08 Maret 2011

Sekilas Trans Metro Pekanbaru

Sekilas Trans Metro Pekanbaru - Penduduk Kota Pekanbaru saat ini lebih kurang 800.000 jiwa dan setiap tahunnya bertambah antara 3.4% sampai 3.6%, Semakin bertambah jumlah penduduk semakin banyak permasalahan yang ada terutama masalah transportasi perkotaan.

Saat ini jumlah kendaraan Pribadi di Kota Pekanbaru tidak sebanding dengan jumlah ruas jalan yang ada sehingga menyebabkan kemacetan, pemborosan penggunaan bahan bakar, kebisingan serta tingginya tingkat polusi dan pemandangan yang tidak enak karena lalu lintas yang semrawut. Untuk menyikapi masalah tersebut pemerintah Kota Pekanbaru mengeluarkan kebijakan pelayanan trnasportasi perkotaan Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) dan diberi nama TRANS METRO PEKANBARU dilaksanakan berdasarkan surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP. 111 tahun 2009 Kota Pekanbaru termasuk Kota Percontohan di Bidang Transportasi.

Trans Metro Pekanbaru adalah sarana angkutan umum massal di kota Pekanbaru, merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan secara bertahap dan terprogram bagi masyarakat. Pada awal operasional Bis Trans Metro Pekanbaru mendapat bantuan dari Kementrian Perhubungan berjumlah 20 unit untuk 2 koridor pertama.

Bis TRANS METRO PEKANBARU menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga bisa mengurangi tingginya polusi, berkapasitas 33 penumpang duduk dan 32 penumpang berdiri serta dilengkapi AC, informasi tempat pemberhentian halte secara elektronik dan juga mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang. Setiap 10 menit sekali bis TRANS METRO PEKANBARU berhenti di tiap-tiap halte dan tidak harus menunggu penumpang penuh, karena sopirnya digaji bulanan tetap, bukan harus mengejar setoran untuk mendapatkan gaji seperti yang terjadi pada bus-bus kota pada umumnya. Itulah kelebihan bis TRANS METRO PEKANBARU jika dibandingkan dengan angkutan umum lainnya.

Sesuai rencana disediakan 6 koridor untuk operasional Trans Metro Pekanbaru. Untuk tahap awal baru disediakan 2 koridor dan pada tahun 2011-2012 sudah dapat dilakukan 5 koridor. TRANS METRO PEKANBARU ini mulai beroperasi pada tanggal 18 juni 2009. Pertumbuhan penumpangnya cukup bagus, TRANS METRO PEKANBARU merupakan transportasi yang didambakan oleh masyarakat Pekanbaru karena selain bisa memberikan pelayanan, aman, nyaman dan juga terjangkau oleh masyarakat angkutan umum.

TRANS METRO PEKANBARU diharapkan dapat mengatasi permasalahan transportasi angkutan umum yang ada di wilayah Kota Pekanbaru.

Tujuan TRANS METRO PEKLANBARU
Tujuan dikembangkannya TRANS METRO PEKANBARU adalah untuk meningkatkan pelayanan transportasi yang lebih baik kepada masyarakat dengan menciptakan sistem angkutan umum yang efisien, berkualitas dan berkelanjutan, sehingga dapat mendukung penyelenggaraan lalu lintas angkutan jalan yang aman, nyaman, cepat, lancar serta dapat diandalkan.

Manfaat TRANS METRO PEKANBARU adalah :
  1. Nyaman, Aman, Cepat, Hemat dan dapat diandalkan,
  2. Berkurangnya pengguna kendaraan pribadi
  3. Menurunkan tingkat kebisingan dan polusi
  4. Penghematan Bahan Bakar

PENGELOLA
Pada saat ini, TRANS METRO PEKANBARU dioperasikan oleh Konsorsium Perusahaan Angkutan Umum dan dibawah pengendalian Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.


Trans Metro SAUM PekanbaruTrans Metro SAUM Pekanbaru


Trans Metro SAUM PekanbaruTrans Metro SAUM Pekanbaru


Halte Bus Trans Metro SAUM PekanbaruHalte Bus
Trans Metro SAUM Pekanbaru

Gambar dari Fery Aditya Pekanbaru
http://archive.kaskus.us/thread/3608345
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=66691529


Sumber :
Sekilas Trans Metro Pekanbaru
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat
Direktorat Bina Sistem Transportasi Perkotaan
Jalan Merdeka Barat no. 8 Jakarta 10110 Indonesia
Telp/fax : (021) 3506143 - 3506143
Website : http://bstp.hubdat.web.id
email : bstp@hubdat.web.id

Copyright © 2013 attayaya: Sekilas Trans Metro Pekanbaru | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah