24 Desember 2010

Kapal Greenpeace Rainbow Warrior I, II, III

Kapal Greenpeace Rainbow Warrior I, II, III merupakan kapal-kapal milik dan dioperasikan oleh Greenpeace. Suatu perjalanan panjang dalam usaha menyelamatkan lingkungan BUMI dari kehancuran yang diakibatkan oleh tangan manusia.

Saat ini Greenpeace memiliki dan mengoperasikan 3 kapal yaitu :
  1. Rainbow Warrior II
  2. The Arctic Sunrise
  3. The Esperanza
Khusus untuk Kapal Greenpeace (Greenpeace Ships) Rainbow Warrior telah ada 2 (1 tenggelam dan 1 rusak) dan yang ketiga akan dibangun dalam waktu dekat ini. Dalam Greenpeace Story terbitan Prentice Hall, nama Rainbow Warrior diusulkan oleh Bob Hunter (salah seorang pendiri Greenpeace), yang terinspirasi dari cerita sebuah buku berjudul "Warriors of the Rainbow" karangan William Wiloya dan Vinson Brown yang diterbitkan Naturegraph pada 1962.

Dalam buku itu dikisahkan ramalan suku Indian Cree di Amerika Utara yang menyebutkan akan datang suatu masa ketika Bumi sekarat akibat keserakahan manusia, kemudian sebuah kumpulan dari berbagai latar budaya yang meyakini suatu aksi nyata bekerja untuk menyembuhkan Bumi. Mereka adalah Kesatria Pelangi (Warriors of the Rainbow). Di Indonesia bisa saja disebut menjadi Laskar Pelangi, tapi bukan film Laskar Pelangi.

Pemberian nama Rainbow Warrior bersamaan waktunya dengan rintisan Greenpeace sepanjang perjalanan gerakannnya di Pasifik Utara pada 1971. Saat itu, ia bergabung sebagai jurnalis dalam sebuah kapal sewaan yang melakukan aksi menentang percobaan nuklir yang dilakukan Amerika Serikat di Pulau Amchitka, Kepulauan Aleutia. Greenpeace mirip dengan ramalan suku Indian Cree tersebut, yang mana Greenpeace terbentuk dari kumpulan berbagai orang dari berbagai latar budaya untuk suatu aksi nyata bekerja untuk menyelamatkan Bumi.

RAINBOW WARRIOR I (The Original Rainbow)
Tenggelam oleh Dinas Intelijen Prancis (DGSE=Direction Générale de la Sécurité Extérieure) di Auckland harbour pada 10 July 1985 melalui operasi dengan kode (codename) Opération Satanique. Operasi ini dilaksanakan oleh cabang DGSE di New Zealand. Kapal Rainbow Warrior ditenggelamkan dengan menggunakan bom di Auckland, New Zealand. Aksi intelijen ini untuk mencegah Greenpeace mengintervensi uji coba nuklir di kepulauan Mururoa (to prevent Greenpeace from interfering in a nuclear test in Moruroa).

Pengeboman ini menewaskan seorang photographer Greenpeace Fernando Pereira. Polisi New Zealand menangkap 2 agen intelijen Prancis dan memenjarakan dengan tuduhan Pembakaran kapal, bekerjasama untuk membakar kapal, pengrusakan dan pembunuhan, lalu dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. Skandal ini menyebabkan Menteri Pertahanan Prancis (French Defence Minister) Charles Hernu mengundurkan diri.

Peristiwa ini dibuatkan sebuah film untuk televisi di tahun 1992 dengan judul The Rainbow Warrior (The Sinking of the Rainbow Warrior) yang disutradarai oleh Michael Tuchner, produser Sam Strangis, penulis skrip Martin Copeland dan Scott Busby, serta diperani oleh Sam Neill, Jon Voight, Lucy Lawless, Kerry Fox dan lain-lain. Musik dikomposori oleh Paul Buckmaster dan Steve Tyrell. Film lainnya adalah "The Rainbow Warrior Conspiracy (1989)", dan film Prancis "Operation Rainbow Warrior" dan "Le Rainbow Warrior" (keduanya diproduksi tahun 2006).
Grenpeace Ships
Rainbow Warrior I


Kapal Rainbow Warrior I (nama resminya adalah Rainbow Warrior saja tanpa penomoran) merupakan kapal pukat dengan nama Kapal Sir William Hardy, yang dibeli Greenpeace dari Kementerian Pertanian, Perikanan dan Makanan Inggris (UK Ministry of Agriculture, Fisheries and Food = MAFF) di tahun 1978 dan diganti namanya menjadi RAINBOW WARRIOR. Kapal ini terdaftar di Amsterdam, the Netherlands Belanda. Kapal buatan tahun 1955 ini dibuat oleh Hall, Russell & Company, Aberdeen. Kapasitas tonase adalah 418 GT (gross tonnage), panjang 40 m (131 ft 3 in), dimotori oleh 2 mesin diesel dan layar seluas 620 m2. Kecepatan rata-rata kapal ini adalah 12 knots jika menggunakan mesin, dan 5-7 knots dengan menggunakan layar.


RAINBOW WARRIOR II
Merupakan pengganti Rainbow Warrior I dalam kondisi pemeliharaan (Docked). Kapal ini buatan tahun 1957 oleh Cochrane & Sons, Selby, North Yorkshire, United Kingdom (Inggris). Kapal ini mulanya dimiliki dan dioperasikan oleh si pembuat kapal yaitu Craig & Sons, Aberdeen, United Kingdom dengan nama Grampian Fame (dahulunya bernama Kapal Ross Kashmir). Greenpeace membeli kapal ini di tahun 1987 dan dioperasikan secara resmi pada 10 Juli 1989 dan diberi nama RAINBOW WARRIOR II (untuk memperingati 4 tahun tenggelamnnya The Original Rainbow Warrior I) serta didaftarkan di pelabuhan Amsterdam, Netherlands. Kapal dari class type Motor Assisted Schooner (motor yang dibantu layar) tiang 3 (3 masted). Aslinya kapal ini adalah kapal mesin uap yang telah dirubah menggunakan motor diesel.

Kapten kapal (skipper) ini adalah Mike Fincken yang pada tanggal 22 Mei 2008 mengalami kerusakan (docked) di Legazpi Citi, Albay, Philippines dalam kegiatan kampanye Greenpeace "Quit Coal, Save the Climate".

Kapal dengan panjang 55,2 meter (181 ft 1 in) memiliki kapasitas tonase 555 GT (gross tonnage). Kecepatan rata-rata kapal ini adalah 15 knots dengan menggunakan mesin dan 10 knots jika menggunakan layar seluas 650 m2 bekapasitas 30 penumpang.





RAINBOW WARRIOR III
Kapal ini masih dalam perencanaan. Dipesan oleh Greenpeace pada bulan Juli 2009 setelah kerusakan berat yang dialami oleh Rainbow Warrior II di tahun 2008. Greenpeace memesan ke perusahaan kapal Fr. Fassmer GmbH & Co. KG, Bremen, Germany dan Polish (Polandia) dengan estimasi biaya £14m. Kapal ini diusahakan selesai di tahun 2011 bertepatan dengan ulang tahun ke 40 Greenpeace yang mulanya dibentuk tahun 1971. Kapal Rainbow Warrior III adalah dari jenis Yacht Bermotor (Motor assited Yacht) dengan tonase 838 GT (gross tonnage) sepanjang 57,92 meter berkapasitas 30 orang.

Untuk maksud tersebut, Greenpeace memohon bantuan kepada seluruh aktivis dan simpatisannya untuk mendanai pembuatan kapal ini.




Rainbow Warrior IIIRainbow Warrior III


Rainbow Warrior IIIRainbow Warrior III








PERJALANAN PANJANG RAINBOW WARRIOR I DAN II





YOU CAN'T SINK A RAINBOW




Sumber :
http://www.greenpeace.org/
http://www.greenpeace.org/seasia/id/blog/impian-besar-dari-kapal-rainbow-warrior/blog/26734
http://www.greenpeace.org/international/en/about/ships/the-rainbow-warrior/
http://www.greenpeace.org/international/en/about/ships/the-arctic-sunrise/
http://www.greenpeace.org/international/en/about/ships/the-esperanza/
http://www.ship-technology.com/projects/rainbow-warrior/
http://en.wikipedia.org/wiki/Rainbow_Warrior_%282011%29
https://live.adyen.com/hpp/pay.shtml
http://www.imdb.com/find?q=Rainbow%20Warrior,%20The;s=tt
http://www.imdb.com/title/tt0105216/
http://en.wikipedia.org/wiki/Sinking_of_the_Rainbow_Warrior
http://id.wikipedia.org/wiki/Rainbow_Warrior
http://en.wikipedia.org/wiki/Rainbow_Warrior_%281955%29
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Rainbow_Warrior_%28film%29
http://en.wikipedia.org/wiki/Sinking_of_the_Rainbow_Warrior

Copyright © 2013 attayaya: Kapal Greenpeace Rainbow Warrior I, II, III | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah