01 November 2009

Menaikkan Traffic melalui Twitter.com dan Facebook.com

Twitter (twitter.com) merupakan micro-blogging sebagai bagian dari jejaring sosial (social network) yang berkembang cukup pesat. Bahkan Menteri Komunikasi dan Informasi Tiffatul Sembiring juga menggunakan twitter sebagai salah satu untuk tetap berhubungan dengan masyarakat, walaupun dia hanya mem-follow seikitar 150-an user, tetapi mempunyai follower ribuan user. Cukup efektif untuk menyampaikan sesuatu hal secara singkat.

Singkat???
Yup... twitter hanya berisi pesan singkat, bahkan lebih singkat dari SMS (short Messege Service) di henpon. Twitter hanya memuat 140 karakter, sedangkan SMS bisa memuat 160 karakter per sms bahkan henpon sekarang bisa memuat sekitar 740 karakter dan lebih. Twitter tidak seperti Facebook, walaupun sama-sama social network, tetapi facebook lebih bisa banyak memuat karakter (5400-an karakter), aplikasi tambahan, poto, alamat web, dll.

Thus...
Kok bisa twitter menaikkan trafik untuk user yang memiliki blog?

Sama seperti Facebook, tulis aja pesan di twitter. Misalnya judul tulisan yang baru diposting atau sebagian kalimat postingan tersebut.

Setelah menulis di twitter, jangan lupa mencantumkan alamat dari blog atau alamat dari postingan tersebut. Jika alamatnya terlalu panjang (ingat bahwa twitter hanya memuat 140 karakter), kita bisa memendekkan alamat tersebut dengan menggunakan fasilitas www.tinyurl.com yang akan memendekkan alamat postingan yang panjang menjadi suatu alamat yang lebih pendek dan alamat ini langsung mengarah ke alamat postingan yang kita maksud.

Jika di Facebook, kita bisa menggunakan fasilitas "tautan" atau "link" ketika menulis sesuatu di dinding. Bahkan alamat postingan pun bisa dimasukkan ke dalam tulisan dengan mengcopy alamat tersebut tanpa perlu memendekkannya. Bisa juga menggunakan aplikasi networkblog.

Cara lain adalah dengan menulis (bahwa ada postingan baru neh..) di Direct Message ke follower-follower maupun menulis Inbox di facebook ke temen-temen. Sekali kirim DM maupun Inbox, langsung ke banyak temen-temen.

Tetapi...
Yang perlu diingat adalah : apapun yang kita tulis di twitter maupun facebook tidak akan berhasil jika tidak ada yang membaca dan mengklik alamat yang telah kita tulis.

Kemudian...
Jumlah follower pada twitter dan jumlah temen pada facebook juga akan berpengaruh atas efektifitas kegiatan ini.

Jadi...
Perbanyaklah follower di twitter dan temen di facebook.




Copyright © 2013 attayaya: Menaikkan Traffic melalui Twitter.com dan Facebook.com | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah