22 Mei 2009

Pilihlah Presiden Yang Berani Memberantas Illegal Logging - 2

Tulisan ini merupakan sambungan dari postingan berjudul :
Pilihlah Presiden Yang Berani Memberantas Illegal Logging - 1



Pulau Sumatera yang sampai 1970-an aman banjir, kini tiap tahun terendam banjir. Riau, Bengkulu, dan Jambi misalnya, kini jadi langganan banjir tiap musim hujan. Sebaliknya di musim kemarau, banyak wilayah Sumatera kekeringan. Bahkan sejumlah danau yang airnya dimanfaatkan untuk pembangkit listrik di musim kemarau mengalami kekeringan. Akibatnya, Pulau Sumatera pun menghadapi krisis listrik.

Hal yang sama terjadi di Pulau Kalimantan. Pulau yang dulu terkenal dengan hutan tropisnya yang amat kaya dengan keanekaragaman hayati itu, kini nyaris gundul. Hal itu misalnya bisa kita lihat ketika naik pesawat terbang melintasi Pulau Kalimantan. Disana-sini pulau tersebut sudah botak dan hutannya habis. Kini kita pun menyaksikan betapa sungai-sungai penting di pulau tersebut - tak terkecuali Sungai Kapuas dan Barito - mengalami penurunan debit air yang amat besar. Bahkan sebagian sungai sudah kering. Kondisi tersebut akan berubah drastis di musim hujan. Banyak Wialayah Kalimantan yang dulu aman kini terendam banjir. Belum lagi longsor dan banjir bandang yang tiap tahun menelan ratusan korban jiwa di seluruh Indonesia.

Itu baru dari sisi bencana alam. Belum lagi dari sisi kerugian secara material dan ekosistem. Secara material, Indonesia mengalami kerugian Rp. 30 trilyun tiap tahun akibat pencurian kayu. Belum termasuk pajak dan segala macam retribusi yang lain. Bila semua itu dihitung lalu ditambah dengan kerusakan hutan yang lain (satu penebangan pohon akan merusak ratusan bahkan ribuan meter persegi hutan saat kayu itu roboh, kayu dibawa dengan traktor, dan diseret ke sungai) akibat penjarahan kayu itu, tiap tahun Indonesia kehilangan lebih dari Rp. 50 trilyun akibat kerusakan hutan. Nilai tersebut jumlahnya sangat besar jika mengingat bangsa Indonesia tengah mengahdapi krisis ekonomi dan finansial. Kita bisa membayangkan dari kasus kehilangan kayu saja - bila presiden terpilih dapat mencegahnya - pemerintah dapat menghemat Rp. 50 trilyun. Jumlah tersebut lebih dari cukup untuk membayar utang tahunan Indonesia - baik domestik maupun internasional.

Secara ekosistem, kerusakan hutan juga menimbulkan tragedi yang luar biasa. Ribuan jenis flora dan fauna ikut musnah bersama kerusakan hutan. Padahal di antara flora dan fauna itu ada yang bersifat endemik, yaitu hanya berada di wilayah tersebut. Ini artinya, kerusakan hutan tersebut menimbulkan kerugian yang amat besar dalam ekosistem. Yaitu berupa hancurnya mata rantai kehidupan tersebut yang nilainya tiada tara besarnya karena menyangkut survivalitas manusia sendiri.

Nah, dari fenomena tersebut kita bisa melihat betapa bahaya kerusakan hutan di Indonesia. Jika kondisi tersebut tak segera diatasi, tidak hanya Indonesia yang akan mengalami kerugian besar, tapi juga DUNIA.

Sekarang, bangsa Indonesia sedang (akan) memilih presiden. Presiden adalah nakhoda kapal Indonesia yang seharusnya mampu menyelamatkan kapal yang tengah oleng dan nyaris tenggelam itu. Jika kita sembarangan memilih presiden, maka Indonesia akan benar-benar hancur dan jadi negeri tandus. Karena itu, dilihat dari profil, sejarah masa lalu, dan karakter kepribadian para capres - kita mestinya sudah bisa melihat capres mana yang paling pas untuk menjadi nakhoda kapal Indonesia yang tengah semaput SOS ini. Siapapun yang terpilih, kita sebagai rakyat hanya bisa berharap ;


SELAMATKAN HUTAN INDONESIA




Digubah ulang sesuai dengan kondisi sekarang dari buku :
Prof. Dr. Hadi Alikodra, et.al
Global Warming : Banjir dan Tragedi Pembalakan Hutan
Bab : Pilihlah Presiden Yang Berani Memberantas Illegal Logging


47 komentar:

  1. hohoho.. bahaya juga ya kalo ampe ekosistem rusak.. global warming makin menjadi nih..

    BalasHapus
  2. siapakah dia mari kita tunggu...!

    BalasHapus
  3. iya bang...mari kita tunggu presiden yang mampu membrantas ilegal loging dan perusakan alam lainya...semoga yang terpilih mampu...(oh ya bang..saya memang blm update blog saya,krn lagi liburan dibatam...)

    BalasHapus
  4. waduh, kayaknya cuma waktu kampaye aja deh mereka berani berantas ilegal loging.
    Lamun tos jadi mah atuh pohoooooooooooo
    pilih attay aja presidennya, biar kota jadi utan semua.
    Tapi menurut kang dwi, mending pilih bloger aja. biar ngeblog bisa di utan.... wakkkkk
    Moga2 presiden terpilih bisa berjuang untuk hutan kita. (amin)

    BalasHapus
  5. pake part-part segala ya.. hehehe, menarik2...

    BalasHapus
  6. klo saya milih yang ngasih modal buat saya aja ah
    tp sapa ya???
    lam knl ya kisanak... twew

    BalasHapus
  7. ida hanya bisa berdoa siapapun presiden terpilih nanti semoga lebih mengutamakan keadaan indonesia secara kesluran bukan hanya di sekeliling mereka aja. amin

    BalasHapus
  8. GILA ya? 250 juta rakyat indonesia yang punya otak gak lebih dari 500 orang! KACAU! . 2 hari lalu ditayangkan di BBC kehidupan orang utan di sumatra yang krisis karna akibat penggundulan hutan, hutan itu bener2 gundullllllll, bersihhh gak ada satu helaipun pu'unnnnnn!! hewan tersingkir, pohon tersingkir, tinggal tunggu reward yang dikasih balik ke manusia ntar sama alam (kek the happening bisa jadi nyata ntar).

    BalasHapus
  9. btw, thanks mau usahakan bukunya. Kalau memang gak ada, bisa tolong di copy bukunya, Ya?

    BalasHapus
  10. masaya alloooohhhh, semoga capres2 kita benar2 perduli tentang ini ya bang....

    BalasHapus
  11. CAPRES lebih sibuk ngulas tentan BLT....hiks...
    BElum qualified tuk dipilih....

    BalasHapus
  12. mudah mudahan aja ya bis sebab kalau di lihat dari sekarang mereka sibuk merebut kursi kenikmatan no 1 di indonesia. kalau emang mau majukan negara dengn bener2 dengan kondisi mereka yang semacam itu sekarang hmm...........
    tapi berfikir optimis aja deh mudah mudahan bisa mereka majuin indonesia seutuhnya
    makasih kunjujngannya om

    BalasHapus
  13. Tidak pilih siapa-siapa karena dari 3 calon memilki trackrecord yg jelek terhadap pembalakan liar dan kebakaran hutan, pilih om attayaya aja dan blognya ini.

    BalasHapus
  14. Pak, kira2 siapa yah...??? Oh ya, saya pinjam nama Bapak, untuk posting :)

    BalasHapus
  15. kbanyakan pkerja yg d byar tuk ilegal loging tu pngangguran. Tu d sbabkn krngx lowongn pkrjaan d daerh stu. Jd mngkn dg mbri/mbuka lwongn krja bwt mreka,bs sdkt mngurangi ilegal logging.

    BalasHapus
  16. antara ilegal loging dan pemerintah kayaknya 1 kesatuan. kalau di berastas gak ada uang masuk lg donk hehehehe

    BalasHapus
  17. meninggalkan jejak akh...

    hihihihihihi......

    setuju... mau juga akh kampanye indonesia hijau..... biar tambah adeeem... Brrrr...

    BalasHapus
  18. dari sabang samapi merauke harus hijau semua..
    gak boleh da gedung, gak boleh da motor..
    "pokoke ijo royo-royo"

    BalasHapus
  19. makin hancur negeri kita :(

    malu saya :(

    BalasHapus
  20. Brow, ada lg Illegal Logging dikampung halaman ku tu, aktornya salah satu pegawai bank yang cukup kukenal....(inisial "M"), terobosan yg membawa petaka. Kalau Pemimpin sih masih yang "BIRU".

    BalasHapus
  21. hutan Indonesia yang ditumbuhi oleh lebih dari 300 ribu species tanaman yang tidak terdapat di belahan dunia lain nyaris gundul oleh tukang cukur yang berlabel Illegal Logging.
    Aku dukung yang punya program untuk itu,... say no to tukang cukur hutan.

    BalasHapus
  22. Asal korupsi bisa diberantas, illegal logging akan bisa efektif diperangi. Kalau korupsi masih merajalela, sulik juga memerangi illegal logging, karena terkait dengan duit .. duit ..duit .. ^_^

    @ BJ Koch

    BalasHapus
  23. berarti dari tiga pasang calon, tidak ada satupun yg kemungkinan besar membawa perubahan yg berarti bagi lingkungan hidup, karena ketiganya sudha pernah menduduki jabatan dan sepak terjang mereka sudah terdeteksi.
    apa begitu mungkin?

    BalasHapus
  24. salut bgt atas kecintaannya sama hutan :)
    lanjutkan fren. betewe sp dong presiden yg cocok?

    BalasHapus
  25. Aku juga sangat prihatin dengan keadaan bangsa ini.. terutama alam.. pemanasan global juga sudah diambang mata. Percuma jika rakyat (tau pemerintahannya) makmur tetapi alamnya rusak.. aku yakin kemakmuran itu akan hilang dengan singkat..
    So.. Aku (sangat) setuju dengan artikel ini..

    BalasHapus
  26. Salam kenal Sob, Top dah Pokoknya artikelnya

    BalasHapus
  27. Kalo ada yg kesulitan memberantas pembalakan liar, minta tolong ama Michael Ballack aja...

    BalasHapus
  28. "Pilihlah Presiden Yang Berani Memberantas Illegal Logging"
    Setuju !

    http://kelincex.blogspot.com

    BalasHapus
  29. aku nggak bisa milih gimana donk??
    cuma bisa berdoa semoga presiden yang terpilih adalah presiden ang peduli lingkungan deh

    BalasHapus
  30. Calon menteri Lingkungan Hidup neh...

    BalasHapus
  31. Menurut mas atta siapa presiden yang berani itu??

    BalasHapus
  32. ilegal loging, korupsi .... apa aja deh ...
    semuanya hrus mjd isue sentral dlam pemilu :)
    kenapa nggak mencoba fokus pada 1 titik ... biar keliatan dy berprinsip :)

    BalasHapus
  33. go green indonesia

    hukum mati koruptor dan orang yang ngelakuin illegal logging

    BalasHapus
  34. Hallo om, jumpa lagi...

    wah ,,,,makin ijo aja blog ini....

    cuma sepertinya belum dengar capres yang cuap2 berani memberantas illegal logging....

    BalasHapus
  35. Illegal Logging merupakan masalah yang sangat kompleks. Karena itu juga sangat sulit mencari sosok yang benar-benar peduli dengan pemberantasan Illegal Logging.
    Dari ketiga Capres yang bertarung, ketiga-tiganya adalah muka lama yang tidak terlihat pro kepada keselamatan lingkungan. Jadi milih siapa nih Bang?

    BalasHapus
  36. salam malam minggu bos aku datang bawa satu poiny datang ya ada yang baru

    BalasHapus
  37. Ayoo... dukung SBY he.....3x

    BalasHapus
  38. ayoooo selamatkan hutan INDONESIA !!! biar gak nyesel di kemudian hari ...

    BalasHapus
  39. setuja..... kalo pemimpinnya (Presiden) niat brantas ilegal logging, pasti hutan indonesia bakalan selamat.

    BalasHapus
  40. malam bang...moga pilpres kali ini menemukan pemimpin yang cinta terhdp alam..

    BalasHapus
  41. semoga dengan terpilihnya presiden yang peduli lingkungan, terus pohon2 tumbuh sendiri. halah. hehe

    BalasHapus
  42. Waaah , semoga semua harapan baik kita terwujud ya.....

    BalasHapus
  43. setuju!! selama ini banyak yang bilang stop global warming... tapi praktiknya mana?? itu hanya kata2 bukan???

    BalasHapus
  44. kalo pilih saya ntar ga bakal ada lagi ilegal loging, korupsi, ntar sekolah bisa pake sandal jepit semua wkakakaa

    BalasHapus
  45. Setuju...!! Tapi kalo gak ada yang berani, berarti gak ada yang dipilih dong ?

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Pilihlah Presiden Yang Berani Memberantas Illegal Logging - 2 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah