17 November 2010

KAWASAN SUAKA ALAM DAN KAWASAN PELESTARIAN ALAM INDONESIA

KAWASAN SUAKA ALAM DAN KAWASAN PELESTARIAN ALAM INDONESIA seperti yang dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah (PP) no. 68 tahun 1998 tentang KAWASAN SUAKA ALAM DAN KAWASAN PELESTARIAN ALAM yang merupakan bagian dari Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistem Indonesia.

KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM HAYATI DAN EKOSISTEM INDONESIA terdiri dari :
KAWASAN SUAKA ALAM
KAWASAN PELESTARIAN ALAM
Kawasan Suaka Alam terdiri dari :
1. Kawasan Cagar Alam
2. Kawasan Suaka Margasatwa

Kawasan Pelestarian Alam, terdiri dari :
1. Kawasan Taman Nasional
2. Kawasan Taman Hutan Raya
3. Kawasan Taman Wisata Alam

PERSYARATAN KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM HAYATI DAN EKOSISTEM INDONESIA :

Syarat suatu kawasan ditunjuk sebagai Kawasan Cagar Alam, apabila telah memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. mempunyai keanekragaman jenis tumbuhan dan satwa dan tipe ekosistem;
  2. mewakili formasi biota tertentu dan atau unit-unit penyusunnya;
  3. mempunyai kondisi alam, baik biota maupun fisiknya yang masih asli dan tidak atau belum diganggu manusia;
  4. mempunyai luas yang cukup dan bentuk tertentu agar menunjang pengelolaan yang efektif dan menjamin berlangsungnya proses ekologis secara alami;
  5. mempunyai ciri khas potensi, dan dapat merupakan contoh ekosistem yang keberadaannya memerlukan upaya konservasi; dan atau
  6. mempunyai komunitas tumbuhan dan atau satwa beserta ekosistemnya yang langka atau yang keberadaannya terancam punah.

Syarat suatu kawasan ditunjuk sebagai Kawasan Suaka Margasatwa apabila telah memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. merupakan tempat hidup dan perkembangbiakan dari jenis satwa yangperlu dilakukan upaya konservasinya;
  2. memiliki keanekaragaman dan populasi satwa yang tinggi;
  3. merupakan habitat dari suatu jenis satwa langka dan atau dikhawatirkan akan punah;
  4. merupakan tempat dan kehidupan bagi jenis satwa migran tertentu; dan atau
  5. mempunyai luas yangcukup sebagai habitat jenis satwa yang bersangkutan.

Syarat suatu kawasan ditunjuk sebagai Kawasan Taman Nasional, apabila telah memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. kawasan yang ditetapkan mempunyai luas yang cukup untuk menjamin kelangsungan proses ekologis secara alami;
  2. memiliki sumber daya alam yang khas dan unik baik berupa jenis tumbuhan maupun satwa dan ekosistemnya serta gejala alam yang masih utuh dan alami;
  3. memiliki satu atau beberapa ekosistem yang masih utuh;
  4. memiliki keadaan alam yang asli dan alami untuk dikembangkan sebagai pariwisata alam;
  5. merupakan kawasan yang dapat dibagi ke dalam zona inti, zona pemanfaatan, zona rimba dan zona lain yang karena pertimbangan kepentingan rehabilitasi kawasan, ketergantungan penduduk sekitar kawasan, dan dalam rangka mendukung upaya pelestarian sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, dapat ditetapkan sebagai zona tersendiri.

Syarat suatu kawasan ditetapkan sebagai Kawasan Taman Hutan Raya, apabila telah memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. merupakan kawasan dengan ciri khas baik asli maupun buatan, baik pada kawasan yang ekosistemnya sudah berubah;
  2. memiliki keindahan alam dan atau gejala alam;
  3. mempunyai luas wilayah yang memungkinkan untuk pembangunan koleksi tumbuhan dan atau satwa, baik jenis asli atau bukan asli.

Syarat suatu kawasan ditetapkan sebagai Kawasan Taman Wisata Alam, apabila telah memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. mempunyai daya tarik alam berupa tumbuhan, satwa atau ekosistem gejala alam serta formasi geologi yang menarik;
  2. mempunyai luas yang cukup untuk menjamin kelestarian potensi dan daya tarik untuk dimanfaatkan bagi pariwisata dan rekreasi alam;
  3. kondisi lingkungan di sekitarnya mendukung upaya pengembangan pariwisata alam.




21 comments:

  1. Kalau di Indonesia mana saja yang ditetapkan sebagai KAWASAN SUAKA ALAM DAN KAWASAN PELESTARIAN ALAM ?

    ReplyDelete
  2. semoga bisa menjadi rumah yang baik bagi satwa-satwa di dalamnya dan menjaga bumi tetap indah

    ReplyDelete
  3. wah mantap artikelnya.. :D
    salam kenal mas.

    ReplyDelete
  4. baluran itu masuk apa ya?
    deket juga dengan rumah itu

    ReplyDelete
  5. Ternyata Kawasan Cagar Alam, Kawasan Suaka Margasatwa, Kawasan Taman Nasional, Kawasan Taman Hutan Raya dan Kawasan Taman Wisata Alam... itu beda2 to..? Kirain sama saja... :)

    ReplyDelete
  6. Dari kelima jenis "Kawasan" itu... manakah yang paling banyak ada di Indonesia ?

    ReplyDelete
  7. Ayo kota lestarikan alam semampu kita :D

    ReplyDelete
  8. wah wah, lengkap banget neh,,
    ternyata itu beda2 toh, hehe,,

    ReplyDelete
  9. di daerah tempatku tinggal entah termasuk kawasan apa, sulit dirumuskan sepertinya. haha

    ReplyDelete
  10. Terima kasih sudah berbagi pengetahuan penting...

    ReplyDelete
  11. Mengapa Tanahku Rawan Kini...Bukit Bukit Telanjang Berdiri...Pohon dan Rumput Enggan Bersemi Kembali...Burung-burung Pun Malu Bernyanyi

    ReplyDelete
  12. nambah ilmu lagi neh,,,,,tentang alam

    ReplyDelete
  13. Nice posting Sob, semoga makin banyak suaka alam yang yang ada dibumi in yah dan semoga juga yang sudah ada tetap lestari. Salam.. .

    ReplyDelete
  14. kayaknya di kota saya belum ada deh kawasan taman hutan raya

    ReplyDelete
  15. paling suka dengan pariwisata alam, flora dan fauna daripada wisata yang lainnya palagi wisata belanja.

    ReplyDelete
  16. asik nih muter2 dgn mobil toyota... jiahaha...

    ReplyDelete
  17. Wooow.. asik dunk Om jalan2 kawsan suaka alam make mobil keluarga.. *aku kapan yach..;)

    ReplyDelete
  18. Suka banget deh baca artikel yang ini. Jadi tau perbedaan antara Taman Nasional, Taman Hutan raya & Taman Wisata (kalo cagar alam & suaka marga satwa kan udah jelas perbedaannya)

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: KAWASAN SUAKA ALAM DAN KAWASAN PELESTARIAN ALAM INDONESIA | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah