10 Nama Khas Sunda Bayi Laki Laki Dan Perempuan Ini Mengandung Harapan Dan Doa



Memang memilih nama bayi menjadi momen sangat penting bagi setiap orang tua. Pasalnya nama merupakan harapan serta doa dari orang tua bagi sang buah hatinya kelak.

Oleh karena itu para orang tua harus menyiapkan nama yang baik untuk sang buah hatinya jauh jauh hari sebelum kelahirannya. Memilih nama untuk sang buah hati tidak boleh dilakukan asal asalan, pasalnya nama akan menjadi identitas yang akan disandang anak sepanjang hidupnya.

Tetapi Anda tidak perlu bingung bingung dalam memilih nama untuk bayi. Karena ada banyak referensi nama yang bisa dipilih. Jika Anda ingin si kecil memiliki nama khas, maka bisa memilihnya nama khas dari daerah misalnya saja Sunda.

Ada banyak nama khas Sunda yang mengandung harapan dan doa. Berikut dibawah ini referensi 10 nama khas Sunda yang mengandung harapan dan doa untuk bayi laki laki dan nama anak perempuan sansekerta, diantaranya yaitu :

A.    Nama Khas Sunda Laki Laki Yang Mengandung Harapan Dan Doa

1.    Bagja
Nama khas Sunda Bagja ini tidak hanya terkesan gagah saja, tetapi juga mengandung harapan dan doa. Sesuai dengan arti dari nama ini yaitu “bahagia lahir dan batin”. Jadi si kecil yang memiliki nama ini diharapkan akan selalu bahagia lahir dan batin kelak.

2.    Amar
Nama khas Sunda Amar ini memiliki arti riang. Sebenarnya nama ini diadaptasi dari nama bayi Arab dengan ejaan Ammar, tetapi berbeda artinya yaitu memakmurkan. Dengan memberikan nama Amar ini, si kecil diharapkan kelak akan tumbuh yang menjadi anak periang serta dapat membahagiakan orang orang di sekitarnya.

3.    Durahman
Nama khas Sunda Durahman ini memiliki arti Pengasih. Dengan memberikan nama ini diharapkan si kecil kelak bisa menjadi anak yang selalu mengasihi orang lain.

4.    Galih
Nama khas Sunda Galih ini memiliki arti hati. Dengan memberikan nama Galih ini pada bayi laki laki, maka kelak si kecil diharapkan bisa tumbuh menjadi anak yang baik hati.

5.    Hamdan
Nama khas Hamdan ini memiliki arti terpuji. Dengan memberikan nama ini, kelak si kecil diharapkan bisa menjadi anak yang selalu berperilaku terpuji.

B.    Nama Khas Sunda Perempuan Yang Mengandung Harapan Dan Doa

 

1.    Damayanti
Nama khas Damayanti ini memiliki arti seseorang yang terpuji hatinya. Dengan memberikan nama ini maka kelak si kecil yang cantik bisa tumbuh menjadi sosok perempuan yang selalu terpuji hatinya.

2.    Darsiati
Nama khas Darsiati ini memiliki arti seseorang yang berhati hati terang bagaikan pelita. Dengan memberikan nama ini maka diharapkan bayi perempuan Anda bisa tumbuh menjadi anak yang memiliki hati terang bagaikan pelita, sehingga bisa menerangi orang orang di sekitarnya.

3.    Citraloka
Nama khas Sunda Citraloka ini memiliki arti catatan sejarah. Anak perempuan yang memiliki nama Citraloka diharapkan akan membuat catatan sejarah yang manis dengan selalu bersikap baik, entah perilaku ataupun tutur katanya. Sehingga membuat banyak orang selalu ingat akan hal hal yang baik saja.
 
4.    Dedeh
Nama khas Sunda Dedeh ini memiliki arti perempuan yang tersayang. Dengan memberikan nama ini kelak si kecil diharapkan akan menjadi anak yang selalu disayangi oleh orang orang di sekitarnya.

5.    Denok
Nama khas Sunda Denok ini memiliki arti wanita yang tercantik. Bayi perempuan yang memiliki nama ini kelak diharapkan akan menjadi anak yang cantik baik paras, tutur kata, atau perilakunya.

Namun dari sekian banyak nama khas dari Sunda, tetep panggilan sayang di Jawa Barat ialah Eneng, Neneng, atau Neng. Hampir semua perempuan Jawa Barat akan dipanggil dengan nama Eneng merupakan wujud sayang orang tua kepada anaknya. Sangat menarik sebagaimana halnya di daerah lain, misalnya suku batak akan memanggil perempuan dengan panggilan Butet.

Okay, Kawan. Diantara nama2 tersebut. Agaknya mana yang menarik minta kalian untuk kelak disematkan kepada calon buah hati? Apapun itu, nama tetaplah sebuah nama yang mewakili pengharapan orang tua kepada anak.