12 November 2009

Analisis Kesempatan Kerja Sektoral Dengan Pendekatan Pertumbuhan Berbasis Ekspor

Aku terkejut ketika seorang temen mengirim sms ke handphone tanggal 11 november jam 14.15 kemaren :
Bang, tulisan thesis abang disadur oleh dosen Unud"

Whaaaaaaaaattttt????

Ah.... masa iya seeehhh?
Akupun lalu dikirimi ma temenku tulisan tersebut. Dan ternyata bener.....

Bukan disadur tuh bro, tapi namanya dikutip...
Tulisan berbentuk jurnal itu dibuat oleh seorang Dosen Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Denpasar. Sememang dalam salah satu kalimat jurnal itu menyadur thesisku tahun 2003 lalu. Wah... ternyata tulisanku bisa dipakai juga ya hehehehehehehe..........

Jurnal dosen tersebut (dengan judul seperti di atas) terbit dalam PIRAMIDA Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terbitan Pusat Penelitian Kependudukan dan Pengengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Udayana Denpasar, merupakan pengembangan lebih fokus dari tulisan thesisku. Dalam thesisku mengetengahkan masalah Penentuan Sektor dan Sub Sektor Unggulan Daerah : Studi Kasus Kota Pekanbaru. Sedangkan tulisan dosen itu lebih fokus lagi pada sub sektor khususnya tenaga kerja. Alat analisis dosen tersebut ditambah dengan Pengganda Basis Lapangan Kerja (employment base multiplier). Dengan begitu, analisis yang dihasilkan menjadi lebih lengkap lagi dan bisa menjadi lebih berguna serta bisa menjadi referensi bagi yang lainnya.

Terima kasih kepada dosen tersebut yang telah memperkenalkan nama dan thesisku sehingga dibaca oleh dosen-dosen, mahasiswa-mahasiswi, civitas akademika Universitas Udayana dan lainnya.

Jiahahahahaha....
Namaku (yang aseli lho) ternyata nyampe juga ke Unud dan bersanding dengan pakar ekonomi, ekonomi pembangunan dan ekonomi regional lainnya dalam Daftar Pustaka-nya seperti :
Lincolin Arsyad
Edward J. Blakely
Edgar M. Hoover
Frank Giarratani
Payaman J. Simanjuntak
Prasetyo Soepono
Sadono Sukirno
Ryaas Rasyid
Michael P. Todaro






23 komentar:

  1. Wah, hebat bang. Mantap. Saya salut dg tulisan2 abang nih sejak dulu. Saya gak heran lagi kalo tesis abang nih disadur oleh para pakar.

    BalasHapus
  2. tidak ada kata-kata selain "saluuttt"

    BalasHapus
  3. Mantap bang...salut buat kepiawaian bg atta..dalam menulis...sekali lg selamat ya..

    BalasHapus
  4. Om attayaya memang hebat euy, hebring. Top dua jempol sebagai blogger handal negeri ini.

    BalasHapus
  5. ekonomi regional yah tesis na...sayah ekonomi makro :D hehe analisis kebijakan

    BalasHapus
  6. dah ah nyepam...
    kapan yah sayah s2..masih males :D

    tuh hadiah ultah mu juga bang :)

    ditunggu transferan na ^^
    nitee

    hujan menungguku untuk membelaiku dalam tidur yang lelap :)

    BalasHapus
  7. mantep mantep..

    saya juga mau lah kalo gitu..

    BalasHapus
  8. wakh keren buanget tulisannya......salam kenal

    BalasHapus
  9. Manstaaaaaaaaaaaaaaaaaaabbbbbsss

    BalasHapus
  10. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    BalasHapus
  11. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    BalasHapus
  12. Bang ATTA memang hebaaat.. Thesisnya manstaaab tuh bang

    BalasHapus
  13. Jadi ini tesis nya Om attayaya ya... Jadi Om S2 ya? baru tau aku om,, S2 nya apa om?

    BalasHapus
  14. Hebat bang atta.. Selamat ya Bang.. UNUD = Univ Udayana za bang? Salam

    BalasHapus
  15. liat judulnya ngeriii pas baca waa selamaat yaa...

    artinya thesisnya baguusss

    BalasHapus
  16. yuup.. nulis terus ya bang, jangan berenti! salut!

    BalasHapus
  17. ehm... ada pakar di sini :D
    selamat bang, terus berkarya lebih baik lagi :)

    BalasHapus
  18. sourcenya keren nii penilitiannya bang :) sampe tau sampe kek gtu :) mangstabs :)

    BalasHapus
  19. duh,masak ak harus bongkar2 unud ut tahu nama aslimu,bang? ga ah.emoh >.<

    BalasHapus
  20. setelah dipikir2 mungkin khilaf yah dosen na rujukin tesis abang jadi referensi :D hihihh moga ga tersesat mahasiswaa naaa

    *kaabuuurrr sebelum dipelototin dan dijitak

    BalasHapus
  21. jiahahahaha
    narsis neh aku jadinya

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Analisis Kesempatan Kerja Sektoral Dengan Pendekatan Pertumbuhan Berbasis Ekspor | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah