02 Juni 2009

Tantangan Karbon : Tahukah Kamu? - 3

Sampai ke Level 3 pada permainan Tantangan Karbon (http://tantangankarbon.com, memberikan pengetahuan singkat yang lebih, seperti di bawah ini :


Tantangan Karbon Level 3 : TAHUKAH KAMU?
Hutan hujan tropis menutupi 14% dari permukaan daratan bumi. Sekarang, jumlah ini menyusut hingga tinggal 6%, dan akan habis dalam 40 tahun bila kita terus mengkonsumsinya. Semakin sedikit karbon yang tertahan dalam tumbuhan, berarti semakin banyak karbon yang terlepas, baik ke udara atau ke bentuk lain seperti minyak bumi.

Ketika bahan kayu diubah menjadi perabotan atau bahan baku perumahan, kandungan karbon yang ada di dalamnya akan bertahan seumur hidup kayu tersebut, dan tidak akan terlepas ke udara. Bangunan dari bahan kayu bisa dengan mudah dirombak atau dikonversi menjadi produk lain. Bangunan berangka baja dan beton membutuhkan 16% dan 17 % energi lebih banyak untuk memproduksi dan perawatannya, daripada bangunan berangka kayu. Jejak karbon yang dihasilkan juga 26 % lebih banyak pada rangka baja, dan 31 % lebih banyak pada rangka beton, bila dibandingkan dari rangka kayu. Keuntungan bangunan kayu lainnya adalah sifat kayu yang 400 kali lebih buruk dalam menghantar panas dibandingkan baja, dan 8,5 kali lebih buruk dibandingkan dengan beton. Ini memudahkan untuk menjaga temperatur dalam ruangan. Bangunan kayu juga tidak bisa dibilang berumur pendek. Dalam survei yang dilakukan pada pembongkaran bangunan di Minneapolis, 63% dari bangunan kayu yang dibongkar berumur lebih dari 50 tahun. Kebanyakan dari itu bahkan berumur lebih dari 75 tahun.

Umumnya satu keluarga dalam setahun membuang sampah plastik sebanyak kurang lebih 40 kg. Sampah plastik umumnya membutuhkan waktu kurang lebih 500 tahun untuk dapat terurai.

Tetesan air dari keran yang bocor bisa melepaskan 75 liter air terbuang percuma selama sehari.

Sebuah bohlam pijar 100 watt yang menyala selama 10 jam, mengkontribusikan 1 kg karbon ke udara, dari energi listrik yang digunakannya. Sementara jumlah karbon yang sama dikontribusikan oleh lampu halogen dengan voltase rendah dengan menyala selama 15 jam. Sedangkan CFL harus menyala selama 50 jam untuk mengkontribusikan 1 kg karbon.

Lampu CFL bisa menghemat kebutuhan energi anda hingga 75 %. Lampu CFL 9 - 11 Watt memberikan terang yang setara dengan lampu bohlam 40 Watt. Walau sangat hemat energi, sebaiknya kita selalu mendaur ulang lampu CFL, karena lampu jenis ini mengandung 5 mg mekuri.

Tidak benar bahwa energi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel surya, lebih besar daripada energi yang akan dihasilkan seumur hidupnya. Sel ini hanya membutuhkan waktu 3 tahun untuk membayar semua energi yang dibutuhkan utuk memproduksinya. Umumnya panel surya bisa berumur sampai 40 tahun.

Baterai mengandung logam berat seperti merkuri, timah, kadmium dan nikel, yang bisa mengkontaminasi lingkungan bila dibuang dengan sembarangan. Bila dibakar, beberapa logam berat seperti merkuri bisa menguap ke udara, timah dan kadmium bisa tertinggal di debunya. Aki juga termasuk keluarga baterai. Sebuah baterai aki mengandung 8,2 kg timah dan 454 gram asam sulfur.

Sebuah baterai isi ulang bisa digunakan hingga 1000 kali. Ini bisa menggantikan 300 buah baterai sekali pakai. Walau bisa mengurangi baterai sekali pakai, bukan berarti baterai isi ulang bisa dibuang sembarangan. 80% dari baterai isi ulang mengandung nikel kadmium, substansi yang terkenal sebagai karsinogen untuk manusia, maka itu sebaiknya dikumpulkan untuk didaur ulang.

Panas yang melewati sebuah jendela berukuran 1m2 di musim panas, sama besarnya dengan menyalakan satu pemanas radiator. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa sinar matahari mempengaruhi kesehatan manusia. Seseorang yang tidak terkena cukup cahaya matahari bisa menderita sakit kepala, kelelahan, mata berkunang, dan bahkan bisa jatuh sakit. Bangunan yang memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan mampu menghemat energi mulai dari 15% hingga 40%. Dalam sebuah penelitian di sebuah toko yang menggunakan penerangan matahari di beberapa bagian juga ditemukan bahwa penjualan rata-rata di zona yang diterangi cahaya natural lebih tinggi dari yang tidak.

Membuat 1 unit perabotan baru, melepaskan karbon dioksida 112,6 ton lebih banyak daripada memugar 1 unit perabotan yang sudah lama. Jumlah karbon ini adalah 1000 kali lebih banyak daripada jumlah karbon yang dilepaskan ketika memugar perabotan lama.



Copyright © 2013 attayaya: Tantangan Karbon : Tahukah Kamu? - 3 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah