11 Desember 2010

Database Online Form dan Contact View Embbeded di Blog

Database Online Form dan Contact View Embbeded di Blogspot dibuat untuk seorang komentator yang bernama JOKO PURNOMO yang minta diajarkan cara membuat database online yang bisa dipasang di web/blog. Mas Joko juga udah kukirim imel, yang ternyata agaknya kurang jelas, sehingga minta diajarin detil. Hal ini sebenarnya juga udah di posting di Membuat Database Online dan Menampilkan di Blog. Database Online itu aku buat untuk data alumni SMA-ku yang tercinta yaitu SMPP 49, SMA 6, SMA 8 Pekanbaru (duuuh tuh nama sekolah berubah-ubah teruuuuuus... jiahahahahahaha.....).

Sebagai catatan, postingan ini dibuat dengan menggunakan koneksi Speedy (Speed that you can trust, Broadband Access Lead Your Life) gratis dari PT. Telkom Indonesia Riau Daratan, serta database dari Database Online Zoho Creator (https://creator.zoho.com). TERIMA KASIH......

Sebelum melanjutkan postingan ini, aku menyarankan untuk membaca postingan Membuat Database Online dan Menampilkan di Blog seperti yang telah aku jelaskan di atas.

Dan....
siapkan teh nasgitel (panas legi kenthel) plus rokok dji sam soe sebungkus, mengingat postingan ini akan panjaaaaaaaaaaaaaaaang dan lamaaaaaaaaaaa (tapi ga bulet, item, panjang). Ntar jadi Smekdon kata bung Bayu Lebond.

Pertama dan utama sekali susudara, buatkan akun dulu di https://creator.zoho.com lalu konfirmasikan melalui imel pendaftaran.

Pembuatan database online dapat dibaca di Membuat Database Online dan Menampilkan di Blog

Sekarang kita masuk topik :
CARA MEMASANG FORM INPUT DATABASE ONLINE KE BLOG terutama blogspot.

UNTUK JOKO PURNOMO, NAMA DATABASE TELAH KUEDIT DARI "CONTACT" MENJADI "DATABASE ALUMNI". HANYA ITU SAJA YANG KUUBAH SESUAI USER YANG TELAH DIMANDATKAN.

  1. Sign in ke https://creator.zoho.com, akan terbuka seperti gambar dibawah ini :




  2. Klik kata "Alumni Database" atau apapun nama database yang akan membuka jendela penginputan database online baru
  3. Klik tombol "more actions" lalu klik "embed in your website" lihat gambar di bawah :




  4. Klik areal yang ada tulisan "iframe......" lalu copy (ctrl+v) atau klik kanan pilih copy. Klik "close". Kode htmlnya akan berbeda untuk setiap user dan untuk setiap database. Ini salah satu contohnya :



    <iframe height='500px' width='100%' name='zoho-Database_Alumni' frameborder='0' allowTransparency='true' scrolling='auto' src='https://creator.zoho.com/dekkielz/alumni-database/form-embed/Database_Alumni/'></iframe>
  5. Masuk (sign in) ke blogspot dan buatlah 1 postingan (new entry). Pastekan kode html dari Database Zoho tersebut ke dalam postingan. Contoh hasil kopi-paste kode html tadi adalah Form Input Database Online di bawah ini :





CARA MEMASUKKAN CONTACT VIEW (REPORT) DATABASE ONLINE KE BLOG

  1. Kembali ke Zoho Creator Database Online seperti gambar terakhir di atas. Pada sebelah kiri, klik "CONTACT VIEW" yang akan membuka database yang telah diinputkan. Untuk kasus JOKO PURNOMO, terdapat 3 VIEW FORM (Report) yang telah dibuatnya. Terserah mas Joko mau memilih database yang akan digunakan. Yang tidak dipakai sebaiknya di delete saja.




  2. Sama pengerjaannya dengan Form Input pada langkah nomor 3 di atas, klik tombol More Actions, klik Embedded in your website
  3. Copy kode html seperti langkah 4 di atas
  4. Pastekan ke blog seperti langkah 5 di atas
  5. Lalu postingkanlah entry blog (postingan) tersebut.





SELESAI.......

Demikian cara yang dapat kuterangkan tentang Database Online Form dan Contact View Embbeded di Blogspot sesuai kemampuanku dalam menerangkan hal belum terang dan perlu penerangan. halaaaaah kalimatku jadi belibet neh jiahahahahaha........

SEMOGA BERHASIL



Copyright © 2013 attayaya: Database Online Form dan Contact View Embbeded di Blog | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah