10 November 2010

10 Jenis Mobil Penghasil Karbon Dioksida (CO2) Terkecil

Jenis Mobil Penghasil Karbon Dioksida (CO2) Terkecil merupakan perhitungan dan referensi untuk masyarakat Inggris dan Eropa dari Pemerintah Inggris yang disebarkan melalui website http://actonco2.direct.gov.uk/home.html dan dapat diakses secara umum. Jenis-jenis mobil yang ditampilkan dikategorikan berdasarkan kategori/klasifikasi mobil Eropa yang dimodifikasi menurut Euro NCAP 1997 - 2009. Kategori ini berbeda dengan kategori mobil Amerika (American English), British English, Euro Car Segment maupun Euro NCAP. Klasifikasi ini juga berbeda dengan penamaan klasifikasi/kategori kendaraan/mobil Indonesia yang membagi berdasarkan jumlah roda yaitu Kendaraan Roda 2 (Dua), Kendaraan Roda 4 (Empat, semisal Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia), Kendaraan Roda 6 (enam), dst. Di Indonesia, penamaan klasifikasi/kategori kendaraan/mobil Indonesia pun dapat ditentukan berdasarkan jenis kendaraan yang melalui jalan tol yaitu Gol I, Gol I Umum, Gol II A, Gol II A Umum, dan Gol II B.

Kendaraan/mobil yang menghasilkan Karbon Dioksida (CO2) menurut website Act On CO2 dibagi menurut :
  1. Supermini
  2. Small Family Car
  3. Family Car
  4. Estate
  5. MPV
  6. Compact Executive
  7. Executive
  8. Coupe
  9. Open Top
  10. Hot Hatch
  11. Compact 4x4
  12. Large 4x4
  13. Luxury
  14. Performance

Untuk kategori Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia semisal Toyota Innova (maupun merk dagang sejenis) tidak masuk klasifikasi mobil penghasil Karbon Dioksida terkecil menurut website Act On Co2, karena jenis mobil ini tidak dipasarkan di Inggris.

Merk Toyota yang masuk dalam Jenis Mobil Penghasil Karbon Dioksida Terkecil adalah :
  1. TOYOTA Prius edisi T Spirit with Solar Panel 1.8VVT-i hybrid E-CVT, berbahan bakar Bensin Hybrid, dengan nilai 89 CO2 (g/km).
  2. TOYOTA Auris Hybrid edisi T4 89g 1.8 VVT-i hybrid E-CVT, berbahan bakar Bensin Hybrid, dengan nilai 89 CO2 (g/km).
  3. TOYOTA Avensis edisi TR 4 door 2.0 D-4D 6 speed Manual, berbahan bakar Diesel, dengan nilai 134 CO2 (g/km).

Semakin kecil kapasitas mesin, umumnya menghasilkan Karbon Dioksida yang kecil juga. Untuk seluruh kelas, Mobil SMART model ForTwo Cabrio dan Coupe berbahan bakar Diesel menghasilkan emisi Karbon Dioksida terkecil yaitu 86 CO2 (g/km). Hal ini akan jadi berbeda jauh jika dibandingkan dengan mobil yang memiliki kapasitas mesin yang besar seperti AUDI New A4 Saloon edisi S4 3.0 V6 333ps quattro, berbahan bakar bensin yang memiliki nilai emisi 225 CO2 (g/km).

Sangat disarankan bagi para peminat mobil dalam membeli mobil baru maupun mobil bekas hendaknya mempertimbangkan Jenis Mobil Penghasil Karbon Dioksida Terkecil. Hal ini dimaksudkan agar lingkungan kita dapat terjaga kebersihan udaranya dan mobil yang digunakan tidak menjadi mesin penghasil polusi udara.


Copyright © 2013 attayaya: 10 Jenis Mobil Penghasil Karbon Dioksida (CO2) Terkecil | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah