperti jagung atau singkong. Plastik ini bisa Anda buat sendiri berbekal petunjuk di internet. “ Tapi plastik jagung bisa lebih mahal 500 persen,” kata Sugianto


Sumber :
Fotocopy majalah yang tak tertera namanya (maaf)

20 komentar:

  1. sekarang beberapa tempat belanja menggunakan plastik jenis ini ya

    BalasHapus
  2. Bener2 lama ya, plastik terurainya. Huaah gawat >.<

    BalasHapus
  3. Ya semoga dengan adanya oxium ini, dapat mengurangi polusi plastik di semua negara..
    kasian para pemulung, pegel2 kebanyakan sampah plastikk

    BalasHapus
  4. kalo silicon mudah terurai ato ndak ya bang?!?!?!

    PAGIIII BANGGGG!!!

    BalasHapus
  5. aduh... keduluan Bang Atta nih.. sementara postinganku baru berupa draft punya bang Atta udah dipublish..!! #pukul2meja

    BalasHapus
  6. Salut utk Sugianto Tandio atas usahanya menjaga lingkungan kita.

    BalasHapus
  7. harganya 500% lebih mahal, itu cukup menjadi penghalang, karena platik alat vital bagi pedagang tentunya mereka tidak bisa menggunakan plastik yg harganya jauh lebih mahal dari pada dagangan mereka.

    salam

    BalasHapus
  8. bagus tuh..
    ada pengganti yang lebih baik dari plastik.
    asal ga lebih mahal dari plastik..

    BalasHapus
  9. bahkan bisa lebih lama lagi terurainya..

    btw, tumben pertamax ga diamanin..? :D

    BalasHapus
  10. Mantap perusahaan itu ya bang, moga mereka bisa terus berinovasi untuk mempercepat waktu pengurai plastik yg mereka produksi

    BalasHapus
  11. bener, plastik tidak mudah terurai.... jadi kita harus pintar2 menjaga lingkungan. karena itu daur ulang kaykany cocok untuk mengatasi masalah plastik

    BalasHapus
  12. palstik emang susuah terurai. makanya orang-orang lebih setuju pada daur ulang agar penggunaan plastik dapat direm

    BalasHapus
  13. Mantap perusahaan itu ya bang, moga mereka bisa terus berinovasi untuk mempercepat waktu pengurai plastik yg mereka produksi

    BalasHapus
  14. semoga plastik jenins ini bisa dipakai untuk smeua keperluan meski masih mahal ya bang biaya produksinya

    BalasHapus
  15. coba bahan pembuat plastik ramah lingkungan lebih muraaah.. iya om suka gitu idbn lagian jumlah pendapatan ganaik2 sejak beberapa minggu lalu -____- pengen adsense.. beli akunnya gimana om

    BalasHapus
  16. Plastik ramah lingkungan ini perlu diproduksi secara masal untuk menggantikan plastik yang ada selama ini.

    BalasHapus
  17. Yang penting gak terlalu mahal aja...takutnya biaya belanja sama plastik beda

    BalasHapus
  18. Oh ya, dibeberapa supermarket besar sudah menggunakan plastik jenis ini ya..

    semoga harganya tidak beda jauh dengan plastik biasa,
    makasih infonya :)

    BalasHapus
  19. plastik model ini sulit dibajak ha ha :D

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Plastik Dua Tahun Terurai | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah