01 Februari 2009

Sepeda Raleigh


Bersepeda yuk!!!


Sepeda Raleigh (kukenal sebagai sepeda Unto atau Onta) awalnya diproduksi di Nottingham, Inggris dan masih tetap ada sampai sekarang, bahkan telah berkembang ke Amerika, Denmark, dan beberapa negara lain. Perusahaan Raleigh (Raleigh Bicycle Company) merupakan salah satu dari perusahaan sepeda tertua di dunia. Walaupun Raleigh di tahun 1929 sampai 1935 juga memproduksi sepeda motor dan mobil 3 roda.

Sejarah sepeda Raleigh bermula di tahun 1886 dimana saat itu 3 orang Inggris yaitu Messrs Woodhead, Angois dan Ellis memulai usaha pembuatan dan penjualan sepeda di bengkel mereka yang kecil di Jalan Raleigh, Nottingham. Pada saat itu, sepeda yang diproduksi adalah sebanyak 3 unit dalam 1 minggu.

Di tahun 1887, Frank Bowden yang berumur 38 tahun membeli sebuah sepeda buatan Woodhead, Angois dan Ellis tersebut. Bowden membeli sepeda karena anjuran dokternya untuk memakai sepeda demi kesehatannya. Bowden yang akhirnya membeli dan memakai sepeda tersebut, menawarkan untuk membeli usaha sepeda Woodhead, Angois dan Ellis di tahun 1888. Pembelian tersebut membuat produksi meningkat pesat dengan menambah pegawai menjadi selusin pegawai yang dapat menghasilkan 9 sepeda dalam 1 minggu.

Di tahun 1891, sehubungan dengan peningkatan produksi, Bowden membeli tempat usaha di Jalan Russel, Nottingham. Bowden kemudian mengganti nama usaha sepedanya menjadi Raleigh Cycle Company sesuai dengan nama jalan tempat usaha awalnya tersebut.

Diterjemahkan dari Wikipedia dan ditambahkan dari berbagai sumber lain.




















Copyright © 2013 attayaya: Sepeda Raleigh | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah