10 Maret 2011

Cara Mengurangi Mual Muntah Pada Kehamilan

Cara Mengurangi, Mengatasi atau Menghilangkan Rasa Mual Pada Kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Rasa mual biasanya muncul di awal-awal masa kehamilan trimester pertama (1-3 bulan). Hal ini terjadi karena penyesuaian tubuh ibu terhadap adanya janin dalam rahimnya. Tubuh ibu mulai mengadakan beberapa perubahan besar agar dapat menerima kehadiran janin selama 37 minggu ke depan yang penuh dengan pertumbuhan dan perubahan. Kelenjar-kelenjar pada sistem endokrin dan plasenta akan meningkatkan produksi hormonnya. Volume darah akan bertambah dan rahim anda membesar. Penyebab rasa mual dan muntah itu belum diketahui secara pasti, tetapi menurut beberapa ahli, rasa mual dan muntah dalam masa awal kehamilan sangat berhubungan dengan perubahan kadar hormonal dalam tubuh wanita hamil. Ketika wanita hamil maka akan terjadi peningkatan kadar Homor chorionic gonadotropin (HCG) yang berasal dari plasenta atau ari-ari. Hormon ini akan berfungsi untuk menjaga kecukupan produksi hormon estrogen dan progesteron dari indung telur dalam rahim, yang berpengaruh pada kehamilan agar sehat, kuat dan lancar. Hal ini akan terjadi pada sekitar 70 persen wanita hamil yang akan hilang dengan sendirinya pada bulan ke 3 atau ke 4. Pada persentase yang lebih kecil, rasa mual ini tidak hilang sampai saat melahirkan.

Ada banyak obat dan cara mengatasi atau menghilangkan rasa mual dan muntah pada masa awal kehamilan.
  1. Karena daya penciuman meningkat tajam, maka hindari hal-hal yang menyebabkan bau tak sedap yang tidak disukai, misalnya parfum, bau keringat badan, bau dapur, asap rokok, ataupun bau lainnya. Setiap wanita biasanya berbeda keadaannya.
  2. Minum vitamin atau suplemen yang mengandung vitamin B6.
  3. Mengonsumsi jahe dalam berbagai bentuk hasil makanan atau makanan ringan atau gula-gula/permen.
  4. Jangan langsung berbaring setelah makan. Biasanya wanita hamil akan merasa mudah capek sehingga akan selalu tiduran.
  5. Kurangi minum banyak langsung setelah makan, tunggu sekitar 30 menit. Dalam keadaan ini, minumlah sekedarnya setelah makan hanya untuk membasahi mulut. Setelah 30 menit barulah minum secara normal.
  6. Makan dalam porsi sedikit tetapi sering, atau dapat diselingi dengan makanan ringan. Umumnya hal ini akan menyebabkan kegemukan.
  7. Hindari makanan berlemak.
  8. Konsultasi ke dokter.

Ada satu cara lain lagi dalam mengurangi/mengatasi/menghilangkan rasa mual dan muntah pada masa awal kehamilan yaitu mengonsumsi buah Kundur.

MENGONSUMSI BUAH KUNDUR UNTUK MENGATASI MUAL MUNTAH PADA KEHAMILAN MUDA

Buah Kundur memiliki banyak nama :
Kundur (Melayu, Riau, Bali, Sunda)
Kundo (Aceh)
Gundur (Batak)
Kundus (Minangkabau)
Serdak (Lampung)
Baligo/Beligo (Jawa)
Kondur (Madura)
Lela (Roti Nusa Tenggara)
Komelingan (Timor)
Kusmanda (Sanskerta)
Dong Gua (China)
Ash Gourd
Wax Gourd
White Gourd,
Winter Melon
Nama ilmiah : Benincasa hispida
Sinonim : Cucurbitafarinosa Bl, ; C. villosa Bl.

Jadi ketika ke pasar, coba tanya sama penjual "Mas... ada jual Benincasa hispida sp.?"
Nah karena penjualnya adalah lulusan jurusan Botani, maka akan dijawabnya, "Ga ada mba, yang ada cuma Cucurbitafarinosa Bl. dan sebagian Cucurbitafarinosa villosa Bl. Mba mau?"
Si mba akan menjawab, "Ga deh, saya cuma mau beli Kundur aja!"
Hemmm... ini pembicaraan ngaco banget.

Cara mengolah Buah Kundur untuk mengurangi rasa mual dan muntah pada kehamilan dari resep keluarga

  1. Belah buah kundur.
  2. Buang bijinya.
  3. Kerok isi buahnya dan masukkan ke dalam mangkok.
  4. Banyaknya tergantung kebutuhan.
  5. Kukuslah kerokan buah kundur itu selama 1 jam tepat.
  6. Campurkan dengan gerusan gula batu secukupnya.
  7. Jika ingin menambah rasa, dapat ditambahkan garam.
  8. Makanlah sedikit demi sedikit.
Manfaat Buah kundur ini adalah untuk menetralkan asam di lambung sehingga rasa mual dan muntah akan hilang.
Silahkan mencoba.



31 komentar:

  1. yang PRIA jangan mencoba ya...
    ntar hamil lho
    aku ga tanggung jawab

    BalasHapus
  2. sayang aku ndak mungkin hamil bang, he he he

    BalasHapus
  3. istrinya sudah hamil ya? Selamat ya
    sampaikan salam saya

    BalasHapus
  4. tapi bang,... saya gag mau hamil ahh :p

    BalasHapus
  5. Yadeh ntar aku bilangin ke Istri...
    (clingak clinguk nyari istrinya belon dapat.... :D )

    BalasHapus
  6. pengalaman pribadi nih sepertinya bang Atta hehehe. buah kundur itu beli dimana bang?belum pernah lihat seabelumnya

    BalasHapus
  7. wahhhahahha...Mau Coba lahhh....

    BalasHapus
  8. udah mau 4 bulan nih bang tapi muntahnya masih sering , eh iya kundur kalau dalam bahasa bugis apa ya? aku kira itu pepaya

    BalasHapus
  9. Buah kundur ? hmmmm .... saya baru dengar.
    Tapi dari tulisan anda saya jadi tahu bahwa
    ini baik bagi wanita yang sedang hamil muda.
    Ini informasi yang cukup diperlukan.

    BalasHapus
  10. hehehe, untung aja masa-masa begini sudah lewat dan alhamdulillah triwulan pertama saya mualnya nggak terlalu parah.

    BalasHapus
  11. tipsnya ini buat ibuk2 yg hamil , kakau saya gak cocok om . wakakakkaka

    BalasHapus
  12. Untuk menghindari agar tidak mual atau muntah saat hamil, sebelum merencanakan untuk hamil di anjurkan minum ANTIMO terlebih dahulu...wkwk

    BalasHapus
  13. wah..info yang bagus ..neeeh

    BalasHapus
  14. Makasih untuk sharenya Bang...
    semoga nanti kalau hamil anak ke2 kayak anak pertama gak ada mabok.
    Selamat beraktifitas Bang Atta

    BalasHapus
  15. masa ga boleh dicoa.. aku kebetulan lagi mual-mual nih.. :3

    BalasHapus
  16. ini dia resep yang dicari gw save aja ya sapa tau punya istri hamil..muntah2

    BalasHapus
  17. Pasti ini tips sudah digunakan dwina ya om..he...he....

    BalasHapus
  18. Wah, kebetulan banget bang...
    saya ada tugas dari dosen mencari hal-hal seputar mual dan muntah...
    ijin dijadiin salah satu sumber di tugas saya iya...
    Infonya berguna dan pas banget...
    hehehehe...

    BalasHapus
  19. mantap tipsnya bang...mbak dwina masih mul-mual bang? kalau orang rumah saya dulu cuma pakai minyak angin, cuma istri saya yang mual-mual tapi yang pegalnya tangan saya tiap hari minta di pijitin terus..he..he..(maklum bawaan bayi )

    BalasHapus
  20. Mbak WIna sekarang gimana kabarnya, Bang? Semoga sehat2 aja dengan kandungannya *hiks, kangen*

    BalasHapus
  21. Kebetulan sepupuku sedang hamil...
    informasi yg sgt bermanfaat utk beliau :)
    aku br dengar ttg buah ini (semoga ada di pasar dkt rmh sepupuku itu)
    thx mas Atta utk informasinya :)

    BalasHapus
  22. Semoga mbak Wina gak mengalami mual muntah yang parah Bang. Sekarang masuk bulan berapa sih?

    BalasHapus
  23. Buah beligo? Kok shasa belum pernah lihat ya?

    BalasHapus
  24. Cuiiiitttt cuiiittt, kalo Abang sendiri menangani istri yang mual2 gimana caranya??

    BalasHapus
  25. Searching di google malah blog abg yg pejwan.. kebetulan istri lagi mengalami hal sperti diatas....buah kundur nyari dimana bg???

    BalasHapus
  26. Wah wah bagus ini, sekaligus informasi buat yang lagi mengandung.

    tapi saya tidak termasuk lo ya

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Cara Mengurangi Mual Muntah Pada Kehamilan | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah