23 April 2010

Earth Day si Hari Bumi

Eart Day atau Hari Bumi diperingati pada tanggal 22 April setiap tahunnya secara internasional. Earth-Day/Hari-Bumi dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat diatas khatulistiwa yang sering disebut Maret Equinox.

Earth-Day, Earth-Week, Earth-Hour dan berbagai kegiatan lain adalah bentuk dari kesadaran beberapa orang untuk mengajak orang lain peduli dengan BUMI tempat kita tinggal ini. Secara hal yang lebih kecil yang diinginkan dari setiap kegiatan tersebut adalah menjaga lingkungan sekitar kita agar tetap lestari, bersih tanpa polutan diiringi dengan melakukan hemat energi di berbagai bidang. Pemikiran yang lebih besarnya lagi adalah upaya penghematan Sumber Daya Alam dimana pun, kapan pun, dengan cara apa pun.

Banyak sudah kegiatan peduli Bumi semisal :
* Chemists Celebrate Earth Day
* Earth Charter
* Earth Day Sunday
* Earth flag
* Earth Hour
* Green Apple Music & Arts Festival (GAMAF)
* List of environmental dates
* Ozone Action Day
* Procession of the Species
* Sun-Earth Day
* World Environment Day

Dan yang sedang getol dilakukan di berbagai kota di Indonesia adalah CAR FREE DAY termasuk Pekanbaru, Bekasi, dan kota-kota lainnya.

Give Earth a Hand merupakan slogan Greenpeace kepada kita semua untuk "Memberikan perhatian kepada BUMI" atau "Ulurkan tanganmu untuk BUMI".

Jika ingin mengulurkan tangan untuk Bumi dengan memberikan bantuan online, silahkan kunjungi :
http://www.greenpeace.org/seasia/id/get-involved/tanganmu-utk-bumi

Jika ingin membantu dengan membeli kaos/apparel/gift/poster untuk mendukung kegiatan pemerhati Bumi, dapat mengunjungi website Earth Day Network Store :
http://www.earthdaynetworkstore.com/

JIKA KITA MENYAYANGI DIRI
JIKA KITA MENYAYANGI KELUARGA
JIKA KITA MENYAYANGI ANAK KETURUNAN

MARI SELAMATKAN LINGKUNGAN
MARI SELAMATKAN BUMI







Give Earth a Hand



Ini potongan email yang kuterima dari Kumi Naidoo, Direktur Eksekutif, Greenpeace Internasional :
Planet bumi ini menghadapi tantangan yang sangat besar dari sebelumnya. Hutan alam kita dihancurkan dan laut kita dengan sembarangan dikuras dan mengalami pencemaran yang sangat cepat. Penangkapan ikan paus, polusi beracun, batubara yang kotor, bahaya energi nuklir dan rekayasa genetika pada tanaman telah merusak kualitas serta keberlangsungan hidup di planet bumi ini. Bencana perubahaan iklim akan menjadi kenyataan jika pemerintah dan industri menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk mendapatkan keuntungan semata tanpa melakukan perubahaan yang berarti untuk mengurangi emisi.

Selama bertahun-tahun, kami membuat dampak positif di seluruh dunia dengan menjadi saksi untuk meyakinkan politisi dan industri agar mengubah kegiatan-kegiatan yang berbahaya. Kami berusaha melindungi bumi dari bencana besar, mendorong undang-undang lingkungan dan seringkali memberikan inspirasi pada kalangan bisnis, mendorong pemerintah untuk menempatkan kepentingan planet ini sebelum memikirkan keuntungan.

Jika Anda berpikir kekuatan Greenpeace berada pada kapal, aksi langsung atau kampanye solusi kami, coba pikirkan ini: Kekuatan kami yang sebenarnya adalah anda.

Bumi sangat memerlukan orang-orang seperti anda yang peduli pada masalah lingkungan, mengajak lebih banyak lagi orang, menggunakan suara mereka untuk mempertahankan dan bertindak untuk melindungi bumi yang hijau dan damai. Anda dapat membantu bumi ini dengan membangun gerakan untuk planet bumi. Undang teman-teman anda via e-mail, atau bagikan melalui Facebook.

Masa depan yang lebih hijau dan damai pasti akan terjadi. Bergabung bersama kami untuk menjadikan hal itu sebagai kenyataan. Bumi ini membutuhkan penyelamatan bukan hanya di hari bumi, tetapi setiap hari.

Salam,
Kumi Naidoo


Direktur Eksekutif, Greenpeace Internasional


Greenpeace hadir karena bumi yang rapuh ini perlu suara.

© 2009 Greenpeace Southeast Asia - Indonesia Office
Jl. Cimandiri 24, Cikini, Jakarta, Indonesia 10330
Tel: +62 21 310 1873| Fax: +62 21 310 2174
info.id@greenpeace.org
(Kirim komentar anda ke email ini)








Copyright © 2013 attayaya: Earth Day si Hari Bumi | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah