03 Februari 2009

CO2 (Carbon Dioxide)


Karbon dioksida (rumus kimia: CO2) atau zat asam arang adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Ia berbentuk gas pada keadaan temperatur dan tekanan standar dan hadir di atmosfer bumi. Rata-rata konsentrasi karbon dioksida di atmosfer bumi kira-kira 387 ppm berdasarkan volume walaupun jumlah ini bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan waktu. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang penting karena ia menyerap gelombang inframerah dengan kuat. Karbon dioksida dihasilkan oleh semua manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme pada proses respirasi dan digunakan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis. Oleh karena itu, karbon dioksida merupakan komponen penting dalam siklus karbon.

Karbon dioksida juga dihasilkan dari hasil samping pembakaran bahan bakar fosil. Karbon dioksida anorganik dikeluarkan dari gunung berapi dan proses geotermal lainnya seperti pada mata air panas. Karbon dioksida tidak mempunyai bentuk cair pada tekanan di bawah 5,1 atm namun langsung menjadi padat pada temperatur di bawah -78 °C. Dalam bentuk padat, karbon dioksida umumnya disebut sebagai es kering.

CO2 adalah oksida asam. Larutan CO2 mengubah warna litmus dari biru menjadi merah muda.Karbon dioksida adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau. Ketika dihirup pada konsentrasi yang lebih tinggi dari konsentrasi karbon dioksida di atmosfer, ia akan terasa asam di mulut dan mengengat di hidung dan tenggorokan. Efek ini disebabkan oleh pelarutan gas di membran mukosa dan saliva, membentuk larutan asam karbonat yang lemah. Sensasi ini juga dapat dirasakan ketika seseorang bersendawa setelah meminum air berkarbonat. Konsentrasi yang lebih besar dari 5.000 ppm tidak baik untuk kesehatan, sedangkan konsentrasi lebih dari 50.000 ppm dapat membahayakan kehidupan makhluk bumi, terutama MANUSIA.

Oleh karena aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil dan penggundulan hutan, konsentrasi karbon dioksida di atmosfer telah meningkat sekitar 35% sejak dimulainya revolusi industri. Pada tahun 1999, 2.244.804.000 ton CO2 dihasilkan di Amerika Serikat dari pembangkitan energi listrik. Laju pengeluaran ini setara dengan 0,6083 kg per kWh. Emisi CO2 yang diakibatkan oleh aktivitas manusia sekarang adalah 130 kali lipat lebih besar dari kuantitas yang dikeluarkan gunung berapi, yaitu sekitar 27 milyar ton setiap tahun.

MAUKAH ANDA MATI KARENA TERLALU BANYAKNYA CO2 DI ATMOSFIR BUMI???
JIKA TIDAK MAU, MAKA MARI KURANGI EMISI CO2 SEKARANG JUGA!!!



Carbon-Dioxide/Karbon Dioksida (CO2) salah satu faktor penyebab pemanasan global yang dihasilkan oleh manusia
(gambar dari http://knowledge.allianz.com)

Wikipedia :
Karbon dioksida
ImageFileL
ImageFileR
Nama Sistematis Karbon dioksida
Nama lain Gas asam karbonat; karbonat anhidrida; es kering (bentuk padat); zat asam arang
Identifikasi
Nomor CAS [124-38-9]
PubChem
Nomor EINECS
Nomor RTECS FF6400000
SMILES C(=O)=O
InChI 1/CO2/c2-1-3
Sifat
Rumus molekul CO2
Massa molar 44,0095(14) g/mol
Penampilan gas tidak berwarna
dan tidak berbau
Densitas 1.600 g/L (padat)
1,98 g/L (gas)
Titik leleh

−57 °C (216 K)
(di bawah tekanan)

Titik didih

−78 °C (195 K)
(menyublim)

Kelarutan dalam air 1,45 g/L
Keasaman (pKa) 6,35 dan 10,33
Viskositas 0,07 cP pada −78 °C
Momen dipol nol
Struktur
Bentuk molekul linear
Senyawa terkait
oksida terkait karbon monoksida; karbon suboksida; dikarbon monoksida; karbon trioksida
Kecuali dinyatakan sebaliknya, data di atas berlaku
pada temperatur dan tekanan standar (25 °C, 100 kPa)




15 komentar:

  1. wah bumi ini semakin panas saja

    BalasHapus
  2. postingan good. :thumbsup: untuk attayaya....
    maaf baru bisa ol lagi. mau nawarin cat tembok nie, kebetulan masih ada sisa... huehehehe.... (*_-)

    BalasHapus
  3. ingat waktu smu dulu ha..ha..

    BalasHapus
  4. wah, caranya ngurangin co2 cuma dengan bikin bumi kita hijau lagi deh..

    BalasHapus
  5. info yang menarik, agar kita tetap bisa menajga kehijaun bumi..
    Go Green!

    BalasHapus
  6. wah..saya ga mau mati gara2 banyak co2 di atmosfir bumi..tunggu ya..saya mau tanam pohon dulu..hehe

    BalasHapus
  7. @ semua : ayo tanam pohon semua

    BalasHapus
  8. tanam pohon plus naek sepeda saja Mas!

    BalasHapus
  9. wahh aku sudah banyak nanam pohon mas dirumah..kebetulan suka bunga2an dan pohon buah..
    Btw infonya bagus bangettt..Ayooo kita ikutan nanam pohon...

    BalasHapus
  10. waahhhhh akhirnya bisa koment juga,... lets go green,...

    BalasHapus
  11. hemmmm aya kayaknya udah mulai jadi ilmuwan nih.... ayo tetep semangat berguru ma albert einstein...
    hehehheeee....

    BalasHapus
  12. wah, jadi ahli kimia dia sekarang.

    BalasHapus
  13. rumahku kecil. halamannya juga kecil tapi byk tanam bunga. sama aja kan?

    BalasHapus
  14. waaaah saya sangat bingung sama pelajaran ipa

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: CO2 (Carbon Dioxide) | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah