12 November 2009

Analisis Kesempatan Kerja Sektoral Dengan Pendekatan Pertumbuhan Berbasis Ekspor

Aku terkejut ketika seorang temen mengirim sms ke handphone tanggal 11 november jam 14.15 kemaren :
Bang, tulisan thesis abang disadur oleh dosen Unud"

Whaaaaaaaaattttt????

Ah.... masa iya seeehhh?
Akupun lalu dikirimi ma temenku tulisan tersebut. Dan ternyata bener.....

Bukan disadur tuh bro, tapi namanya dikutip...
Tulisan berbentuk jurnal itu dibuat oleh seorang Dosen Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Denpasar. Sememang dalam salah satu kalimat jurnal itu menyadur thesisku tahun 2003 lalu. Wah... ternyata tulisanku bisa dipakai juga ya hehehehehehehe..........

Jurnal dosen tersebut (dengan judul seperti di atas) terbit dalam PIRAMIDA Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terbitan Pusat Penelitian Kependudukan dan Pengengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Udayana Denpasar, merupakan pengembangan lebih fokus dari tulisan thesisku. Dalam thesisku mengetengahkan masalah Penentuan Sektor dan Sub Sektor Unggulan Daerah : Studi Kasus Kota Pekanbaru. Sedangkan tulisan dosen itu lebih fokus lagi pada sub sektor khususnya tenaga kerja. Alat analisis dosen tersebut ditambah dengan Pengganda Basis Lapangan Kerja (employment base multiplier). Dengan begitu, analisis yang dihasilkan menjadi lebih lengkap lagi dan bisa menjadi lebih berguna serta bisa menjadi referensi bagi yang lainnya.

Terima kasih kepada dosen tersebut yang telah memperkenalkan nama dan thesisku sehingga dibaca oleh dosen-dosen, mahasiswa-mahasiswi, civitas akademika Universitas Udayana dan lainnya.

Jiahahahahaha....
Namaku (yang aseli lho) ternyata nyampe juga ke Unud dan bersanding dengan pakar ekonomi, ekonomi pembangunan dan ekonomi regional lainnya dalam Daftar Pustaka-nya seperti :
Lincolin Arsyad
Edward J. Blakely
Edgar M. Hoover
Frank Giarratani
Payaman J. Simanjuntak
Prasetyo Soepono
Sadono Sukirno
Ryaas Rasyid
Michael P. Todaro






Copyright © 2013 attayaya: Analisis Kesempatan Kerja Sektoral Dengan Pendekatan Pertumbuhan Berbasis Ekspor | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah