14 Februari 2009

Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1

Secara teoritis (karena prakteknya masih susah bengat eh banget), terdapat berbagai usaha-usaha untuk mengurangi dampak global warming. Usaha-usaha mengurangi dampak pemanasan global warming itu banyak sekali, secara teoritis maupun prakteknya. Maka judul diatas pake nomor 1, karena bakal ada nomor 2 dan Insya Allah ada nomor selanjutnya. Semua usaha diperlukan kerjasama dan political-will (keinginan secara politik) dari pemerintah. Kerjasama ini baik berupa kerjasama antar instansi pemerintah, kerjasama antar masyarakat, maupun kerjasama masyarakat dengan pemerintah. Jika hal ini masih sulit juga dilakukan, maka mulailah dari diri sendiri.

Pertama : Pengurangan Emisi Gas Buang
Pembakaran Minyak dan Batubara untuk mendapatkan energi (listrik atau lainnya) harus lebih diefisiensikan, sebisa mungkin berpindah ke energi yang dapat diperbaharui seperti energi matahari dan angin. Pengembangan teknologi untuk industri dan transportasi dapat juga membantu pengurangan emisi gas buang.

Kedua : Perluasan Hutan
Tumbuhan dapat mengurangi CO2 (Carbon Dioxide) yang merupakan gas dominan pada rumah kaca atmospir bumi. Semakin banyak/luas hutan yang kita miliki akan semakin baik. Tetapi kecendrungan sekarang adalah deforestasi (pengurangan luas hutan) yang meningkatkan karbon dan membuat pemanasan global warming makin memburuk.

Ketiga : Merubah gaya hidup
Gaya hidup dan kebiasaan berjuta-juta manusia di bumi haruslah berubah. Kebiasaan yang tidak disadari telah menyebabkan meningkatnya pemanasan global (global warming) perlu diingatkan dan dirubah. Pemborosan energi (menghidupkan lampu yang tidak perlu, menggeber motor, dll) perlu dirubah menjadi penghematan energi. Kesadaran kita yang diperlukan.

Baca juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan

Aslinya dapat dilihat di http://unfccc.int/essential_background/feeling_the_heat/items/2907.php
Postingan terjadwal



Copyright © 2013 attayaya: Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah