29 Desember 2010

Design Rumah Minimalis Modern

Design/Desain Rumah Minimalis Modern menjadi trend atau gaya zaman kini. Penyebutan rumah didefinisikan para ahli sebagai bangunan yang dijadikan tempat tinggal baik manusia maupun hewan (umumnya lebih disebut sebagai sangkar, kandang, sarang) yang ditempati selama jangka waktu tertentu baik karena usia bangunan maupun karena alasan lainnya. Penekanan dalam artian khusus, rumah dianggap atau mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan (civil society) yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, tempat beraktivitas, tempat bertumbuh, tempat belajar, makan, tidur, dll. Penyebutan rumah dalam bentuk adalah sebuah bangunan yang mempunyai atau dibatasi dinding dan atap serta memiliki jalan masuk yang disebut pintu, yang dapat dilengkapi dengan jendela. Lantainya bisa dibuat dari berbagai media seperti tanah, keramik, papan, ubin, dll.

Bentuk rumah berbeda dari masa ke masa. Seperti yang dijelaskan pada Butang Emas tentang bentuk/desain rumah Melayu bahwa bentuk atau desain rumah orang Melayu :
biasanya hanya 2 (dua) yaitu (1) bentuk persegi panjang dengan bubungan panjang (rumah bubung melayu atau rumah belah bubung) yang disebut rumah melintang atau disebut juga bubungan Melayu, dan (2) bentuk segi empat dengan bubungan berbentuk limas dan disebut rumah limas. Bentuk-bentuk ini dipandang dari bangunan induk tanpa memperhitungkan bangunan dapur dan selaras atau beranda. Biasanya, bagian induk rumah orang Melayu terpisah dengan bangunan dapur. Bangunan yang terpisah ini dihubungkan dengan suatu bangunan penghubung yang lebih kecil dari bangunan induk dan bangunan dapur. Bangunan penghubung ini disebut "kilik anak" atau "gajah menyusu" atau "susur pandan". Jadi, bangunan dapur merupakan bangunan tambahan bagian belakang rumah. Pada bagian dapur, dibuat pula suatu bagian yang menyatu dengan dapur dan agak menonjol keluar yang disebut "Pagu" yang berfungsi sebagai tempat menyusun piring dan gelas yang baru dicuci. Selain itu, pada bagian dapur dibuat pintu yang berhubungan dengan selasar atau "ketapak". Selasar, atau ketapak bagian ini berfungsi sebagai tempat mencuci piring.

Ilmu dan seni untuk merancang bangunan disebut Arsitektur. Dalam pengertian luas Arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan dari cakupan lingkungan makro (perancangan kota, lansekap) sampai ke lingkungan mikro (rumah, ruangan, perabot, produk). Para arsitek membuat rancangan sesuai dengan permintaan pengguna maupun berdasarkan situasi zaman. Saat ini kita banyak melihat bangunan-bangunan di perkotaan yang menganut aliran minimalis kontemporer sebagai bukti bahwa aliran/corak/langgam rancangan minimalis ini dapat diterima masyarakat. Diterimanya corak langgam minimalis modern ini disebabkan karena masyarakat sedikit bosan dengan gaya lama klasik dan gaya mediteran dan menginginkan sebuah gaya yang seadanya dengan garis tegas seperlunya saja tanpa banyak pernak-pernik tampilan.

Minimalis didefinisikan atau memiliki pengertian oleh beberapa ahli sebagai pola berpikir dan cara hidup. Dalam bidang arsitektur langgam ini merupakan cara pandang baru dalam melihat design/corak/bentuk/langgam sebagai refleksi cara hidup masyarakat urban perkotaan yang serba praktis, ringan, efisien, dan penuh kesederhanaan. Minimalis selalu berhubungan dengan kata "Kontemporer" yang berasal dari kata temporer atau waktu saat ini, waktu yang berubah–ubah, perubahan waktu/zaman yang intinya dalam bidang arsitektur yaitu desain itu bersifat present, sedang in, sedang berkembang, sedang disukai, sedang cenderung, lagi ngetren atau sedang digemari. Dengan demikian desain minimalis merupakan bagian dari desain kontemporer yang sedang menjadi tren (kecendrungan) di Indonasia. Aliran design minimalis kontemporer/modern dalam perjalanan sejarah dan perkembangannnya sangat dipengaruhi oleh desain budaya dan arsitektur Jepang.

Ciri desain minimalis kontemporer/modern adalah hanya menampilkan elemen desain bangunan/rumah seperlunya saja, sambungan bidang yang sempurna tegas, penataan cahaya (terkait juga dengan arsitektur lingkungan hijau), ruang terbuka dan jendela yang besar, atap datar atau nyaris datar, penampilan struktur bangunan yang elegan/sederhana/lugas/tegas, penggabungan beberapa ruangan/space untuk efisiensi hidup.

Beberapa faktor/tips membuat bangunan dengan design rumah minimalis kontemporer/modern :
  • Tata ruang bangunan/rumah yang efisien dan efektif, fungsional, fleksibilitas, dengan sirkulasi manusia, barang dan udara yang cepat dan tepat, space/ruangan multifungsi (mengingat lahan umumnya tidak besar).
  • Unsur-unsur (elemen) bangunan yang tegas, lugas, tegak lurus, penggunaan bidang dan bahan yang tepat.
  • Bangunan simple sederhana yang proporsional, komposisi, warna yang tidak monoton.
  • Adanya konsep arsitektur lingkungan hijau (tropis) sehubungan dengan usaha pengurangan dampak pemanasan global
  • Penggunaan bahan tahan lama dan kuat mengingat bangunan umumnya menggunakan "dak" atap datar yang terbuka sehingga kurangnya perlindungan terhadap elemen struktur bangunan.
  • Kurangi ornamentasi sebagai anutan gaya rumah klasik.
  • Pemilihan bentukan interior dan furniture yang digunakan sesuai.
  • Dukungan bentukan lansekap (taman/halaman/lingkungan) secara keseluruhan.
  • Perhatikan budget/anggaran.







Sumber tulisan Design/Desain Rumah Minimalis Modern didapat dari Wikipedia, Flickr, hahoi, kitcheninteriordesign.onsugar, literaturesoft, dan website lainnya

Copyright © 2013 attayaya: Design Rumah Minimalis Modern | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah