26 November 2009

Bambu Jadi Benteng Pemecah Angin

Seperti yang telah dipaparkan dalam postingan Rumah Sejuk, Rumah Nyaman, Rumah Ramah Lingkungan kemaren yang memberikan sedikit banyak gambaran tentang bagaimana hendaknya membangun/merenovasi (jika ada dana) rumah yang ramah lingkungan, maka salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah vegetasi atau tumbuh-tumbuhan yang ada di pekarangan rumah. Yup.... tumbuh-tumbuhan menjadi salah satu ciri khas rumah ramah lingkungan.

Dijelaskan dalam buku Rumah Sejuk dan Hemat Energi terbitan IDEA Books, menyarankan beberapa vegetasi yang ditanam di pekarangan rumah. Salah satunya adalah bambu. Walaupun aku pernah memosting 2 kali tentang bambu, yaitu Bambu Tangguh, dan Bambu : The Fact yang bersumber dari Reader Digest Indonesia dan bambucentral.org, rasanya perlu ditambahkan lagi artikel dari Idea Books ini.

Dalam buku ini dijelaskan kegunaan pohon bambu (bambuseae), mulai dari umbi hingga batangnya. Umbi mudanya (rebung) yang bisa dikonsumsi menjadi bahan makanan (sayur). Batangnya digunakan untuk aneka keperluan termasuk konstruksi bangunan. Di pekarangan, bambu bisa menjadi benteng penahan/pemecah angin kencang yang menerpa. Selain melalui sela-sela batang, arus angin dipecahkan oleh daun-daunnya yang berukuran kecil dan jarang. Saat diterpa angin, batang dan daun akan bergoyang dan bergesekan yang menimbulkan suara yang memanjakan telinga. Kekuatan batang bambu tak perlu diragukan. Gerombolan pohon bambu masih dapat menahan terjangan angin kencang secara bersama-sama.

Bambu cepat tumbuh, bahkan sisa umbi yang ada di tanah pun masih bisa tumbuh, sehingga pertumbuhannya harus dijaga agar tidak memakan lahan yang luas. Cabutlah umbi yang masih kecil agar pertumbuhan kelompok pohon bambu dapat serasi dengan luas pekarangan.






22 komentar:

  1. PERTAMAXXX:

    ternyata bambu itu banyak mamfaatnya ya,,,


    selain bisa dipake buat nangkap layangan putus, hehehe...

    BalasHapus
  2. yg jelas,bambu bermanfaat ut banyak hal, dan desah daunnya waktu kena angin itu merdu seklai *kok jdi puitis sih*

    BalasHapus
  3. bahkan bambu mudanya buat sayurpun bisa,

    dengan menanam pohon bambu bisa juga untuk kerindangan dari sengatan matahari

    BalasHapus
  4. Bambu merupakan suatu alternatif buat membuat rumah.. apalagi yang sering di landa angin topan, heheh

    BalasHapus
  5. suling bambuu...lho..jadi kyk lagu dangdut ya

    BalasHapus
  6. Mohon maaf Bang,.. naru sempat jalan-jalan

    BalasHapus
  7. Aku sementara mencoba melengkapi vegetasi rumah dengan menanam bambu kuning.
    Makasih atas infonya Bang.

    BalasHapus
  8. Bambu juga bisa dipake sayur..asal jangan yang tua..
    he..he

    BalasHapus
  9. setuju...
    makanya bambu banyak ditanam sebagai pagar...

    BalasHapus
  10. Dapet tempat keduaaaaaa :D hehehehe

    Btw,
    Met Idul Adha yaaa, bang :D
    Yang rencana naik Haji, semoga terkabul di lain kesempatan. Banyak do'a, banyak berkah...

    BalasHapus
  11. mungkin bambu yang kecil seperti bro bilang soalnya kalau yang besar malah nggak kelihatan rumahnya dan biasanya tempat ular mangkal

    BalasHapus
  12. sayah juga seneng baca majalah idea. inovatif dan realistis :D

    BalasHapus
  13. Ihik, cita2 ku tuh renov rumah yang dihiasi tetumbuhan. Sabar kang nabung dulu yach..

    Suara desir sekumpulan pohon bambu yang menahan angin sangat menyejukkan. Saya juga suka rebung, mmhh

    BalasHapus
  14. wew.. sebenernya pengen sih nanem bambu di rumah.. he..he.. tapi gak ada tempatnya..

    BalasHapus
  15. anak2 arsitek emang kreatif2
    bambu rules!!!

    BalasHapus
  16. Ternyata selain bisa menghijaukan. Bisa juga jadi alat mencegah bencana angin yang besar2. ( sekarang sedah marak di Indonesia).
    Soal rebung saya jadi ingat sumpah Gajah Mada.

    BalasHapus
  17. Kalau masak bambu tua gimana yah bang...??? ;)) ;))

    eniwey beteway, kalo kata orang2 tua saya nih bang, entu kagak elok. But, wallahu'alam. Aye malahan suka kalau ngelihat rumah yang depannya ada bambunya. Apalagi, bambu kuning. Kesannya, klasik banget :)

    BalasHapus
  18. punya sih bambu dirumah ya.. tapi kecil, bambu air sih...

    BalasHapus
  19. hoo.. gitu yah bang... baru tau neehh,, hehe... thanks for sharing yah...

    BalasHapus
  20. bambu ya? saya sih suka sayur bambu muda alias sayur rebung. hehehee

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Bambu Jadi Benteng Pemecah Angin | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah