14 Februari 2009

Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1

Secara teoritis (karena prakteknya masih susah bengat eh banget), terdapat berbagai usaha-usaha untuk mengurangi dampak global warming. Usaha-usaha mengurangi dampak pemanasan global warming itu banyak sekali, secara teoritis maupun prakteknya. Maka judul diatas pake nomor 1, karena bakal ada nomor 2 dan Insya Allah ada nomor selanjutnya. Semua usaha diperlukan kerjasama dan political-will (keinginan secara politik) dari pemerintah. Kerjasama ini baik berupa kerjasama antar instansi pemerintah, kerjasama antar masyarakat, maupun kerjasama masyarakat dengan pemerintah. Jika hal ini masih sulit juga dilakukan, maka mulailah dari diri sendiri.

Pertama : Pengurangan Emisi Gas Buang
Pembakaran Minyak dan Batubara untuk mendapatkan energi (listrik atau lainnya) harus lebih diefisiensikan, sebisa mungkin berpindah ke energi yang dapat diperbaharui seperti energi matahari dan angin. Pengembangan teknologi untuk industri dan transportasi dapat juga membantu pengurangan emisi gas buang.

Kedua : Perluasan Hutan
Tumbuhan dapat mengurangi CO2 (Carbon Dioxide) yang merupakan gas dominan pada rumah kaca atmospir bumi. Semakin banyak/luas hutan yang kita miliki akan semakin baik. Tetapi kecendrungan sekarang adalah deforestasi (pengurangan luas hutan) yang meningkatkan karbon dan membuat pemanasan global warming makin memburuk.

Ketiga : Merubah gaya hidup
Gaya hidup dan kebiasaan berjuta-juta manusia di bumi haruslah berubah. Kebiasaan yang tidak disadari telah menyebabkan meningkatnya pemanasan global (global warming) perlu diingatkan dan dirubah. Pemborosan energi (menghidupkan lampu yang tidak perlu, menggeber motor, dll) perlu dirubah menjadi penghematan energi. Kesadaran kita yang diperlukan.

Baca juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan

Aslinya dapat dilihat di http://unfccc.int/essential_background/feeling_the_heat/items/2907.php
Postingan terjadwal



26 komentar:

  1. Mari kita jaga bersama, selamatkan masa depan anak cucu dan bumi tercinta....

    BalasHapus
  2. bisa berseri ya artikel ini? dibuat buku aja, bang.

    BalasHapus
  3. mari kita sama sama berusaha!!! :)

    BalasHapus
  4. yupa sip aku setuju tuh sama langkah penanggulanganya sob

    BalasHapus
  5. mari kita gotong royong bareng angkat bangsa ini.. semoga kita diberi kekuatan. yang merasa sakti silahkan gotong duluan klo kuat..$#@#$%^%$#@*& ;)

    BalasHapus
  6. mari kita mulai dari rumah tempat tinggal kita :-)

    BalasHapus
  7. mari... kita galakkan go green...!!!

    BalasHapus
  8. @ semua : berusaha bersama dan berdoa agar pemerintah mau juga lebih turut serta

    BalasHapus
  9. Jangan menjadi Serakah...tingalkan Buat Anak Cucu kita....

    BalasHapus
  10. mantaabb.. Peduli Lingkungan..

    keep it,,

    belajar dan berbagi

    BalasHapus
  11. Global warming adalah dampak Lingkungan yang paling ditakutkan
    Cuaca yang tidak lagi bisa di predikisi
    Bencana alam dimana-mana
    adalah dampak yang paling kelihatan dari global warming

    Emang sih, untuk mencegah berlanjutnya dampak tersebut yang paling penting adalah kesadaran kita untuk merubah kebiasaan

    bener kan?

    BalasHapus
  12. Kita harus ingat...dunia ini bukan milik kita tetapi anak cucu kita...global warming lahir karena keserakahan kita sebagai manusia...mulai saat ini mari berbagi dan peduli mengurangi dampak global warming, kalau bukan kita siapa lagi?
    .............
    Salam sukses.
    Sugiana (http://info-peluang-bisnis-internet-blogspot.com)

    BalasHapus
  13. nuansa merah putih, ramah lingkungan dan nasionalis....

    BalasHapus
  14. Mari jaga bumi kita...
    "satu pohon bisa membuat bumi kita berafas segar"

    BalasHapus
  15. attayaya memang pembelajar sejati.
    salut !
    tak banyak blogger yg saia kenal punya komit memajukan negeri sedemikian menggebunya.
    Hmm....memang DUNIA harus kita kendalikan jg sampai kita yg dikendalikan hawa anfsu kita sendiri..
    hehe..kayanya out of topic nih

    Yup !

    BalasHapus
  16. Menurut saya, untuk mengurang dampak global warming (pemanasan global) adalah dengan Global Cooling) yaitu dengan menggerakkan masyarakat seluruh dunia untuk rame-rame minum es..!!! Selain untuk mendinginkan dunia, siapa tau kan mendapat penghargan rekor MURI:)

    BalasHapus
  17. usaha menguransi dampak global warming dengan mengubah gaya hidup, tolong bisa dibahas dalam 1 artikel tersendiri. Karena masing2 individu mempunyai peran yg sangat penting dalam usaha ini. banyak contoh kecil (salah satunya telah disebut untuk tidak menggeber motor), misalnya membatasi dan mengurangi pemakaian kantong plastik belanjaan, hemat menggunakan energi (termasuk air), pengendalian pemakaian tisue, dsb. Terus berkarya bung!!

    BalasHapus
  18. Harus kita mulai dari diri kita sedniri...

    BalasHapus
  19. @ semua : sadar sesadar-sadarnya bahwa kita ini menumpang hidup pada bumi yang dimiliki keturunan kita. dengan cara apapun yang terbaik agar bumi ini tetap terjaga keutuhan dan keseimbangannya.

    BalasHapus
  20. Boss, berniat ikut Global World Silent Day Campaign gak?? untuk mengurangi dampak emisi gas buang di Bumi... langsung aja meluncur ke sini... Global World Silent Day

    BalasHapus
  21. Setuju, tapi aku masih sering ngidupin komputer berjam" new.. susah uei ngilangin kebiasaan buruk ini. komputernya panas lagi, sualnya make AMD kwowkwowkwok...
    Semoga nanti bisa lebih irit.... 'amin'

    BalasHapus
  22. ayo hentikan global warming agar anak dan cucu kita bisa menikmati bumi ini lebih layak dari pada kita....

    BalasHapus
  23. bagus infonya , tapi bisa ga memberi tips yang lebih detail dan lebih gampang dilakuin..hehe..

    tq ya..

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah