08 Februari 2009

Peta Digital Indonesia

Pagi 7 feb 2008, di TVOne menyiarkan sebuah acara yang salah satu isinya memberitakan tentang seorang BUYUNG AKRAM sang pembuat peta digital Indonesia. Peta ini gratis tis tis tis tis (sangking semangat menjelaskan bahwa peta ini gratis banget) bisa didonlod di navigasi.net
Peta ini bisa dimasukin ke peralatan GPS (Global Positioning System) berbasis Garmin atau peralatan lain yang telah terinstal program MapSource. Untuk peta yang dimasukin ke GPS Garmin, filenya bernama GMAPSUPP dan peta yang dipakai dengan menggunakan program aplikasi MapSource filenya bernama MapSource (jangan bingung antara aplikasi bernama MapSource yang dibuat Garmin dengan file untuk aplikasi tersebut yang dibuat navigasi.net bernama MapSource juga)

Semua file peta dapat di donlod di navigasi.net (harap bersabar karena servernya sering ngadat menangani jumlah donlod yang sangat banyak).
Program aplikasi MapSource dapat di donlod di Garmin

Peta ini karena gratis maka boleh didistribusikan tetapi tidak boleh diperjualbelikan. Pembuatnya juga bilang bahwa ada beberapa kesalahan. Harap maklum, namanya juga gratis. Yang bayar aja kadang ada kesalahan kok.

Karena aku ga punya peralatan GPS tapi pengen punya peta ini dan menjalankannya di laptop, maka aku donlod peta MapSource dari navigasi.net dan aplikasi MapSource dari www8.garmin.com (hasil donlod sebaiknya disatukan dalam satu folder saja).

Untuk file MapSource :
setelah didonlod akan diekstrak dengan winrar atau 7zip atau winzip.
Untuk aplikasi MapSource :
setelah didonlod, pertama ekstrak file MapSource_***.exe pake winrar atao 7zip atao winzip ke folder baru
jalankan main.msi
kemudian baru jalankan file MapSource_***.exe tersebut.

Wah keren abis...
Ini hasil peta di sekitar rumahku, cukup detil walo ada beberapa kesalahan ejaan nama jalan.
(Kalo pake google map malah ga keliatan sama sekali).



Hasil karya anak Indonesia yang dipersembahkan bagi bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2008
Selamat untuk BUYUNG AKRAM dan teamnya :
Adi Darmaji, Agung Pambudi, Agus Setiawan, Agustinus Sukaryono, Ahmad Wiyono, Aiman Talib, Andria Trisno, Anjang Kusuma Netra, Ary Manukoa, Arif Darma, Asep Sumpena, Bambang Untoro Jati, Boedi Prasetya, Buyung Akram, Dedy Hendratno, Eddy Kurniawan, Effendy Kho, Eko Budi Santoso, Eko Sastrio Limanto, Eko Siswanto, Fitriadi, Harry, Hans Siddharta, Dadi Tresnanto Bekti, Iftiron Y. Trisnanto, Imran Dwiutomo, Indra Gunawan, Irwan Joe, Irwin Ismail, M.Bambang Irianto, Mohammad Teguh, Mursyid Nento, Nugroho Purnomo, Priyo Wibowo, Rahwono, Robin Tagor Gultom, Robby Candra, Roland Lesmana, Ronny Kangaran, Rullu Budi Satya, Ryan Dharmawan, Sam san, Sapto Ardi Cahyono, Sentot Baskoro, Sofian Dg Paratte, Susatiyo Hendrawan, Stefendy Handoko, Steve Kartantya, Suparyadi, Suyandi Liyis, Thifa Caesa Hendaningrum, Tusli Komara Djaja, Victor Mordekhai, Wahyu Setiawan, Wawan, Widodo Wiyono, Wishnu E. Winata, Yudhi P. Nugroho, Zeppy Shiddiq

JIKA MASIH BINGUNG NGEGUNAIN PETA DAN APLIKASI MAPSOURCE,
SILAHKAN TANYA OOM GOOGLE DENGAN KEY "MAPSOURCE" ATO "NAVIGASI.NET" ATO KEY LAIN YANG BERHUBUNGAN,
UDAH ADA BEBERAPA BLOG LAIN YANG NGEJELASIN LENGKAP PENGGUNAAN PETA DAN APLIKASINYA.



11 komentar:

  1. wah ...ada info lagi ya...ma kasih aku jadi tambah semangat lagi ...buka net ..maaf semalem ngatuk banget jadi ketiduran deh n...ndak sempat on line ...terus kasih masukan untuk saya ya? met pagi...

    BalasHapus
  2. wahj trims infonya attayaya... mari selamatkan indonesia untuk orang yang masih cinta indonesia....

    BalasHapus
  3. @ semua : semoga masih banyak org Indonesia yang mencintai Indonesia

    BalasHapus
  4. Very interesting article, i have bookmarked your blog for future referrence

    BalasHapus
  5. kerenz mas...

    cintailah produk dalam negeri...

    udah pada periksa sepatu belum ni..

    ^_^

    BalasHapus
  6. wew,... tar rumah saya jadi gampang ketahuan dong??? awas ngintip ya... hahahah

    BalasHapus
  7. Anak Indonesia memang kreatif!
    yang lain,ayo berkreasi.

    BalasHapus
  8. hmm...begadang ya buat bikin peta rumahmu? bikinin peta rumahku dong.
    he he he...mau enak aja nih.

    BalasHapus
  9. ternyata di zaman yang katanya semua serba bayar ada juga yang masih gratisan...

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Peta Digital Indonesia | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah