17 March 2011

Buah Kundur (Benincasa hispida)

Sehubungan dengan artikel Manfaat Buah Kundur (Benincasa hispida) sebelumnya sebagai obat mengatasi mual muntah pada kehamilan. Sebagian bertanya via inbox facebook, macam mana bentuk Buah Kundur (Benincasa hispida) tersebut? Mungkin karena gambar di postingan tersebut kurang jelas. Kebetulan karena kamera lagi ga ada batere, maka aku ga memotret buah kundur yang ada didapur rumahku. Gambar dan keterangan dibawah ini didapat atas bantuan mbah gugel google.

Buah Kundur atau Baligo merupakan keluarga labu yang lebih sering dijadikan sayur daripada bahan makanan pokok. Umumnya orang Indonesia suka menjadikan manisan. Manisan ini jika dipotong-potong kecil dan dikeringkan serta diberi pewarna makanan merah, hijau, kuning dinamakan "sukade" biasanya dijadikan hiasan kue Bolu ataupun kue-kue lainnya. Ditaburkan di atas kue sehingga kue berpampilan cantik dan mengundang selera. Rasanya yang netral (bahkan tanpa rasa) sangat cocok untuk campuran sop bening, setup sayuran ataupun jenis masakan lainnya. Di China dan Taiwan digunakan untuk campuran sup dan tambahan untuk hidangan masakan daging atau tulang babi serta dijadikan minuman Winter-Melon-Tea. Di India Utara dan Pakistan dijadikan gula-gula yang disebut "petha". Di India Selatan dijadikan bahan tambahan masakan Kari (curries). Bisa juga dijadikan campuran es buah apalagi yang telah dijadikan manisan.

Buah kundur yang telah dipanen dan belum dikupas dapat bertahan maksimal 12 bulan. Jika telah dikupas hanya dapat bertahan 1 minggu saja. Buah Kundur dilindungi dengan bedak putih, lilin berkapur. Hal ini akan menghalangi mikroorganisme dan membantu memberikan umur yang panjang dan bertahan lama.



Buah Kundur Benincasa hispida berkhasiat untuk penawar racun dan batangnya berkhasiat sebagai obat sakit kulit. Untuk penawar racun dipakai + 20 gram buah segar Benincasa hispida, dicuci, diparut dan diperas. Hasi! perasan diminum sekaligus. Buah Kundur mengandung beberapa zat kimia. Buah, kulit buah dan biji Benincasa hispida mengandung saponin, disamping itu buah dan kulit buahnya juga mengandung flavonoida dan tanin dan bijinva juga mengandung polifenol.

Benincasa hispida atau kundur adalah tanaman merambat. Di tanam di daerah pertanian dengan 2 cara yaitu membiarkan merambat di tanah atau diberi penyangga agar buahnya lebih bersih penampilannya. Batangnya berkayu, lunak, berbulu, dan berwarna hijau. Memiliki daun tunggal, bulat, bertepi rata dengan ujung tumpul, pangkal daun membulat, dengan panjang 10-17 cm, lebar 9-15 cm, tangkai daun bulat dengan panjang 10-15 cm dan berwarna hijau. Berbungan tunggal dengan kelamin dua di ketiak daun, kelopak berbentuk corong, bercangap, halus dan berwarna hijau muda. Bunga memiliki 5 benang sari dengan panjang 2-3 cm berwarna putih. Kepala sari bunga berbentuk bulat berwarna hijau. Putik bunga berwarna putih dengan mahkota berwarna kuning dan berbuluhalus. Buah Kundur berbentuk bulat panjang, berdaging dengan panjang 15-20 cm berwarna hijau keputih-putihan karena tepung/bedak kapur yang dihasilkan oleh tumbuhan itu sendiri. Bijinya keras berbentuk pipih berwarna putih dengan panjang 6-7 mm, lebar 5-6 mm. Berakar tunggang yang berwarna putih kotor.

Buah Kundur memiliki banyak nama :
Nama ilmiah : Benincasa hispida
Kundur (Melayu, Riau, Bali, Sunda)
Kundo (Aceh)
Gundur (Batak)
Kundus (Minangkabau)
Serdak (Lampung)
Baligo/Beligo (Jawa)
Kondur (Madura)
Lela (Roti Nusa Tenggara)
Komelingan (Timor)
Kusmanda (Sanskerta)
Dong Gua (China)
White Gourd,
Ash Gourd, Wax Gourd White Goourd (Eropa)
Winter Melon, fuzzy melon, green pumpkin, Hairy Melon (English)
Komora (assamase)
kyauk pha-yon thee (Burma)
Chal kumra (Bengali)
Courge cireuse, Courgette velue (Perancis)
Wachskürbis (Jerman)
Peṭhā, pethakaddu (India)
とうがん tōgan (Jepang)
കുമ്പളങ്ങ kumbalanga (Malayalam)
abóbora d’água (Portugis)
Kundol (Tagalog/Philipina)
پیٹھہ, peṭhā (Urdu)
Bí đao (Vietnam)

Klasifikasi Ilmiah Kundur/Baligo

Kingdom : Plantae
- unranked: Angiosperms
- unranked: Eudicots
- unranked: Rosids
Order: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
SubFamily: Cucurbitoideae
Tribe: Benincaseae
SubTribe: Benincasinae
Genus: Benincasa (Savi)
Species: Benincasa hispida
Binomial Name: Benincasa hispida Thunb. (Carl Peter Thunberg)
Synonyms: Camolenga Post & Kuntze, Cucurbitafarinosa Bl, ; C. villosa Bl.


Sumber Tulisan dan Gambar :
http://en.wikipedia.org/wiki/Winter_melon
http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Benincasa_hispida_Blanco2.323.png?uselang=de
http://bjn.wikipedia.org/wiki/Kundur
http://dapurummumusasyi.blogspot.com/2011/02/mengenal-aneka-jenis-labu.html
http://www.jacksonmillfarm.com/wintermelon.htm
http://healthytips-diettips.blogspot.com/2010/07/history-of-ashgourd.html
http://www.warintek.ristek.go.id/pangan_kesehatan/tanaman_obat/depkes/2-042.pdf
http://www.herbalcureindia.com/herbs/benincasa-hispida.htm

45 comments:

  1. manfaat buah kundur
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. di tempat saya orang jawa menyebut buah kondur, ternyata ada kasiat yang laen.

    mantab Bang Attay

    ReplyDelete
  3. semakin penasaran dengan buah ini bang , dimana ya saya bisa dapat di pinrang ini atau memang nggak ada kali ya

    ReplyDelete
  4. Wah..Wah..
    Bagus Banget Postingannya..
    Manfaat tu
    MOga sukses ya

    ReplyDelete
  5. wah kayak timun ya bang?!?!?!?

    PAGIII BANG!!!!

    ReplyDelete
  6. ini kalau di tmpat saya namanya krai pak.


    salam.

    ReplyDelete
  7. Ooooh ... itu yang namanya buah kundur.

    ReplyDelete
  8. Pohonnya hampir mirip dengan pohin timun ya Bang ...
    Sepertinya sama pernah melihat cuma mungkin gak tau apa namanya ketika itu.

    ReplyDelete
  9. Banyak juga manfaat buah ini ya bang..thanks infonya bang

    ReplyDelete
  10. owh gitu ya...selama ini saya kira sukade terbuat dari pepaya muda, ternyata dari buah kundur toh, makasih atas informasinya

    ReplyDelete
  11. mirip timun yah?
    salam kenal yah...
    mampir yah di blogku
    http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Salam sahabat
    Sangat bagus sekali saya juga sering masak dong kwa ini mas ternyata sangat memiliki variasi ya

    ReplyDelete
  13. tentang buah kundur lagi ya..? kirain tadi repost, ternyata bukan..

    ReplyDelete
  14. Jadi penasaran, kok aku belum pernah lihat bentuk buah beligo ya..?

    ReplyDelete
  15. kirim shasa buah kundur dong, biar tahu kayak apa bentuknya... hehehe

    ReplyDelete
  16. Baru denger neh nama kundur... hehehehe
    oya bang udah saya linkan link abang, mohon dipasang ya bang link saya, didaftar link nya pun bolehlah... :-)

    ReplyDelete
  17. Kalau ada orang yng berbedak sangat tebal, sehingga wajahnya putih, maka disebut seperti buah kundur mukanya....

    ReplyDelete
  18. namanya aja baru kali ini denger apalagi makannya hehe...thanks ya infonya

    ReplyDelete
  19. aduh error komen yg tadi. bang Atta waktu amprokan blogger ikutan ya?

    ReplyDelete
  20. kalo di pekanbaru, beli buah kundur di pasar itu nyarinya di pedagang rempah-rempah masakan dan atau jamu tradisional

    bisa juga untuk "mendinginkan" perut / rahim (untuk yg menderita pendarahan, dsb), caranya buah kundur di kupas, terus di parut, lalu di peras airnya, di minum deh... boleh juga di tambahkan gula batu biar gak hambar...

    Ada juga buah kundur yg dah di olah, namanya gula kundur, semacam manisan gitu deh...
    (waduh...panjang amat neh komen nya ... :D )

    ReplyDelete
  21. Saya baru tAHU buah ini Bang...
    Kirimin dong kalau ada satu kontainer..Jiiiaaaaaahhhh

    Maaf lama baru BW.

    ReplyDelete
  22. wah kalo ini saya sering liat di bali..:)

    ReplyDelete
  23. Aku juga kadang sering makan buah ini karena biasanya orang rumah membuatnya bersama dengan sayur yang berkuah

    ReplyDelete
  24. baru tahu sayanya ada buah demikian... nice post

    ReplyDelete
  25. mungkin mirip labu siam ya mbak? yang suka ada lapisan putih seperti bedak... trim's sebagai referensi obat nih! kunjung balik ya mbak.."ada "surat buat moh khadafi"

    ReplyDelete
  26. udah follow mbak! balikin ya!

    ReplyDelete
  27. baru taw alfi om kalo nama buah nich di minangkabau orang menyebutnya kundus..
    maksih om.jadi brtmbah pengetahuan..:)

    ReplyDelete
  28. terim kasih atas follow nya! sering berkunjung ya! tukar wawsan dan pengalaman...

    ReplyDelete
  29. yes postingan yg bermanfaat sapa tahu nanti klo di kasih Rezeki udah siap2 klo sampai mual2

    ReplyDelete
  30. saya belum kenal dengan buah yang satu ini, sekilas pernah lihat tapi waktu itu saya kira mentimun

    ReplyDelete
  31. ditempat saya yang begituan namanya waluh bligo. saya seneng lihatnya kalo peting gelantung di pekarangan.

    ReplyDelete
  32. selamat kenalan ma buah kundur beligo baligo ini
    hehehehe

    ReplyDelete
  33. tanda kondur telah mencapai kematangan sempurna seperty apa ya?trs utk bahan manisan tingkat kematangan yan g bgus seperty apa jg?

    ReplyDelete
  34. Mohon bantuannya, saya mirna di cilandak-jaksel.
    Saya butuh referensi tempat penjualan buah baligo ini di jakarta, saya butuh untuk mengobati penyakit saya.
    Bagi yg ingin membantu, tlg sms 02197811001.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  35. Ada yang tau gak ya,klo di jakarta (khususnya jakarta timur),yg jual buah kundur ini,ada dimana????? Please info ya..... urgent....
    Thank u......

    ReplyDelete
  36. Selamat Siang gan

    ada g' cara pengolahannya...???

    bisa di share g' ke email aku..???


    Best Regards

    MARLINA
    e : lina.sahari@yahoo.com

    ReplyDelete
  37. marlina sahari
    baca yang ini
    http://www.attayaya.net/2011/03/cara-mengurangi-mual-muntah-pada.html

    ReplyDelete
  38. Ada yg menyebutnya Butun, enak dibikin sayur.
    By Mahmud Handil Bakti-Kalsel.

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Buah Kundur (Benincasa hispida) | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah