29 November 2009

Migrain : Sakit Kepala sebelah yang menjengkelkan
Cara mengatasi migrain

Migrain atau migren adalah sakit kepala yang hanya dirasakan pada sebagian kepala saja, atau pada bagian tertentu saja. Nyeri dirasakan berdenyut-denyut disertai dengan mual, muntah, dan juga takut pada cahaya dan suara. Biasanya ada tanda-tanda akan kemunculan sakit ini, semisal mata berkunang-kunang, atau mata mengabur secara tiba-tiba. Wanita yang berperawakan langsing, aktif dan perfeksionis sering terserang migrain. Migrain biasanya dipicu oleh cuaca panas atau dingin, kelelahan fisik dan mental, terlambat makan, minum es. Ada juga dokter yang menyebutkan bahwa migrain disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di otak, sehingga asupan oksigen setempat ke otak berkurang. Kemudian menimbulkan fase nyeri kepala yang berdenyut-denyut. Penyempitan di bagian lain akan menghambat aliran darah sehingga terjadi pembengkakan aliran darah, biasanya di luar tengkorak disekitar kening/pelipis. Penelitian terbaru menyebutkan mereka yang mengalami migraine beresiko menderita kerusakan otak karena sel-sel otak menggembung dan kurang oksigen.

Untuk menghindarinya, ketahuilah lebih dulu pencetus/pemicu terjadinya migrain pada diri sendiri. Jika kita setelah minum es, kepala langsung berdenyut, maka hidarilah minum es. Atau juga karena sinar yang terlalu terang. Obat-obatan hanya untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi tidak menghilangkan penyebab migrain. Obat-obatan penghilang rasa sakit seperti parasetamol, asam mefenamat atau aspirin atau obat-obatan dari kelompok beladonna (lupa nama pastinya).

Migrain sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Dibutuhkan kesabaran dan keuletan untuk mengetahui pencetus terjadinya migrain lalu menghindarinya.

Pengalaman pribadi bercinta dengan Mimi :
Cara mengatasi/mengurangi migrain di bawah ini merupakan pengalaman pribadiku.
(sub judul ini mengikut kepada postingan Ijopunkjutee (bercinta dengan Tante Nia)..... Mimi alias mba migrain telah membuatku gundah gulana.
  • Aku di tahun 1995 telah mencoba berobat ke seorang dokter di Padang. Tindakan pengambilan EEG dan rontgen kepala dan batang leher telah dilakukan. Analisa dokter adalah tidak terjadi kerusakan fisik. Aku diberi obat penenang Vanadium (atau valadium).

  • Tidak puas dengan dokter, Pijat Refleksi atau acupressure atau Reflexology pernah kulakukan dengan belajar otodidak. Lalu ditambah pembelajaran terapi pernapasan secara otodidak juga. Aku melaksanakannya kedua terapi itu sendiri. Hasilnya ternyata lebih memuaskan daripada pengobatan dokter. Karena buku Pijat Refleksi atau acupressure atau Reflexology sudah kusumbangkan ke orang lain, maka aku kesulitan menjelaskannya lebih detil. Ntar deh aku cari lagi.

  • Seorang temen yang menderita sinusitus, biasanya juga akan mengalami serangan migrain. Dianjurkan untuk melakukan operasi sedot lendir sinusitus (atau apalaaah istilahnya). Tetapi juga dapat melakukan pengobatan tradisional melaui gurah. Gurah akan mengeluarkan lendir yang berada dalam rongga sinusitus. Dengan meneteskan cairan khusus ke dalam rongga hidung dan diiringi dengan shalawat Nabi Muhammad SAW oleh pengobat gurah, maka lendir akan keluar dalam jumlah dan waktu serta warna yang sesuai dengan sakit yang diderita.

  • Olahraga secara teratur merupakan hal yang lebih baik daripada pengobatan medis. Lakukan saja olahraga ringan dulu, seperti jalan kaki, dan senam (terutama senam pernapasan), yang dapat ditingkatkan ke olahraga joging, berenang, dll. Pernapasan Tao ataupun senam Yoga dapat membantu keadaan lebih baik. Posisi yoga yang dianjurkan (sebaiknya dengan arahan dari guru agar tidak salah posisi) : Paschimottanasana, Supta Baddha Konasana, Salamba Sarvangasana, Setu Bandhasana Sarvangasana, Sirsasana, maupun posisi pernapasan Pranayama.

  • Penguapan dengan air panas ke arah kepala juga bisa dilaksanakan. Ambil 1 baskom air panas mendidih dengan uap airnya yang masih mengebul ke udara. Dekatkan kepala (arahkan muka) dengan menunduk ke arah uap tersebut. Hirup udaranya dan rasakan hangat yang menyertainya di kepala. Jika terlalu panas, jauhkan dari uap dan lakukan dalam waktu singkat serta ulangi lagi, sampai kita terbiasa dengan panas yang ada. Lakukan sampai uap tidak ada lagi. Gunakan handuk atau kain (diletakkan di kepala atau bahu) untuk mengepung uap panas tersebut sehingga uap benar-benar mengarah ke kepala. Bisa dilakukan pagi atau sore.

Hal-hal yang telah kulakukan di atas cukup membantuku menjauh dari migrain. Walau beberapa kali dalam setahun, migrain itu datang kembali. Yaaaaahh... sekedar melepas rindu lah kaleeee.....

Migraine is a neurological syndrome characterized by altered bodily perceptions, severe headaches, and nausea. Physiologically, the migraine headache is a neurological condition more common to women than to men. The word migraine was borrowed from Old French migraigne (originally as "megrim", but respelled in 1777 on a contemporary French model). The French term derived from a vulgar pronunciation of the Late Latin word hemicrania, itself based on Greek hemikrania, from Greek roots for "half" and "skull".

Jenis-jenis migrain :
Migrain umum
Migrain klasik
Migrain abdominal
Migrain hormonal
Migrain acephalgic (acephalalgic)
Migrain retinal
Migrain lain yang jarang dijumpai

Faktor Pencetus :
Tekanan emosional
Tekanan fisik
Diet Makanan
Lingkungan
Hormon
dll

Tindakan pengobatan :
Immediate relief
- obat penahan sakit
- obat khusus migrain
(obat-obat ini hanya untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi tidak menghilangkan penyakit migrain)

Complementary
- akupuntur
- refleksi
- homeopati
- terapi fisik
- relaksasi / pernapasan
- penambahan vitamin dan mineral
- herbal
- pemeriksaan gigi (gigi yang rusak secara umum akan menyebabkan sakit kepala)

Preventif
- serothinin antagonists
- calcium
- anti deppresants
- perbaikan jaringan saraf dan peredaran darah

Sumber bacaan :
http://www.gaulislam.com/mengobati-migrain
http://www.sith.itb.ac.id
http://en.wikipedia.org/wiki/Migraine
http://www.kapanlagi.com/a/migrain-tanda-awal-kerusakan-otak.html




Copyright © 2013 attayaya: Migrain : Sakit Kepala sebelah yang menjengkelkanCara mengatasi migrain | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah