01 Mei 2009

Mengapa terjadi pemanasan global?

Mengapa terjadi pemanasan global?

Secara sederhana, aku dapat melihat bahwa pemanasan global diakibatkan oleh manusia yang ingin lebih sejahtera dan nyaman serta manja. Kenapa begitu?

Coba kita pakai analisa sederhana saja :
Ketika manusia mulanya hanya mempunyai gubuk sederhana (bahkan mungkin masih tinggal di gua) dan mengumpulkan makanan dari sekitarnya (food gathering era), manusia belum melakukan pengrusakan alam/hutan. Pada saat itu Karbon Dioksida terbanyak dihasilkan oleh letusan gunung berapi. Perkembangan manusia baik secara kualitas dan kuantitas menyebabkan dibutuhkan lebih banyak makanan dan tempat tinggal. Sehingga manusia mulai berkebun dan mencari kayu untuk dijadikan tempat tinggal. Pada masa ini, mulailah terjadi penebangan hutan. Semakin lama semakin berkembang. Manusia membutuhkan lebih banyak lagi makanan dan tempat tinggal dan kebutuhan lain untuk membuat hidup manusia lebih nyaman.
Kemudian manusia mulai memproduksi bahan makanan lebih banyak lagi dari kebun-kebun mereka. Sisa produksi bisa mereka jual/barter dengan kebutuhan lain yang menyebabkan meningkatnya kesejahteraan manusia. Penebangan hutan semakin luas untuk memperluas kebun dan tempat tinggal.

Dengan adanya revolusi industri menyebabkan manusia menebang hutan untuk menempatkan pabrik-pabrik dan mencari bahan baku pabrik seperti hasil tambang besi, nikel, tembaga dan juga bahan bakar untuk industri seperti minyak bumi dan batubara. Pada saat itu, pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi dan batubara) mulai menyebabkan naiknya karbon dioksida. Hal ini semakin lama semakin berkembang sesuai dengan pertumbuhan jumlah manusia di bumi.

Manusia yang ingin "lebih" sejahtera (kata lain untuk rakus), menebang hutan untuk diproduksi dan menghasilkan uang. Hutan-hutan yang gundul dijadikan perkebunan (menjadi hutan homogen). Maka semakin meningkatlah jumlah karbon dioksida di bumi. Dengan meningkatnya jumlah karbon dioksida di bumi menyebabkan tidak seimbangnya atmospir bumi terutama pada lapisan rumah kaca. Hal ini menyebabkan bumi semakin panas.

Jakarta semakin panas. Dahulu jika kita ke Puncak di wilayah Bogor harus menggunakan jaket. Ketika aku ke Puncak di tahun 2008 dari Jakarta, aku hanya menggunakan baju kaos biasa dan tidak kedinginan lagi seperti ketika aku ke Puncak di tahun 1988.

Bukti lain yang hampir sama adalah ketika aku ke Bukittinggi. Berdiri dekat Jam Gadang Bukittinggi pada subuh hari di tahun 2008 kemaren tidak membutuhkan jaket untuk melindungi hawa dingin Bukit Barisan. Di tahun 1987 jika kita ke Bukittinggi dan berdiri di samping Jam Gadang saat subuh, jangan coba-coba jika tidak memakai 2 kaos plus 1 jaket.

Di zaman sekarang, ketika manusia telah sejahtera dan ingin nyaman menghadapi udara panas, maka manusia memasang pendingin udara (air conditioning / AC) dirumahnya. Padahal AC menyumbang panas cukup besar baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidak langsung karena energi yang digunakan untuk menghidupkan AC adalah dari energi dari pembakaran bahan bakar fosil menjadi energi listrik (syukur jika listriknya dari energi air / PLTA). Secara langsung? Ga usah ditanya deh. Coba aja kamu berdiri di belakang mesin AC deket ma kompresornya. Rasakanlah panas (bukan hangat) dari udara yang disemburkan oleh kipas untuk mendinginkan kompresor AC.

Apa yang harus kita lakukan?
Yang mudah adalah menanam pohon lebih banyak di sekitar rumah kita.
Menghemat energi yang dihasilkan dari pembakaran fosil.

Dua hal ini sebenarnya mudah dilakukan. Jika ada niat maka usaha untuk mengurangi pemanasan global akan mudah dilakukan. Rubahlah gaya hidup anda.

Ngeblog mengakibatkan pemanasan global?
YA, jika 10 juta manusia menghidupkan komputer dan jaringan internet dari energi pembakaran fosil.
Maka berhematlah. Ngebloglah jika diperlukan. Usahakan berhemat.

Maaf jika aku terlalu menggurui.
Karena aku bukan guru.
Aku cuma seorang yang sedang belajar.


Baca ini juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan



Copyright © 2013 attayaya: Mengapa terjadi pemanasan global? | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah