21 Mei 2009

Hercules : Besar dan Tangguh

Satu lagi pesawat TNI AU Republik Indonesia jatuh. Menambah luka bagi Bangsa Indonesia. Jatuhnya pesawat jenis Hercules C-130 HS (Long Body) nomor seri A-1325, mengakibatkan makin berkurangnya ALUTSISTA (Alat Utama Sistem Pertahanan) Indonesia. Pesawat ini merupakan pesawat jenis pengangkut yang sangat terkenal. Mulai dikembangkan sejak 1951 ketika perang Korea, dimana jenis pesawat sebelumnya tidak mampu untuk ikut dalam jenis perang yang lebih modern.

Nama Hercules tercantum pada jenis pesawat ini berdasarkan mitologi Yunani dimana Dewa Hercules tergambar sebagai pahlawan dan dewa yang penuh kekuatan dan berbadan besar, merupakan anak Dewa Zeus. Kemudian nama Hercules pun banyak dipakai pada berbagai perusahaan, dibuatkan drama, fiksi, gelar orang, tempat, jenis binatang (Hercules Beetle/Dynastinae jenis rhinoceros), teknologi, maupun alat transport.

Tercatat, pesawat yang memiliki rentang sayap terpanjang juga bernama Hercules buatan Hughes Aircraft dengan nama lengkap Hughes H-4 Hercules (Spruce Goose --> spruce=pohon cemara, goose=angsa). Pesawat jenis amphibi ini terbuat dari kayu lapis yang dilaminating, akibat adanya pembatasan penggunaan material alumunium, dibuat di tahun 1947 hanya berjumlah 1 dan sekarang berada di Evergreen Aviation Museum. Sayangnya pesawat ini terbang hanya untuk 1 kali dalam seumur hidupnya pada tanggal 2 November 1947 sejauh 1,6 km dengan ketinggian 21 meter. Setelah itu, pesawat ini tidak terbang lagi.

Pesawat Hercules buatan Lockheed lebih bagus, handal dan maju daripada buatan Hughes yang cuma 1 saja. Hercules buatan Lockheed telah diproduksi massal dan tetap beroperasi sampai sekarang dengan lebih dari 40 jenis pesawat. Hercules juga merupakan 5 dari jenis pesawat dunia yang telah merayakan ulang tahun ke 50 (Desember 2006). 4 jenis pesawat lainnya yang telah berulang tahun ke 50 adalah English Electric Canberra, B-52 Stratofortress, Tupolev Tu-95, dan KC-135 Stratotanker.
Pesawat Hercules buatan Lockheed dikembangkan oleh Tim Desainer Lockheed yang dipimpin oleh Willis Hawkin dengan dokumen proposal setebal 130 halaman berdasarkan permintaan dari United States Air Force (USAF) pada 2 Februari 1951. USAF merasa bahwa dalam perang Korea yang dimulai Juni 1950 merupakan perang dunia II dalam era transportasi pasukan dan kebutuhannya. USAF membutuhkan gerakan cepat dan dalam jumlah banyak bagi pasukannya, yang tidak dapat dilayani oleh pesawat-pesawat sebelumnya yaitu C-119 Flying Boxcars, C-47 Skytrains dan C-46 Commandos. Maka USAF mengeluarkan General Operating Requirement (GOR/Kebutuhan Dasar Operasi Umum) yaitu pesawat dengan persyaratan :
  • mengangkut minimal 92 penumpang atau 72 pasukan (combat trooper) atau 64 pasukan penerjun (paratroopers),
  • dengan jarak jelajah minimal 1,100 nmi (1,300 mil; 2,000 km),
  • dapat lepas landas (take-off) pada landasan pendek dan tidak dikeraskan
  • tetap dapat terbang walau 1 mesinnya mati.
Permintaan kebutuhan USAF ini disampaikan kepada perusahaan Boeing, Douglas, Fairchild, Lockheed, Martin, Chase Aircraft, North American, Northrop, dan Airlifts Inc.

Tim Desainer Lockheed semula membuat proposal untuk nama pesawat L-206 yang memenangkan kontrak dengan USAF pada 2 Juli 1951. Prototipe (model contoh) pertama (tetapi tidak bisa terbang) bernama YC-130 dibuat 23 August 1954 di pabrik Lockheed di Burbank, California. Protipe kedua merupakan pesawat YC-130 yang pertama kali terbang dengan pilot Stanley Beltz dan Roy Wimmer selama 61 menit penerbangan ke Edwards Air Force Base.

Setelah kedua prototipe tersebut selesai, produksi dimulai di pabrik Lockheed di Marietta, Georgia sebanyak 2.300 unit. Produksi pesawat pertamanya diberi nama Hercules C-130A dengan mesin Allison T56-A-9 turboprops dengan 3 bilah kipas (three-blade propellers). Pengiriman/penyerahan kepada USAF dimulai Desember 1956, dan terus berlanjut sampai dikeluarkannya jenis Hercules C-130B pada tahun 1959.

Berbagai jenis (lebih dari 40 jenis militer dan termasuk untuk penggunaan sipil) telah dikembangkan dan dipakai oleh sekitar 69 negara di dunia ini, dan salah satunya C-130 HS (longbody) dipakai oleh Indonesia yang jatuh di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Magetan, Jawa Timur, Rabu 20 Mei 2009.


Innalillahi wainnailaihi rajiun
Turut berduka cita

General characteristics C-130 H (Data from The Aviation Zone)

* Crew: 4-6: at least 2 pilots,1 flight engineer (eliminated in the J variant), and 1 loadmaster; additional loadmaster and navigator are usually part of the crew
* Capacity:
o 92 passengers or
o 64 airborne troops or
o 74 litter patients with 2 medical personnel
* Payload: 45,000 lb (20,000 kg) including 2-3 Humvees or an M113 Armored Personnel Carrier
* Length: 97 ft 9 in (29.8 m)
* Wingspan: 132 ft 7 in (40.4 m)
* Height: 38 ft 3 in (11.6 m)
* Wing area: 1,745 ft² (162.1 m²)
* Empty weight: 83,000 lb (38,000 kg)
* Useful load: 72,000 lb (33,000 kg)
* Max takeoff weight: 155,000 lb (70,300 kg)
* Powerplant: 4× Allison T56-A-15 turboprops, 4,300 bhp (3,210 kW) each

Performance

* Maximum speed: 329 kn (379 mph, 610 km/h)
* Cruise speed: 292 kn (336 mph, 540 km/h)
* Range: 2,050 nmi (2,360 mi, 3,800 km)
* Service ceiling: 33,000 ft (10,000 m)

Comparable aircraft
* Antonov An-12
* Blackburn Beverley
* Transall C-160



Sumber bacaan :
United Nations Join Logistic Centre (http://www.unjlc.org/)
Wikipedia (http://en.wikipedia.org/
US Air Force (http://www.af.mil/)
US NAVY (http://www.navy.mil/)
Global Security (http://www.globalsecurity.org/)
Military Aviation (http://www.aviamil.net/)
The Aviation Zone (http://www.theaviationzone.com/)



52 komentar:

  1. Musibah lagi,.....Bencana lagi,....Introspeksi.

    BalasHapus
  2. Selain kritikus film,.. Atta juga saya rekomendasikan sebagai staf ahli departemen pertahanan jurusan Hercules.

    Emangnya siapa aku yah???? merekomendasikan segala....

    BalasHapus
  3. kecelakaan lagi ,entah mengapa penerbangan diindonesia akhir2 ini dilanda bermcm masalah...hercules pesawat yang hebat ..

    BalasHapus
  4. hercules memang tangguh dan kuat
    tapi jika takdir berkehendak lain,,
    kita hanya bisa berusaha dan berdoa
    innalillahi wainnalillahi raji'un

    BalasHapus
  5. semua itu takdir.he...
    btw aku prnah lo naik itu, ya coba2 dulu.he... mnakutkan bgt nggak spt psawat komersial lain.huhh...

    BalasHapus
  6. Waduh.. dapat aja yang kayak ginian ya..

    BalasHapus
  7. turut berduka cita semoga arwahnya diterima disisi allah swt... maap nih lama baru mampir lagi

    BalasHapus
  8. blogwalking di pagi hari yg cerah. met pagi, semoga menjadi hari yang menyenangkan ";)"

    BalasHapus
  9. untung ga jatuh dirumahq...hiiii

    BalasHapus
  10. yang besar pun masih bisa jatuh....

    BalasHapus
  11. jiahhhhhh
    hercules khan besar n tangguh di darat. jadi wajar dunk jatoh, coba kl namanya ganti GATOT KACA, pasti ga pernah jatoh, paling2 nyangsang(nyangkut) di pohon mangga

    BalasHapus
  12. turut berduka cita yang sedalam dalamnya atas jatuhnya pesawat ini. hemat saya lebih baik jual aja kerongsokan pesawat2 yang sudah tidak layak terbang itu. daripada menambah korban lagi. percuma mereka di latih untuk mempertahankan NKRI tapi meninggalnya di pesawat sendiri karena pesawat yang dah rongsokan itu...masa jatuh pesawat di indonesia hampir tiap bulan...habis habiskan duit ga karuan aja tuh. geram saya mendengarnya

    BalasHapus
  13. Innalillahi wainnailaihi rajiun
    Turut berduka cita

    BalasHapus
  14. wah wah wah *geleng-geleng kepala* semoga dengan berkurang pertahanan negara kita ini tidak dimanfaatkan oleh piahak-pihak tertentu yang ingin menaklukkan indonesia ya

    BalasHapus
  15. innalillahi wa inna ilaihi rajiun
    turut berduka cita atas jatuhnya pesawat hercules
    semoga mereka mendapat tempat yang diinginkan disana serta diberikan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan

    oia kenalan donk dengan blog baru *salaman*
    ditunggu kunjungan balik dan komentarnya di blog gadget dan technologi.

    BalasHapus
  16. kenapa kejadian kek gini terus terjadi hampir setiap tahun? pendidikan para pilotnyakah yang kurang? engineeringnya kah yang salah?
    gak salah kalo penerbangan indonesia gak boleh mendarat di eropa, khususnya prancis yang sangat selektif dengan nama baik penerbangan suatu negara. inilah pendidikan yang hanya mengutamakan sogok menyogok, si kaya dan si miskin dan melihat kesempurnaan fisik dari pada otak. Diskriminasi tentang pendidikan di indonesia masih nyata sekali, apalagi untuk pendidikan penerbanagan pilot! whuiihhh!

    BalasHapus
  17. Di amerika or eropa gak ada pilot ganteng or muda, tapi juga gak ada angka kecelakaan pesawat dalam statistik yg tinggi kek di indo. but di indo???????? ganteng dan muda, kecelakaan hampir tiap taun???? negara amburadul!

    BalasHapus
  18. peristiwa yang menyedihkan, tapi yang lebih parah dan menyedihkan adalah MEMBUAT KESALAHAN YANG SAMA!

    BalasHapus
  19. wuih lengkap datanya, turut berduka. semoga tidak terjadi lagi ya bang

    BalasHapus
  20. ajegile, keren banget datanya bang :D, dapat dari mana neh ...

    BalasHapus
  21. jadi semakin takut aja naik pesawat

    BalasHapus
  22. Turut berduka cita buat korban dan keluarga yang ditinggalkan

    BalasHapus
  23. Turut berduka cita... Semoga mendapat tempat yang layak disisiNya... Amin...

    @ setiawan : Jangan direkomendasikan Pak.. Dia udah diancang-ancang jadi pejabat tinggi daerah tuh. Jadi jangan diganggu.. Wakakakakaka

    BalasHapus
  24. Lagi2 Kecelakaan Udara.. Ini harus jadi PR bagi pemerintahan kita buat lebih memperhatikan Keselamatan Angkatan Udara yang kita miliki... Agar tidak ada air mata dan Duka Lagi bangsa Indonesia..

    BalasHapus
  25. semakin banyak yang posting, semakin banyak pesawat yang jatoh

    jiahhhhhhhh.......

    BalasHapus
  26. aku datang Om..... wah.... tak henti2nya musibah datang silih berganti.... tabahkan hatimu.. jaah..

    BalasHapus
  27. Bang.. Ada bingkisan di blogku untuk penutup ripiu. Hehehehe... Besok pagi jam 7 ya..

    BalasHapus
  28. pesawat telah jatuh,,,korban telah di kubur
    cucuran darah telah mengalir,,,,dan tangis telah pecah,,,,
    turut berduka cita atas musibah yang menimpa keluarga korban mudah2an amalnya di terima disisi Tuhannya,,,amin,,amin,,amin,,amin,,amin,,yarobal alamin

    BalasHapus
  29. setangguh apapun pesawatnya, memang naas Innallilahi

    BalasHapus
  30. Wew..
    Besar dan kuat..
    Tapi tetap buatan manusia..
    Isa error..
    Inalillahi..

    BalasHapus
  31. Semakin besar pesawatnya, semakin hebat jatuhnya, semakin besar ledakannya, semakin banyak korbannya, huehuehuehue.... turut berduka cita bagi keluarga para korban.

    BalasHapus
  32. Hercules jatuh pada saat tema tentang kebangkitan marak diceremonialkan...
    Referensinya komplit banget bang...bisa buat bocoran spec tender nih he he he :D

    BalasHapus
  33. HERCULES tu anaknya zeus itu kok bisa jatuh ya?

    BalasHapus
  34. turut berduka cita buat korban pesawat hercules..

    BalasHapus
  35. innalillahi wa inna ilaihi rajiun
    turut berduka cita atas jatuhnya pesawat hercules
    dan di beri ketabahan untuk keluarga yang di tinggalkan .. :)


    lam knal mas :)

    BalasHapus
  36. turut berduka cita....
    semoga keluarga yg diitnggalkan dapat santunan, apalagi yg ditinggal bapaknya, hikss

    BalasHapus
  37. selamat pagi om apa kabar

    BalasHapus
  38. nice info bang,..met siang bang..

    BalasHapus
  39. saatnya bangsa ini memperbarui ALUTSISTA

    BalasHapus
  40. Musibah lagi.. apa yang telah kita lakukan sehingga terjadi musibah seperti ini lagi.. sedih.

    BalasHapus
  41. Sehebat apapun pesawatnya, tak ada yang bisa menolak takdir jika pesawat itu harus kecelakaan.
    tabah dan ikhlaskan!

    BalasHapus
  42. tak pernah bosan aku brkunjung ke sini kadang sehari sampai 4 kali aku kesini
    apa kabar om

    BalasHapus
  43. itu pesawat lama...
    kasian ya..cmn manusia hanya bisa berdoa saja, Tuhan yang berkehendak...
    semoga keluarga mereka tabah

    BalasHapus
  44. berkunjung pagi melihat blog yang bagus dan disini ku berhenti lama sambil istirahat dan baca baca

    BalasHapus
  45. infonya lengkap euuuy...

    bageuuuuusss.....

    BalasHapus
  46. Innalillahi wainnaillaihi raji'un..
    Musti kudu wajib introspeksi diri nih..

    BalasHapus
  47. tangguh tapi kalau sudah tua,,,ya ...karatan juga,,,

    BalasHapus
  48. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari kejadian ini....Pesawatnya memang tangguh..kita tunggu saja hasil penyelidikannya...karena keadaan pesawat, cuaca atau human error..

    BalasHapus
  49. innalillahi wainna ilaihi rajiun
    semoga meereka yang meninggal termasuk golongan syuhada dan mereka yang ditinggal senantiasa diberikan ketabahan yang kuat, amiiin

    oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk. ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan manjakan mata, telinga dan waktu anda dengan samsung LED TV. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

    BalasHapus
  50. Namanya juga Hercules mas
    Putra dewa Zeus, tangguh dan kuat
    namun sekuat2nya hercules musti dipelihara
    biar tetep tangguh agar kecelakaan gak terulang lagi

    BalasHapus
  51. namanya juga buatan manusia
    tidak ada yang abadi

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Hercules : Besar dan Tangguh | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah