05 Desember 2010

Pelatihan Blog oleh Blogger Bertuah dan PT. Telkom

KOMUNITAS BLOGGER BERTUAH DAN PT TELKOM KEMBALI MENGGELAR PELATIHAN BLOG - Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru bersama mitranya PT Telkom Riau Daratan kembali mengadakan Pelatihan Dasar Blog. Kali ini pelatihan dilaksanakan di MAN 1 Pekanbaru, kamis (02/12). Sekitar 20an peserta ikut serta dalam pelatihan ini. Mereka berasal dari kelas X, XI, dan, Kelas XII di MAN 1 dan juga Kelas Jauh Rumbai sekolah ini. Sebelumnya Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru telah beberapa kali mengadakan pelatihan blog di SMPN 10 Pekanbaru, SMPN 6 Pekanbaru, SMP/SMA di Helat Blogger Riau, dan pelatihan lainnya.

Dalam pelatihan blog kali ini, ketua komunitas blogger Bertuah, Taufik Asmara, yang akrab disapa Bang Fiko, menyampaikan materi pengantar tentang blog dan bagaimana mengoptimalkan aktifitas blogging (nge-blog) ini agar bermanfaat bagi para blogger dan tentunya masyarakat sebagai pembaca blog tersebut. Setelah menyampaikan pemahaman dasar tentang bagaimana cara mengoptimalkan blog, selanjutanya para peserta diajak langsung praktek bagaimana cara membuat blog yang baik. Untuk praktek ini, beberapa anggota komunitas Blogger Bertuah juga ikut turun membantu para peserta yang mengalami kesulitan dalam membuat blog, seperti Attayaya, Bang Ais, Maryo, Laksmana Embun, Bang Emo, Kick Kiran, Alfi, Yopi, dll.

Dalam pelatihan yang berlangsung lebih kurang 3 jam tersebut, para peserta terlihat antusias mengikuti arahan-arahan yang diberikan oleh pemateri maupun anggota komunitas lainnya.

Menurut Abdul Bara yang merupakan salah seorang peserta pelatihan ini, Ia merasa sangat berterimakasih karena bisa mengikuti pelatihan ini. Menurutnya dengan pelatihan ini, dirinya semakin paham bagaimana cara membuat blog yang baik, dan bagaimana cara memanfaatkannya.

"Saya sekarang punya media untuk berbagi informasi tentang hobi saya bermain sulap, dan juga tentang keislaman," lanjut Siswa kelas X ini tentang isi blognya nanti.
Antusias yang sama juga diungkapkan oleh Ibu Pita yang merupakan guru komputer di MAN 1 ini. Menurutnya, MAN 1 merasa sangat beruntung karena diberi kesempatan oleh PT Telkom untuk mendapat pelatihan blog gratis langsung dari para praktisi blog di Pekanbaru, yaitu komunitas blogger Bertuah Pekanbaru. Ia mengharapkan agar pelatihan seperti ini terus kontinyu dilaksanakan dengan pendalaman-pendalaman materi tentang blog ini.

"Saya berharap teman-teman dari Komunitas Blogger Bertuah dan PT Telkom dapat kembali ke sekolah kami dan memberikan pelatihan-pelatihan lanjutan tentang blog ini."

Mengenai pelatihan blog ke sekolah-sekolah ini, bang fiko mengungkapkan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan bagian dari peran komunitas blogger Bertuah pekanbaru mensosialisasikan kegiatan nge-blog kepada masyarakat. Dengan pelatihan-pelatihan seperti ini, diharapkan akan memacu semangat para siswa dalam berbagi informasi melalui blog.

Bang Fiko menambahkan bahwa pelatihan blog seperti ini tidak tertutup hanya untuk kalangan pelajar. Siapa saja masyarakat Pekanbaru yang ingin mendalami kegiatan nge-blog ini, komunitas Blogger Bertuah pekanbaru akan dengan senang hati membantu. Apakah sifatnya perorangan, atau kelompok-kelompok kecil, tinggal datang ke :

Sekretariat Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru
Jalan Sakinah I No. 1,
Tangkerang Utara
(di belakang Lembaga Pemasyarakatan
tembus ke Jalan Tanjung Jaya II)
Pekanbaru


"Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru telah memprogramkan untuk melakukan pelatihan-pelatihan secara berkala kepada masyarakat. Alhamdulillah keinginan itu mendapat dukungan dari PT Telkom Ridar dengan Program Bakti Untuk Dunia Pendidikan mereka. Kita sangat berterima kasih terhadap dukungan yang diberikan kepada komunitas ini," Ujar Bang Fiko.



Postingan ini punya Bang Fiko untuk release di Koran Tribune Pekanbaru













Copyright © 2013 attayaya: Pelatihan Blog oleh Blogger Bertuah dan PT. Telkom | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah